sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bukan Urusanmu.. (How to Nicely Say Mind Your Own Business)

Siapa sih yang tidak merasa kesal ketika ada orang yang terlalu ikut campur dengan urusan pribadi kita? Tentu saja semua orang merasa tidak suka dan akan merasa risih ketika ada orang lain yang ikut campur dengan masalah kita terutama ketika itu menyangkut urusan pribadi. Ketika anda merasa tidak nyaman dengan orang yang seperti itu maka kami sarankan supaya anda langsung berbicara kepada mereka secara sopan bahwa anda tidak menyukai apa yang mereka lakukan. Mungkin ketika anda bereaksi seperti tidak suka atau tidak nyaman, akan ada orang yang langsung peka atau paham apa yang anda rasakan dan berhenti melakukannya bahkan meminta maaf. Namun ada juga orang yang tidak mudah melakukan seperti itu sehingga mereka harus ditegur terlebih dulu baru mereka tahu apa yang mereka lakukan itu salah.

Jika anda seringkali menemui orang seperti ini dan mungkin anda merasa tidak nyaman dengan apa yang mereka lakukan kepada anda maka kami menyarankan supaya mulai saat ini anda mencoba untuk mengatakan kepada mereka bahwa anda tidak menyukai apa yang mereka lakukan. Kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting dan menarik untuk anda yaitu how to nicely say mind your own business atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah bagaimana mengatakan kepada orang lain urus urusanmu sendiri. Simak lengkapnya di bawah ini

Tips to say mind your own business politely

Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi bahwa terkadang kita merasa tidak nyaman jika ada orang yang mencoba untuk mengurusi kehidupan pribadi kita. Mungkin jika mereka berkata dengan sopan maka tidak masalah, karena terkadang ada beberapa orang menjengkelkan yang terlalu memaksakan opini mereka kepada kita dan seringkali membuat kita menjadi tidak nyaman. Jika sudah ada orang yang keterlaluan, maka biasanya kita ingin sekali mengatakan urus urusanmu sendiri atau mind your own business! Namun jika anda ingin terlihat lebih sopan dan baik ketika menegur seseorang maka anda bisa mengganti kalimat mind your own business, dengan kaliamt lain yang beragam namun terdengar lebih sopan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kalimat supaya anda bisa mengatakan mind your own business dengan lebih sopan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

When someone wants to interfere in your business with other people (Ketika ada yang ingin mencampuri urusanmu dengan orang lain)

Jika anda tidak suka ketika urusan anda dicampuri dengan orang lain, maka anda harus mengatakan dengan jelas namun tetap sopan kepada mereka sehingga mereka tidak merasa sakit hati jika anda mengingatkan mereka baik-baik. Mungkin anda merasa tidak nyaman jika anda sedang membicarakan sesuatu dengan orang lain dan tiba-tiba saja ada orang yang menyela, tentu saja itu tidak akan membuat anda menjadi kurang nyaman.

Mungkin saja orang tersebut tiba-tiba saja masuk dan jadi ikut campur dengan masalah atau hal yang sedang anda bahas bersama orang yang bersangkutan. Tentu saja siapapun merasa jadi tidak nyaman bukan apabila mereka sedang membicarakan hal penting dengan orang lain kemudian ada orang lain yang ikut campur atau menyela. Jika sudah seperti itu dan mungkin anda dibuat sedikit emosi dengan mereka maka jangan sampai anda mengatakan kepada mereka mind your own business karena kalimat seperti itu sebenarnya kurang sopan. Anda bisa menggunakan kalimat berikut ini ketika ada orang yang mencoba mencampuri urusanmu dengan orang lain :

  • This is my private matter between (name) and myself. Would you excuse us please? (Ini adalah masalah pribadi (nama orang yang bersangkutan) dan saya. Maukah anda mengizinkan kami?)
  • Sorry but this is matter between my sister and I. Can you please not interfere? (Maaf tapi ini urusan antara adik saya dan saya. Bisakah anda tidak ikut campur?)

Example

Untuk memahami bagaimana penggunaannya, maka kali ini kami juga akan memberikan contoh dialog sehingga ketika ada orang yang mencoba mencampuri urusan anda dengan orang lain maka anda bisa menegurnya dengan sopan.

A : You should believe what I say yesterday, this is can hurt you (Anda harus percaya apa yang saya katakan kemarin, ini bisa menyakiti anda)

B : I don’t belive it because there is no proof (Saya tidak percaya karena tidak ada bukti)

C : She is right, why should she trust on you? (Dia benar, kenapa dia harus mempercayaimu?)

A : This is my private matter between B and myself. Would you ecxuse us please?  (Ini adalah masalah pribadi B dan saya. Maukah anda mengizinkan kami?)

C : Okay, I am sorry for interfere you guys (Baik, aku minta maaf jarena telah ikut campur urusan kalian)

When someone wants to meddle in your personal matters (Ketika ada yang ingin mencampuri masalah pribadimu)

Jika tadi mungkin ketika anda memiliki urusan dengan orang lain maka ada yang mencampuri maka mungkin anda bisa jadi kesal. Mungkin ada juga situasi dimana ada orang lain yang mencampuri urusan pribadi anda. Mungkin tidak masalah jika orang tersebut memberikan  motivasi atau mungkin memberikan nasehat kepada anda ketika anda sedang ada masalah. Namun bagaimana jika orang tersebut mungkin jadinya menggurui atau mungkin menjudge anda? Tentu saja itu membuat kita jadi tidak nyaman dan malah risih.

Jika mungkin ada situasi dimana anda bertemu dengan orang yang mengurusi masalah pribadi anda dan terasa seperti mereka ikut campur maka anda bisa menegur mereka supaya mereka tidak ikut campur. Namun tentu saja sebaiknya anda tidak mengatakan mind your own business karena itu terdengar kurang sopan. Kali in kami akan memberikan beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan ketika ada orang yang ingin mencampuri masalah pribadimu.

  • I appreciate your interest, but I prefer to handle my problems in my on way (Saya menghargai minat anda, tetapi saya lebih suka menanganinya dengan cara saya sendiri)
  • Thank you for your interest, but I prefer to solve my problems in my own way (Terima kasih atas minat anda, namun aku lebih suka untuk mengatasi permasalahanku dengan caraku sendiri)

Example

Untuk memahami bagaimana penggunaan kalimat Bahasa Inggris di atas untuk situasi yang sudah kami jelaskan, maka kali ini kami juga akan memberikan contoh dialog sehingga ketika ada orang yang mencoba mencampuri urusan pribadi anda maka anda bisa menegur mereka dengan sopan tanpa menyakiti mereka.

A : You should have listened to what your boyfriend said. You didn’t listen and just walked away (Seharusnya kamu mendengarkan apa yang dikatakan oleh pacarmu. Kau tidak mendengarkannya dan pergi begitu saja)

B : I just went away because there is a reason and you don’t need to know it (Aku pergi begitu saja kemarin karena sebuah alasan dan kamu tidak perlu tahu itu)

A : But have you thought about what I said this morning? (Tapi apakah kamu sudah memikirkan apa yang aku katakan tadi pagi?)

B : I appreciate your interest, but I prefer to handle my problems in my on way (Saya menghargai minat anda, tetapi saya lebih suka menanganinya dengan cara saya sendiri)

A : Okay, I am sorry (Baik, aku minta maaf)

When someone wants to help but you don’t want it (ketika seseorang ingin membantu namun anda tidak menginginkannya)

Biasanya ketika kita sedang mengalami sebuah masalah maka akan ada saat dimana kita merasa bahwa ada orang lain yang ingin mengurusi permasalahan kita. Dan jika sudah seperti itu maka kita akan merasa tidak nyaman dan bahkan ada beberapa orang jika seperti itu akan merasa emosi, dan ingin mengatakan kepada orang tersebut mind your own business atau pikir-pikiranmu sendiri. Apakah anda pernah mengalami situasi dimana ada orang yang ingin membantu anda? Mungkin jika mereka membantu dalam artian benar-benar membantu dengan niat baik tidak masalah. Namun terkadang ada beberapa orang yang mereka berkata ingin membantu namun justru akan mencampuri permasalahan yang kita alami dan terkadang membuat kita jadi risih juga.

Jika anda memang mengalami situasi yang seperti ini maka kami menyarankan supaya anda jangan langsung emosi terlebih dulu. Mungkin anda bisa saja emosi karena anda berpikir bahwa mereka tidak lebih ke arah membantu namun malah memperburuk permasalahan anda. Jangan langsung mengatakan kepada mereka mind your own business, karena dengan mengatakan seperti itu maka bisa membuat anda menjadi orang yang sedikit kasar. Ketika ada orang lain yang mungkin mengatakan mereka ingin membantu anda namun anda menjadi tidak nyaman maka anda bisa mengatakan seperti ini dalam Bahasa Inggris:

  • I am very grateful if you want to help me, but I feel that I can solve this problem myself in my own way (Aku sangat bertrima kasih jika anda ingin membantu saya, namun saya merasa bahwa saya bisa menyelesaikan permasalahan ini sendiri dengan cara saya sendiri)
  • I appreciate your interest, but I want to solve my own problem because I made a mistake so I also have to be responsible (Saya menghargai ketertarikan anda, namun saya ingin menyelesaikan sendiri masalah saya karena saya yang melakukan kesalahan sehingga saya juga yang harus bertanggung jawab)

Example

Mungkin apabila anda berada dalam situasi yang sudah kami jelaskan di atas, dan anda merasa ingin mengatakan kepada orang lain tersebut bahwa anda tidak ingin mereka mencampuri urusan anda sendiri. Supaya anda bisa menjawab dengan bijaksana dan sopan, maka berikut adalah beberapa contoh dialog yang bisa anda terapkan di kehidupan sehari-hari :

A : Why do you do that? You should have done what I said Yesterday (Kenapa anda melakukan itu? Harusnya anda melakukan apa yang saya katakan kemarin)

B : This is my problem, let me take it over by myself (Ini permasaslahanku, biarkan aku sendiri yang mengatasinya)

A : Do I have to help you fix this? (Apakah aku harus membantumu memperbaiki ini?)

B : I appreciate your interest, but I want to solve my own problem because I made a mistake so I also have to be responsible (Saya menghargai ketertarikan anda, namun saya ingin menyelesaikan sendiri masalah saya karena saya yang melakukan kesalahan sehingga saya juga yang harus bertanggung jawab)

A : Okay, sorry if I inconvenienced you (Oke, maaf jika aku tidak membuatmu nyaman)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda sehingga anda bisa menanggapi orang lain yang ingin mencampuri urusan pribadi anda. how to nicely say mind your own business? Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda!

 

Berbicara “Buruk” dengan Sopan (How to Say Crap Politely)
Miskin ya? (Polite Ways Saying ‘Poor’)
Menolak Tawaran Kerja (How to Say No Politely to A Job Offer)
Cara Mengatakan Pakai Pakaian Bagus Ya… (How to Say Please Dress Nicely On An Invitation)
Cara Mengatakan Kamu Jelek (How to Say Ugly Politely)
Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)
Cara Lain Mengatakan Sibuk Dengan Sopan (How To Say Busy Politely In English)
Cara Mengutarakan Pikiran dalam Bahasa Inggris
Cara Mengatakan Tidak Melayani Sumbangan (How to Politely Say No to Donations)
Menyuruh Orang Pergi (Another Way to Say Go Out)