sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

10 Website Untuk Mengecek Grammar dengan Mudah

Penggunaan Bahasa Inggris semakin diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama aspek pendidikan dan profesional. Namun sayangnya, grammar seringkali menjadi kendala dalam menggunakan Bahasa Inggris. Tak jarang kita meragukan tulisan atau ucapan Bahasa Inggris kita, apakah sudah sesuai dengan grammar atau belum.

Untuk mengatasi hal itu, kita dapat mengecek grammar di beberapa website yang menyediakan layakan pengecekan grammar. Berikut beberapa website yang dapat digunakan untuk mengecek grammar dengan mudah.

  1. Grammarly

Website pertama yang bisa kita gunakan untuk mengecek grammar adalah Grammarly. Dalam website ini, kita bisa mengecek grammar sekaligus memperbaiki tata bahasa yang digunakan. Bukan dari segi ejaan yang tepat saja, Grammarly juga membantu kita dengan memberikan saran kata atau kalimat yang lebih tepat dan efektif.

Selain melalui websitenya, kita juga bisa menggunakan Grammarly di berbagai platform. Seperti di Google Docs, aplikasi email, Microsoft Office, dan media sosial. Dengan begitu, kita bisa langsung mengecek grammar dimanapun tanpa harus membuka websitenya terlebih dahulu.

  1. Hemingway Editor

Hemingway Editor membantu kita dalam mengecek grammar sekaligus memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam kalimat. Hemingway Editor memberikan beberapa warna yang menunjukkan hal-hal yang perlu digarisbawahi. Kesalahan akan diwarnai dengan kuning dan kalimat terlalu rumit akan diwarnai dengan merah.

Sedangkan kata yang bisa diganti dengan kata lain akan ditandai dengan warna ungu. Adverbs akan ditunjukkan dengan warna biru, dan kalimat pasif akan ditunjukkan dengan warna hijau. Bukan hanya kesalahan, Hemingway Editor juga akan menunjukkan kata yang dapat membantu kita memperbaiki bagian yang kurang tepat tersebut.

  1. Ginger Grammar Checker

Website yang juga dapat digunakan untuk mengecek grammar adalah Ginger Grammar Checker. Kita bisa mengecek grammar baik dalam bentuk tulisan maupun langsung dalam bentuk dokumen. Ginger Grammar Checker juga memiliki fitur bernama Sentence Rephraser yang dapat memperbaiki kalimat menjadi lebih rapi dan tepat.

  1. Grammar.net

Grammar.net bukan hanya dapat membantu kita dalam memeriksa kesalahan grammar dan spelling, namun juga memberikan pelajaran mengenai tata bahasa. Pelajaran ini diberikan melalui kata-kata baru, gambar, hingga topik-topik menarik di dunia. Keunggulan ini tentu akan sangat membantu kemampuan berbahasa Inggris kita dan memperdalam pemahaman mengenai tata bahasa Inggris.

  1. After the Deadline

After the Deadline memungkinkan kita untuk mengecek grammar di berbagai platform, seperti Google Chrome, Firefox, WordPress, dan Open Office. Dengan begitu, kita bisa langsung mengecek grammar selagi menuliskannya di platform-platform tersebut. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan dalam proses pengecekan dan penyuntingan tulisan kita.

After the Deadline memiliki tiga jenis pengecekan grammar. Pertama adalah contextual spell checking yaitu pengecekan ejaan tulisan. Kedua adalah advanced style checking yaitu pengoreksian gaya tulisan tingkat lanjut. Dan ketiga adalah intelligent grammar checking yaitu pengecekan tata bahasa.

  1. Virtual Writing Tutor

Selain dapat mengecek grammar dengan gratis, di Virtual Writing Tutor kita juga bisa mendapat perkiraan penilaian terhadap tulisan. Seperti esai atau CV untuk melamar kerja. Caranya mudah, kita hanya tinggal mengunggah esai, CV, atau cover letter pada website ini. Kemudian akan muncul score atau penilaian sehingga kita bisa melihat apakah tulisan tersebut dapat memenuhi syarat atau tidak.

Meskipun penilaian ini bukanlah penilaian baku yang berlaku sama di semua tempat, namun memiliki prediksi score akan sangat membantu. Kita bisa memperbaiki tulisan jika score yang didapat rendah, sehingga bisa lebih baik lagi saat dinilai sungguhan. Dengan mengetahui letak kesalahan dan memperbaikinya, kemampuan Bahasa Inggris kita pun akan lebih berkembang.

  1. PaperRater

PaperRater menyediakan layanan pengecekan grammar, proofreading, dan juga memeriksa apakah ada plagiarisme pada tulisan kita. Kita dapat dengan mudah dan cepat menggunakan website ini, tidak perlu mendaftar atau mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Website ini cocok bagi orang yang tidak ingin ribet dan tidak mau menginstal banyak aplikasi.

Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan pengecekan grammar sesuai dengan tingkat pendidikan atau disiplin ilmu yang digeluti. Jadi saran perbaikan dan gaya penulisan pun dapat disesuaikan dengan pendidikan maupun disiplin ilmu tersebut. Dengan begitu, hasil penulisan akan lebih tepat dan efisien berdasarkan kebutuhan atau kepentingan kita.

  1. WhiteSmoke

Selain untuk mengecek grammar, WhiteSmoke juga dapat kita gunakan saat ingin mengecek plagiarisme. Kita tentu tidak mau kalau tulisan yang sudah dibuat dengan susah payah ternyata terdeteksi ada plagiat dari tulisan lain, bukan? Pada website ini, kita bisa mengecek grammar sekaligus plagiarisme untuk tulisan kita.

Kita juga dapat menerjemahkan tulisan kita ke berbagai bahasa lain melalui website ini. WhiteSmoke menyediakan pilihan hingga 55 bahasa yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jadi dalam satu website, kita sudah bisa melakukan tiga hal sekaligus. Yaitu memeriksa grammar, memeriksa plagiarisme, dan juga menerjemahkan.

  1. ProWritingAid

Kita dapat mengecek grammar dan memperbaiki gaya tulisan Bahasa Inggris di website ProWritingAid. Website ini akan memberikan laporan mendalam atas tulisan yang dicek sehingga dapat kita perbaiki dengan lebih baik. Selain itu, terdapat juga berbagai artikel yang akan membantu mengasah keterampilan Bahasa Inggris kita.

  1. VoiceTube

Berbeda dengan website sebelumnya yang berbentuk tulisan, di VoiceTube ini bentuknya adalah video. Di website ini kita tidak hanya dapat mengecek grammar, namun juga melatih kemampuan listening dan speaking Bahasa Inggris.

Caranya pun mudah, kita hanya tinggal memilih video yang berisi topik yang disukai. Kemudian kita akan mendengarkan isi video tersebut dan mengulangi kalimat yang ada dalam video. Website ini kemudian akan memeriksa apakah ada kesalahan dari pengucapan atau grammar dari yang kita ucapkan.

Demikianlah 10 website yang dapat digunakan untuk mengecek grammar dan melatih kemampuan Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Penggunaan “He”, “Him”, “His”
Perbedaan “Beloved”, “Loved”, “Dear”, “Dearest”, “Excellence”, dan “Finest”
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Grammar-Verb: Apa itu Irregular Verb (Kata Kerja tak Beraturan)?
Contoh Conditional Sentence Type 2
Phrases: Apa itu Adverb Phrase?
Sentence: What is Subject?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Perbedaan Kata Life vs Live
Perbedaan Direct & Indirect Speech