sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Speaking TOEFL: Formula “MEEM”

Masih berbicara seputar formula dalam menjawab soal-soal speaking tes TOEFL, sebelumnya kita pernah membahas tentang formula “SEA”. Formula ini menerapkan cara menjawab dengan urutan: SIDE atau mengambil posisi, EXPLANATION atau penjelasan dan argumen mengapa mengapa memilih posisi tersebut, dilanjutkan dengan ALTERNATIVE yaitu memaparkan sisi yang berseberangan dengan posisi kita. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas formula yang berbeda.

Adanya berbagai formula dalam menjawab speaking tes TOEFL hanya merupakan saran atau rekomendasi. Kamu tetap bisa menggunakan alternatif lain atau menyesuaikannya dengan karakter kamu saat berbicara.

Cari tahu mana yang paling sesuai dengan kamu dan gunakan hal tersebut sebagai senjata untuk meraih skor gemilan dalam speaking tes TOEFL.

Mengenal Formula “MEEM”

Formula yang akan kita bicarakan dalam artikel kali ini diberi nama “MEEM”. Sama halnya seperti “SEA”, formula ini merupakan singkatan dari:

MAIN IDEA – EXAMPLES AND EXPLANATIONS – MAIN IDEA (AGAIN)

Dari rumusan formula di atas, terlihat bahwa ada dua kali penegasan ide utama (main idea) dalam “MEEM”. Polanya hampir mirip dengan konsep essay 5 paragraf. Bagian awal memuat ide utama, dilanjutkan dengan penjelasan dan contoh atas ide utama, dan ditutup kembali dengan ide utama di bagian akhir.

Namun lain halnya dengan essay 5 paragraf, “MEEM” tentu saja tidak memerlukan jawaban panjang dan lebar layaknya tulisan. Ingat, kamu hanya punya waktu 45 detik untuk berbicara dan menjawab soal Independent Speaking. Secara mudah, analogikan bahwa formula “MEEM” ini adalah versi lisan dari essay 5 paragraf.

Contoh Penerapan Formula “MEEM”

Tidak sah rasanya membahas sebuah formula tanpa menunjukkan bagaimana penerapannya dalam sebuah tes TOEFL. Berikut ini contoh yang bisa kamu simak:

Pertanyaan:

Do you agree or disagree with the following statement? Use details and examples to explain your argument.

It is very important for the government to fund the arts.”

Pertanyaan di atas memaparkan sebuah isu sosial tentang pendanaan bidang kesenian oleh pemerintah. Kamu diminta memberikan respon setuju atau tidak setuju akan pernyataan di atas. Jika mengacu pada formula “MEEM”, maka respon yang kamu berikan adalah:

  • MAIN IDEA: Meskipun pendanaan pemerintah terhadap sektor kesenian bukan hal yang buruk, namun hal tersebut tidak cukup krusial untuk dilakukan.
  • EXPLANATIONS AND EXAMPLES: Kesenian adalah sebuah hal yang sangat mudah dinikmati. Memiliki sektor kesenian yang didanai dengan baik oleh pemerintah tentu sangat baik, tapi bukan hal yang terlalu praktis. Hal pertama yang perlu diprioritaskan oleh pemerintah adalah menyediakan layanan publik, dan tugas berikutnya adalah membantu orang yang membutuhkan. Sektor kesenian ada setelah prioritas-prioritas tersebut. Contohnya, pemerintah tidak harus mendanai sektor kesenian jika masih belum bisa menjaga kualitas sekolah dan jalan raya, atau belum bisa menjangkau keluarga-keluarga dan membantu mereka keluar dari kemiskinan.
  • MAIN IDEA (RESTATED): Jadi atas dasar-dasar tersebut, menurut saya pendanaan sektor kesenian oleh pemerintah tidak harus dijadikan prioritas penting. Masih ada begitu banyak proyek pemerintah yang jauh lebih penting.

Terlihat bahwa ide utama bahwa mendanai sektor kesenian bukan prioritas utama diucapkan 2 kali, yaitu pada bagian pembuka (introduction) and diulang kembali saat penutup (conclusion). Di antara keduanya, disisipi argumen lengkap dengan contoh-contoh konkrit terkait hal itu. Jika dikemas dalam bentuk penuturan bahasa Inggris saat menjawab speaking tes TOEFL akan menjadi:

Although I don’t think government funding for the arts is bad, I also don’t think it’s as important as other government funds. Art is enjoyable, and having well-funded arts is wonderful, but not always practical. The first job of the government is to provide public services, and the second job of the government is to help people in need. Art comes after these priorities. For example, the government shouldn’t pay any money to the arts if it can’t maintain good roads and schools, or lacks the funding to help families out of poverty. So for these reasons, I think art funding should never be treated as an important priority. Too many other government projects are more important.”

Pemaparan di atas akan cukup diutarakan dalam waktu 45 detik. Ide utama atau pendapat kamu tentang sebuah isu bisa tersampaikan dengan baik, lengkap dengan argumen dan contohnya. Yang membedakan dengan formula “SEA” adalah tidak banyak disampaikan “alternative” atau dampak jika pilihan yang kontradiktif diterapkan.

Perlu Pengembangan

Tapi kembali lagi, kamu perlu ingat bahwa setiap formula dalam menjawab soal speaking tes TOEFL perlu disesuaikan dengan karakter kamu masing-masing. Bahkan bisa jadi kamu menjawab sebuah soal di hari H tes TOEFL secara impromptu, tanpa persiapan formula apapun sebelumnya. Tapi alangkah baiknya jika setidaknya kamu memiliki satu formula andalan, dan 2 formula cadangan sebagai acuan. Dengan cara ini, kamu akan segera tahu bagaimana harus merespon dengan efektif saat diberi pertanyaan saat tes Independent Speaking berlangsung.

Bagaimana cara agar kamu bisa tahu formula mana yang paling sesuai dengan karakter kamu? Teruslah berlatih. Terapkan modifikasi dari setiap formula. Jajal beragam soal yang memerlukan respon berbeda sehingga kamu tahu harus melakukan apa.

Semakin kamu mengasah dan berlatih menjawab, akan semakin terlihat formula serta strategi mana yang paling cocok dengan kamu. Ingat, kamu hanya punya waktu beberapa detik untuk memaparkan pendapat. Gunakan hal tersebut seefektif mungkin agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang gemilang.

Artikel Lainnya

Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Listening TOEFL: Asah Listening dan Pelafalan dengan “Minimal Pairs”
Speaking TOEFL: Latihan Soal Utarakan Pendapat
Speaking TOEFL: Formula “MEEM”
Speaking TOEFL: Formula Menjawab Speaking Task: “SEA”
Speaking TOEFL: Cara Pelafalan “W” dan “V” dan Tips “TLDNR”
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris

 

Tip TOEFL: Mengenal Prefixes (Imbuhan) OVER- dan BI-
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL
Contoh Soal Listening TOEFL: Informal Chit-chat
Writing TOEFL: Membuat Jawaban Writing yang Runtut dan Mengalir
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal