sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa itu Kalimat Majemuk (Compound Sentence)?

Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya kalimat tunggal dan kalimat majemuk, begitu juga pada Bahasa Inggris. Kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris disebut dengan compound sentence. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris (compound sentence) beserta contohnya.

Pengertian Kalimat Majemuk (Compund Sentence)

Kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris (compound sentence) adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa independen, yang disebut dengan istilah independent clause. Independent clause merupakan klausa yang dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat dengan makna lengkap tanpa membutuhkan penjelasan lagi.

Independent clause kemudian dapat digabungkan dalam kalimat majemuk jika berkaitan satu sama lain. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

I want to lose my weight, but I can’t resist the temptation of sweets (Aku mau ngurusin badan, tapi aku nggak bisa tahan godaan makanan manis)

Contoh diatas merupakan kalimat majemuk (compound sentence) yang terdiri dari dua independent clause. Independent clause yang pertama adalah I want to lose my weight (aku mau ngurusin badan), dan yang kedua adalah I can’t resist the temptation of sweets (aku nggak bisa tahan godaan makanan manis).

Kedua independent clause ini dapat menjadi kalimat terpisah dan berdiri sendiri. Kedudukan kedua klausa tersebut pun sama, tidak ada yang menjadi klausa yang menjelaskan klausa lain (subordinate clause). Kedua klausa ini kemudian dapat digabungkan menjadi kalimat majemuk dengan kata sambung but (tapi).

Penghubung Kalimat Majemuk

Untuk menggabungkan dua independent clause dalam kalimat majemuk, kita bisa menggunakan beberapa penghubung sesuai dengan konteks kalimat. Penghubung yang dapat digunakan untuk membentuk kalimat majemuk adalah:

Tanda Koma (,)

Tanda koma dapat digunakan untuk penghubung dua independent clause yang simpel agar menjadi kalimat majemuk. Penggunaannya dapat dilihat pada contoh berikut:

My brother is sitting on the floor, I’m sitting on sofa (Kakakku duduk diatas lantai, aku duduk di sofa)

Pada contoh diatas, terdapat dua independent clause yang dihubungkan menggunakan tanda koma. Klausa pertama adalah my brother is sitting on the floor (kakakku duduk diatas lantai), yang kedua adalah I’m sitting on sofa (aku duduk diatas sofa).

Kedua klausa ini memiliki format yang sama yaitu present tense, dan sudah memiliki makna utuh. Kedudukan keduanya pun sama, tidak ada yang menjelaskan klausa lainnya. Dua klausa independen ini kemudian menjadi kalimat majemuk dengan penghubung tanda koma.

Tanda Titik Koma (;)

Kalimat majemuk juga dapat dihubungkan dengan tanda titik koma atau dikenal juga dengan sebutan semicolon. Penggunaannya dapat dilihat dalam contoh berikut:

She likes to draw; she’s a member of art club (Dia suka menggambar; dia adalah anggota klub seni)

Pada contoh diatas, tanda titik koma atau semicolon menghubungkan dua independent clause yang berkaitan satu sama lain. Klausa pertama ‘she likes to draw’ (dia suka menggambar) memiliki hubungan dengan klausa kedua ‘she’s a member of art club’ (dia adalah anggota seni). Karena ‘menggambar’ dan ‘klub seni’ adalah dua hal yang berhubungan satu sama lain.

Coordinating Conjunctions

Penghubung kalimat majemuk selanjutnya adalah coordinating conjunctions, yaitu kata sambung yang menghubungkan dua hal setara. Beberapa coordinating conjunctions yang dapat digunakan adalah:

  • For (untuk)
  • And (dan)
  • Nor (atau)
  • But (tapi, melainkan)
  • Or (atau)
  • Yet (tapi)
  • So (jadi)
  • However (bagaimanapun)
  • Otherwise (jika tidak, sebaliknya)
  • Still (tetap saja)
  • Therefore (maka dari itu)
  • Nevertheless (meski begitu)

Penggunaan coordinating conjunctions ini juga bisa ditambah dengan tanda koma atau titik koma. Jadi peletakannya adalah independent clause pertama, tanda titik atau titik koma, coordinating conjunctions, kemudian baru independent clause kedua.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

I have almost everything I wanted in this world, yet I don’t feel happy at all (Aku punya hampir semua yang aku inginkan di dunia ini, tapi aku tidak merasa bahagia sama sekali)

Klausa yang pertama ‘I have almost everything I wanted in this world’ dan yang kedua ‘I don’t feel happy at all’ sudah memiliki makna utuh masing-masing. Kedua klausa ini kemudian dihubungkan dengan coordinating conjunctions yet yang didahului oleh tanda koma. Kemudian menjadi kalimat majemuk dengan dua independent clause yang berhubungan satu sama lain.

Contoh Kalimat Majemuk Bahasa Inggris

Untuk menambah pemahaman mengenai kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris, berikut beberapa contoh yang bisa menjadi acuan:

  • Mary went to the right, Lisa went to the left (Mary pergi ke arah kanan, Lisa pergi ke arah kiri)
  • The boys bring the tent and the girls bring the food (Anak laki-laki membawa tenda dan anak perempuan membawa makanan)
  • We went to the zoo last week; however, we didn’t see much of animals (Kami pergi ke kebun binatang pekan lalu; meski begitu, kami tidak melihat banyak hewan)
  • He really wants to get into the college, so he studies hard everyday (Dia sangat ingin masuk kuliah, jadi dia belajar giat setiap hari)
  • She never skips exercise even for a day, therefore her body is really fit (Dia nggak pernah melewatkan olahraga satu hari pun, maka dari itu tubuhnya sangat bugar)
  • My mother told me not to go out in the rainy days, still I went out that day (Ibuku melarang aku keluar di hari hujan, tetap saja aku keluar hari itu)

Demikianlah pembahasan mengenai kalimat majemuk atau compound sentence dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Kalimat Untuk Merespon Kabar Buruk
Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Rapat Bisnis
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Contoh Kalimat Thanking
Kalimat Untuk Menunjukkan Kebaikan (Phrases for Expressing Kindness)
Frasa/Kalimat dalam Percakapan Telepon Bahasa Inggris
Kalimat Ucapan Happy Anniversary Dalam Bahasa Inggris
Cara Merubah Kalimat Pasif Menjadi Aktif
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris