sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Arti Cringe dan Contoh Penggunaannya

Salah satu kata dalam bahasa Inggris yang mungkin sering kita lihat penggunaannya di sosial media adalah “cringe”. Sebenarnya apa itu “cringe” dan bagaimana cara penggunaannya? Penjelasan di bawah ini akan membahas arti dan penggunaan kata “cringe” beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Cringe definition

“Cringe” tergolong ke dalam part of speech atau kelas kata verb (kata kerja) dan noun (kata benda). Oleh karena itu, ketika menggunakannya kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah kita menggunakannya sebagai kata kerja atau kata benda. Ikutilah aturan penggunaan kata kerja ketika kita menggunakan “cringe” sebagai kata kerja, dan aturan penggunaan kata benda ketika kita menggunakannya sebagai kata benda.

  1. Cringe as a verb

Definisi “cringe” sebagai kata kerja, menurut Merriam Webster adalah “to shrink in fear or servility” (menyusut dalam ketakutan atau  ketundukan). Dalam konteks ini, “cringe” bisa diterjemahkan sebagai “gemetar ketakutan”. Contoh: The kid cringed in a corner and started crying. (Anak itu gemetar ketakutan di pojok dan mulai menangis)

Selain itu, Merriam Webster juga mendefinisikan “cringe” sebagai kata kerja dengan “to behave in an excessively humble or servile way” (Bersikap rendah hati yang berlebihan dan seperti budak). Kata “cringe” dalam konteks ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang dilakukan untuk mendapat keuntungan, mencari muka, atau menarik belas kasihan orang lain. Kita bisa menerjemahkannya sebagai “menjilat pantat”. Contoh: Dave is cringing to his boss to get promotion. (Dave menjilat pantat bosnya agar dipromosikan)

Definisi “cringe” sebagai kata kerja selanjutnya yaitu “to recoil in distaste” (mengerut dalam kebencian). “Cringe” dalam konteks ini berarti perasaan jijik, malu, atau tidak nyaman akan sesuatu. Kita dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia sebagai “geli” atau “merinding”. Contoh: I cringed reading my little sister’s poem. (Saya geli membaca puisi adik saya)

  1. Cringe as a noun

Kata “cringe” sebagai kata benda dalam dictionary.com didefinisikan sebagai “an act or instance of shrinking back, bending, or crouching” (tindakan atau kejadian menyusut, membungkuk, atau berjongkok). Dalam konteks ini, “cringe” bisa dideskripsikan sebagai tindakan gemetar atau menyusut, membungkuk, atau berjongkok yang kita lakukan sebagai reaksi atas sesuatu. Contoh:

The explosion sound elicited a cringe of terror. (Suara ledakan menimbulkan ketakutan yang luar biasa)

Pada contoh tersebut, suara ledakan membuat orang yang mendengarnya menyusut, membungkuk, atau berjongkok karena ketakutan dan ingin menghindari ledakannya.

Definisi kata “cringe” sebagai kata benda selanjutnya adalah “an instance of being very embarrassed, awkward, or uncomfortable” (kejadian yang memalukan, canggung, atau tidak nyaman). Dalam konteks ini, “cringe” bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “kegelian”. Contoh: Her sense of fashion is so bizarre that sometimes creates a cringe for everyone who sees it. (Selera modenya sangat aneh yang terkadang menciptakan kegelian bagi orang yang melihatnya)

Examples of cringe

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat dengan kata “cringe” di dalamnya:

  • We cringed hearing his jokes. (Kami geli mendengar leluconnya)
  • Mia was cringing and pleading to her stalker to stop harassing her. (Mia gemetar ketakutan dan memohon kepada penguntitnya untuk berhenti mengganggunya)
  • The beggar cringed to us for money. (Peminta menjilat kita untuk uang)
  • The way they sing radiates a cringe. (Cara mereka bernyanyi memancarkan kegelian)
  • His words make me cringe with embarrassment. (Kata-katanya membuat saya merinding karena malu)
  • Don’t let this difficult time make us give up and cringe. (Jangan biarkan masa sulit ini membuat kita menyerah dan takut)
  • Jack is an expert in cringe. (Jack adalah ahlinya kegelian)
  • The two criminals bowed and cringed before the king. (Dua orang kriminal itu membungkuk dan ketakutan di hadapan raja)
  • I could see that the audience cringed at the magician’s performance. (Saya bisa melihat bahwa penonton geli melihat penampilan sang pesulap)
  • It is not every day that we see Jim cringes to anyone. (Tidak setiap hari bahwa kita melihat Jim menjilat pantat setiap orang)
  • We cringed under the table hoping that the earthquake stopped very soon. (Kami gemetar ketakutan di bawah meja berharap bahwa gempanya berhenti dengan segera)
  • I try not to cringe whenever Meredith talks about her weird hobby. (Saya mencoba untuk tidak geli setiap kali Meredith menceritakan tentang hobinya yang aneh)
  • This song induces a cringe. I can’t even listen to it until finish. (Lagu ini menyebabkan kegelian. Saya bahkan tidak bisa mendengarkannya sampai akhir)
  • I am grateful for having a name that doesn’t cringe when we say it out loud. (Saya bersyukur tidak memiliki nama yang tidak menggelikan saat kita mengucapkannya dengan lantang)
  • There is this one particular scene from that movie that cringes so much. (Ada sebuah adegan tertentu dalam film itu yang sangat menggelikan)
  • King Tom made the rule breakers cringe and regret their actions. (Raja Tom membuat para pelanggar aturan gemetar ketakutan dan menyesali perbuatan mereka)
  • I cringe when hearing my own recorded voice. (Saya geli mendengar suara saya sendiri yang direkam)
  • Jules admitted that she cringed to Mr. Lee to pass the math exam. (Jules mengaku bahwa dia menjilat Pak Lee supaya lulus ujian matematika)
  • I see my old Facebook posts and I cringe. (Saya melihat postingan lama Facebook saya dan saya geli)

 

Contoh Kalimat untuk “Answering Machine”
Contoh Mendeskripsikan Benda Dalam Bahasa Inggris
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Contoh Presentasi Bahasa Inggris tentang Makanan
Perbedaan Penggunaan “He”, “Him”, “His”
Contoh Dialog Expressing Intention dalam Bahasa Inggris beserta Artinya
Penggunaan “Had Better”
Contoh Pidato Tentang Friendship/Best Friend di Sekolah
Penggunaan ‘FOR’ vs ‘SINCE’ vs ‘AGO’
Contoh Kalimat Advice & Suggestion