sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Ada banyak cara menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris, misalnya lewat lagu dan film kesukaan. Ini juga cara yang efektif untuk lebih mudah mengingat kosakata (vocabulary), ungkapan-ungkapan, atau frase dan memahami cara penggunaannya oleh native speakers di dunia nyata.

Memilih lagu anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan cara yang menyenangkan. Jadi, kalau ingin belajar Bahasa Inggris lewat lagu, pilih yang Anda suka – terutama untuk anak-anak. Ini sebabnya taman kanak-kanak atau playgroup suka menggunakan lagu untuk belajar.

  • Pilih lagu yang tidak terlalu panjang (1-3 baris)
  • Jangan yang terlalu cepat iramanya (mudah diikuti)
  • Menggunakan lirik yang kata-katanya mudah dipahami
  • Pengucapannya jelas (kata-katanya bisa didengar dengan baik)

Tip belajar untuk anak usia 5-12 tahun:

Pilih lagu dengan banyak kata-kata yang berima dan iramanya berulang, sehingga anak-anak akan lebih mudah mengingat kosakata baru dan bisa segera bernyanyi bersama lagu yang didengarnya. Anak-anak juga suka nursery rhymes. Mereka bisa berlatih mendengar dan mengucapkan banyak kosakata. Misalnya lagu Ten in The Bed untuk belajar angka, Old McDonald Had A Farm untuk belajar nama-nama binatang, I Can Sing A Rainbow untuk warna, Incy Wincy Spider untuk cuaca, The Wheels on The Bus untuk mengingat bagian-bagian kendaraan, You Put Your Right Mitten In untuk belajar membedakan kiri dan kanan, If You’re Happy and You Know It untuk belajar kata kerja, dan sebagainya.

Tip belajar untuk usia 13-18 tahun:

Bagi remaja, belajar melalui lagu adalah kesempatan yang bagus untuk menggabungkan kesukaan mereka dan belajar bahasa. Jika sedang menyukai sebuah lagu berbahasa Inggris, maka mereka biasanya akan berusaha memahami isi lagu tersebut dan apa kata-kata yang diucapkan penyanyinya.
Tapi, perlu diingat juga bahwa kebanyakan lagu pop menggunakan bahasa informal atau bahasa sehari-hari. Sehingga mereka bisa memahami bahwa Bahasa Inggris bisa berbeda penggunaannya tergantung situasi dimana bahasa itu digunakan.

Aktivitas belajar – berlatih berbicara (speaking) dan pengucapan (pronunciation)

Bernyanyi adalah cara yang bagus untuk mempelajari irama sebuah bahasa. Lagu bisa mengajadi kita bagaimana kata-kata saling bersambung dalam bentuk pengucapan. Menyanyikan lagu berbahasa asing bisa terasa sulit, bahkan bagi native speakers. Jadi, bantulah anak Anda dengan langkah-langkah mudah berikut:

  1. Cari lirik lagunya di internet, atau cari video musiknya yang dilengkapi teks.
  2. Bacakan lirik lagunya dengan keras dan jelas. Cari kata-kata yang tidak Anda pahami di kamus.
  3. Dengarkan lagu sambil membaca liriknya pada waktu bersamaan. Ajak anak Anda untuk ikut bernyanyi bersama.
  4. Ketika mereka sudah siap, cobalah menyanyi tanpa melihat catatan liriknya.
  5. Ingat, tidak perlu langsung benar dan sempurna. Pengulangan akan lebih efektif dalam tahap pembelajaran.

Beberapa anak merasa kesulitan berbicara Bahasa Inggris karena mereka merasa malu atau kurang percaya diri. Menyanyi bersama-sama adalah trik untuk membuat mereka lebih berani. Beraktivitas dalam sebuah kelompok, bagi beberapa anak, menciptakan ruang yang nyaman untuk mereka berani mengekspresikan suara mereka dengan lebih lantang. Ajak anggota keluarga yang lainnya untuk bergabung saat anak Anda bernyanyi di rumah. Mereka tidak perlu punya suara yang merdu untuk belajar Bahasa Inggris lewat lagu, yang penting bersemangat dulu.

Memperbaiki Pengucapan

Ketika Anda belajar suatu bahasa yang baru, pasti ada banyak bunyi-bunyi yang tidak biasa diucapkan oleh mulut Anda. Bernyanyi bisa membantu mulut kita untuk membuat bentuk yang benar agar bunyi-bunyian yang asing tadi bisa keluar dengan lantang dan jelas. Bernyanyi juga bisa membantu kita untuk belajar seberapa kuat atau lemah bunyi yang diucapkan dalam Bahasa Inggris.

Tip belajar untuk usia 5-12 tahun:

Nyanyikan lagu phonic atau yang berdasarkan bunyi huruf. Ini adalah cara yang bagus untuk berlatih mengucapkan bunyi yang berbeda dalam Bahasa Inggris.

  • Berlatih mengucapkan bunyi huruf tunggal (misalnya a, b, c)
  • Berlatih mengucapkan bunyi huruf ganda (misalnya ou, ue, ch, th)

Tip belajar untuk usia 13-18 tahun:

Print lirik lagu kesukaan anak Anda. Garis bawahi beberapa kata yang baru atau penting. Ajak mereka untuk menebak berapa jumlah suku kata dalam kata-kata tersebut. Dengarkan lagunya bersama-sama lalu periksa berapa tebakan anak Anda yang benar. Cari tahu juga apakah satu suku kata diucapkan dengan penekanan yang lebih kuat? Lalu coba nyanyikan seluruh lagunya bersama-sama.
Untuk tantangan yang lebih sulit, mintalah anak Anda menepukkan tangan setiap kali ada suku kata yang diucapkan dengan penekanan lebih.

Aktivitas belajar – berlatih membaca (reading), menulis (writing), dan mendegarkan (listening)

Setiap kesempatan untuk mendengar Bahasa Inggris adalah kesempatan untuk belajar. Meskipun hanya mendengarkan lagu di latar belakang saat sedang makan, bermain, atau bepergian. Tapi, agar kemampuan Bahasa Inggris anak Anda bisa benar-benar berkembang, mereka harus mendengarkan baik-baik. Sediakan waktu untuk memahami lirik lagu dan apa maksud yang ingin disampaikan oleh lagu tersebut.

Tip belajar

Aktivitas menulis:

  • Lagu bisa menjadi inspirasi yang luar biasa untuk menulis kreatif. Dengarkan sebuah lagu, kemudian setelah 10-20 detik, hentikan dulu lagunya. Minta anak Anda untuk menggambar apapun yang mereka bayangkan. Putar lagi lagunya 10-20 detik, pause, lalu menggambar lagi. Terus lakukan ini sampai lagunya selesai. Anak Anda sudah menggambar beberapa bentuk pada saat ini. Kemudian, mintalah mereka untuk menulis sebuah cerita pendek untuk menjelaskan gambar-gambar yang mereka buat sebelumnya.

Aktivitas membaca:

  • Cetak beberapa lirik lagu. Gunting bagian-bagian lirik menjadi kalimat-kalimat terpisah. Minta anak Anda untuk menyusunnya dengan benar. Kemudian, dengarkan lagunya bersama-sama untuk memeriksa apakah susunannya benar.

Aktivitas mendengar:

  • Mainkan beberapa games yang menyenangkan untuk membantu anak Anda berlatih mendengar dengan baik. Pilih 10 kata dari sebuah lagu, kemudian pilih dua atau tiga kata tambahan yang tidak ada dalam lagu tadi. Tulis kata-kata tersebut dalam susunan acak lalu berikan pada anak Anda. Putar lagunya, lalu minta mereka memberi tanda di depan kata-kata yang mereka dengarl.
  • Cetak beberapa lirik lagu. Ganti 5-10 kata di dalamnya, lalu dengarkan lagunya. Mintalah anak Anda untuk ‘mencari perbedaannya’. Misalnya, mengganti kata ‘town’ menjadi ‘village’, ‘bus’ menjadi ‘train’, ‘friends’ menjadi ‘family’, dan sebagainya.
  • Mintalah anak Anda untuk mendengarkan sebuah lagu lalu memeragakan tiap kalimat. Minta juga mereka untuk mengajari Anda gerakan-gerakan yang dia ciptakan tadi. Tahukan Anda bahwa gerakan tubuh bisa membantu anak memahami dan mengingat kata-kata baru? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menari bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan pemahaman di semua tingkatan usia.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu dan Musik?

Jadi, kenapa lagu-lagu berbahasa Inggris bisa menjadi media yang efektif untuk mempelajari bahasa?

  • Musik bagus untuk otak. Sudah ada bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana musik bisa membantu mereka yang sedang belajar bahasa asing untuk memahami grammar dan kosakata, juga mengembangkan kemampuan mengeja. Lalu, ada istilah yang disebut “Mozart Effect” yang konsepnya adalah mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan kemampuan tugas-tugas mental seperti belajar.
  • Anda bisa mendengar bahasa dan ungkapan yang digunakan sehari-hari. Lagu-lagu berbahasa Inggris hampir selalu berisi banyak kosakata, ungkapan, dan frase yang berguna. Dan, karena lagu-lagu semacam ini ditulis untuk native speakers, maka bahasa yang digunakan pun selalu yang umum digunakan oleh mereka dalam keseharian serta selalu terkini.

Bahasa yang digunakan dalam lagu biasanya santai dan bisa digunakan dalam keseharian.

  • Anda bisa terbiasa dengan bunyi-bunyi dalam Bahasa Inggris. Mendengarkan lagu juga bisa membantu berfokus pada pengucapan dan pemahaman irama, intonasi, dan beat dari Bahasa Inggris.
  • Bahasa Inggris akhirnya akan tersimpan dalam kepala Anda. Banyak kata-kata dan pola bunyi dalam sebuah lagu yeng berulang sehingga mudah untuk teringat atau ‘menempel’ dalam ingatan. Ini adalah fakta umum yang mungkin Anda juga sudah alami. Nada dan lirik lagu seringkali ‘menembus’ ke pikiran kita dan berputar terus menerus disana, sehingga mengingat ungkapan dan kosakata terasa lebih mudah. Bahkan, setelah beberapa waktu, sebuah lagu bisa jadi sulit untuk dilupakan.
  • Lagu bisa jadi emosional. Hubungan kita dengan musik bisa sangat dalam, kuat, dan bermanfaat. Musik bisa menjadi kunci yang membuka emosi kita, mempengaruhi suasana hati, dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Ketika sesuatu dipenuhi dengan emosi, ia biasanya akan lebih mudah untuk diingat.
  • Mendengarkan musik adalah kebiasaan yang mudah dilakukan. Satu alasan kenapa orang merasa belajar bahasa asing itu susah adalah karena mereka tidak punya waktu yang bisa didedikasikan untk belajar. Tapi, ketika Anda belajar Bahasa Inggris melalui lagu, tidak terlalu banyak waktu yang harus diluangkan karena musik bisa dibawa kemana saja dan didengarkan kapan saja.

Anda bisa memutar lagu-lagu berbahasa Inggris di mobil, di dapur, dan saat melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Dengan memilih musik yang Anda sukai, Anda bisa mendengarkan lagu yang sama berulang-ulang tanpa merasa bosan.

  • Musik bisa mengajarkan budaya. Ketika Anda belajar Bahasa Inggris melalui lagu, Anda bisa mendapatkan lebih dari kemampuan berbahasa. Musik bisa memberikan pandangan mendalam akan budaya di tempat-tempat yang bahasa utamanya adalah Bahasa Inggris. Anda bisa memahami cara mereka berpikir dan mengungkapkan perasaan. Musik juga bisa menjadi jembatan untuk berkomunikasi dengan banyak orang dengan budaya yang berbeda.

Tip Belajar Bahasa Inggris lewat Lagu dan Lirik Untuk Usia Dewasa

Sebelum mulai untuk belajar lewat lagu, pilih dulu lagu yang tepat. Ini penting, karena banyak lagu yang akhirnya malah tidak bermanfaat. Misalnya, hindari lagu-lagu berbahasa Inggris yang:

  • Bahasanya terlalu sulit atau tidak umum digunakan dalam keseharian
  • Tidak mainstream (sangat populer). Lebih efisien untuk belajar dari lagu-lagu berbahasa Inggris yang populer karena bahasanya lebih umum.
  • Terlalu cepat, sehingga susah diikuti atau didengar kata-katanya.
  • Liriknya susah dicari, meskipun ini bisa jadi tantangan tersendiri untuk kemampuan Dulu, sebelum ada internet, mereka yang tidak berbahasa Inggris tapi ingin punya lirik lagu-lagu favoritnya, harus mendengar berulang-ulang kemudian menulis sendiri kata-katanya.

Pilih lagu yang tepat

  • Pilih lagu yang kamu sukai. Tidak ada gunanya belajar Bahasa Inggris lewat lagu kalau kamu tidak bisa menikmati musiknya. Yang ada, kamu malah akan cepat bosan.
  • Temukan musik berbahasa Inggris yang menggunakan bahasa yang tepat. Lirik yang digunakan harus yang umum dipakai sehari-hari dan tidak terlalu mudah atau susah untuk kamu.
  • Hal lain yang harus diperhatikan adalah kadang-kadang penyanyi tidak mengucapkan liriknya dengan jelas. Mungkin musik semacam heavy metal kurang ideal untuk digunakan belajar.
  • Lagu yang menceritakan sesuatu lebih mudah dipahami karena bisa dibayangkan. Kalau kamu adalah pemula, mungkin kamu bisa memilih lagu-lagu dari Disney.
  • Awali dengan musik pop, lalu kembangkan. Lagu-lagu pop yang populer cenderung tentang percintaan dan romance, dan ini bagus karena banyak kosakata yang diulang-ulang atau umum dipakai. Saat kamu sudah siap untuk belajar lebih banyak lagi, coba genre-genre musik lainnya untuk mengembangkan kosakatamu. Lagu-lagu rap bisa mengajarkan kamu banyak sekali kata-kata baru meskipun lumayan sulit untuk diikuti.

 

Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Ucapan Cepat Sembuh dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris (Thank You)
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Popular English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris Populer)
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
American Slang: Bahasa Inggris Gaul
Contoh Pengumuman di Koran dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris Mengenai Pakaian Wanita (Women’s Clothing)