sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu Suggestion Beserta Contohnya

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling penting untuk dipelajari oleh semua orang di dunia ini. Jika Anda dapat menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar, maka sudah hampir pasti bahwa Anda akan membuka begitu banyak peluang ke seluruh dunia, mulai dari pendidikan ataupun karir. Akan tetapi, bahasa Inggris terkadang dianggap tidaklah mudah untuk dipelajari karena terdapat begitu banyak jenis peraturan tata bahasa yang berlaku. Salah satunya merupakan peraturan mengenai suggestion atau saran.

Dalam bahasa Inggris, terdapat peraturan sendiri dalam membuat saran karena ada berbagai macam bentuk untuk memberikan saran. Memberikan saran artinya memberitahu orang lain mengenai apa yang ada di pikiran kita yang sebaiknya mereka lakukan atau apa yang menurut kita adalah ide yang bagus. Dalam artian bahwa kita memberikan opini diri sendiri mengenai tindakan apa yang sebaiknya diambil oleh orang lain.

Penting untuk dapat membuat saran atau rekomendasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara lancar karena kita harus sering melakukannya dalam kehidupan profesional maupun pribadi sehari-hari. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat saran atau merekomendasikan sesuatu dalam bahasa Inggris. Dalam pelajaran kali ini, akan dijelaskan beberapa cara yang paling umum dan paling sering digunakan.

Mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai berbagai macam cara untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris.

Subjek + should + Verba

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk memberikan saran adalah dengan menggunakan modal kata kerja should. Modal tersebut memiliki arti sebaiknya, sama seperti dalam bahasa Indonesia ketika memberikan saran pada umumnya digunakan kata “sebaiknya” juga. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan cara satu ini untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • You should try to listen more to your teacher in class so you will succeed in all of your exams (Anda sebaiknya berusaha lebih mendengarkan guru Anda di kelas agar Anda sukses dalam semua ujian)
  • She should quit her job if she doesn’t feel comfortable anymore in her workplace (Dia sebaiknya keluar dari pekerjaannya jika dia tidak merasa nyaman lagi di tempat kerjanya)
  • He should get his sister a new bag for her birthday next week (Dia sebaiknya membelikan adiknya tas baru untuk ulang tahunnya minggu depan)
  • Jane should be more honest about her feelings towards Mark (Jane sebaiknya lebih jujur mengenai perasaannya kepada Mark)
  • They should come to the big event next month (Mereka sebaiknya datang ke acara besar itu bulan depan)
  • We should try watching that horor movie together next time (Kita sebaiknya mencoba menonton film horor itu bersama lain kali)
  • I really should read that new book. Everyone has been recommending it to me all the time (Saya sungguh sebaiknya membaca buku baru itu. Semua orang telah merekomendasikannya kepada saya terus)

Subjek + need + Verba

Jika Anda ingin memberikan saran yang lebih kuat kepada seseorang, Anda bisa menggunakan kata need yang berarti “harus.” Namun cara satu ini tidak terlalu sering digunakan mengingat dalam memberikan saran, ada baiknya Anda tidak terlalu mewajibkan saran Anda diambil oleh orang yang dituju. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan cara satu ini untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I need to go to the doctor soon. I haven’t been feeling well lately. (Saya harus pergi ke dokter secepatnya. Saya merasa tidak enak badan akhir-akhir ini)
  • You need to accept that university invitation! This kind of chance only come once in a lifetime. (Anda harus menerima undangan universitas itu! Kesempatan macam ini hanya datang sekali seumur hidup)
  • She needs to let us know if she has a problem that would hold her from doing her job (Dia harus memberitahu kita jika dia memiliki masalah yang dapat menahannya melakukan tugasnya)
  • He needs to be able to open his heart more to his girlfriend (Dia harus bisa lebih membuka hatinya untuk kekasihnya)
  • They need to go to the library to finish their group assignment (Mereka harus pergi ke perpustakaan untuk menyelesaikan tugas kelompok mereka)
  • We need to run as fast as we can to win this race (Kita harus lari secepat yang kita mampu untuk memenangkan lomba ini)

Subjek + could + Verba

Cara umum lainnya untuk memberikan saran atau rekomendasi adalah dengan menggunakan kata could yang dapat diterjemahkan sebagai “bisa.” Cara ini lebih halus dan lebih tidak langsung dalam memberikan saran dibanding dua cara sebelumnya. Cara ini dapat digunakan untuk memberikan opsi lain, namun dengan menggunakannya, akan terlihat bahwa Anda tidak memiliki opini yang kuat terhadap sesuatu. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan cara satu ini untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • You could try exercising regularly if you want to be healthier (Anda bisa mencoba berolahraga secara teratur jika Anda ingin menjadi lebih sehat)
  • She could go to the movies alone if all of her friends are unavailable (Dia bisa pergi ke bioskop sendirian jika semua kawan-kawannya tidak ada yang bisa menemaninya)
  • We could go to Bali for our next vacation or we could go to Sumba (Kita bisa pergi ke Bali untuk liburan kita selanjutnya atau kita bisa pergi ke Sumba)
  • If you are unhappy with your job, maybe you could quit or tell your boss about it first (Jika Anda tidak senang dengan pekerjaan Anda, mungkin Anda bisa mengundurkan diri atau memberitahu bos Anda mengenainya terlebih dahulu)
  • You could take the bus or the train to my house (Anda bisa naik bis atau kereta ke rumah saya)

Why don’t / doesn’t + Subjek + Verba

Cara selanjutnya untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan formula satu ini. Penggunaan antara don’t atau doesn’t tergantung pada subjeknya. Jika subjeknya he atau she, maka yang digunakan adalah doesn’t, selain itu, semua subjek lain menggunakan don’t. Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan cara ini untuk memberikan saran serta terjemahannya.

  • Why don’t you try eating more healthily? (Kenapa Anda tidak berusaha makan secara lebih sehat?)
  • Why doesn’t she wake up earlier if she doesn’t want to be late? (Kenapa dia tidak bangun lebih dini jika dia tidak ingin terlambat?)
  • If you know you’re going to have an exam, then why don’t you study? (Jika Anda tahu Anda akan melalui ujian, maka kenapa Anda tidak belajar?)
  • Why don’t they want to sit with us anymore? (Kenapa mereka tidak ingin duduk dengan kita lagi?)
  • Why doesn’t he buy a new car to save some time on the road? (Kenapa dia tidak membeli mobil baru untuk menghemat waktu di jalan?)
  • Why don’t you go to the museum to learn more about these pre-historical tools? (Kenapa Anda tidak pergi ke museum untuk mempelajari lebih lanjut mengenai alat-alat pra-sejarah ini?)

How about + Gerund / Nomina

Cara selanjutnya untuk membuat sebuah saran dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan rumus satu ini. Gerund adalah sebuah frasa lengkap yang memiliki verba berakhiran –ing sedangkan nomina adalah kata benda. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • How about eating at this new restaurant? (Bagaimana dengan makan di restoran baru ini?)
  • How about walking back home to save some money from the transportation? (Bagaimana dengan jalan pulang ke rumah untuk menghemat uang dari transportasinya?)
  • How about this blue dress? (Bagaimana dengan gaun berwarna biru ini?)
  • How about buying your mom a necklace for Christmas? (Bagaimana dengan membelikan Ibu Anda sebuah kalung untuk Natal?)
  • If you don’t want to go anywhere, how about ordering food to be delivered here? (Jika Anda tidak mau pergi ke mana-mana, bagaimana dengan memesan makanan untuk diantarkan ke sini?)
  • Since you don’t like the red shoes, how about the black ones? It looks better on you (Karena Anda tidak menyukai sepatu berwarna merah itu, bagaimana dengan yang warna hitam? Itu terlihat lebih bagus di Anda)

I suggest / recommend that + Kalimat Lengkap

Anda juga bisa menggunakan kata suggest atau recommend untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris. Namun terdapat dua bentuk untuk menggunakannya. Di bentuk yang pertama ini, rumusnya diikuti oleh kalimat lengkap yang menjadi saran Anda. Sebagai contohnya, berikut ini sejumlah kalimat yang menggunakan cara satu ini untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I suggest that you study harder for your next exam (Saya menyarankan bahwa Anda belajar lebih keras untuk ujian Anda selanjutnya)
  • I suggest that she stop thinking about her crush and start studying more (Saya menyarankan bahwa dia berhenti memikirkan gebetannya dan mulai belajar lebih)
  • I recommend that she focus on improving her writing (Saya merekomendasikan bahwa dia fokus pada memperbaiki penulisannya)
  • I recommend that they start a study club to learn together for upcoming exams (Saya merekomendasikan bahwa mereka memulai klub belajar untuk belajar bersama untuk ujian-ujian yang akan datang)

I suggest / recommend + Gerund / Nomina

Ini adalah bentuk kedua dalam menggunakan suggest atau recommend untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris. Bentuk kali ini akan diikuti oleh gerund atau nomina, sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara satu ini digunakan ketika Anda langsung memberikan saran kepada orang yang akan melakukan tindakan tersebut.

  • I suggest going to Bali in the summer for our next vacation (Saya menyarankan pergi ke Bali pada musim panas untuk liburan kita selanjutnya)
  • I suggest taking notes in every class so you’ll know what to study for exams (Saya menyarankan mencatat di setiap kelas agar Anda tahu apa yang harus dipelajari untuk ujian)
  • I suggest going to the doctor in the morning before your flu got worse (Saya menyarankan pergi ke dokter besok pagi sebelum flu Anda semakin parah)
  • I recommend reading that novel to gain more knowledge about this world (Saya merekomendasikan membaca novel itu untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan mengenai dunia ini)
  • She recommends trying that new restaurant for dinner (Dia merekomendasikan mencoba restoran baru itu untuk makan malam)
  • He recommends going out to the movie next weekend (Dia merekomendasikan pergi menonton film akhir pekan selanjutnya)

Let’s  + Verba

Cara satu ini dapat Anda gunakan untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris jika Anda sendiri juga akan melakukan tindakan tersebut bersama orang yang Anda sarankan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah cara penggunaan bentuk satu ini untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Let’s go out sometimes so we can get to know each other better (Mari jalan-jalan kapan-kapan agar kita dapat mengenal satu sama lain dengan lebih baik)
  • Let’s try making this dish together (Mari mencoba membuat masakan ini bersama)
  • Let’s tell your mom that you’re pregnant (Mari beritahu Ibu Anda bahwa Anda hamil)
  • Let’s study together so we can both have good grades (Mari belajar bersama agar kita berdua dapat memiliki nilai yang bagus)
  • Let’s go to my house after school to play together (Mari pergi ke rumah saya setelah sekolah untuk bermain bersama)
  • Let’s go to the library to search for the book that we have to read next week  (Mari pergi ke perpustakaan untuk mencari buku yang harus kita baca minggu depan)

Itulah dia penjelasan mendalam mengenai apa itu suggestion dan bagaimana cara untuk memberikan saran dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga dengan ini Anda dapat memberikan saran dalam bahasa Inggris dengan lancar dan mudah untuk digunakan dalam sehari-hari.

 

Penggunaan & Contoh Contraction
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Komputer
Apa Itu Announcement? Inilah Contoh-contohnya!
Contoh Dialog Suggestion & Offer (Memberi Saran/Tawaran)
Contoh Dialog Bahasa Inggris: Dinner Invitation
Apa Itu Recount Text Beserta Contohnya
Contoh Kalimat Politeness
Contoh ‘English Euphemisms’