sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Article: Indefinite Article “a, an” (Kata Sandang)

Masih berhubungan dengan definite article pada artikel sebelumnya, artikel ini akan membahas lawan dari definite article, yakni indefinite article. Sebagaimana definite article, indefinite article juga memiliki pengertiannya tersendiri.

Kita akan melihat pengertian indefinite article dalam poin artikel ini yang berikutnya. Setelah itu, kita akan melihat contoh-contoh penerapan indefinite article dalam kalimat dan percakapan, lalu di akhir akan ada contoh soal dan pembahasan indefinite article dalam soal tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang sejenis.

Penjelasan Mengenai Indefinite Article

Berbeda dengan definite article yang merujuk pada sesuatu yang spesifik atau yang diketahui, indefinite article hanya merujuk pada objek tertentu saja secara garis besar tanpa memperhatikan apakah objek tersebut spesifik, diketahui, atau tidak.

Hanya ada 1 objek yang melekat di belakang indefinite article. Karena itu, indefinite article dibagi menjadi “a” dan “an”. “An” digunakan untuk objek apapun yang bila diucapkan atau dituliskan terdengar diawali dengan huruf hidup (A, I, E, O, dan U). Selain itu, indefinite article yang digunakan adalah “a”.

Contoh penerapan indefinite article pertama-tama akan kita lihat dalam kalimat. Adapun poin selanjutnya dalam artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai contoh penerapan indefinite article dalam kalimat.

Contoh Penerapan Indefinite Article dalam Kalimat

Banyak kalimat yang mengandungi indefinite article, dan contoh-contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini merupakan beberapa di antaranya. Selain contoh kalimatnya sendiri, kita pun dapat mempelajari indefinite article dari arti yang terdapat dalam contoh kalimat di bawah ini.

Untuk panduan, ada bold yang menandakan letak indefinite article. Sementara itu, garisbawah digunakan untuk menandai hal yang dijelaskan oleh indefinite article. Di akhir contoh kalimat di bawah ini, ada penjelasan mengenai penggunaan indefinite article:

1. I have a blue-colored pen (Saya memiliki sebuah pena berwarna biru).

Penjelasan: Karena “blue” (biru) berawalan huruf “b” yang bukan termasuk huruf hidup), maka indefinite article yang digunakan adalah “a”.

2. Our family shopped an apple and lots of juices over the last summer (Keluarga kami berbelanja sebuah apel dan banyak minuman jus selama musim panas terakhir).

Penjelasan:Apple” (apel) memiliki awalan huruf “a” yang adalah huruf hidup. Karena itu, “an” digunakan sebagai indefinite article.

3. My brother has succeeded in entering a university (Saudara laki-lakiku berhasil masuk universitas).

Penjelasan: Meskipun “university” (universitas) memiliki awalan huruf “u” yang adalah huruf hidup, pengucapannya adalah “you-niversity”, jadi posisinya di sini memiliki awalan huruf “y”, yakni bukan huruf hidup. Karena itu, indefinite article yang digunakan adalah “a”.

Demikian contoh penerapan indefinite article dengan noun yang melekat padanya dalam kalimat yang dapat kita jadikan acuan. Poin selanjutnya akan mengajak kita membahas contoh penerapan indefinite article dalam bentuk yang lebih menyeluruh dibanding kalimat lepasan, yakni percakapan.

Contoh Penerapan Indefinite Article dalam Percakapan

Seperti panduan yang terdapat dalam contoh penerapan pada kalimat, contoh percakapan yang mengandungi indefinite article dalam poin ini disertai dengan arti pada tiap baris dialognya. Selain itu, ada bold yang menandakan penggunaan indefinite article dan garisbawah yang menandakan sesuatu yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh indefinite article.

Penjelasan mengenai penggunaan indefinite article tersedia setelah akhir dari contoh percakapan. Berikut ini adalah contoh percakapan ber-indefinite article yang akan kita jadikan acuan:

Niki: (Game sound: You have received a message from PTjung) …Wha?

(Niki: (Suara dalam permainan: Kamu menerima pesan dari PTjung) …Hah?)

Kacung: (Game sound: A unit and a monster are approaching… Caution! Caution!) *type to Niki: HELP!!!*

(Kacung: (Suara dalam permainan: Sebuah unit dan satu monster datang… Hati-hati! Hati-hati!) *mengetik pada Niki: TOLONG!!!*)

Niki: *type to PTjung a.k.a Kacung: Don’t be so arrogant. You are already on Level 65.*

(Niki: *mengetik ke PTjung alias Kacung: Jangan sombong. Kamu sudah Level 65.*)

Rina: Guys, guys! An orange pie has been ready on the counter!

(Rina: Teman-teman! Sebuah pai jeruk sudah siap di konter!)

Kacung and Niki: *instantly “wake up” from the game* Oh, really?! We’re in!

(Kacung dan Niki: *langsung “terbangun” dari permainan* Oh, ya?! Kami datang!)

Contoh percakapan di atas mengilustrasikan penggunaan indefinite article dengan sesuatu yang dipengaruhinya, yakni benda atau noun. Hal ini sama dengan contoh penerapan indefinite article dalam kalimat yang juga melekat pada noun.

Untuk “message” (pesan) dan “monster” (monster) yang tidak berawal huruf hidup, kita menggunakan indefinite article a”. Sebaliknya, “orange” (jeruk) pada “orange pie” (pai jeruk) memiliki awalan huruf hidup, karena itu menggunakan indefinite article an”. “Unit” sama dengan “university” pada contoh kalimat poin sebelumnya yang ketika dieja menjadi berawalan huruf “y” atau huruf tidak hidup, karena itu, indefinite article yang digunakan adalah “a”.

Boleh-boleh saja menggunakan 2 atau lebih indefinite article dalam satu kalimat, seperti “a unit” (sebuah unit) dan “a monster” (sebuah monster) pada contoh percakapan dalam poin ini. Namun, supaya tidak menjadi repetitif, alangkah baiknya kita membatasi penggunaan indefinite article sebanyak 3 kali dalam satu kalimat. Selain itu, pastikan objek masing-masing indefinite article hanya berjumlah satu.

Hingga poin ini, kita telah mengenal contoh penerapan indefinite article dalam percakapan, sebagaimana juga kalimat dan pengertiannya secara umum. Bagaimana contoh soalnya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis? Simak, yuk, beserta pembahasannya dalam poin terakhir pada artikel ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Indefinite Article dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Ada persamaan antara bentuk variasi soal tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis dari indefinite article dengan definite article yang merupakan “saudara langsung”-nya. Persamaannya, keduanya sering muncul dalam bentuk memilih kalimat yang menggunakan indefinite article dengan salah.

Perbedaannya pun agak tipis. Jadi, ketika salah satu variasi soal lain dari definite article meminta kita menentukan tempat definite article yang benar, indefinite article justru meminta kita menempatkan indefinite article pada tempat kosong yang benar dalam kalimat soal.

Dua contoh soal di bawah ini menggambarkan wujud contoh soal indefinite article dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis. Selain arti dari tiap contoh soal, kita akan berkesempatan melihat jawaban yang benar dalam bold dan pembahasan mengapa jawaban dari contoh-contoh soal di bawah ini adalah yang benar:

1. Which one of the sentences uses the wrong “a” or “an”?

a. Do you eat an organic food today?
b. An university was established in this place long time ago.
c. There is a huge rock in front of us.
d. We both have a joystick to play games.

(1. Kalimat mana di bawah ini yang menggunakan imbuhan “sebuah” secara salah?

a. Apakah hari ini kamu memakan sebuah makanan organik?
b. Sebuah universitas didirikan di tempat ini sejak lama.
c. Ada sebuah batu raksasa di depan kita.
d. Kita berdua memiliki sebuah joystick untuk memainkan permainan.)

Catatan: Karena pilihan a dan d sama-sama menggunakan “a” dan “an” yang benar, maka kita tidak memilih pilihan tersebut. Pilihan c salah, karena meskipun abjad “h” terdengar sengau saat dieja, depannya tetaplah “h” yang adalah huruf tidak hidup dan membutuhkan indefinite article a”. Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah b.

2. Fill in the blank with “a”, “an”, or nothing. Which of the choice is correct?

They looked for ___ honey, ___ book, and ___ room’s keys.

a. a, a, nothing         b. nothing, a, a        c. an, a, an        d. an, an, an

(2. Isi bagian yang kosong dengan “sebuah” atau tidak ada. Mana pilihan yang benar?

Mereka mencari ___ madu, ___ buku, dan ____ kunci-kunci rumah.

a. sebuah, sebuah, tidak ada        b. tidak ada, sebuah, sebuah        c. sebuah, sebuah, sebuah        d. sebuah, sebuah, sebuah)

Catatan: Jangan salah fokus dengan terjemahannya, ya! Lagipula, contoh ini untuk tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Kalau kita perhatikan di bagian belakang, “keys” (kunci-kunci) berbentuk jamak, sehingga tidak bisa diisi dengan indefinite article. Sementara itu, yang lain hanya berjumlah satu. Karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah a. a, a, nothing.

Ada yang melihat “nothing”, learners? Itulah satu lagi kelompok article, yakni zero article, untuk menandai noun yang jamak.

Artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya akan membahas tentang salah satu kelompok conjunction, yakni coordinating conjunction. Ikuti dan baca artikel selanjutnya dari kami untuk mengetahui coordinating conjunction lebih mendalam!

 

Grammar-Pronoun: Apa itu Demonstrative Pronoun?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Sentences: Apa itu Run-On Sentence?
Grammar-Adverb: Apa itu Superlative Adverb?
Grammar: Apa itu Misplaced Modifiers?
Verb: Apa itu Present Participle?
Phrases: Apa itu Adverb Phrase?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Grammar: Apa itu Compound Sentence?


 
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
39 Regular Verbs & Contoh Kalimatnya
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Apa itu Cause Effect?
Apa itu Conjunction? Coordinating, Correlative, Subordinating Conjunction?