sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa itu Analogi dalam Bahasa Inggris?

Analogi adalah perbandingan, tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan sesuatu (bisa berupa benda, situasi, ide, dst) yang kompleks dengan membandingkanya dengan hal lain yang lebih familiar.

Sebuah analogi bisa saja hanya berupa kalimat, tetapi bisa juga sepanjang paragraf. Di bawah ini adalah contoh analogi yang sering kita dengar:

‘The grass is always greener on the other side.’

Atau dalam bahasa indonesianya, ‘Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau.’

Ekspresi di atas menggunakan perbandingan antara situasi atau properti yang seseorang miliki dengan rumput, maksud dari analogi di atas adalah bahwa situasi orang lain selalu kelihatan lebih baik dari apa yang kita miliki atau keadaan kita sendiri.

Ada beberapa variabel yang sulit dijelaskan di sini, misal situasi atau properti yang dimiliki seseorang, serta sifat manusia itu sendiri. Analogi menyederhanakan suatu ide atau pemahaman dengan membandingkanya dengan hal yang lebih familiar dan mudah mengerti.

Di bawah ini adalah beberapa contoh analogi:

  • Selling lucky heather in these place is like trying to sell sand to the Arabs.

Lucky heather adalah sejenis tanaman yang biasanya dijual dan dianggap dapat membawa keberuntungan, semacam jimat. Terjemahan kalimat di atas adalah, “Menjual lucky heather di tempat ini itu seperti mencoba menjual pasir ke orang arab.” Artinya? Sia-sia saja dicoba, tidak akan laku.

  • It would be like throwing the pilot out to make the plane lighter.

‘Ini sama saja seperti menjatuhkan pilot untuk membuat pesawat itu lebih ringan.’ Ekspresi ini membandingkan sebuah situasi sulit dengan pesawat, ekspresi ‘menjatuhkan pilot’ digunakan untuk menggambarkan solusi yang tidak efektif atau justru counterproduktif .

  • To ‘let a situation thaw’

‘Membiarkan sebuah situasi mencair,’ ekspresi ini biasa digunakan ketika sebuah sitausi yang sulit terjadi (misal: pertikaian), analogi ini membandingkan situasi yang sulit dengan es.

To let a situation thaw maksudnya adalah untuk tidak melakukan apapun terhadap situasi (atau pihak) yang sedang bermasalah tersebut, to give it a little space, to let it ‘melt’. Es den situasi yang sulit secar fisik atau arti tidak dekat sama sekali bentuknya, tetapi es memiliki karakter tertentu yang memiliki kemiripan dengan situasi yang sulit, analogi ini memanfaatkan kesamaan tersebut untuk menjelaskan hal konsep yang lebih rumit.

Analogi, Kiasan dan Metafor

Meskipun sama-sama mengandung perbadingan, analogi, kiasan (similie) dan metafor adalah hal yang berbeda. Metafor dan simile adalah tools atau alat untuk menggambarkan analogi, jadi dapat dikatakan bahwa analogi lebih ekstensif atau kompleks dibandingkan simile dan metafor.

Simile atau kiasan merupakan majas dimana ia membandingkan sesuatu dengan hal lainya, biasanya menggunakan kata seperti like, as, dan seterusnya.

Contoh:

  • She stood as solid as rock

Maksudnya dia (perempuan) berdiri dengan sangat diam, tegap, solid, kiasan ini membandingkan cara berdiri perempuan ini dengan batu karena sifatnya yang sama.

  • Her vocabulary was as bad as, like, whatever.

‘like, whatever,’ ekspresi yang banyak digunakan untuk menjelaskan banyak hal, biasanya digunakan jika pembicara tidak tahu, atau terlalu malas untuk menjelaskan sesuatu.

Metafor menyamakan dua hal yang sebenarnya berbeda, untuk membedakanya dengan simile, metafor biasanya tidak menggunakan kata pembanding (as, like).

  • He is a rock
  • Her vocabulary is worse than mine. Hers is…whatever.

Analogi dan metafor sama-sama membandingkan dua hal yang berbeda dan mencari kesamaan di antara hal tersebut, bedanya, analogi berfokus pada kesamaan antara dua entitas tersebut untuk membuat topik yang dibahas lebih mudah dipahami sedangkan metafor menyamakan entitas satu dengan entitas lainya, it says one thing is another.

Perhatikan contoh paragraf di bawah:

“The structure of an atom is like a solar system. The nucleus is the sun, and electrons are the planets revolving around the sun.”

“Struktur sebuah atom itu seperti tata surya. Nukleus adalah matahari dan elektron-elektron adalah planet yang berputar mengelilinginya.”

Di kalimat ini struktur atom dan tata surya dibandingkan dengan kata “like” karena itu kalimat ini adalah simile. Metafor digunakan untuk menggunakan nukleus dengan matahari dan elektron dengan planet tanpa menggunakan kata seperti like atau as. Contoh paragraf di atas menggambarkan bagaimana penggunaan simile dan metafor dalam penulisan sebuah analogi.

Kapan Sebaiknya Analogi Digunakan?

Analogi berguna dalam penulisan atau percakapan sehari-hari karena dalam penggunaanya analogi membantu menjelaskan hal yang kompleks atau bahkan topik yang sensitif atau baru.

Penggunaan analogi membuat pembaca atau pendengar lebih mudah memahami ide baru yang tanpanya mungkin sulit dipahami. Terlebih lagi penggunaan analogi juga dapat dengan mudah menarik perhatian pembaca dan pendengar, hal ini dikarenakan penggunaan konten yang lebih familiar membuat mereka lebih mudah menghubungkan apa yang mereka baca atau dengar dengan apa yang mereka sudah tahu.

 

5 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris & Jawabannya
Ucapan Cepat Sembuh dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Kartu Undangan Bahasa Inggris Merayakan Ulang Tahun
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Bahasa Inggris yang Dikirim Sahabat Pena Lewat Pos
Cara Berbicara kepada Wanita Dalam Bahasa Inggris
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)


 
Cara Memperkenalkan Diri Sendiri ke Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Perbedaan Who dan Whom
Phrasal Verb Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Berhitung / Counting In English
Contoh Transkrip Pembawa Acara Olahraga dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Rencana Liburan / Itinerary Bahasa Inggris & Terjemahannya
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris