sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa itu Explanation Text?

Ada satu lagi jenis teks yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari, baik itu dalam bentuk tulisan maupun verbal. Kali ini kita akan mengulas tuntas tentang explanation text.

Sudah pernah mendengar tentang explanation text? Ini merupakan jenis teks yang menceritakan proses terkait dengan fenomena alami, sosial, ilmiah, hingga budaya.

Biasanya explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” terkait sebuah fenomena.

Dengan demikian wajar jika explanation text biasa kamu temukan di buku teks geografi, sejarah, atau ilmu sains.

Struktur Explanation Text

Sama seperti jenis teks lainnya, tentu ada struktur tertentu dalam explanation text yang membuatnya berbeda. Seringkali strukturnya akan berbentuk seperti:

  • Pernyataan Umum (General Statement)

Pernyataan ini memaparkan isu yang akan dijelaskan, biasanya terletak di paragraf awal dan memberikan latar belakang sebuah fenomena.

  • Penjelasan Tahapan (Sequenced Explanation)

Explanation text akan dilanjutkan dengan penjelasan tahapan atau urutan kejadian yang juga menjawab bagaimana sebuah fenomena terjadi.

Ciri-Ciri Explanation Text

Selain struktur, ada juga ciri-ciri dari explanation text yang membedakannya dengan jenis teks lain. Semua ciri-ciri di bawah ini, jika kamu temukan dalam sebuah narasi, artinya merupakan salah satu contoh bentuk explanation text, yaitu:

  • Melibatkan elemen yang ada di sekitar terkait dengan fenomena ilmiah
  • Menggunakan kata hubung kronologi seperti “next”, “first”, “then”,to begin with”, dan lainnya
  • Pola yang digunakan adalah kalimat pasif
  • Menggunakan kalimat simple present tense

Tipe Explanation Text

Selain struktur dan ciri-ciri, ternyata menarik juga untuk mengetahui beberapa tipe atau jenis dari explanation text, yaitu:

  • SEQUENTIAL

Jenis explanation text yang menjelaskan tahapan terjadinya sesuatu, runtut dari awal hingga akhir.

  • CAUSAL

Memaparkan detil tentang penyebab perubahan dari satu tahap ke tahap lain.

  • THEORETICAL

Menjelaskan dengan detil tentang teori yang mendasari terjadinya sebuah fenomena, bentuknya tidak hanya kasat mata tapi juga menjelaskan tentang fenomena ideologi dan semacamnya.

  • FACTORIAL & CONSEQUENTIAL

Berbeda dengan tiga tipe di atas, yang terakhir adalah jenis explanation text yang menjelaskan efek dan hasil dari sebuah proses. Cakupannya bisa jeas mulai dari fenomena ilmiah hingga konsekuensi dari sebuah kejadian.

Contoh Explanation Text

Setelah memahami beberapa ciri-ciri dari explanation text, agar semakin memudahkan maka akan kita berikan beberapa contoh explanation text. Simak berikut ini, ya!

RAIN PHENOMENON

Rain is the primary source of fresh water for most areas of the world, providing suitable conditions for diverse ecosystems, as well as water for hydroelectric power plants and crop irrigation.

The phenomenon of rain is actually a water circle. The concept of the water cycle involves the sun heating the Earth’s surface water and causing the surface water to evaporate. The water vapor rises into the Earth’s atmosphere. The water in the atmosphere cools and condenses into liquid droplets. The droplets grow until they are heavy and fall to the earth as precipitation which can be in the form of rain or snow.

However, not all rain reaches the surface. Some evaporates while falling through dry air. This is called a virga, a phenomenon which is often seen in hot, dry desert regions.

Contoh pertama dari explanation text di atas menjelaskan tentang fenomena terjadinya air. Semua kalimat menggunakan format simple present tense. Paragraf dimulai dengan menjelaskan tentang hujan sebagai fenomena yang berguna untuk banyak hal.

Paragraf kedua memaparkan info yang lebih spesifik tentang bagaimana proses terjadinya fenomena hujan. Paragraf explanation text di atas ditutup dengan tambahan fenomena terkait hujan yang terjadi di daerah gurun. Sekarang mari kita bergeser ke contoh kedua.

TASTING FOOD

The sense of taste is one of a person’s five senses. We taste with the help of taste-buds in the tongue. The surface of the tongue has more than fifteen thousand taste-buds (or cells). These are connected to the brain by special nerves which send the so-called ‘taste’ messages. Then, how do we taste food we eat?

When the tongue comes into contact with food of any kind, the taste-buds will pick up the taste. The nerves then send a message to the brain. This will make us aware of the taste. All this happens in just a few seconds.

Jenis explanation text kedua memaparkan tentang bagaimana proses mencicipi rasa saat kita sedang makan.

Paragraf pertama dimulai dengan penjelasan tentang identifikasi rasa dari permukaan lidah, yang ternyata memiliki belasan ribu sel pendeteksi rasa.

Dari sinilah otak menerima sinyal tentang rasa tertentu. Dilanjutkan dengan paragraf kedua tentang kelanjutan dari proses perasa lidah hingga bisa dikenali oleh otak dalam beberapa detik.

Tips Menulis Explanation Text

Nah, setelah menyimak dua contoh di atas, tentu semakin pas jika kamu juga tahu bagaimana tips untuk menulis explanation text yang menarik. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Gunakan judul yang menarik untuk menjelaskan apa yang menjadi topik dari explanation text Bisa gunakan judul dengan awalan “How” atau “Why”.
  • Kalimat pertama dalam explanation text harus kuat dan menarik bagi pembaca.
  • Tahapan dipaparkan dalam paragraf yang runtut, gunakan juga kata hubung sebab akibat.
  • Dalam paragraf terakhir berikan kesimpulan yang menambah validitas dari explanation text.
  • Bila memungkinkan, tambahkan visual menarik untuk memudahkan pembaca memahami. Bisa dalam bentuk grafis, diagram, atau bahkan video dengan sentuhan digital yang menarik.

Tentu explanation text sudah bukan hal asing lagi bagi kamu, bukan? Lewat penjelasan di atas kamu bisa mendeteksi bagaimana struktur, ciri-ciri, hingga tipe dari explanation text.

Tak lupa ada dua contoh yang bisa membantu kamu mengidentifikasi mana jenis narasi yang termasuk dalam explanation text.

Terakhir, semoga dengan lima tips yang sudah kami paparkan di atas bisa membantu kamu dalam memahami, bahkan jadi handal menulis explanation text yang menarik dan jelas.

Sebuah explanation text yang menarik akan bisa menjelaskan fenomena dengan bahasa awam yang mudah dipahami dan tidak lagi terasa rumit.

 

Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 2)
Generic Structure & Contoh Narrative Text
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
10 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris
Apa itu Explanation Text?
Apa itu Spoof Text? Berikut Contoh Spoof Text!
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 1)
5 Contoh Spoof Text beserta Terjemahannya
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)


 
Contoh Penggunaan Excuse Me, Pardon, & Please
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Arti dan Contoh Ironi (Irony) dalam Bahasa Inggris
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)
Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)
Apa itu Memo? Berikut Contoh Memo Bahasa Inggris
Contoh “Reference Letter” MENCARI KERJA
Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris