sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing

Satu jam terakhir dalam tes TOEFL adalah saatnya untuk mengerjakan soal writing tes TOEFL. Apa yang kamu tulis pada tahap ini akan dinilai oleh dua orang.

Masing-masing dari mereka akan memberi skor pada tulisan kamu dengan rentang 1 hingga 15. Jika keduanya memberi skor dengan jarak cukup jauh, maka akan ada orang ketiga yang juga menilai dan meninjau ulang essay yang telah kamu tulis. Baru kemudian skor akhir kamu akan dirumuskan.

Essay yang kemungkinan besar akan mendapat nilai tinggi adalah yang tersusun dengan rapi, mengusung argumen jelas, dan didukung dengan contoh-contoh seputar argumen tersebut. Seluruh informasi penting terumuskan dalam essay dan dituliskan secara runtut tanpa bertele-tele. Jadi kamu perlu menemukan poin utama yang jelas dan merumuskan data fakta pendukung yang bisa memperkuat argumen milikmu.

Berbeda dengan sesi speaking, penting untuk menjamin seluruh bagian dalam writing tidak mengandung kesalahan satupun.

Kenali Topik Writing

Dalam sesi writing, kamu akan mendapat pertanyaan seputar pendapat personal dan pertanyaan terintegrasi tentang sebuah bacaan atau teks akademik.

Pertama-tama mari kita bahas tentang independent task dalam sesi writing tes TOEFL. Tidak perlu memahami betul sebuah bidang karena pada sesi ini, hal yang akan ditanyakan berkisar tentang pemahaman pribadi atau pilihan akan dua hal berbeda.

Sebagian besar pertanyaan berkisar tentang pengalaman yang hampir pernah dialami semua orang. Berikut ini beberapa contoh topik dan pertanyaan independent task yang biasanya disebutkan dalam tes TOEFL:

  • In general, people are living longer now. Discuss the causes of this phenomenon. Use specific reasons and details to develop your essay.

Dalam pertanyaan di atas, kamu dipaparkan fakta bahwa orang-orang cenderung berusia lebih panjang saat ini. Lalu kamu diminta untuk menjelaskan penyebab munculnya fenomena ini. Jangan lupa, bagian akhir pertanyaan adalah hal kunci yang menjadi pedoman kamu dalam menjawab. Beri detil spesifik lengkap dengan contoh dalam jawaban kamu.

  • Neighbors are the people who live near us. In your opinion, what are the qualities of a good neighbor? Use specific details and examples in your answer.

Masih pertanyaan independent task, kamu diminta menjelaskan bagaimana seharusnya kualitas seorang tetangga yang hidup dalam lingkaran sosial.

  • Learning about the past has no value for those of us living in the present. Do you agree or disagree? Use specific reasons and examples to support your answer.

Dalam pertanyaan ini kamu dihadapkan pada dua pilihan, perlu atau tidaknya mempelajari tentang sejarah bagi orang yang hidup di masa kini. Jangan lupa paparkan alasan spesifik berikut contoh konkretnya.

  • Should governments spend more money on improving roads and highways, or should governments spend more money on improving public transportation like buses, trains, subways? Why? Use specific reasons and details to develop your essay.

Pertanyaan berikutnya berkisar tentang isu sosial yang hampir pasti dialami semua orang, yaitu transportasi dan infrastruktur. Pengalaman kamu saat menggunakan fasilitas publik diuji dalam pertanyaan ini, untuk memilih mana yang lebih penting dibenahi oleh pemerintah, antara jalan raya dan tol atau transportasi publik.

Integrated Task

Sementara pertanyaan dalam integrated task bisa berkisar pada konteks yang lebih luas, seperti seni, sejarah, antropologi, ekonomi, dan lainnya. Sama seperti sesi reading dalam tes TOEFL yang bisa mencantumkan topik apapun dalam narasi yang dijadikan soal, contoh pertanyaannya. Biasanya pertanyaan akan berkisar seperti ini:

  • Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they challenge specific claims/ arguments made in the reading passage.
  • Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they cast on doubt on specific points made in the reading passage.
  • Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they answer the problems raised in the reading passage.
  • Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they strengthen points made in the reading passage.
  • Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they support the explanations in the reading passage.

Bagian yang dicetak tebal adalah hal yang harus kamu perhatikan dan menjadi acuan dalam menjawab. Jangan sampai melebar dari yang ditanyakan.

Tips lain untuk menguasai sesi writing integrated task adalah memperkaya wawasan dengan mengisi waktu luang kamu dengan membaca apapun dari topik yang beragam. Tidak ada salahnya mengisi pengetahuan dengan hal yang di luar kebiasaan.

Jika suatu saat hal ini ditanyakan, kamu bisa memiliki amunisi yang lebih banyak sebagai bahan tulisan. Kamu akan punya 20 menit untuk merumuskan sekaligus menuliskan essay sepanjang 150 hingga 225 kata. Struktur dan konten adalah hal penting.

Jangan lupa memberi transisi antar poin sehingga mudah dipahami. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memahami inti dari materi yang tertulis dan diperdengarkan.

Banyak test-takers yang berusaha keras untuk memasukkan segala yang terlintas di pikiran mereka dalam essay yang ditulis. Memang sangat menggoda untuk membahas serta hal-hal yang beririsan dengan pertanyaan.

Tidak jarang bagian latar belakang dan pembukaan sangat panjang hingga terasa membosankan. Ingat, jangan bertele-tele. Sebuah essay idealnya berisi 200 hingga 400 kata. Semakin kamu paham bagaimana menyusun struktur yang rapi dalam essay kamu, akan semakin besar kemungkinan mendapat skor tinggi dari sesi writing.

Artikel Lainnya

Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Writing: 15 Latihan Soal Independent Essay dalam Writing
Writing TOEFL: Belajar Conditional Lewat Lagu Populer
Writing TOEFL: Membuat Jawaban Writing yang Runtut dan Mengalir
Writing TOEFL: Variasi Kalimat, Cara “Mempercantik” Essay Writing
Writing TOEFL: Etika Kutipan dan Parafrase
Writing TOEFL: Struktur Paralel Lanjutan dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar

 

Contoh Soal Listening TOEFL: Monolog Panjang
Speaking TOEFL: Sampaikan Pendapat dalam Speaking
Listening TOEFL: Masalah Psikologis yang Muncul saat Hadapi Tes Listening
Writing Tip: Menulis E-Mail Bahasa Inggris Secara Profesional
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis
Speaking TOEFL: Cara Menjawab dengan Cermat
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Speaking TOEFL: Cara Pelafalan “W” dan “V” dan Tips “TLDNR”
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)
Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!


 
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Biology Class
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression tentang Animals