sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris

How To Speak English Fluently

Mempelajari keterampilan baru adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan kualitas diri. Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris adalah contoh pengembangan diri yang banyak diminati. Selain untuk keperluan akademik atau pekerjaan, mempelajari bahasa Inggris bisa dibilang merupakan suatu keharusan di era globalisasi dan digitalisasi saat ini.

Namun masalah yang sering muncul terutama di negara yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris seperti di Indonesia ini, belajar bahasa Inggris dapat menjadi sesuatu yang sulit. Banyak orang merasa takut mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Padahal latihan yang rutin adalah kunci utama agar seseorang dapat menjadi mahir dalam belajar bahasa.

ENGLISH FLUENCY (KEMAHIRAN BERBAHASA INGGRIS)

Sebelum belajar bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan lancar, terlebih dahulu kita harus tahu apa yang dimaksud dengan kemahiran berbahasa Inggris. English fluency atau kemahiran berbahasa Inggris adalah kemampuan untuk berbicara, menulis,membaca, dan mendengar bahasa Inggris dengan mudah dan akurat.

Ada seseorang yang jika dilihat secara sekilas tampak mampu menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Tapi jika dilihat secara rinci kemampuannya, sebenarnya ia kurang mahir dalam berbicara secara lisan. Ini tentu belum dapat dikatakan mahir. Salah satu indikator seseorang dikatakan mahir berbahasa Inggris apabila katakanlah, seorang English native speaker atau orang asli yang berbahasa Inggris, dapat memahami dengan baik apa yang seseorang ingin ekspresikan, meskipun belum secara sempurna.

Lalu bagaimana sebenarnya cara tepat agar kita mahir berbahasa Inggris tidak hanya secara tulisan tapi juga lisan? Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berpikir realistis

Kenali lagi apa tujuan kita berbahasa Inggris. Jangan berekspektasi bahwa bahasa Inggris kita akan langsung sebaik orang asli yang tumbuh dewasa dengan bahasa Inggris. Proses belajar yang baik butuh waktu yang tentu tidak singkat.

  • Latihan berbicara

Mempelajari sebuah bahasa tidak hanya tentang mendengar dan membaca. Tetapi cara terbaik belajar bahasa Inggris adalah dengan berbicara langsung.

  • Belajar dengan seorang teman yang berbahasa Inggris

Lalu latihan bercakap-cakap bersamanya. Itu akan membantu kita untuk juga berpikir dalam bahasa Inggris.

  • Jangan takut salah

Kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Ia mampu membuat kita tahu bagian mana yang harus kita tingkatkan untuk menjadi lebih baik.

  • Gunakan kalimat sederhana dulu

Kita harus memulai dari yang paling awal. Jangan repot-repot belajar bagian yang rumit jika kita belum menguasai dasarnya terlebih dulu.

  • Tingkatkan kemampuan pengucapan

Cara kita mengucapkan kata tertentu bisa jadi adalah alasan kemampuan berbahasa Inggris kita kurang baik. Jadi, pelajarilah bagaimana mengucapkan beberapa kosa kata sulit dengan benar.

  • Cobalah mengucapkan sesuatu dengan lebih panjang

Jangan memberikan jawaban satu kata saja, seperti ‘yes’ atau ‘no’. Cobalah katakan sesuatu yang lebih untuk membangun kepercayaan diri.

  • Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Cara ini mungkin sangat umum dan bosan kita dengar. Tetapi betul, mendengarkan musik berbahasa Inggris dapat membantu kita dalam mengucapkan kata atau kalimat tertentu. Bonusnya, musik dikenal dapat membuat ingatan kita lebih kuat. Coba juga ikut menyanyikan liriknya sambil mendengarkan musik.

  • Kelilingi diri dengan bahasa Inggris

Masukkan lebih banyak bahasa Inggris ke kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari membaca artikel BBC di ponsel, mendengarkan radio dalam bahasa Inggris, menulis pesan untuk teman yang berbahasa Inggris, hingga melatih grammar dengan aplikasi ponsel di waktu senggang.

  • Berhentilah berpikir bahwa bahasa Inggris ‘hanya’ sebuah mata pelajaran

Cobalah berpikir bahwa bahasa Inggris adalah sebuah gaya hidup. Sudut pandang yang lebih luas ini akan membuat proses belajar semakin menarik.

  • Baca buku dengan keras

Membaca keras-keras akan meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan cara bicara kita dalam situasi yang berbeda-beda. Membaca juga dapat memperkaya kosa kata.

  • Berpikir dalam bahasa Inggris

Saat kita mulai sengaja memandang sesuatu dalam bahasa Inggris, kemampuan berbicara akan secara otomatis meningkat.

  • Latihan parafrase

Menguraikan bahasa Inggris yang kita dengar dengan kata-kata sendiri (yang juga dalam bahasa Inggris) dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Ini juga sekaligus melatih kemampuan mendengar.

  • Menonton film kartun anak-anak

Dialog-dialognya lebih mudah dicerna, begitu pula dengan pilihan kata yang lebih sederhana. Belajarlah mendengarkan dengan lebih seksama ketika menonton.

  • Ganti bahasa di komputer atau ponsel

Ini juga salah satu cara meningkatkan paparan bahasa Inggris ke kehidupan sehari-hari. Dengannya kita akan terbiasa menerjemahkan sesuatu dalam bahasa Inggris.

  • Buatlah proses belajar bahasa Inggris lebih menarik

Bisa dengan bermain game kecil seperti Scrabble atau dengan menonton video pendek berbahasa Inggris di Youtube tentang topik yang kita sukai.

  • Latihan berbicara di depan kaca

Selain melatih kemampuan berbicara, berbicara di depan kaca juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan kita berbicara di muka umum.

  • Kuasai beberapa frasa dan idiom

Mengetahui frasa dan idiom tertentu yang sering digunakan oleh orang asli  dapat memperkaya bahasa. Kita dapat mengekspresikan diri dengan kalimat yang lebih bervariasi.

  • Menulis

Mulailah dengan menulis tentang topik yang kita sukai atau hal baru yang kita pelajari. Menulis dalam bahasa Inggris dapat memberi kita gambaran tentang bagaimana jika kita sedang berbicara tentang hal tersebut.

  • Jangan terburu-buru

Jika kita belum menguasai beberapa kata, cobalah untuk berbicara dengan lebih perlahan hingga kita mampu berbicara dengan lebih cepat dan nyaman.

  • Sisihkan waktu untuk belajar

Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai prioritas. Setiap waktu yang kita habiskan untuk belajar adalah sebuah investasi untuk kemahiran kita. Tidak perlu langsung belajar dalam-dalam, cukup belajar sedikit demi sedikit. Sesungguhnya langkah-langkah kecil tetapi rutin lebih baik daripada belajar sekaligus tetapi sesekali.

  • Ceritakan kembali sebuah kisah

Jika kita memiliki sebuah cerita dalam bahasa Indonesia, cobalah untuk menceritakannya kembali dalam bahasa Inggris dan perhatikan bagaimana kesulitannya. Dari sana kita mengetahui apa yang bisa kita tingkatkan.

  • Belajar mengatakan sesuatu dengan cara kita sendiri

Dengan belajar mengungkapkan kembali seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita dapat menghindari penggunaan kalimat yang diulang-ulang.

  • Bersiaplah untuk situasi tertentu

Pelajarilah bahasa Inggris untuk keadaan-keadaan tertentu misalnya ketika memesan di kafe, ketika pergi menonton sepak bola, dan lain-lain.

  • Mengertilah bahwa selalu ada ruang untuk perkembangan

Ini berarti belajar bahasa Inggris harus menjadi komitmen jangka panjang, bahkan setelah kursus berakhir. Akan selalu ada hal baru dalam bahasa Inggris untuk dipelajari di masa depan.

 

Restaurant Conversation: Percakapan di Restoran tentang Enak/Tidaknya Makanan
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Cara Berbicara kepada Dokter dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Strategi Speaking TOEFL, Jurus 100 Kata
English Idiom: Idiom di Tempat Kerja
Speaking TOEFL: Make it Simple, Jawab dengan Sederhana
Contoh Percakapan Membicarakan Website dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Sampaikan Pendapat dalam Speaking