sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Reading TOEFL: Hati-hati Jebakan Jawaban Salah dalam Reading

Mengerjakan soal-soal reading dalam tes TOEFL artinya kamu harus berkonsentrasi untuk 3 hingga 4 bacaan sekaligus. Tidak hanya memahami intisari bacaan, seberapa komprehensifnya pemahaman kamu juga akan diuji dalam pertanyaan yang mengikuti di bawah tiap bacaan.

Dan sayangnya, seringkali tidak mudah untuk mempertahankan konsentrasi di saat begitu banyak materi yang masuk. Apalagi jika bahan bacaan yang kamu baca adalah soal akademis yang tidak mudah dipahami, bukan?

Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara agar tidak terjebak dalam jawaban salah saat mengerjakan soal reading tes TOEFL. Bukan hanya membahas caranya, tapi kita akan kupas lebih detil jenis-jenis jawaban pilihan ganda yang “terkesan” benar dan bisa menjebak kamu saat menjawab.

Eliminasi Jawaban Salah

Penting untuk memiliki kemampuan mengeliminasi jawaban yang salah dari 4 pilihan yang ada. Bukan hanya mengeliminasi, tapi melakukannya dalam waktu yang efektif. Jangan sampai terlalu lama dan menguras waktu yang tersedia hanya untuk memperhatikan 4 pilihan jawaban yang ada, ya!

Tenang saja, cara ini cukup membantu karena dengan mengeliminasi satu saja jawaban salah, kemungkinan untuk mendapatkan jawaban benar lebih tinggi. Berikut ini contoh jawaban yang rentan menjebak:

1. Fluff Answers

Salah satu jebakan dalam menjawab soal reading tes TOEFL adalah fluff answers yaitu jawaban yang sekilas terlihat masuk akal namun tidak berkaitan sama sekali dengan bahan bacaan. Ini adalah jenis pilihan jawaban yang paling mudah dieliminasi terlebih dahulu.

Berikut contoh pertanyaan dengan fluff answers yang bisa kamu simak:

Workers were united in resenting the industrial system and their loss of status, but they were divided by ethnic and racial antagonisms, gender, conflicting religious perspectives, occupational differences, political party loyalties, and disagreements over tactics. For them, the factory and industrialism were not agents of opportunity but reminders of their loss of independence and a measure of control over their lives.

Setelah membaca contoh bacaan di atas, pertanyaan yang muncul adalah:

The word “them” in the passage refers to:

A. Workers

B. Political party loyalties

C. Disagreements over tactics

D. Agents of opportunity

Mari kita analisis bersama bacaan dan pilihan jawaban di atas. Topik bacaan adalah seputar serikat pekerja dalam sistem industrial yang ada saat ini. Dijelaskan bahwa serikat pekerja terbelah-belah karena begitu banyak perbedaan di antara mereka.

Di bagian akhir bacaan dijelaskan bahwa adanya industrialisme bukan membuka peluang bagi mereka namun justru menjadi pengingat masa lalu tentang terenggutnya kebebasan.

Pertanyaan adalah kata them di paragraph terakhir mengacu pada apa?

Jawaban fluff yang bisa pertama kali bisa dieleminasi adalah (D) karena disebutkan tepat setelah kata them. Padahal kata tersebut mengacu pada subjek yang sudah disebutkan sebelumnya. Bukan berarti salah, tentu saja.

Tapi sangat jarang terjadi kata referensi disebutkan setelah pronoun. Jika kita masukkan pilihan (D) dalam kalimat, maka strukturnya akan menjadi: “For agents of opportunity, the factory and industrialism were not agents of opportunity.” Kalimat yang aneh, bukan? Tanpa perlu memahami betul makna bacaan, kamu bisa menghapuskan pilihan ini.

Dengan demikian kemungkinan kamu menebak jawaban yang tepat meningkat hingga 25-33 persen.

2. False Friends

Salah satu cara untuk menjebak kamu dalam reading tes TOEFL adalah menggunakan kata kunci yang sama seperti yang ada dalam bacaan. Kesamaan ini kemudian akan terasa seakan-akan jawaban yang paling benar. Berikut ini contohnya:

”Before 1815 manufacturing in the United States had been done in homes or shops by skilled artisans. As master craftworkers, they imparted the knowledge of their trades to apprentices and journeymen. In addition, women often worked in their homes part-time, making finished articles from raw material supplied by merchant capitalists. After 1815 this older form of manufacturing began to give way to factories with machinery tended by unskilled or semiskilled laborers. Cheap transportation networks, the rise of cities, and the availability of capital and credit all stimulated the shift to factory production.”

Lalu pertanyaan yang mengikuti bacaan di atas adalah:

Which of the following can be inferred from the passage about articles manufactured before 1815?

A. They were generally produced by women.

B. They were generally produced in shops rather than in homes.

C. They were produced with more concern for quality than for speed of production.

D. They were produced mostly in large cities with extensive transportation networks.

Apa yang dimaksud dengan false friends? Kamu harus sangat berhati-hati dengan jawaban yang terkesan “sama” dengan bacaan. Bagi pembaca yang terburu-buru dia akan melihat kalimat “in shops rather than in homes” dan menganggapnya sangat sesuai dengan contoh bacaan. Tapi ingat, ketika kita menganalisis lebih jauh, bacaan menyebutkan bahwa manufacturing dilakukan di “shops” ATAU “homes”, bukan “rather than”. Begitu menjebak, bukan? Artinya pilihan jawaban (B) salah.

Hal yang sama bisa kita lihat pada pilihan jawaban (D). Bacaan menyebutkan tentang jaringan transportasi di kota besar, tapi tidak disebutkan sebelum tahun 1815. Faktanya, jaringan transportasi terjangkau dan kota berkembang baru terjadi setelah tahun 1815. Artinya jawaban (D) tidak tepat. Dengan 2 pilihan jawaban teriliminasi, artinya kamu punya 50 persen kemungkinan memilih jawaban yang tepat.

Itu tadi prinsip untuk menghindari jebakan jawaban salah saat mengerjakan reading tes TOEFL. Jika kamu merasa tidak yakin, hal penting yang harus kamu lakukan adalah memilih yang sekiranya merupakan jawaban terbaik.

Artikel Lainnya

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation

 

Speaking TOEFL: Latihan Menulis 100 Kata Sebelum Speaking
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Writing: 15 Latihan Soal Independent Essay dalam Writing
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 1)
Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
Belajar Tes Reading TOEFL: Detail Questions
Listening TOEFL: Pertajam Kemampuan Listening Lewat Dialog Film
Tip TOEFL: Mungkinkah Kita “Berbohong” dalam Tes TOEFL?


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)