sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Reading TOEFL: Informasi Tambahan dan Kesimpulan

Tentu bukan rahasia lagi bahwa rangkaian tes TOEFL yang kamu jalani pada akhirnya akan membawa manfaat bagi kamu juga. Bukan saja skor TOEFL yang akan membantu kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi ada manfaat yang jauh lebih dari itu, di antaranya:

  1. Memahami dan menyerap informasi baru dengan baik
  2. Menarik kesimpulan berdasarkan informasi baru
  3. Menambah wawasan sendiri untuk memperkaya informasi baru
  4. Membuat informasi baru yang sepenuhnya dari pemikiranmu sendiri

Dari empat manfaat tersebut, artikel kali ini akan mengajak kamu berlatih untuk menajamkan manfaat nomor 1, 2, dan 3. Kali ini kita akan mengukur seberapa baik pemahaman kamu dalam menyerap informasi baru dan menarik kesimpulan atau intisari dari bacaan.

Tentu tidak semua bacaan yang kamu hadapi dalam tes TOEFL adalah yang sesuai dengan preferensi kamu. Besar kemungkinan bacaan yang menjadi pertanyaan dalam tes TOEFL justru mengangkat topik yang kamu sama sekali asing atau bahkan hindari. Tapi tidak ada pilihan lain, kamu harus mengesampingkan preferensi untuk sejenak dan membuka pikiran untuk menyerap informasi baru sebaik mungkin.

Jangan Terjebak Zona Nyaman

Apakah kamu suka dengan dunia ekonomi makro dan geliat bisnis dunia? Atau konstelasi politik dengan kepentingannya menarik perhatianmu? Pilihan lainnya adalah seni dan budaya yang seakan tak ada habisnya. Atau kamu tertarik dengan sejarah yang membentuk peradaban bumi ini?

Apapun itu, kamu tidak bisa memilih bacaan apa yang akan kamu baca saat menghadapi soal reading tes TOEFL. Biasanya saat berlatih jelang tes TOEFL, kamu akan lebih bersemangat melihat bacaan yang berkisar tentang topik yang menarik perhatianmu. Ini manusiawi karena kamu menyukai hal-hal yang berkisar tentang isu tersebut. Tapi hal ini hanya akan menjebak kamu pada zona nyaman!

Tantang dirimu dengan berlatih membaca hal-hal yang mengangkat topik di luar kebiasaan kamu. Pilih narasi dengan perbendaharaan kata yang menantang dan asing di telingamu. Lewat cara ini kamu sekaligus memperkaya stok kata dalam bahasa Inggris yang kamu miliki.

Berikut ini beberapa referensi situs atau bacaan yang banyak menggunakan perbendaharaan kata asing dan menggelitik sehingga bisa menambah wawasanmu:

  • Situs edukasi seperti National Geographic atau Smithsonian
  • Artikel dalam Google Scholar
  • Jurnal ilmiah atau penelitian dalam Academia.edu
  • Review film dalam The AV Club
  • Situs berita berbahasa Inggris seperti Al Jazeera atau BBC World

Tahukah kamu? Reading dalam tes TOEFL juga mengukur kemampuan kamu dalam menyerap informasi baru dari kalimat, paragraf, hingga keseluruhan bacaan. Coba cari sebuah artikel di Internet. Pindahkan dalam Word dan edit sesuai versi kamu sendiri.

Coba ringkas artikel tanpa membuang informasi yang penting di dalamnya. Perhatikan juga apakah ada kalimat yang bisa benar-benar dibuang dari artikel? Atau paragraf yang bisa dipersingkat? Latihan semacam ini akan membuat kamu pandai mengidentifikasi informasi penting dari sebuah bacaan.

Untuk latihan awal, kamu bisa memulainya dari artikel dengan topik yang kamu suka. Perlahan-lahan coba keluar dari zona nyaman dan baca topik yang lebih menantang. Siapa tahu kamu justru akan mengetahui suatu fakta baru yang menarik! Tak kenal maka tak sayang, kan?

Baiklah, mari kita mulai latihan dengan menyimak contoh artikel tentang RRC berikut ini:

The People’s Republic of China is a socialist republic ruled by a single party, the Communist Party of China.

Power in the People’s Republic is divided between the National People’s Congress (NPC), the President, and the State Council. The NPC is the single legislative body, whose members are selected by the Communist Party. The State Council, headed by the Premier, is the administrative branch. The People’s Liberation Army also wields considerable political power.

The current President of China and General Secretary of the Communist Party is Xi Jinping. The Premier is Li Keqiang.

Jika kamu berasal dari RRC atau menyukai seluk beluknya, tentu kamu tahu bahwa Partai Komunis adalah satu-satunya partai politik yang beroperasi di sana. Namun jika kamu tidak tahu, ini menjadi sebuah informasi baru yang menarik.

Artikel bacaan tentang sejarah sebuah negara seringkali muncul dalam soal tes TOEFL dan membutuhkan pemahaman tersendiri dari kamu. Jika kamu tahu informasi baru seperti “Partai Komunis adalah satu-satunya partai politik yang beroperasi di RRC” jelas menjadi nilai tambah yang membuat kamu lebih mudah memahami seluruh artikel, bukan?

Berbeda halnya jika kamu sama sekali tidak tahu tentang RRC. Membaca artikel dengan struktur eksekutif seperti di atas mungkin bukan topik paling favorit untuk kamu. Tapi ini tetap penting untuk diketahui agar kamu bisa memadukan informasi baru terhadap bacaan yang ada, dan menarik kesimpulan yang lebih luas.

Contoh kesimpulan yang bisa kamu tarik dari bacaan di atas, ditambah dengan informasi baru adalah: “Menjadi jelas bahwa Presiden RRC saat ini adalah perwakilan dari Partai Komunis, mengingat partai tersebut adalah satu-satunya yang memegang kuasa.”

Perkaya wawasan kamu tentang negara dari situs seperti CIA World Factbook sebagai salah satu referensi kamu dalam mencari tahu tentang sebuah negara. Tenang saja, tidak ada ruginya menambah wawasan selama berlatih jelang tes TOEFL karena bisa memperkaya pengetahuanmu! Siapa tahu suatu hari nanti hal ini akan masuk dalam pembahasan saat kuliah, dan kamu diuntungkan karena sudah tahu lebih dulu tentang seluk beluk suatu negara.

Artikel Lainnya

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation

 

Belajar Tes Reading TOEFL: Except Questions
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis
Belajar Listening TOEFL: 8 Jurus Menguasai Listening Secara Cepat
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
Writing TOEFL: Membuat Jawaban Writing yang Runtut dan Mengalir
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Belajar Reading TOEFL: Cara Gampang Jawab Reading Tes TOEFL
Contoh Soal Listening TOEFL: Informal Chit-chat


 
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris