sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never

Ada berbagai macam jenis kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyusun sebuah kalimat, atau yang dikenal sebagai Parts of Speech. Salah satu yang termasuk di dalamnya yaitu adverb atau kata keterangan.

Adverb sendiri memiliki beberapa macam, mulai dari yang menunjukkan keterangan tempat, waktu, hingga cara. Kali ini, kita akan membahas salah satu jenis dari kata keterangan tersebut, yakni adverb of frequency atau keterangan frekuensi.

Adverb of frequency merupakan kata keterangan yang menjelaskan kekerapan atau seberapa sering suatu hal terjadi/ dilakukan. Hal ini berhubungan dengan suatu kebiasaan, sehingga adverb of frequency ini sering dijumpai dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris yang menggunakan Simple Present Tense. Akan tetapi, bukan berarti adverb ini tidak bisa digunakan dalam bentuk tenses lainnya juga.

Ada lima kata keterangan yang tergolong dalam adverb of frequency yang paling sering digunakan; yaitu Always, Usually, Often, Sometimes, dan Never. Untuk pembahasan dan contoh penggunaannya, kita akan membahasnya satu-persatu. Selamat belajar!

Adverb of Frequency: Always

Kata keterangan yang kita bahas pertama-tama adalah “always”, yang memiliki arti “selalu”. Jika bicara tentang “always”, maka presentase yang dimaksudkan adalah 100% alias tidak pernah tidak.

Penggunaan kata “always” menyimbolkan kebiasaan yang rutin; meskipun bukan berarti dilakukan sepanjang waktu atau setiap hari, namun konsisten pada jadwal yang dispesifikkan.

Contoh kalimat:

  • Babies always cry when they are hungry. (Para bayi selalu menangis ketika mereka lapar)
  • My mother always cooks eggs for breakfast. (Ibuku selalu memasak telur untuk sarapan)
  • When I was in elementary school, I always went to school on foot. (Ketika masih SD, aku selalu berangkat ke sekolah jalan kaki)

Adverb of Frequency: Usually

Selanjutnya, kita akan membahas kata keterangan “usually” yang memiliki arti “biasanya”. Kata ini merujuk pada kebiasaan yang terbilang rutin meski tidak sebegitu konsisten. “Usually” mengimplikasikan makna “most of the time” atau “hampir setiap waktu”. Jika diwujudkan dalam presentase, maka angka yang didapat untuk menggambarkan kekerapan yang diwakilkan oleh “usually” adalah 90%.

Artinya, “usually” hampir sama kerapnya dengan “always”, hanya saja tidak sebegitu stabil.

Contoh kalimat:

  • The kids usually wear t-shirts to the playground. (Anak-anak biasa memakai kaos di taman bermain)
  • If you want to see Julian, try to go to the library. He’s usually there during lunch break. (Jika kamu ingin menemui Julian, coba pergilah ke perpustakaan. Dia biasanya berada di sana selama istirahat makan siang)
  • Olivia usually orders iced coffee, but today she’s not feeling well that she wants something warm. (Olivia biasa memesan es kopi, namun hari ini dia merasa tidak sehat dan ingin sesuatu yang hangat)

Adverb of Frequency: Often

Sedikit lebih jarang di bawahnya, kita menjumpai kata keterangan “often” yang bermakna “sering”. Presentase kekerapan yang diwakilkan oleh kata ini berkisar antara 60-70%, atau mengimplikasikan “many times” (berkali-kali, meskipun tidak selalu).

Ukuran kekerapan yang digambarkan oleh “often” berbeda-beda menurut tiap-tiap individu. Namun, banyak yang menganggap bahwa ukuran dari “sering” adalah “lebih dari tiga kali”.

Contoh kalimat:

  • I often cook for my family, but I am not really good at it. (Aku sering memasak untuk keluargaku, tapi aku tidak benar-benar pandai)
  • I don’t really know who Ernest Prakasa is, but I often find his name on the internet. (Aku tidak begitu tahu siapakah Ernest Prakasa itu, akan tetapi aku sering menumpai namanya di internet)
  • Samantha is not on diet. She often goes swimming in her spare time, that’s what helps her shape her body. (Samantha tidak sedang diet. Dia sering pergi berenang ketika ada waktu luang, itu yang membantu membentuk tubuhnya)

Adverb of Frequency: Sometimes

Di bawah “often”, kita menemui kata keterangan lain yaitu “sometimes” yang bermakna “kadang-kadang”.

Kata ini semakna dengan “some of the times” atau “beberapa kali”, yang mana bila diukur dengan angka maka presentasenya berkisar antara 30-40%. Kata “sometimes” menggambarkan kebiasaan yang tidak rutin, di mana kadang dilakukan dan ada kalanya tidak.

“Sometimes” dapat pula diartikan “sesekali”. Kata ini juga memiliki sinonim dalam bahasa Inggris, yaitu “occasionally”.

Contoh kalimat:

  • I am not close with Ryan. We just take the same bus to school sometimes. (Aku tidak dekat dengan Ryan. Kami hanya naik bus sekolah yang sama kadang-kadang)
  • Karen is a vegetarian. But sometimes, she still has seafood when she is bored. (Karen adalah seorang vegetarian. Tetapi, sesekali dia masih makan makanan laut ketika dia bosan)
  • Sometimes I wonder if my best friends keep a secret from me, especially after seeing them going out without me. (Terkadang aku bertanya-tanya apakah sahabat-sahabatku menyimpan rahasia dariku, khususnya setelah melihat mereka pergi tanpa aku)

Adverb of Frequency: Never

Bertolak belakang dari “always”, “never” atau “tidak pernah” menunjukkan kebiasaan yang negatif alias selalu tidak. Jika dipresentasekan, angka yang tepat untuk mewakilkannya adalah 0%.

Contoh kalimat:

  • I have tried to ask her out for a movie, but she never seems interested. (Aku sudah berusaha mengajaknya pergi menonton, namun dia tidak pernah terlihat tertarik)
  • When my father was a teenager, he never tried cigarettes. (Ketika ayahku masih remaja, dia tidak pernah merokok)
  • Jennie’s aunt is a Chinese woman, but she never hears her speaking Mandarin. (Bibi Jennie adalah perempuan Cina, namun ia tidak pernah mendengarnya berbicara bahasa Mandarin)

 

Sentence: Apa itu Positive Sentence (Kalimat Positif)?
Four Types of Sentence in English: Empat Tipe Kalimat Inggris Berdasar Tanda Baca
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
Grammar: Apa itu Fragment Sentence?
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Speech: Apa itu Indirect Speech (Kalimat Tidak Langsung)?
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Grammar: Apa itu Infinitive without To?


 
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object