sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Belajar Tes Reading TOEFL: Detail Questions

Sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi tes TOEFL? Jika iya, ini saatnya untuk memperdalam kemampuan dengan banyak-banyak berlatih menjawab soal yang sekiranya akan kamu hadapi dalam tes TOEFL.

Biasakan diri untuk mengerjakan soal sehingga saat hari H tiba kamu mengerjakan tes TOEFL, kamu akan mengerjakannya dengan mudah sekaligus menghemat waktu! Jadi dalam artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mengenal jenis-jenis pertanyaan dalam soal reading tes TOEFL. Inti dari menjawab seluruh pertanyaan dalam reading tes TOEFL adalah sebisa mungkin menjaga agar konsentrasi tidak berkurang.

Saat mengerjakan soal reading dalam tes TOEFL, kamu diberi waktu sebanyak 60 hingga 80 menit untuk menjawab kurang lebih 36 pertanyaan. Dalam satu sesi, kamu diharuskan membaca beberapa narasi yang diikuti dengan pertanyaan pilihan ganda di bawahnya. Biasanya terdapat tiga hingga empat bacaan.

Apa saja pertanyaannya? Tentu saja hal-hal spesifik terkait konten dan gaya dalam bacaan. Tidak ada waktu khusus yang ditentukan untuk setiap bagian dalam reading tes TOEFL. Tapi dengan waktu 60 hingga 80 menit yang kamu miliki, sebaiknya bagi rata yaitu 20 menit untuk membaca setiap narasi sekaligus menjawab pertanyaan yang mengikutinya. Lebih detil lagi, alokasikan waktu 5 menit utnuk membaca narasi dan 15 menit untuk menjawab pertanyaan. Dalam hal ini, asumsi kasarnya adalah waktu untuk menjawab sebuah pertanyaan adalah 1 menit.

Pertanyaan Detil

Pertanyaan semacam ini pasti akan kamu temui saat mengerjakan tes TOEFL. Soal seperti ini akan menguji pengetahuanmu tentang informasi yang ada dalam narasi, terutama yang sudah disebutkan secara spesifik dalam bagian kecil narasi. Biasanya, pertanyaan ini fokus pada siapa atau “who”, apa yang terjadi “what”, kapan “when”, di mana kejadiannya “where”, dan mengapa “why”. Format pertanyaan biasanya seperti ini:

  • According to Paraghraph X, which one is true?

Dalam pertanyaan ini biasanya akan disebutkan paragraf atau bahkan baris tertentu, dan kamu harus mencocokkan mana yang paling benar dari 4 pilihan jawaban.

  • Which of the following is the passage mainly concerned or summarizes the passage?

Dari soal ini kamu dituntut untuk bisa merangkum intisari bacaan atau kesimpulan yang bisa diambil. Cari tahu jawaban yang mirip dengan narasi yang dimaksud, tapi ingat jangan sampai terjebak dengan kesamaan kata.

  • The author’s description of ____ mentions which of the following?

Pertanyaan ini biasanya mengacu pada sebuah istilah yang kurang familiar sehingga perlu penjelasan lebih lanjut. Kamu harus berperan layaknya kamus, mengartikan sebuah kata atau istilah dan memilih mana jawaban yang paling benar.

  • What does the author imply about ____ (usually mentioning about term in passage)?

Sama seperti pertanyaan sebelumnya, soal sejenis ini mengharuskan kamu untuk mengetahui intisari dari bagian kecil dalam bacaan. Kamu bisa memahaminya dengan mengaitkan pada kalimat-kalimat yang muncul sebelum dan sesudahnya.

  • According to Paragraph X, ____ occured because…

Kali ini kamu dituntut untuk tahu alasan mengapa sebuah hal terjadi. Analisis yang tajam namun cepat diperlukan dengan merangkum sebab-akibat yang ada dalam narasi.

Ada 2 jebakan utama yang biasanya membuat orang tertipu saat membaca soal semacam ini. Jebakan pertama adalah kamu memang memilih pernyataan yang benar dan tercantum pada bacaan, namun itu TIDAK menjawab soal yang ada.

Jebakan kedua biasanya adalah orang-orang secara tidak sadar memilih jawaban dengan banyak kesamaan kata dengan bacaan di atasnya. Padahal bisa jadi pilihan jawaban itu memiliki makna yang bertentangan. Contohnya: “Shopping makes me happy” bermakna lain dengan “Happiness makes me shop”. Tapi tenang, kamu bisa menghindarinya jika tidak sekadar memilih jawaban hanya karena ada kesamaan kata atau key words.

Selanjutnya mari kita coba berlatih dengan membaca tulisan dari Science News berikut ini:

Shrouded in the mist of an Andean cloud forest, the first newly discovered carnivore in the Western Hemisphere in 35 years rarely leaves its treetop home. Smithsonian researchers stumbled upon Bassaricyon neblina, also known as the “olinguito,” while riffling through museum specimens and old field notes in search of information about other members of the genus Bassaricyon—a group of tree-dwelling meat-eaters commonly known as olingos.

As described by researchers, the olinguito weighs just 2 pounds and resides at 5,000 to 9,000 feet above sea level, making the orange-and-brown tree dweller the smallest and highest-venturing of the olingo species. Misidentified until now, olinguito specimens have existed in museums for 100 years, and at least one olinguito lived in several U.S. zoos during the 1960s and 1970s.

Setelah membaca narasi tersebut, biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti:

According to the passage, how was the olinguito discovered?

A) It has been common in museums for a century.
B) A Smithsonian researcher who has spent 35 years in the Andean forest discovered it.
C) The olinguito has been a known part of the olingo species for many decades.
D) The olinguito was misidentified in museum records, and the mistake was only recently discovered.

Coba perhatikan pilihan jawaban A. Itu adalah pernyataan yang tepat dan bisa disimpulkan dari bacaan yang ada, tapi tidak menjawab pertanyaan. Pilihan jawaban B adalah contoh dari jebakan kedua yang harus kamu hindari, karena pernyataan itu menggabungkan kata kunci yang ada dalam bacaan hingga menjadi kalimat yang sama sekali tidak tepat. Pilihan jawaban C cukup jelas bertentangan dengan isi bacaan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Tentu saja waktu yang kamu miliki saat hari H mengerjakan tes tidak akan seleluasa seperti saat kamu membaca analisis jawaban di atas. Tidak perlu merunut satu persatu jawaban jika kamu bisa menemukan jawaban tepat dengan cepat.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan detil seperti ini adalah dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu. Jangan mengintip pilihan jawaban agar konsentrasimu tidak buyar. Bergeserlah ke narasi hingga menemukan kalimat yang sesuai dengan pertanyaan.

Baru setelah itu, kamu bisa mencocokkannya dengan pilihan jawaban yang ada. Bagaimana tanda jika kamu berhasil menemukan intisari pertanyaan dengan cepat? Intip pertanyaan terlebih dahulu, dan kamu akan tahu bahwa researchers found the olinguito while “riffling through museum specimens and old field notes,” kamu bisa dengan cepat memilih jawaban D sebagai yang paling tepat.

Masih ada jenis pertanyaan lain yang bisa kamu pelajari dan menjadi ciri-ciri soal dalam reading tes TOEFL. Selengkapnya akan kita bahas di artikel lain. Bagaimana? Sudah mengenali bagaimana strategi dan cara cepat menjawab detail questions?

Artikel Lainnya

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation

 

Soal Listening TOEFL: Pertanyaan Menjebak Attitude Questions
Speaking TOEFL: Formula “MEEM”
Listening TOEFL: Belajar Listening dari Subtitles dan Transkrip
Listening TOEFL: Masalah Psikologis yang Muncul saat Hadapi Tes Listening
Tip TOEFL: Pentingnya “Reading Out Loud”
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 2)
Contoh Soal Listening TOEFL: Informal Chit-chat
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 1)
Reading TOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 1)
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)