sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu Narrative Text?

Bahasa Inggris memiliki aturan tata bahasanya sendiri yang harus ditepati. Akan tetapi, justru sebagian besar orang sulit untuk mengerti dan menguasai bahasa Inggris akibat istilah-istilah tata bahasa yang ada. Salah satunya ada peraturan dan pengertian mengenai narrative text atau teks naratif.

Semua orang pasti sering menceritakan sebuah kisah yang baru saja mereka dengar, saksikan, atau bahkan kisah mereka sendiri kepada orang lain, sahabatnya, kerabat, orang tua, dan sebagainya. Sebenarnya, yang dilakukan ketika kita menceritakan sebuah kisah yang kita lalui adalah sebuah contoh aplikatif untuk teks naratif. Oleh karena itu semua orang pasti pernah mengetahui atau setidaknya mendengar tentang teks naratif sebelumnya. Teks naratif adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang biasanya sering digunakan dan dipelajari oleh para anak SMP dan SMA. Namun apa sebenarnya teks naratif?

Dalam pembelajaran kali ini, akan dijelaskan apa itu teks naratif secara definisi, apa tujuannya, seperti apa strukturnya, fitur linguistik yang digunakan, serta beberapa contohnya dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Definisi Teks Naratif

Teks naratif adalah salah satu dari 13 tipe teks bahasa Inggris yang berasal dari narasi dan juga recount text, anecdote text, dan spoof text. Definisi untuk teks naratif sendiri merupakan kisah imajinatif untuk menghibur orang.

Salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui mengenai teks naratif adalah bahwa teks jenis ini dalam pelajaran penulisan dan komposisi biasanya disebut sebagai narasi, yang merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa literatur. Pada umumnya, teks naratif berisikan kisah fiksi yang bagus, kisah non-fiksi, kisah binatang (fabel), kisah dongeng, cerita rakyat, mitos, legenda, dan lain sebagainya. Secara sederhana, segala hal mengenai kisah pasti berada di dalam teks naratif.

Sedangkan tujuan dari teks naratif sendiri adalah untuk menghibur pembaca atau orang lain dengan membuat kisah sendiri, baik fiksi maupun non-fiksi.

Struktur Dasar Teks Naratif

Pada umumnya, terdapat empat bagian dalam sebuah teks naratif yang selalu digunakan ketika sedang membangun sebuah kisah naratif. Keempat bagian itu adalah orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda atau orientasi ulang. Akan tetapi, terkadang bagian terakhir atau koda tidak perlu diadakan, bagian tersebut opsional untuk Anda masukan dalam teks naratif yang dibuat atau tidak.

Orientasi adalah bagian awal kisah atau paragraf awal yang memperkenalkan para karakter di dalam kisahnya. Kemudian ada komplikasi yaitu bagian ketika masalah di dalam kisah mulai muncul. Kemudian setelahnya ada resolusi ketika masalah yang diperkenalkan sebelumnya telah dipecahkan. Lalu pada bagian terakhir yaitu koda atau orientasi ulang, terdapat pembelajar dari kisah tersebut yang didapatkan.

Fitur Linguistik dalam Teks Naratif

Dalam sebuah teks naratif, salah satu penanda bahwa teks tersebut merupakan teks naratif adalah dengan melihat dari fitur linguistiknya. Fitur linguistik yang dimaksud adalah jenis-jenis kata apa saja yang biasanya digunakan, seperti apa bentuk kata kerjanya, dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling jelas dalam teks naratif adalah penggunaan kata kerja dalam bentuk past tense. Kemudian tanda selanjutnya adalah penggunaan adverbia yang menunjukan waktu seperti contohnya once upon a time (pada suatu hari). Lalu selanjutnya biasanya akan digunakan konjungsi waktu yang menunjukan keterkaitan antara suatu kejadian dengan kejadian lainnya.

Selain itu, dalam sebuah teks naratif, dapat dipastikan bahwa karakter yang ada di dalamnya pasti sangat spesifik. Spesifik dalam artian bahwa tiap karakter memiliki nama atau peran masing-masing, tidak hanya karakter secara umum. Lalu kata kerja yang sering digunakan juga merupakan kata kerja yang menunjukan aksi. Terakhir, untuk membuat kisah menjadi lebih nyata dan hidup, yang biasanya digunakan adalah kalimat langsung yang menggunakan tanda kutip. Pada umumnya, bagian dalam kalimat langsung biasanya menggunakan kata kerja dalam bentuk present tense.

Contoh Teks Naratif Beserta Strukturnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks naratif pada umumnya memiliki tiga bagian, dengan bagian koda yang opsional untuk dimasukan atau tidak. Sebagai contohnya, berikut ini adalah bagian pertama yaitu orientasi dalam sebuah kisah teks naratif bahasa Inggris.

One day, there was a little girl named Ariel who lived in a castle with her Aunt and her Uncle. Ariel has never seen her parents since she was a child because her parents were dead when she was little. Hence, she ended up living with her Aunt and Uncle since then.

(Suatu hari, ada seorang gadis kecil bernama Ariel yang tinggal di dalam sebuah istana bersama Bibinya dan Pamannya. Ariel tidak pernah melihat orang tuanya sejak dia masih kecil karena orang tuanya telah meninggal ketika ia masih kecil. Oleh karena itu, Ariel akhirnya hidup bersama Bibi dan Pamannya sejak saat itu)

Dapat dilihat bahwa pada bagian orientasi tersebut, diperkenalkan para karakter utama yang akan menjadi sorotan dalam kisah ini. Terdapat Ariel sebagai tokoh utamanya, lalu dijelaskan juga keberadaan bibi dan pamannya yang menggantikan orang tuanya yang telah meninggal.

Selanjutnya, berikut ini adalah contoh dari bagian kedua yaitu komplikasi.

Ariel felt content living with her Aunt and Uncle all this time. However, one day she heard that her Uncle and Aunt were planning to leave Ariel behind in the castle because they both wanted to go to England. They had to leave Ariel behind because they didn’t have more money to take her with them.

(Ariel merasa senang dapat tinggal bersama Bibi dan Pamannya selama ini. Akan tetapi, suatu hari dia mendengar bahwa Paman dan Bibinya berencana untuk meninggalkan Ariel sendirian di istana karena mereka berdua ingin pergi ke Inggris. Mereka harus meninggalkan Ariel karena mereka tidak memiliki uang lebih untuk membawa Ariel bersama mereka)

Dapat dilihat pada bagian komplikasi mulai muncul permasalahan yang harus dihadapi oleh sang tokoh utama. Dalam kisah ini, yang menjadi masalah adalah bahwa Ariel akan ditinggalkan oleh Bibi dan Pamannya. Bagian ini memperkenalkan situasi yang mengganggu ketenangan kisah atau disebut juga sebagai disrupsi.

Selanjutnya adalah bagian terakhir yaitu resolusi yang bertindak sebagai pemecahan masalah yang dihadapi.

Ariel did not want her Aunt and Uncle to leave her alone in the castle. And so she tried to find a way to make them stay with her. That evening, she found a herb that she knew could make her sick and she ate it. The next morning, her Aunt and Uncle realized that Ariel was sick and they decided to stay and took care of Ariel.

(Ariel tidak ingin Bibi dan Pamannya meninggalkan dirinya sendirian di istana. Maka dia berusaha untuk mencari cara agar membuat mereka tetap tinggal bersamanya. Pada sore itu, dia menemukan sebuah tanaman yang dia ketahui dapat membuatnya menjadi sakit dan dia memakannya. Di pagi hari setelahnya, Bibinya dan Pamannya menyadari bahwa Ariel sakit dan mereka memutuskan untuk tetap tinggal dan mengurus Ariel)

Pada bagian resolusi terakhir, dapat dilihat bahwa akhirnya permasalahan yang dihadapi dapat dipecahkan juga. Dalam kisah ini, Ariel memecahkan masalahnya dengan berpura-pura sakit di hadapan Bibi dan Pamannya agar tidak ditinggalkan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam sebuah teks naratif bisa juga memiliki empat bagian yang diakhiri dengan koda atau resolusi ulang. Berikut ini adalah contoh bagian tersebut.

Ariel woke up the next day from her deep sleep, she felt refreshed and healthy again. However, when she got out of her room, she realized that the castle has been deserted and that both her Aunt and her Uncle cannot be found. She understood that lying will not bring her any good and that she had to learn to survive alone.

(Ariel bangun tidur keesokan harinya dari tidurnya yang lelap, dia merasa segar dan sehat kembali. Akan tetapi, ketika dia keluar dari ruangannya, dia menyadari bahwa istananya telah kosong ditinggalkan dan bahwa Bibi dan Pamannya tidak dapat ditemukan di manapun. Dia akhirnya mengerti bahwa berbohong tidak akan menghasilkan hal yang baik untuknya dan bahwa dia harus belajar untuk bertahan hidup sendiri)

Pada bagian koda, dijelaskan mengenai hasil akhir dari pemecahan masalah di bagian resolusi. Terkadang akan ada koda yang menunjukan akhir yang bahagia, namun ada juga yang menunjukan bahwa pemecahan masalah yang dilakukan salah. Dari situ, diperlihatkan pelajaran apa yang dapat diambil dari sebuah kisah. Dalam kisah ini, diperlihatkan bahwa pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa berbohong merupakan hal yang salah dan tidak berguna.

Setelah melihat contoh-contoh bagian dalam teks naratif yang telah dipisah-pisah, penting juga untuk mengetahui contoh teks naratif secara utuh. Berikut ini adalah contoh teks naratif utuh dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Once upon a time, there was a beautiful woman named Ella. Ella lived in the middle of the woods all alone since she was a child. Her parents left her when she was 9 years old and now she grown into a beautiful woman. During her time in the woods, she made friends with the birds and the bees.

(Suatu hari, ada seorang perempuan cantik bernama Ella. Ella tinggal di tengah hutan sendirian sejak dia masih kecil. Orang tuanya meninggalkannya ketika dia masih berumur 9 tahun dan sekarang dia telah tumbuh besar menjadi seorang perempuan yang cantik. Pada masa-masanya dia hidup di tengah hutan, dia berteman dengan para burung dan para lebah)

  • However, suddenly one day a prince on his white horse came by her woods and find her. She doesn’t trust this prince very much and put her distance to her. But the prince was persistent in making her fall for him.

(Akan tetapi, tiba-tiba suatu hari seorang pangeran di atas kuda putihnya datang ke dalam hutan milik Ella dan menemukannya. Dia tidak terlalu memercayai pangeran ini dan menjaga jarak antaranya dengan sang pangeran. Akan tetapi, sang pangeran bersikeras untuk membuat Ella jatuh hati padanya)

  • The prince tried to think hard on how to make Ella want to be with him. Suddenly he remembered one time Ella told him that her parents had left her alone in the woods. So he tried to look for her parents, hoping that they are in his kingdom.

(Sang pangeran berusaha untuk berpikir keras bagaimana cara membuat Ella ingin bersama dirinya. Tiba-tiba dia mengingat bahwa Ella pernah bercerita kepadanya suatu ketika bahwa orang tuanya telah meninggalkannya sendiri di tengah hutan. Oleh karena itu sang pangeran berusaha untuk mencari orang tuanya, dengan harapan bahwa orang tuanya berada di dalam kerajaannya)

  • After a few weeks gone by, the prince started to lose hope. There were many couples, both old and young, who has gone to his castle and claimed that they are Ella’s parents, but none has managed to convince him. Until one day, an old couple stepped into his castle and told him the story of how they lost their little girl when she was 9 years old in the middle of the woods. At last, the prince found Ella’s parents who has been looking for her too all this time. Ella and her parents finally lived together happily ever after and she also finally let herself fall for the prince.

(Setelah beberapa minggu berlalu, sang pangeran mulai kehilangan harapan. Terdapat banyak pasangan, baik tua maupun muda, yang telah datang ke istananya dan mengaku bahwa mereka adalah orang tua Ella, namun tidak ada yang berhasil meyakinkannya. Hingga suatu hari, sepasang pasangan tua datang ke dalam istananya dan menceritakan kepadanya sebuah kisah bagaimana mereka kehilangan anak perempuannya ketika dia masih berumur 9 tahun di tengah hutan. Pada akhirnya, sang pangeran menemukan orang tua Ella yang ternyata telah mencarinya juga selama ini. Ella dan orang tuanya akhirnya hidup bersama dan bahagia selamanya dan Ella juga akhirnya membiarkan dirinya jatuh hati kepada sang pangeran)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu teks naratif dalam bahasa Inggris, seperti apa bentuknya, bagaimana cara untuk membuatnya, dan hal apa saja yang dapat membuat sebuah teks menjadi teks naratif. Semoga dengan pembelajaran kali ini, Anda akan dapat mengasah terus kemampuan menulis dalam bahasa Inggris terutama dalam menuliskan sebuah kisah. Jangan lupa untuk terus berlatih menulis karena kunci dari menguasai sebuah bahasa asing adalah dengan melatihnya secara teratur.

 

Text Genre: Struktur Anecdote Text & Contoh Anecdote Text
Story Telling Narrative Text: Goose with the Golden Eggs
Apa itu Discussion Text?
Apa itu Report Text?
Apa itu Procedure Text?
Apa Itu Narrative Text?
Apa itu Functional Text
Apa itu Report Text?
Apa itu Spoof Text? Berikut Contoh Spoof Text!
Apa itu Narrative Text?