sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Tujuan Anda di Masa Depan (What Are Your Goals for the Future?)?

Pertanyaan tentang rencana masa depan biasanya akan muncul dalam wawancara kerja. Pertanyaan seperti, “what are your goals for the future?” (Apa tujuan Anda di masa depan?), misalnya saja. Perekrut menanyakan jenis pertanyaan ini ingin mencari tahu lebih lanjut dan ingin lebih memahami apakah tujuan profesional kita cocok dengan apa yang mereka tawarkan.

Adapun pertanyaan yang serupa dengan “what are your goals for the future?” di antaranya, yakni:

  • What are your future goals? (Apa tujuan masa depan Anda?)
  • What are your career goals? (Apa tujuan karir Anda?)
  • What re your goals? (Apa tujuan Anda?)
  • Where do you see yourself in five years? (Apa yang akan Anda lakukan dalam lima tahun ke depan?)
  • What are your future plans if you get this job? (Apa rencana masa depan Anda apabila Anda mendapatkan pekerjaan ini?)

How to Answer

Cara menjawab pertanyaan “what are your goals for the future?” tergantung dari perusahaan dan posisi yang kita lamar. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan ini. Mari kita lihat hal-hal tersebut melalui penjelasan di bawah ini:

  1. Tentukan tujuan karir

Penting bagi kita untuk mengetahui apa tujuan karir kita untuk menjawab pertanyaan tentang rencana masa depan. Oleh karena itu, sebelum pergi wawancara, luangkanlah waktu untuk memikirkannya. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang bisa membantu kita dalam menentukan tujuan karir kita:

    • What am I good at? (Apa yang saya kuasai?)
    • What do I want to be good at? (Apa yang ingin saya kuasai?)
    • What do I enjoy most about my current job? (Apa yang paling saya sukai dari pekerjaan saya saat ini?)
    • What work am I most proud of? (Pekerjaan apa yang paling saya banggakan?)
    • What jobs or projects look appealing to you? (Pekerjaan dan proyek apa yang terlihat menarik bagi saya?)
    • What skills or opportunities will be available in the next few years or decades? (Kemampuan dan kesempatan apa yang akan ada dalam beberapa tahun dan dekade ke depan?)
  1. Pelajari perusahaan dan posisi yang sedang dilamar

Jawaban kita sebenarnya harus fokus pada bagaimana tujuan karir jangka panjang kita sejalan dengan pertumbuhan perusahaan dan kesempatan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada kita. Untuk itu, kita harus mempelajari perusahaan dan posisi yang sedang kita lamar terlebih dahulu supaya kita bisa menghubungkannya dengan tujuan karir kita. Kita bisa memulainya dengan mengunjungi situs dan sosial media perusahaan. Situs dan sosial media perusahaan biasanya memuat informasi penting yang bisa memberikan kita gambaran tentang kultur dan tujuan perusahaannya.

  1. Susun jawaban dengan tujuan karir relevan

Perekrut memang menanyakan tujuan kita di masa depan, tetapi maksudnya adalah mereka menanyakan tujuan karir kita. Oleh karena itu, ketika menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita fokus saja pada tujuan karir kita.

Kita bisa menceritakan tujuan di luar karir jika tujuan tersebut masih sejalan dengan karir. Selain itu, walaupun mendapatkan gaji yang besar termasuk ke dalam tujuan karir, hindarilah memasukannya ke dalam jawaban kita. Sebaiknya, fokuskanlah jawaban kita pada kemampuan dan pengalaman yang ingin kita raih.

  1. Jawablah dengan singkat dan padat

Meskipun akan ada banyak detail tentang rencana masa depan kita, buatlah jawaban kita singkat dan padat. Menceritakan rencana masa depan terlalu panjang bisa membatasi kita pada kesempatan tertentu saja. Akan tetapi, jangan biarkan jawaban kita terlalu pendek karena hanya akan memberikan kesan bahwa kita tidak memiliki rencana apapun.

