sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Merespon Suatu Pujian

Mendengar pujian tentu sangat menyenangkan dan membuat kita lebih termotivasi untuk melakukan segala yang terbaik. Namun, pujian itu terkadang tidak hanya tertuju pada kita, mungkin saja pada pekerjaan yang telah kita lakukan bersama orang lain.

Untuk itu, tentu ada cara tersendiri dan sopan santun dalam merespon suatu pujian yang tertuju pada kita. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang harus dilakukan dalam merespond suatu pujian.

1. Keep it simple (Sederhana)

Saat mendengar pujian, sudah pasti anda ingin mengungkapkan semua yang ada dihati anda. Namun akan lebih baik jika anda hanya merespon pujian tersebut dengan kata-kata yang sederhana. Jangan lupa untuk tersenyum ketika mengatakan kalimat berikut:

  • “Thanks , that’s make me feel great and want to do better in the future” (Terima kasih, itu membuatku merasa sangat luar biasa dan ingin melakukan yang lebih baik lagi di masa depan)
  • “Thank you, I appreciate the compliment” (Terima kasih, aku sangat menghargai pujian anda)
  • “Thanks, that’s good to hear that!” (Terima kasih, sangat menyenangkan mendengarnya)
  • “I’m glad to hear that” (Aku sangat senang mendengarnya)
  • “Thanks” (Terima kasih)

2. Responding team works compliment (Merespon pujian yang sebenarnya untuk satu tim)

Kadang orang akan memuji suatu pekerjaan yang sepertinya hanya dilakukan oleh seseorang, padahal pekerjaan itu dapat sukses dan terwujud dikarenakan adanya suatu kerjasama tim.

Dalam hal ini, anda harus mengatakan bahwa apa yang telah dicapai merupakan hasil dari kerjasama dan kerja keras seluruh anggota tim.

Berikut adalah beberapa kalimat yang dapat digunakan:

  • “Thank you, but it not only because of me. My team are working so hard in this project” (Terima kasih, tapi semua ini bukan hanya karena aku. Seluruh tim ku telah bekerja dengan sangat keras pada proyek ini)
  • “I’m glad to hear that. As you know that my partner is working so hard to make this work successful” (Aku senang mendengarnya. Seperti yang anda tahu bahwa partner saya bekerja sangan keras untuk membuat pekerjaan ini sukses”
  • “Yes, thank you. But it will be appropriate if you say it to my teammate, they are the one who struggling more than me” (Ya, terima kasih. Tapi akan lebih sesuai jika kalian mengatakannya pada teman se timku. Mereka yang menderita lebih daripada aku”
  • “Yes, you know, this works wouldn’t be success without my mate hard work” (Ya, anda tahu, pekerjaan ini tidak akan sukses tanpa kerja keras temanku)

3. Membalas dengan pujian

Jika seseorang memuji anda, akan sangat baik jika anda juga memuji orang tersebut. Lakukan dengan bahasa yang sederhana dan tidak terlihat begitu ingin berkompetisi dengan oraang tersebut.

Karena sering seseorang memuji untuk menunjukkan bahwa dirinya juga dapat melakukan hal sebaik orang lain lakukan.

  • “Thank you, but it not as nearly as your masterpiece” (Terima kasih, tapi ini bahkan tidak sepadan dengan karya besarmu!)
  • “Thank you, but you know that what I’ve done is something that can be done only by your supports” (Terima kasih, tapi anda tahu bahwa yang saya selesaikan adalah sesuatu yang bisa selesai hanya karena dukungan dari anda)
  • “Thank you, but it is not as beautiful as yours!” (Terima kasih, tapi ini tidak seindah milikmu!)
  • “I’m glad you say that, but yours is more amazing than mine!” (Aku senang kamu mengatakan itu, tapi milihmu jauh lebih mengagumkan dibanding milikku)

4. Membalas dengan kalimat penyanggah (Denial)

Ada kalanya seseorang merasa pujian itu tidak seharusnya ducapkan dan menyatakan penolakannya terhadap pujian yang dilontarkan orang lain.

  • “No, I’m not even understand what they are talking about!” (Tidak, aku bahkan tidak mengerti apa yang mereka bicarakan)
  • “That’s too much, I’m just doing what everyone will do in that situation!” (Itu terlalu memuji, aku hanya melakukan apa yang setiap orang mungkin lakukan pada situasi ini!)
  • “Thanks, but you will also take that choice if you were there” (Terima kasih, tapi kamu juga akan mengambil pilihan itu jika kamu disana!)
  • “No, I just do what my job has to do!” (Tidak, aku hanya melakukan yang harus aku lakukan!)

5. Merespon pujian yang sedikit menghina / sarkastik

Terkadang seseorang memuji keberhasilan orang lain dengan tujuan untuk menghina. Dalam kalimatnya terkandung kalimat sarkasme yang mungkin bisa menyinggung perasaan orang tersebut.

Maka anda tidak perlu cepat meledak, anda bisa mengatakan hal yang dapat membantah anggapan orang tersebut terhadap anda.

  • “Thank you, but I get everything in my live with a lot of hard working and also struggling, so, if you say that I’m born with a lot of fortune I will say thanks a lot, but for your note, I also earn this success!” (Terima kasih, tetapi aku mendapatkan segalanya di hidupku dengan begitu banyak kerja keras dan penderitaan, jadi jika anda mengatakan bahwa aku lahir dengan keberuntungan yang besar aku akan mengatakan terima kasih banyak, namun untuk anda tahu, aku juga berusaha untuk kesuksesan ini!)
  • “Thank you, it is true that I work at my father’s company but it doesn’t mean that I get my current position because of my dad. I was working from the bottom and earn this position with my hard work” (Terima kasih, memang benar bahwa aku bekerja di perusahaan ayahku tapi itu bukan berarti bahwa aku mendapatkan posisiku saat ini karena ayahku. Aku bekrja dari bawah dan berusaha mendapatkan posisi ini dengan kerja kerasku”
  • “You are right, I get this success life because of my parents. But it doesn’t mean I get everything because they have high position. But I get this success because their prayer and also what they teach me to be current me” (Anda benar, aku bisa sukse karena orang tua saya. Tapi itu bukan berarti aku mendapat segalanya karena posisi kedua orang tuaku yang tinggi. Tetapi aku mendapat kesuksesan ini karena doa dan apa yang telah mereka ajarkan sehingga aku menjadi aku yang sekarang)

 

Percakapan Bahasa Inggris Merespon Undangan/Pesan dari Orang Lain
Respon Jawaban untuk Pernyataan ‘Nice To Meet You’
Respon Jawaban untuk Pertanyaan “How Are You Today?”
Bagaimana Merespon Ucapan Duka Cita
Cara Memberi dan Menerima Pujian (Giving and Receiving Compliment)
Bagaimana Merespon Pertanyaan “Do You Speak English?”
Bagaimana Merespon Suatu Pujian
Respon Jawaban untuk Pertanyaan “How’s Life?”