sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Cara Menulis “Thank You Note”

Setelah menerima hadiah, menghadiri pesta makan malam, atau meninggalkan rumah seseorang setelah menginap, Anda pasti ingin menulis catatan berisi rasa terima kasih. Namun, Anda mungkin tidak tahu harus berkata apa. Kebanyakan orang ingin mengirimnya, tetapi ini bisa menjadi sebuah hal yang butuh perjuangan. Karena tidak semua orang tahu bagaimana caranya mengungkapkan apa yang dipikiran ke dalam kata-kata.

Menuliskan catatan terima kasih sebetulnya bukan hal yang sulit jika Anda tahu triknya. Buat Anda yang ingin tahu bagaimana caranya menulis thank you notes dengan mudah, simak ulasan berikut selengkapnya.

Tujuan menuliskan thank you note

Anda tidak harus menggunakan kata-kata yang rumit pada thank you note. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menunjukkan seberapa besar Anda menghargai jerih payahnya orang lain. Baik atas hadiah maupun keramahtamahan yang telah diberikan.

Meskipun Anda tidak peduli dengan hadiahnya atau jika kurang begitu menikmati suguhan. Anda tetap harus mengirimkan ucapan rasa terima kasih. Bagaimanapun juga, orang tersebut telah memikirkan Anda saat memberikan hadiah atau mempersiapkan rumahnya ketika Anda berkunjung,.

Trik menulis Thank You Note

Agar memudahkan dalam menulis catatan terima kasih ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan. Untuk membuatnya jadi lebih mudah, gunakan template sederhana dengan menggunakan who, what dan when. Berikut penjelasannya.

  • Who

Buat daftar penerima yang perlu Anda berikan ucapan terima kasih. Misalnya saja, Anda mendapatkan sesuatu baik dari layanan orang lain karena pesta yang Anda buat. Maka Anda bisa memberikan catatan terimakasih kepada pemberi atau pembawa hadiah, baik melalui email, kartu pos, maupun secara langsung. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan teman-teman yang sudah membantu acara Anda berjalan sukses.

Setidaknya, tentukan siapa yang akan menerima thank you note yang Anda buat. Sehingga, tulisan yang dibuat bisa jadi lebih relevan dan tepat sasaran. Di awal catatan, Anda harus menjelaskan kepada orang itu apa yang Anda syukuri dengan lebih spesifik. Jika ini untuk hadiah saat pesta pernikahan, pesta ulang tahun, atau acara lain yang melibatkan banyak hadiah dari banyak orang. Karenanya mintalah seseorang menuliskan hadiah yang diperoleh datang dari siapa saja.

  • What

Poin selanjutnya ini mencakup banyak hal termasuk isi dari notes tersebut agar sesuai dengan penerimanya. Berikut beberapa contoh sederhana thank you note yang bisa jadi inspirasi.

#1. Greeting (salam pembuka)

Jangan lupa untuk memastikan Anda menggunakan ejaan dan bentuk yang tepat. Termasuk penulisan kata per katanya, penulisan nama penerima maupun catatan tambahan lainnya.

Contohnya saja,

Dear Aunt Ghea and Uncle James, (Yang tersayang bibi Ghea dan paman James,)

#2. Tunjukkan rasa terimakasih

Untuk menunjukkan rasa terimakasih, Anda bisa mengawalinya dengan dua frasa yang ampuh yakni thank you. Atau Anda bisa menunjukkannya dengan kalimat lain yang mampu mengekspresikan perasaan tersebut.

Perhatikan contoh berikut,

    • Thank you so much for… (Terima kasih banyak untuk…)
    • It made my day when I opened… (Itu membuat hari saya menyenangkan ketika saya membukanha…)
    • I’m so grateful you were there when… (Saya sangat bersyukur Anda ada di sana ketika… )
    • Thank you for the… (Terimakasih atas..)
    • I am grateful for… (Saya bersyukur atas …)
    • I am thankful for… (Saya sangat berterima kasih atas…)
    • I appreciate the… (Saya menghargai …)

#3. Tambahkan detail spesifik

Beri tahu penerima catatan rasa terima kasih Anda. Tapi jangan mengucapkan kalimat singkat ssperti, ” Thank you for the gift,” (Terima kasih atas hadiahnya). Meskipun secara resmi ini merupakan ucapan rasa terima kasih. Namun ucapan yang demikian tidak memiliki sentuhan pribadi yang membuat pesan tersebut terdengar tulus.

Anda bisa meletakkannya di bagian kedua pada baris pembuka atupun kalimat pertama. Simak beberapa contoh kalimat berikut.

    • Thank you for the lovely Teddy bear. (Terima kasih atas boneka beruang Teddy yang menggemaskan.)
    • I am grateful for your warm hospitality. (Saya sangat berterima kasih atas keramahtamahan Anda yang hangat.)
    • I am so thankful for your friendship and willingness to listen my problem. (Saya begitu berterima kasih atas persahabatan dan kesediaan Anda untuk mendengarkan masalah saya.)
    • I appreciate the gift card to my favorite restaurant. (Saya sangat menghargai hadiah kartu untuk restoran favorit saya.)
    • Thank you for hosting my family during the holidays. (Terima kasih telah menjamu keluarga saya selama liburan.)

Jangan lupa sebutkan alasan mengapa Anda sangat berterima kasih. Anda bisa menyebutkan apa rencana yang akan Anda lakukan dengan hadiah tersebut. Atau bagaimana hadiah itu membuat Anda terbantu atau manfaatnya buat Anda. Berikut contoh kalimat yang bisa.Anda gunakan.

    • You made me feel like part of the family during our visit. (Anda membuat saya merasa seperti bagian dari keluarga selama kunjungan kami.)
    • I have had a difficult time making my decision, and you helped me tremendously by being there for me. (Saya mengalami kesulitan saat membuat keputusan, dan Anda sangat membantu saya dengan berada di sana untuk saya.)
    • It was really sweet of you to give me the box of mixed candies. (Ini sangat manis Karen Anda memberikan satu kotak penuh macam-macam permen.)
    • You clearly put a lot of time into getting your home ready for me, and I appreciate your hospitality. (Jelas sekali Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat rumah Anda siap untuk saya dan saya sangat mengapresiasi keramahan Anda.)

#4. Tambahkan salam penutup

“Sincerely” merupakan frasa yang cukup aman untuk menutup thank you note yang Anda buat. Namun, untuk seseorang yang lebih dekat maka Anda butuh kata-kata yang lebih hangat. Berikut beberapa contoh yang bisa Anda gunakan.

    • Many thanks (Terima kasih banyak)
    • With love (Dengan cinta)
    • Your truly (Hormat kami)
  • When

Bagian selanjutnya ialah menentukan kapan note tersebut akan dikirimkan ke penerima. Ada baiknya untuk segera mengirimkan thank you note tersebut. Terlebih jika Anda ingin berterimakasih atas hadiah atau keramahan yang diberikan orang lain pada Anda. Namun jika ucapan terimakasih tersebut sedikit terlambat, maka Anda bisa menambahkan permohonan maaf secara singkat.

 

Surat Resign / Pengunduran Diri (Resignation Letter)
Berbagai Cara Mengatakan Kenyang dalam Bahasa Inggris
Frasa dalam Penulisan Ilmiah (English Phrases For Scientific Writing)
Contoh Surat Pengingat Pembayaran Jatuh Tempo dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Email Dengan Hormat (How To Write A Respectful Email)
Cara Mengakhiri Percakapan (How to Finish Conversation)
Format Menulis Tanggal Lahir
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Keluar dari Kedai Minuman
Contoh Personal Letter Untuk Guru