Mistakes to Avoid

Terdapat beberapa hal yang harus kita hindari saat menjawab pertanyaan mengenai rencana masa depan. Hal-hal tersebut, yakni:

  1. Menceritakan rencana yang tidak relevan

Menceritakan tujuan karir kita memang bagus. Akan tetapi, harus diingat bahwa rencana dan tujuan karir kita tersebut harus berhubungan denga posisi dan perusahaan yang sedang kita lamar. Ingatlah selalu bahwa perekrut lebih tertarik kepada kandidat yang mereka rasa memiliki masa depan dengan perusahaan dibandingkan dengan kandidat yang hanya melihat perusahaan sebagai tempat kerja mereka sementara.

  1. Menyebutkan tujuan yang tidak profesional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita harus fokus saja kepada tujuan karir atau tujuan profesional kita ketika menjawab pertanyaan ini. Hindari menceritakan tujuan di luar karir kecuali tujuan tersebut memang ada hubungannya dengan dunia profesional

  1. Menceritakan tujuan yang tidak realistis

Memiliki tujuan profesional yang tinggi itu boleh, namun kita juga harus realistis. Jangan sampai menyebutkan bahwa tujuan karir kita adalah menjadi CEO perusahaan dalam 5 tahun. Hal itu hanya akan memberikan kesan buruk kepada perekrut.

Sample Answers

Di bawah ini terdapat beberapa contoh jawaban dari pertanyaan interview, “what are your goals for the future?”. Semoga contoh jawaban ini bisa membantu kita semua dalam menyusun jawaban kita sendiri.

  • Contoh 1

I am new to this industry, so I would like to obtain valuable experience and insight. I plan to develop skills I learn from this job and build on a clear picture of where I stand professionally working with the company over several years.

(Saya baru di industri ini, jadi saya ingin mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang berharga. Saya berencana untuk mengembangkan kemampuan yang saya dapat dari pekerjaan ini dan membangun gambaran yang jelas tentang di mana saya berdiri secara profesional bekerja dengan perusahaan selama beberapa tahun).

  • Contoh 2

My long-term goals are involving growing with your company in which I can continue to learn, develop professionally, contribute as much as possible to the team, and take on more responsibilities. The fact that your company provides professional development opportunities really excites me to join the team.

(Tujuan jangka panjang saya adalah tumbuh bersama perusahaan Anda yang mana saya bisa terus belajar, berkembang secara profesional, berkontribusi sebanyak mungkin untuk tim, dan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab. Fakta bahwa perusahaan Anda menyediakan kesempatan pengembangan profesional benar-benar membuat saya ingin bergabung dengan tim).

  • Contoh 3

In the future, I see myself as a top-performing worker in a well-established company like yours. I plan to hone my skill set and continue to be involved in related professional associations to broaden my experience.

(Di masa depan, saya melihat diri saya sebagai pekerja dengan kinerja terbaik di perusahaan besar seperti perusahaan Anda. Saya berencana untuk mengasah keterampilan saya dan terus terlibat dalam asosiasi profesional terkait untuk melebarkan pengalaman saya).

  • Contoh 4

In the future, once I get additional valuable experience, I would like to have the opportunity to move up to the position of management. I realize that the advancement of a career like that has been a common path for many people in this role and industry. And I guess that would be the right path for me too. Even so, for now, I would like to focus on expanding my skills and experience in this job first.

(Di masa depan, begitu saya meraih pengalaman tambahan yang berharga, saya ingin mendapatkan kesempatan untuk naik posisi ke manajemen. Saya sadar bahwa kemajuan karir seperti itu telah menjadi jalan umum bagi banyak orang di pekerjaan dan industri ini. Dan saya rasa itu akan menjadi jalan yang besar juga bagi saya. Meskipun demikian, untuk sekarang, saya ingin fokus pada pengembangan keterampilan dan pengalaman saya di pekerjaan ini terlebih dahulu).

  • Contoh 5

I just graduated with my degree in Management, and I am excited to get my first job in the industry now. My longer-term goals involve learning a variety of areas within the field of business management and working on deciding what area of specialization I would like to take. I hope to become an expert in one specific field of management in the future. However, for now, I should take the first step which is to learn the basics and construct a solid foundation. I love that this position offers exposure to a variety of areas which is a great opportunity for me to work toward my goals.

(Saya baru saja lulus dengan gelar di bidang Manajemen, dan sekarang saya senang untuk mendapatkan pekerjaan pertama saya di industri. Tujuan jangka panjang saya adalah mempelajari berbagai macam area dalam bidang bisnis manajemen dan kemudian memutuskan untuk memilih area spesialis apa yang akan saya ambil. Saya berharap menjadi seorang ahli dalam satu bidang manajemen spesifik di masa depan. Akan tetapi, untuk sekarang, saya harus mengambil langkah awal terlebih dahulu, yakni mempelajari hal-hal dasar dan membangun fondasi yang kuat. Saya suka bahwa posisi ini menawarkan eksposur pada berbagai macam area yang merupakan kesempatan besar bagi saya untuk meraih tujuan saya).

  • Contoh 6

I am very open to every opportunity that the future may hold, especially within this company. I am very flexible and adaptable, so I would take all chances I have and use them to improve myself professionally. Being a recent college graduate, I know that I still have so much to learn. That is why I am so excited about being part of your organization that is famous for its training programs.

(Saya sangat terbuka pada setiap kesempatan yang bisa terjadi di masa depan, terutama dalam perusahaan ini. Saya sangat fleksibel dan mudah beradaptasi, jadi saya akan mengambil semua kesempatan yang saya punya dan memanfaatkannya untuk meningkatkan diri saya secara profesional. Sebagai lulusan baru, saya tahu bahwa saya masih memiliki banyak hal yang harus dipelajari. Itulah mengapa saya sangat senang akan menjadi bagian perusahaan Anda yang terkenal akan program pelatihannya).

  • Contoh 7

My goal right now is to find a role at a company where I can take on additional challenges over time to let myself grow professionally. In the long run, I would like to have more management responsibilities in which I lead and mentor a team. However, most importantly, I would like to work for an organization that offers career advancement just like yours.

(Tujuan saya kali ini adalah untuk menemukan pekerjaan di sebuah perusahaan yang mana saya bisa mengambil tantangan tambahan dari waktu ke waktu untuk membiarkan diri saya tumbuh secara profesional. Dalam jangka lama, saya ingin memiliki tanggung jawab manajemen yang mana saya memimpin dan membimbing sebuah tim. Akan tetapi, yang paling penting adalah saya ingin bekerja untuk organisasi yang menawarkan kemajuan karir seperti organisasi Anda).

Artikel Lainnya

Apa Tujuan Anda di Masa Depan (What Are Your Goals for the Future?)?
Pertanyaan untuk Memulai Percakapan
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Parkir
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bioskop
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan di Rumah Sakit/Klinik Dokter
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan untuk Mengungkapkan Perasaan
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Seputar Angkutan Umum Bus Kota

 

Percakapan Menanyakan Letak Barang di Supermarket dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Inggris: Wawancara Kerja untuk Guru Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Komplain Pelanggan Dan Responnya Dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membuat Janji untuk Bertemu
Percakapan Bahasa Inggris di Bandara / Airport
Percakapan Inggris tentang Hope & Dream (Harapan & Mimpi)
Percakapan Mengekspresikan Suka atau Tidak Suka dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Bahasa Inggris 4 Orang di Restoran
Percakapan antara Petugas Tiket Pesawat dan Pelanggan (Airline Counter Attendant & Customer Conversation)
Dialog Bahasa Inggris: Ucapan Natal