sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Belajar Tes Reading TOEFL: Except Questions

Masih berbicara tentang soal reading dalam tes TOEFL, sebelumnya kita telah membahas tentang detail questions. Ada dua jebakan dalam pertanyaan jenis itu yang perlu kamu hindari agar bisa mengetahui jawaban apa yang tepat. Kini kita akan masuk untuk mengenali jenis pertayaan yang kerap muncul dalam reading tes TOEFL, yaitu except questions.

Masih dalam aturan yang sama, bahwa kamu diberi waktu 70 hingga 80 menit untuk menamatkan soal reading. Seringkali ada 3 atau 4 bacaan dalam satu sesi. Secara rata-rata, itu artinya waktu untuk memahami tiap bacaan sekaligus pertanyaan-pertanyaan yang mengikutinya adalah 20 menit. Atur waktumu dengan seksama agar tidak sampai kehabisan waktu, ya!

Except questions atau pertanyaan perkecualian pada dasarnya sama saja dengan detail questions, hanya saja konsepnya berkebalikan. Dari 4 pilihan jawaban yang ada, 3 di antaranya adalah pernyataan yang benar dan sesuai dengan bacaan. Tugas kamu di sini adalah menemukan pernyataan atau pilihan jawaban mana yang salah dan tidak sesuai dengan informasi dalam narasi yang telah kamu baca.

Ciri-ciri pertanyaan detil negatif pasti bermuatan kata-kata seperti “Not” atau “Except”. Kenali 2 kata kunci ini untuk memandu kamu saat akan menjawab pertanyaan. Tenang saja, keduanya pasti ditulis dalam huruf kapital agar kamu tidak terlewat. Meski demikian, tetap saja ada kemungkinan kamu tidak melihat kata-kata itu karena kurang konsentrasi atau terburu-buru.

Selalu pastikan bahwa kamu mengidentifikasi kata dengan makna negatif itu, ya! Lalu bagaimana tips agar tidak salah menilai sebuah pertanyaan? Perlakukan pertanyaan ini sama halnya seperti saat kamu akan menjawab detail question. Dengan cara ini, kamu akan memeriksa tiap pertanyaan dengan seksama.

Eliminasi Jawaban

Ini adalah cara termudah sekaligus satu-satunya untuk menjawab pertanyaan perkecualian atau except question. Eliminasi jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan. Kamu akan diberi 4 pilihan jawaban. Simak satu-persatu pilihan ganda yang ada dan padukan dengan data yang ada dalam bacaan.

Jika kamu menemukan kesesuaian antara pernyataan dalam salah satu pilihan ganda dengan bacaan, artinya hal itu tepat. Eliminasi jawaban ini. Lakukan ini pada semua pilihan hingga akhirnya hanya tersisa 1 buah jawaban yang bisa kamu pilih tanpa ragu-ragu.

Mari kita mulai menjawab contoh pertanyaan perkecualian dari quick preparation Educational Testing Service (ETS) berikut ini:

The city of Teotihuacán, which lay about 50 kilometers northeast of modern-day Mexico City, began its growth by 200 –100 B.C. At its height, between about A.D. 150 and 700, it probably had a population of more than 125,000 people and covered at least 20 square kilometers. It had over 2,000 apartment complexes, a great market, a large number of industrial workshops, an administrative center, a number of massive religious edifices, and a regular grid pattern of streets and buildings. Clearly, much planning and central control were involved in the expansion and ordering of this great metropolis. Moreover, the city had economic and perhaps religious contacts with most parts of Mesoamerica (modern Central America and Mexico).

Dari narasi semacam itu, pertanyaan perkecualian atau except question akan mengharuskan kamu untuk memilih mana jawaban yang paling tepat. Contoh pertanyaannya adalah:

In the paragraph, each of the following is mentioned as a feature of the city Teotihuacán between A.D. 150 and 700 EXCEPT

A) regularly arranged streets
B) several administrative centers spread across the city
C) many manufacturing workshops
D) apartment complexes

Saat kamu melihat 4 pilihan jawaban seperti itu, yang harus kamu lakukan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adalah mencocokkannya dengan narasi atau bacaan yang ada di atas. Dalam hal ini, pilihan A: “regularly arranged streets” cocok dengan kalimat dalam narasi “a regular grid pattern of streets and buildings”. Sementara jawaban B, “several administrative centers spread accross the city” tidak cocok dengan bagian manapun dalam bacaan.

Berlanjut ke jawaban C, “many manufacturing workshops” senada dengan kalimat “a large number of industrial workshops” dalam bacaan. Terakhir pada jawaban D, “apartment complexes” memiliki makna yang sama dengan “over 2,000 apartment complexes” yang tercantum pada kalimat ketiga dalam bacaan. Kamu bisa merangkum kecocokan ini dengan bentuk seperti ini:

A) “a regular grid pattern of streets and buildings
B) None
C) “a large number of industrial workshops
D) “over 2,000 apartment complexes

Dengan demikian, jelas bahwa jawaban yang sama sekali tidak cocok dengan bagian dalam bacaan adalah pilihan jawaban B. Tidak ada pernyataan yang mendukung bahwa Teotihuacan memiliki banyak pusat administratif. Justru yang ada dalam bacaan adalah kalimat “an administrative center,” yang artinya hanya ada satu pusat administratif. Sehingga kamu perlu menjawab pertanyaan B.

Bagaimana, sudah mengenal ciri-ciri pertanyaan perkecualian atau except questions? Biasakan dirimu untuk mengetahui hal ini karena pasti kamu akan menghadapinya saat menjawab soal reading tes TOEFL. Kuncinya adalah teliti dan memahami inti sari dari bacaan yang ada di atas.

Cocokkan dengan cepat kalimat yang ada dalam pilihan jawaban dengan kalimat demi kalimat yang ada dalam narasi di atasnya. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah mengeliminasi jawaban yang paling tidak cocok atau bahkan bertentangan. Mudah, bukan? Akan semakin mudah jika kamu terus membiasakan diri dengan pertanyaan semacam ini dan bisa dengan cepat dan tepat menjawabnya saat hari H mengikuti tes TOEFL.

Artikel Lainnya

Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
ReadingTOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 2)
Reading TOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 1)
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
Reading TOEFL: Momen-momen Darurat dalam Reading
Reading TOEFL: Temukan Tokoh Utamanya untuk Mengetahui Maknanya
Reading TOEFL: Informasi Tambahan dan Kesimpulan
Reading TOEFL: Hati-hati Jebakan Jawaban Salah dalam Reading
Reading TOEFL: Contoh Pertanyaan Sinonim dan Kesimpulan
Reading TOEFL: Kata Kerja Ukur dalam Reading

 

Listening TOEFL: Yang Dilakukan Saat Luput Pahami Kata dalam Listening
Speaking TOEFL: 8 Tip Speaking Tes TOEFL untuk Pemula
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Soal Listening TOEFL: Materi Perkuliahan dari Dosen
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL
Tip TOEFL: Sudah Layakkah Tingkat Skor TOEFL IBT?
Reading TOEFL: Sinonim Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes “OUT-“ dan “RE-“
Speaking TOEFL: Make it Simple, Jawab dengan Sederhana
Soal Listening TOEFL: “Menjadi Dosen Sejarah”


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Tip TOEFL: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Listening TOEFL: Pertajam Kemampuan Listening Lewat Dialog Film
Listening TOEFL: Belajar Listening dari Subtitles dan Transkrip
Listening TOEFL: Asah Listening dan Pelafalan dengan “Minimal Pairs”
Speaking TOEFL: Latihan Soal Utarakan Pendapat
Speaking TOEFL: Formula “MEEM”