sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Meminta Dengan Sopan (Polite Request) dalam Bahasa Inggris

Secara umum, orang-orang Inggris suka bersikap sopan dan menghormati manner atau sikap sopan santun. Anda mungkin kerap melihat banyak dari mereka mengatakan “Please” (tolong), “Thank you” (terima kasih), “Excuse me” (permisi) dan juga “Sorry” (maaf).

Ketika membuat request in English atau permohonan, ini berarti Anda sedang meminta seseorang untuk membantu Anda. Nah, mungkin saja permintaan tersebut bisa cukup memberatkan orang lain. Sehingga Anda perlu untuk bersikap sopan saat mengajukan permohonan tersebut. Ada beberapa kosa kata berbeda untuk digunakan dalam membuat a polite request in English. Seperti apa dan bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Polite Request?

Sebelum mulai membuatnya, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan polite request in English sebetulnya. Dilihat dari makna bahasanya, request  berarti permintaan atau permohonan. Lebih rinci lagi, polite request merupakan permohonan agar seseorang melakukan tindakan atau perbuatan yang kita inginkan dengan cara yang lebih sopan.

Ketika meminta orang lain untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan, sangat penting untuk melakukannya dengan sopan dan santun. Terlebih jika menggunakan bahasa Inggris, sangat tidak disarankan menggunakan kalimat secara langsung. Berikut contoh kalimat permintaan langsung,

Pass me the salt.” (Ambilkan garam itu)

Can you put my bag?” (Ambilkan tas saya)

Kalimat tersebut tidak keliru, namun bahasanya terlalu langsung dan terasa kasar, sehingga terlihat kurang sopan (polite). Jika Anda menggunakan kalimat tersebut kepada seseorang yang Anda belum kenal, bisa-bisa Anda dianggap main perintah seenaknya.

Karena itulah, sangat penting untuk membuat kalimat request dengan bahasa yang sopan dan santun (politeness). Supaya, seseorang yang diminta tidak merasa keberatan dengan permintaan yang Anda buat. Membuat kalimat request pun ternyata memiliki pola atau rumus tersendiri, berikut diantaranya.

Pola dalam Polite Request

Request sendiri memiliki beberapa jenis berbeda yang bisa diungkapkan dalam sebuah kalimat yang ingin digunakan. Tetapi, umumnya semuanya menggunakan modal kata kerja yang sama seperti, can, could, will, dan would. Untuk kalimat yang lebih formal, biasanya menggunakan would atau could. Sementara untuk kalimat informal, lebih umum menggunakan kata ”can” ataupun “will.” Ada beberapa pola dalam membuat kalimat polite request in English, diantaranya.

Pola Kalimat request yang diucapkan dalam bahasa Inggris

Pola 1: Could you + kata kerja utama …?

Contohnya:

  • “Could you give me the bill, please?” (Bisakah Anda memberikan tagihannya?)
  • “Could you carry my book?” (Bisakah Anda membawakan buku saya?)

Agar terkesan lebih sopan, Anda juga bisa menambahkan “Possibly”  diantara “Could you” dan kata kerja. Contohnya: “Could you possibly carry my book?” (Bisakah Anda membawakan buku saya).

Pola 2: Would you mind + kata kerja utama (+ing) …?

Contohnya:

  • Would you mind carrying this stuff?” (Maukah Anda membawakan benda ini?)
  • Would you mind taking me to airport?” (Maukah Anda mengantarkan saya ke bandara?)

Pola 3: I wonder if you could + kata kerja utama..?

Contohnya:

  • I wonder if you could take me to airtport” (Saya berharap Anda bisa mengantarkan saya ke bandara)
  • I wonder if you could carry my motorcycle” (Saya berharap Anda bisa membawakan motor saya)

Agar terkesan lebih sopan (more polite) Anda bisa menambahkan kata “possibly” diantara modal dan kata kerja dasar yang digunakan. Contohnya saja, “ I wonder if you possibly could give me some advice” (Saya sangat berharap Anda bisa memberikan saran).

Pola 4: May I + kara kerja simpel + objek, please?

Contohnya:

  • “May I Borrow your ballpoint, please?” (Bolehkah saya meminjam pulpen Anda?)
  • “May I get your phone number, please?” (Bolehkah saya meminta nomor telepon Anda?)

Penggunaan modal verb “May” untuk kalimat polite request in English saat subjek yang digunakan adalah “I” dan bukan “You”. Misalnya, “May you bring me the book, please?”, kalimat tersebut adalah keliru. Seharusnya, karena meminta tolong kepada orang lain, maka modal verb yang digunakan ialah “Would” atau “Could”, atau bisa juga “Can” jika seseorang yang diajak berbicara adalah teman akrab. Sehingga, kalimat yang tepat ialah “Would you bring me the Book, please?” (Bisakah Anda membawakan buku saya?).

Polite Request yang ditujukan untuk meminta Seseorang Melakukan Sesuatu

Dalam kalimat requets yang ditujukan untuk meminta seseorang melakukan sesuatu untuk Anda, biasanya menggunakan tiga kata modal dasar. Yakni Could, Can, dan Would dan diakhiri dengan Please.

Misalnya:

  • Could you bring my book, please?” (Bisakah Anda membawakan buku saya?)
  • Can you give an examples, please?” (Bisakah Anda memberi saya contoh?)
  • Would you bring my bag, please?” (Apakah Anda bisa membawakan tas saya?)

Tips speaking dalam bahasa Inggris, kata “Could” dan “Can” biasanya diikuti dengan kata kerja tanpa perlu menggunakan kata “to” di depannya. Sementara “Would you mind”(Apakah Anda keberatan)  biasanya diikuti dengan kata kerja yang ditambah dengan “-ing.”

Penggunaan kata Could atau Would, umumnya ditujukan kepada seseorang yang berusia lebih tua. Atau seseorang yang sudah dikenal tetapi belum terlalu akrab atau dengan seseorang tersebut. Selain itu, biasanya kalimat yang diawali dengan modal verb ini juga digunakan untuk kalimat permohonan ijin untuk melakukan sesuatu.

Polite Request yang Ditujukan Jika ingin Meminta Ijin

Ada beberapa kata umum dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam polite request jika Anda ingin meminta ijin kepada orang lain. Berikut contohnya.

  • Can I use your balpoint, please?”(Bisakah saya menggunakan polpen Anda?)
  • “Could I borrow your computer, please?”(Bolehkah saya meminjam komputer Anda?)
  • “Do you mind if I turn off the television?”(Apakah Anda keberatan jika saya mematikan telivisinya?)
  • “Would you mind if I turn on the fan?”(Apakah Anda keberatan jika saya menyalakan kipasnya?)
  • “Would it be ok if I use this ballpoint?” (Apakah tidak apa jika saya memakai pulpen ini?)
  • “Is it alright if I use this room?” (Apa tak apa jika saya memakai ruangan ini?)

Kalimat request juga bisa digunakan secara lebih luas, misalnya Anda ingin meminta perhatian dari orang lain. Contohnya, saat Anda ingin melewati sebuah jalan dan ada seseorang yang berdiri tepat di depan Anda. Menggunakan kalimat “Move, please!” (tolong minggir), bisa terdengar sedikit kasar dan kurang sopan.

Maka, Anda bisa menggunakan kalimat yang ditambahkan dengan kata-kata seperti “Excused me” permisi), “Sorry to botter you” (maaf mengganggu Anda) atau “Sorry to interrupt” (maaf mengganggu), baru kemudian diikuti dengan kalimat request.

Contohnya:

  • “Excuse me, can I possibly get past?” (Permisi, bisakah saya lewat?)
  • “Sorry to botter you, but do you mind if I ask you to get move jus a little moment?” (Maaf mengganggu, tapi apakah Anda keberatan untuk minggir sebentar saja?)

Tips pada saat speaking in English: Kata “could “jauh lebih sopan dibandingkan “can”. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan kedua kata tersebut agar sesuai dengan peruntukan kalimat. Terutama jika berbicara dengan bahasa yang formal atau kepada seseorang yang lebih tua atau belum akrab. Sementara, penggunaan “Can” biasanya digunakan untuk seseorang yang usianya sebaya atau teman dekat.

Dan kalimat “Do you mind if…” (Apakah Anda keberatan jika…) biasanya diikuti dengan kata kerja present tense. Tetapi jika yang digunakan adalah “would you mind if…” (Apa Anda keberatan jika …), maka umumnya akan diikuti dengan kata kerja yang berbentuk past tense.

Jika Anda sudah menggunakan dua kalimat tersebut, maka hindari penggunaan kata”please” di akhir kalimat. Sebab, kedua kalimat tadi sudah cukup menggambarkan sopan santun (politeness).

Contoh Lain Polite Request: Pernyataan negatif yang Dipertegas dengan Tanda Tanya

Pernyataan merupakan kalimat biasa dan bukan sebuah pertanyaan. Namun bisa digunakan sebagai kalimat berbentuk request. Untuk itu, Anda dapat menambahkan tanda tanya ke pernyataan negatif yang dibuat supaya berbentuk request.

Dan ini biasanya merupakan jenis kalimat yang digunakan dalam kesempatan yang lebih formal, baik digunakan secara langsung secara lisan ataupun tulisan. Hal tersebut juga menjadi cara terbaik untuk meminta tolong pada seseorang dengan lebih sopan (polite request).

Pola: You could/can/will/would /may + not+ kata kerja utama …+ could you?

Contohnya:

  • You couldn’t borrow me your book. Could you?” (Anda tak bisa meminjamkan buku Anda, ya?)
  • You wouldn’t give me these thing, would you?” (Anda tak mau memberikan benda ini, ya?)

Penggunaan kalimat polite request in English secara tertulis

Pengucapan dan penulisan polite request in English sedikit berbeda. Ada beberapa pemilihan kata yang mampu memberikan penekanan dan membuat kalimat yang disampaikan terasa lebih sopan. Berikut contohnya.

Pola: I would be grateful if you could + kata kerja utama …

Contohnya:

I would be grateful if you could give me an opportunity “ (Saya akan berterima kasih jika Anda memberikan sebuah kesempatan)

Anda juga bisa menambahkan “most” di dalam kalimat agar membuatnya terkesan semakin sopan. Misalnya saja, “I would be most gratefull if you could give me an opportunity” (Saya akan sangat berterima kasih jika Anda memberikan sebuah kesempatan)

Jawaban dari kalimat Request yang diajukan

Ada sejumlah jawaban yang bisa diberikan sebagai tanggapan atas polite request yang diajukan. Umumnya, jawabannya pun bisa berupa tanggapan secara positif ataupun negatif. Berikut diantaranya jawaban positif dari polite request yang diajukan.

  • Okay (oke)
  • Yes (baiklah)
  • Yes, sure (ya, tentu)
  • Of course (tentu saja)
  • No, problem (tak masalah)
  • My pleasure (dengan senang hati)
  • Yes, certainly (ya, tentu)
  • I’d be glad (dengan senang hati)

Sementara untuk jawaban dengan respon negatif, biasanya berisi penolakan. Berikut diantaranya.

  • No (tidak)
  • Sorry (maaf)
  • I’am so sorry, I can’t (Maaf sekali, saya tidak bisa)
  • I’d want to, but I’m very bussy.(saya ingin sekali, tapi saya sibuk sekali)
  • I’m sorry, I can’t. (maaf, saya tak bisa)
  • Dan lain sebagainya

Dalam membuat kalimat polite request in English, ada beberapa pola yang perlu diketahui agar kalimat yang digunakan tidak keliru sehingga menimbulkan persepsi yang salah. Perlu diperhatikan dengan seksama modal verb yang digunakan juga harus sesuai dengan penggunaan kalimat ditujukan untuk apa dan siapa.

Dengan mengetahui dan mengenal pola-pola tersebut, Anda akan lebih mudah mengucapkan atau bahkan menuliskan kalimat polite request in English secara tepat. Pahami juga beberapa jenis modal auxiliary verb yang digunakan, seperti Could, Can, Will, May, dan juga Would. Agar penempatannya lebih sesuai dan tidak salah kaprah.

Belajar bahasa Inggris memang bukan hal yang mudah, namun dengan sering-sering belajar dan mempraktekkannya, semuanya akan terasa lebih gampang. Satu hal lagi yang terpenting ialah kemauan belajar dan tanggap. Selamat belajar!

 

Bertanya & Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Barang dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Hari (Asking for Days) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris tentang Uang
Percakapan Inggris: Menanyakan Arah Jalan (Asking Direction)
Percakapan Meminjam dan Mengembalikan Uang dalam Bahasa Inggris
Dialog Menanyakan Letak Suatu Benda
Percakapan Bahasa Inggris Saat Wisuda Kelulusan Sekolah
Contoh Ucapan Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Inggris
Percakapan Singkat Mendeskripsikan Komputer di Tempat Kerja dalam Bahasa Inggris