sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu Kalimat Positif & Kalimat Negatif ?

Pembelajaran bahasa Inggris semakin dianggap krusial oleh semua orang di seluruh dunia saat ini mengingat bahasa ini merupakan bahasa asing yang paling sering digunakan. Akan tetapi, seringkali pembelajaran bahasa Inggris menjadi terhambat karena pengertian yang kurang mengenai aturan tata bahasanya. Banyak orang yang langsung menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa yang sulit karena berbagai istilah tata bahasa yang merumitkan.

Salah satu aturan atau istilah tata bahasa Inggris yang dianggap membingungkan adalah kalimat positif dan kalimat negatif dalam bahasa Inggris. Meskipun terlihat membingungkan, sesungguhnya penjelasan mengenai kalimat positif dan kalimat negatif cukup mudah.

Kalimat positif merupakan kalimat yang memberitahu sesuatu seperti demikian. Sedangkan kalimat negatif adalah kalimat yang memberitahu bahwa sesuatu tidak seperti demikian. Biasanya dalam kalimat negatif terdapat kosakata atau penanda negatif seperti tidak, tidak ada, bukan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, orang sehari-hari lebih sering mengenal kalimat positif. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mengenal kalimat negatif lebih dalam. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan lebih mendalam mengenai kalimat positif dan kalimat negatif di bawah ini.

Apa Itu Kalimat Positif?

Kalimat positif adalah salah satu bentuk kalimat pernyataan yang memberikan informasi yang dianggap benar bagi sang penulis. Biasanya kalimat positif menunjukan sesuatu yang tidak dinegasikan sehingga kata kerja yang biasa digunakan adalah kata kerja yang menerangkan.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah contoh kalimat positif dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I am the smartest kid in the class (Saya adalah murid yang paling pintar di kelas)
  • She was the most beautiful girl that I have ever encountered my whole life (Dia adalah gadis yang paling cantik yang pernah saya temui seumur hidup saya)
  • He will go to the store after his work to buy groceries (Dia akan pergi ke toko setelah pulang dari kantornya untuk membeli belanjaan)
  • They did an amazing job together on their last project (Mereka telah bekerja dengan luar biasa pada proyek terakhirnya)
  • You are the most amazing friend that I have ever had (Anda adalah sahabat yang terbaik yang pernah saya miliki)

Apa Itu Kalimat Negatif?

Kalimat negatif adalah salah satu bentuk kalimat pernyataan. Dalam arti bahwa kalimat ini memberikan informasi yang dianggap benar. Kalimat negatif biasanya dibentuk dengan menambahkan kata not  (bukan) setelah kata kerja pembantu. Kata kerja yang paling sering digunakan biasanya adalah bentuk-bentuk to be yang termasuk di antaranya am, is, are, was, dan were.

Kalimat negatif juga bisa menggunakan kata-kata do atau will (akan) sebelum menggunakan not. Dalam bentuk semacam itu, beberapa kata dapat disambung seperti contohnya does not (tidak) dapat diubah menjadi lebih singkat dengan menggunakan doesn’t. Beberapa contoh singkatan kalimat negatif lainnya adalah dengan menggunakan didn’t, isn’t, wasn’t, weren’t, dan won’t.

Jika Anda menuliskan dokumen formal atau sebuah esai akademik, ada baiknya Anda tidak menggunakan singkatan dengan tanda kutip. Akan tetapi, untuk penulisan informal atau pembicaraan sehari-hari, menyingkat bentuk negatif sangatlah tidak apa-apa dilakukan.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat negatif dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I am not the best guy that you will ever know (Saya bukan orang terbaik yang akan pernah Anda ketahui)
  • You are not the kind of girl that I expected you to be (Anda bukan jenis gadis yang saya perkirakan sebelumnya)
  • She does not understand what her professor has been explaining to her (Dia tidak mengerti apa yang dosennya telah jelaskan kepadanya)
  • He will not be able to go to his mother’s birthday party in time because of the traffic (Dia tidak akan bisa pergi ke pesta ulang tahun Ibunya secara tepat waktu akibat kemacetan)
  • They did not try hard enough to get the best result in this project (Mereka tidak berusaha cukup keras untuk mendapatkan hasil terbaik dalam proyek ini)
  • It isn’t what it looks like! (Ini tidak terlihat seperti apa yang terlihat!)
  • You aren’t the best storyteller in this club (Anda bukan pendongeng yang paling baik di dalam klub ini)
  • She doesn’t eat red meat because she is a vegetarian (Dia tidak makan daging merah karena dia adalah seorang vegetarian)

Mengubah Kalimat Positif Menjadi Kalimat Negatif

Kalimat positif dan negatif dalam tata bahasa Inggris adalah dua hal yang sangat berbeda. Akan tetapi, mengubah kalimat positif menjadi kalimat negatif dan sebaliknya sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Lalu apa kegunaannya? Gunanya adalah Anda dapat memberikan kejelasan lebih dengan mengetahui kedua bentuk kalimat tersebut, terutama jika mengubah kalimat negatif menjadi kalimat positif.

Untuk apa mengatakan bahwa sesuatu tidak berwarna merah ketika bisa mengubahnya menjadi kalimat positif yang lebih spesifik dengan mengatakan sesuatu berwarna biru? Kalimat positif hanya membutuhkan lebih sedikit kalimat, lebih sedikit konjugasi kata kerja, serta menunjukan secara langsung poin yang ingin disampaikan.

Berikut ini adalah sejumlah contoh perubahan dari kalimat positif menjadi kalimat negatif dalam bahasa Inggris serta terjemahannya.

  • I am flying to France for the summer (Saya akan naik pesawat ke Prancis untuk libur musim panas ini)
  • I am not sailing to France for the summer (Saya tidak akan naik kapal ke Prancis untuk libur musim panas ini)

Dapat dilihat dalam contoh tersebut bahwa pernyataan positifnya adalah subjek akan pergi ke Prancis dengan menggunakan pesawat. Karena pernyataan tersebut adalah pernyataan yang benar, maka jika ingin diubah menjadi kalimat negatif, ubah menjadi pernyataan yang tidak benar lalu dinegasikan. Dalam kasus ini dengan membuat sang subjek tidak pergi ke Prancis dengan menggunakan kapal, karena nyatanya ia menggunakan pesawat.

Berikut ini adalah contoh lainnya mengenai perubahan kalimat positif menjadi kalimat negatif beserta terjemahannya:

  • You should take that way to go to Memphis (Anda sebaiknya melalui jalan itu untuk pergi ke Memphis)

You shouldn’t take that way to go to Nashville (Anda sebaiknya tidak melalui jalan itu untuk pergi ke Nashville)

  • They are the exchange students that came from Nigeria (Mereka adalah pertukaran pelajar yang datang dari Nigeria)

They are not the exchange students that came from Canada (Mereka bukanlah pertukaran pelajar yang datang dari Kanada)

  • She was eating fried rice that she bought before going home (Dia memakan nasi goreng yang telah dia beli sebelum pulang ke rumah)

She wasn’t eating fried tofu that she bought before going home (Dia tidak memakan tahu goreng yang telah dia beli sebelum pulang ke rumah)

  • We were happy when our research won the international competition (Kami senang ketika riset kami memenangkan kompetisi internasional)

We were not sad when our research won the international competition (Kami tidak sedih ketika riset kami memenangkan kompetisi internasional)

  • They drink water and soda only (Mereka hanya minum air putih dan soda)

They don’t drink alcohol (Mereka tidak minum alkohol)

  • I like going for a run on weekends to keep myself healthy (Saya suka pergi berlari di akhir pekan untuk menjaga diri saya tetap sehat)

I don’t like going for a swim on weekends to keep myself healthy (Saya tidak suka pergi berenang di akhir pekan untuk menjaga diri saya tetap sehat)

  • He had to use public transportation to go to work (Dia harus menggunakan transportasi publik untuk pergi ke kantornya)

He didn’t have to walk to go to work (Dia tidak hanya jalan kaki untuk pergi ke kantornya)

Contoh Perbedaan Kalimat Positif dan Kalimat Negatif

Pada bagian sebelumnya telah diperlihatkan bagaimana cara untuk mengubah kalimat positif menjadi kalimat negatif. Caranya adalah dengan mengubah kata benda atau kata sifat yang ada untuk tetap menjaga arti pernyataan tersebut. Akan tetapi, jika Anda tidak mengubah kata benda atau kata sifatnya, maka yang akan dapatkan adalah arti pernyataan yang sangat berbeda. Mengapa begitu? Karena terdapat perbedaan dalam bentuk kalimat positif dan kalimat negatif.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kalimat positif yang diubah bentuknya menjadi kalimat negatif.

  • They like going outside for a walk in the park (Mereka suka pergi ke luar untuk berjalan-jalan di taman)
  • They don’t like going outside for a walk in the park (Mereka tidak suka pergi ke luar untuk berjalan-jalan di taman)

Dapat dilihat dari contoh tersebut bahwa ketika kalimat positif diubah begitu saja menjadi kalimat negatif, hasilnya kalimat negatif akan memiliki makna yang berkebalikan dengan makna kalimat positif. Berbeda halnya dengan mengubah kalimat positif menjadi kalimat negatif yang masih menjaga maknanya.

Berikut ini adalah beberapa contoh perbedaan arti kalimat positif dan kalimat negatif selanjutnya beserta dengan terjemahannya:

  • He has to use his car to pick up his girlfriend from her home (Dia harus menggunakan mobilnya untuk menjemput kekasihnya dari rumahnya)

He doesn’t have to use his car to pick up his girlfriend from her home (Dia tidak harus menggunakan mobilnya untuk menjemput kekasihnya dari rumahnya)

  • They were invited to our dinner party tonight (Mereka diundang ke pesta makan malam kita malam ini)

They were not invited to our dinner party tonight (Mereka tidak diundang ke pesta makan malam kita malam ini)

  • She will be attending her graduation party this Monday (Dia akan datang ke pesta kelulusannya hari Senin ini)

She won’t be attending her graduation party this Monday (Dia tidak akan datang ke pesta kelulusannya hari Senin ini)

  • These are my favorite dresses that I got on a sale (Ini adalah gaun-gaun kesukaan saya yang saya beli ketika sedang ada diskon)

These aren’t my favourite dresses that I got on a sale (Ini bukanlah gaun-gaun kesukaan saya yang saya beli ketika sedang ada diskon)

  • They were playing hide and seek in the basement (Mereka bermain petak umpet di lantai bawah tanah)

They weren’t playing hide and seek in the basement (Mereka tidak bermain petak umpet di lantai bawah tanah)

Menghilangkan Kalimat Negatif

Meskipun kalimat negatif dapat diubah menjadi kalimat positif dengan mudah, namun tidak setiap saat kita dapat menghilangkan kalimat negatif sepenuhnya. Seperti contohnya ketika kita tidak mengetahui kenyataan yang pasti dan hanya bisa pasti bahwa suatu hal tidak seperti A. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat kalimat negatif yang tidak dapat tidak digunakan seperti contohnya pada beberapa kalimat berikut:

  • This is not the dress that I’m looking for but I don’t know which dress am I looking for (Ini bukan gaun yang saya cari-cari namun saya tidak tahu gaun yang mana yang saya cari)
  • I don’t know what I want to eat but I don’t want to eat rice (Saya tidak tahu apa yang ingin saya makan namun saya tidak ingin makan nasi)
  • I heard she’s not a good girl but I am not sure if that is true or not (Saya dengar dia bukan gadis yang baik namun saya tidak yakin apakah itu benar atau tidak)

Dapat dilihat bahwa pada ketiga contoh kalimat tersebut, kalimat negatif yang ada tidak dapat diubah begitu saja menjadi kalimat positif karena pernyataan yang secara spesifik sesungguhnya tidak diketahui.Oleh karena itu, satu-satunya jenis pernyataan yang dapat digunakan adalah pernyataan negatif.

Itulah dia penjelasan lebih mendalam mengenai apa itu kalimat positif dan negatif serta sejumlah contohnya dalam bahasa Inggris bersama dengan terjemahannya. Semoga pembelajaran kali ini dapat menambah pengetahuan berbahasa asing dan menambah kosakata yang belum diketahui sebelumnya. Diharapkan dengan mengetahui kalimat positif dan kalimat negatif, pelajar bahasa Inggris akan dapat semakin mahir dalam menggunakan bahas asing satu ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris
Daftar Preposition dan Contoh Kalimatnya
Contoh Kalimat Forbidding
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kekaguman
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Karakteristik Positif
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Frasa/Ekspresi/Kalimat yang Digunakan saat Mau Menyewa Apartment
Frasa Bahasa Inggris Saat Naik Kendaraan Umum