sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

5 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris & Jawabannya

Common Job Interview Question & Answers

Ada begitu banyak pencari pekerjaan yang bersusah payah melewati sesi wawancara saat melamar kerja. Namun padahal sebagian besar dari pertanyaan wawancara sudah sering didengar. Baik dalam bahasa Indonesia maupun wawancara kerja dalam bahasa Inggris, biasanya pasti ada pertanyaan yang selalu muncul.

Pelajari beberapa pertanyaan saat wawancara yang paling umum dalam bahasa Inggris berikut ini agar Anda dapat melalui sesi wawancara lebih mudah. Akan ada contoh jawaban yang bisa Anda berikan juga dalam bahasa Inggris. Mari kita lihat satu persatu.

1. Tell me about yourself (Perkenalkan diri Anda)

Untuk menjawab pertanyaan yang lebih seperti suruhan ini, Anda harus membicarakan latar belakang profesional Anda. Dimulai dari awal karir Anda atau pekerjaan yang saat ini sedang Anda jelajahi. Ceritakan juga apa yang telah Anda berhasil raih dan apa yang Anda cari selanjutnya dalam kehidupan karir Anda.

Berikut adalah contohnya:

I started my career in Programming right after I graduated with a Computer Science degree in 2014. I’ve worked my way up to the top at Spotify, receiving three promotions and two awards for my performance. I am currently in search of a smaller company and I would like to act more as a leader of a project.

(Saya memulai karir saya dalam Programming langsung setelah lulus dengan gelar Ilmu Komputer tahun 2014. Saya telah bekerja dengan giat di Spotify, naik jabatan tiga kali dan mendapatkan dua penghargaan atas kinerja saya. Saya saat ini sedang mencari perusahaan yang lebih kecil dan saya ingin bertindak lebih seperti pemimpin proyek.)

2. What are your weaknesses (Apa kelemahan Anda?)

Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang paling terkenal dalam dunia wawancara. Ini juga merupakan pertanyaan yang cukup ditakuti. Jawab pertanyaan satu ini dengan tidak terlalu menonjolkan kekurangan Anda namun justru mendorong kelebihan Anda dalam hal profesionalitas.

Berikut adalah contohnya:

I would say that I could be too ambitious at times. I am always trying to improve my communication skills. I am also still studying as to how to be more of a good leader.

(Saya rasa saya bisa terlalu ambisius terkadang. Saya selalu berusaha untuk memperbaiki keahlian komunikasi saya. Saya juga masih mempelajari bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik.)

3. What are your strenghts? (Apa kelebihan Anda?)

Inilah saatnya Anda menyombongkan diri dengan performa terbaik Anda. Bagian mana dari diri Anda yang dapat dibilang merupakan nilai baik? Apakah Anda pekerja keras? Selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu? Utarakan sekitar 3 – 5 kelebihan yang Anda miliki untuk menjawabnya.

Berikut adalah contohnya:

I am the best programmer in my old department. I can be relied on and I have always finished my works on time.

(Saya adalah programmer terbaik di departemen saya yang dulu. Saya bisa diandalkan dan saya selalu menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu.)

4. Why do you want to work here? (Kenapa Anda ingin bekerja di sini?)

Dengan menanyakan pertanyaan ini, orang yang mewawancara Anda ingin tahu apakah Anda sudah memikirkan lamaran ini secara matang atau hanya melamar karena ada lowongan. Anda sebaiknya sudah sedikit mengetahui latar belakang perusahaan ini sebelum Anda menjawabnya.

Berikut adalah contohnya:

I want to work here because this company’s mission and vision are in line with my values. I also know that I’m very much excited about the works that has been done here.

(Saya ingin bekerja di sini karena misi dan visi perusahaan ini sejalan dengan nilai yang saya emban. Saya juga tahu bahwa saya sangat bersemangat mengenai pekerjaan yang telah dilakukan di sini.)

5. Why should we hire you? (Kenapa kami harus memilih Anda?)

Anda bisa menjawab pertanyaan satu ini dengan menyimpulkan atau merangkum pengalaman Anda. Anda bisa membawa kembali pekerjaan yang telah Anda lakukan dan apa yang bisa Anda lakukan ke depannya untuk perusahaan tersebut.

Berikut adalah contohnya:

I have three years experience working in technology industry. I am also able to minimize faulties in a program and I am certain that I could make a big difference in your company. I’m also confident that I would always be able to deliver great results in your company.

(Saya memiliki pengalaman tiga tahun bekerja di industri teknologi. Saya juga bisa meminimalisir kesalahan dalam sebuah program dan saya yakin bahwa saya bisa membuat perbedaan besar di perusahaan Anda. Saya juga percaya diri bahwa saya akan selalu bisa memberikan hasil yang hebat dalam perusahaan Anda.)

Itulah dia beberapa contoh pertanyaan saat wawancara pekerjaan dan cara serta contoh jawabannya dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu.

 

Apa Itu “Recount Text” dalam Bahasa Inggris?
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
English Idiom: Memaki Bodoh dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Little dan A Little dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Bahasa Inggris Britis (UK) dan Amerika (US)
Apa itu Kalimat Paradoks (Paradox) dalam Bahasa Inggris?


 
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam