sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Reading TOEFL: Sinonim Bahasa Inggris

Salah satu yang paling menantang dalam tes TOEFL adalah soal reading yang dihadapi. Perlu konsentrasi tinggi dan di sisi lain ada wawasan yang kamu miliki harus luas. Mengapa demikian?

Alasannya adalah karena tidak selalu narasi yang kamu baca adalah hal yang kamu kuasai. Bisa jadi narasi itu adalah hal yang asing dan memerlukan porsi konsentrasi dan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lain.

Di artikel kali ini, kamu akan belajar lebih banyak tentang pentingnya mengetahui sinonim. Mengapa sinonim? Apa pentingnya? Mungkin hal ini terkesan sepele bagi kamu, tapi sebenarnya ada asalan mengapa mengetahui sinomin dalam bahasa Inggris bisa membantu kamu menaklukkan soal reading dalam tes TOEFL.

Pentingnya Paham Sinonim Bahasa Inggris

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah semua jawaban dari pertanyaan dalam kategori soal reading terdapat di dalam narasi. Tidak mungkin ada pertanyaan yang membutuhkan jawaban di luar dari narasi yang tersedia.

Artinya tidak sulit untuk menjawab soal reading dalam tes TOEFL, bukan? Sesederhana membaca pertanyaan, dan mencari jawabannya dalam narasi. Ada beberapa pilihan jawaban dan kamu cukup menentukan mana yang paling sesuai dengan pertanyaan.

Di sinilah sisi dinamis dari sinonim. Dengan adanya sinonim, daftar pertanyaan dan jawaban bisa bervariasi. Akan jauh berbeda jika tidak ada sinonim dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh:

Question:When did the earthquake in Alaska happen? The earthquake in Alaska is known to have big potency of tsunami.

Answer:

  • The earthquake in Alaska happen in 23rd of January, 2018. The earthquake had big potency of tsunami.
  • In 23rd of January, 2018, earthquake happened in Alaska. It had the potency of tsunami.
  • In Alaska, earthquake happened during 23rd of January, 2018. The earthquake was possible leading to tsunami.
  • Earthquake leading to tsunami happened in Alaska, at 23rd of January, 2018. The earthquake was big.

Lihat daftar empat pilihan jawaban di atas? Semuanya memiliki kemiripan dengan pertanyaan. Kata yang digunakan tidak jauh berbeda, karena dalam hal ini tidak digunakan sinonim. Keempat jawaban pun sama benarnya karena tidak ada penggunaan sinonim.

Di sinilah pentingnya menggunakan sinonim. Hampir bisa dipastikan bahwa sinonim selalu digunakan di semua soal reading dalam tes TOEFL. Penggunaan kata yang sama persis sangat jarang ditemui dalam soal dan jawaban kategori reading.

Sinonim dalam Soal Reading Tes TOEFL

Itu pentingnya memperkaya perbendaharaan kata dengan sinonim agar bisa dengan cepat mengidentifikasi mana jawaban yang benar dan salah. Kadangkala, jawaban yang ada di narasi muncul di jawaban, tapi dalam bentuk yang berlawanan. Sebagai contoh, dalam narasi disebutkan: “The girl is sitting near the window, wearing blue shirt.”

Sementara di bagian pilihan jawaban, ada satu pilihan yang menjebak dengan kata-kata: “The blue shirt in the window is taken by the girl.” Saat terburu-buru dan kurang teliti, bisa jadi pilihan jawaban itu akan menjebak kamu.

Sinonim bisa muncul dalam pilihan jawaban yang benar dan salah. Jangan semerta-merta melihat kata yang sama dan memilih itu sebagai jawaban yang benar. Perhatikan struktur kalimat. Jangan berhenti sampai di sini.

Gabungkan dengan makna dari seluruh kalimat, sehingga kamu bisa mengetahui jawaban yang tepat. Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan jika kamu tidak paham tentang sinonim.

Itu sebabnya penting untuk memahami sinonim dalam mengerjakan soal reading tes TOEFL.

Apa alasannya? Berikut kami rangkum untuk kamu:

  • Tidak Membosankan. Dalam bahasa Indonesia pun, penting untuk tahu sinonim saat membuat sebuah tulisan. Alasannya adalah agar tidak selalu mengulang kata yang sama untuk menyebut subjek, predikat, atau objek. Selalu mengulang kata yang sama hanya akan membuat pembaca bosan.
  • Menguji Perbendaharaan Kata. Para pembuat soal dalam tes TOEFL pun sengaja menggunakan sebanyak-banyaknya sinonim dalam sebuah narasi reading untuk menguji seberapa banyak pemahaman seseorang akan perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Semakin banyak perbendaharaan kata atau vocabulary yang kamu ketahui, kamu bisa dengan mudah mengetahui makna dari kalimat tersebut.
  • Materi Pertanyaan. Tidak jarang pertanyaan dalam soal reading tes TOEFL berkisar tentang sebuah kata ganti atau sinonim pengganti subyek. Sebagai contoh: “The boy is planning to visit his grandfather after school. It’s not everyday that he can stumble into his hero during weekdays.”

    Pertanyaan yang akan muncul adalah, siapa yang dimaksud dengan hero dalam kalimat itu? Apakah visit bermakna sama dengan stumble into? Dengan mengetahui makna dan kesamaan dari dua kata bersinonim itu, kamu bisa dengan mudah mengetahui siapa yang dimaksud dalam kata ganti tersebut.

  • Berlatih Frase. Sebanyak mungkin latihlah frase yang kamu punya dari buku berbahasa Inggris atau situs. Ada banyak daftar sinonim dan frase yang bisa memperkaya wawasanmu. Dengan banyak berlatih, membaca, menonton dan segala hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris, akan semakin mudah untuk meningkatkan skormu dalam sesi reading tes TOEFL.

Bagaimana, sudah tahu kan pentingnya sinonim dalam menaklukkan soal reading tes TOEFL? Pahami sebaik mungkin ya, agar kamu bisa menjawab pertanyaan tes TOEFL dengan akurat dan tidak membuang banyak waktu! Tidak ada ruginya belajar tentang sinonim dan frase bahasa Inggris, karena sebagai bonus, kamu juga bisa merasakan manfaatnya dalam kategori soal yang lain!

Artikel Lainnya

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation

 

Reading TOEFL: Parafrase
Speaking TOEFL: Make it Simple, Jawab dengan Sederhana
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Soal Listening TOEFL: Materi Perkuliahan dari Dosen
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
Listening TOEFL: Asah Listening dan Pelafalan dengan “Minimal Pairs”
Writing TOEFL: Belajar Conditional Lewat Lagu Populer
Speaking TOEFL: 8 Tip Speaking Tes TOEFL untuk Pemula
Reading TOEFL: Momen-momen Darurat dalam Reading
Reading TOEFL: Informasi Tambahan dan Kesimpulan


 
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris