sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Bicara Bahasa Inggris Seperti Orang Inggris Asli

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai saat ini ketika lapangan pekerjaan dan kesempatan berpendidikan di institusi internasional sudah terbuka lebar. Oleh karena itu, pelajaran bahasa Inggris saat ini diimplementasikan dalam sejumlah institusi pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, pembelajaran bahasa Inggris baik di intitusi pendidikan formal maupun informal biasanya hanya mengajarkan aturan bahasa Inggris secara kaku yang sangat formal.

Tentu saja ketika menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak ingin terdengar kaku seperti sedang membaca buku tulis pelajaran bahasa Inggris. Kalimat-kalimat dan ucapan formal yang Anda dapatkan ketika sekolah mungkin akan sangat berbeda penggunaannya di dunia nyata ketika digunakan oleh orang Inggris asli. Berusaha untuk dapat berbicara bahasa Inggris seperti orang Inggris asli adalah tujuan yang sangat sulit untuk dicapai. Akan tetapi, terdapat sejumlah cara agar Anda dapat terdengar sedikit lebih seperti orang Inggris asli dan tidak terdengar kaku seperti robot ketika menggunakan bahasa Inggris.

  • Perbanyak Mendengar

Berbicara bahasa Inggris dengan lebih lancar sebenarnya dimulai dengan memperbaiki keahlian mendengar Anda. Mulailah mendengar berbagai macam aksen dan para pembicara yang berbeda-beda sehingga Anda dapat mengikuti pola bicara mereka dan terdengar lebih lancar ketika berbicara sendirinya.

Anda bisa mulai mendengar penggunaan bahasa Inggris lebih banyak melalui menonton film atau radio yang menggunakan bahasa Inggris. Melalui kedua hal tersebut, Anda bisa mendapatkan kosakata-kosakata baru dan juga semakin nyaman dengan intonasi orang Inggris asli. Selain film dan radio, Anda juga bisa mendengarkan audiobook yang dapat membantu Anda semakin mengerti dan memperbanyak kosakata bahasa Inggris juga karena Anda bisa memeriksa buku aslinya jika ada beberapa kata yang kurang jelas.

Jika Anda sudah terbiasa mendengar kalimat bahasa Inggris diucapkan oleh orang Inggris asli, maka sudah hampir pasti Anda akan terbawa oleh cara bicara mereka. Sehingga ketika Anda mencoba untuk berbicara sendiri dengan menggunakan bahasa Inggris, suara Anda pasti akan terdengar lebih luwes dan serupa dengan cara pelafalan orang Inggris asli.

  • Gunakan Idiom

Dengan mendengarkan orang Inggris asli berbicara, Anda pasti akan mendapatkan banyak kalimat-kalimat baru yang lucu yang biasanya dikenal sebagai idiom. Idiom biasanya tidak akan dapat dimengerti jika diterjemahkan secara literal, namun biasanya sering digunakan secara kasual dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Kalimat-kalimat yang unik seperti in the blink of an eye (secara literal artinya ‘dalam sekejap mata’ atau bisa juga diartikan ‘sangat cepat’) atau it’s a piece of cake (secara literal artinya ‘ini sepotong kue’ namun arti sesungguhnya adalah ‘ini mudah’) dapat menambah tingkat bahasa Inggris Anda dan membuat Anda terdengar lebih seperti orang Inggris asli yang sudah menggunakan bahasa Inggris sejak kecil.

Untuk mengetahui banyak idiom bahasa Inggris yang sering digunakan oleh orang Inggris asli, Anda harus memperbanyak mendengar atau bercakap dengan mereka. Karena pada umumnya, idiom yang sering digunakan pasti akan muncul dalam pembicaraan sehari-hari. Ingat juga bahwa idiom tidak hanya bisa digunakan dalam situasi informal seperti percakapan sehari-hari bersama teman, namun idiom juga bisa digunakan dalam situasi yang lebih formal.

  • Perbanyak Mengetahui Bahasa Gaul Inggris

Serupa seperti idiom, bahasa gaul atau slang bahasa Inggris biasanya sering digunakan oleh para orang Inggris asli, bahkan seringkali tanpa disadari. Anda akan mengetahui bahwa bahasa gaul dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan di tiap daerahnya, oleh karena itu menggunakan beberapa kosakata tertentu seperti orang lokal adalah kunci dari terdengar lebih seperti orang Inggris asli. Sebagai contohnya, orang Inggris dari Britania Raya biasanya menggunakan kata knackered sedangkan orang Amerika akan menggunakan kata tuckered out, kedua bahasa gaul tersebut memiliki arti yang sama yaitu lelah. Jangan lupa juga bahwa bahasa gaul Inggris pada umumnya dianggap tidak formal. Oleh karena itu, berhati-hati lah agar tidak menggunakannya dalam situasi yang formal.

Bahasa gaul atau slang bahasa Inggris juga pada umumnya akan selalu berubah penggunaannya. Dalam arti, mungkin saat ini kata YOLO / You Only Live Once (Anda hanya hidup sekali) sedang sangat sering digunakan oleh anak muda Inggris. Akan tetapi, mungkin dalam setahun ke depan, kata ini sudah menjadi usang dan tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, Anda harus terus terhubung dengan anak-anak muda Inggris untuk mengetahui isi pembicaraan mereka seperti apa saat ini.

  • Perbaiki Kecepatan dan Kejelasan Bicara

Jika Anda berusaha untuk terdengar lebih seperti orang Inggris asli, bukan hanya isi dari apa yang Anda katakan yang penting, namun juga bagaimana Anda mengucapkannya. Memperbaiki kecepatan bicara dan kejelasan ucapan Anda akan sangat membantu kemampuan Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dan membuat orang Inggris asli lebih mudah mengerti ucapan Anda juga.

Membaca tulisan bahasa Inggris dengan suara yang keras juga dapat menjadi latihan yang penting untuk melatih kejelasan ucapan Anda. Jika Anda sudah sering menghabiskan waktu mendengarkan orang Inggris asli berbicara, selanjutnya Anda juga bisa coba mengikuti cara mereka berbicara. Coba untuk membiarkan suara dan intonasi Anda naik turun secara natural ketika mengucapkan bahasa Inggris seperti orang Inggris asli.

  • Berbicara Dengan Orang Inggris Asli

Ini adalah bagian yang paling penting agar Anda dapat terdengar lebih seperti orang Inggris asli. Entah ketika Anda sedang berada di bandara atau dalam sebuah kelas online bersama orang Inggris asli, hanya dengan memiliki percakapan bersama orang Inggris asli akan dengat cepat dan mudah memperbaiki cara bicara Anda dalam bahasa Inggris. Banyak orang yang masih mempelajari bahasa Inggris merasa gugup untuk berbicara pada awalnya, namun semakin sering Anda melakukannya, maka Anda akan semakin percaya diri.

  • Mulai Dari Ketertarikan dan Aksen

Terdapat tiga hal penting yang harus Anda ingat dalam mempelajari bahasa Inggris tingkat lanjut untuk terdengar lebih seperti orang Inggris asli: Motivasi, Pengulangan, dan Terpapar. Motivasi di sini membicarakan bahwa Anda harus memiliki motivasi untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu untuk bisa mencapai tujuan awalnya. Lalu pengulangan adalah pentingnya untuk selalu menggunakan bahasa Inggris kapanpun Anda bisa agar lidah dan otak Anda terlatih dalam menggunakan bahasa asing satu ini. Kemudian terpapar artinya Anda harus sering terpapar oleh penggunaan bahasa Inggris yang dilakukan oleh para orang Inggris asli, entah itu dari film, musik, atau dunia nyata.

Ingat lah kalimat-kalimat dan perkataan yang digunakan oleh orang Inggris asli dengan mengulang dan menggunakan lagi perkataan tersebut dalam kehidupan sehari-hari sebisa mungkin. Lalu usahakan untuk memiliki koneksi dengan orang asing. Banyak berbicara dengan mereka akan membuat Anda lebih luwes dan terbiasa dengan diksi, intonasi, dan yang paling penting budaya serta tradisi mereka.

  • Mengingat Kosakata Baru

Mengingat kosakata yang sempat Anda tangkap digunakan oleh orang Inggris asli juga akan sangat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris dengan mudah. Terdapat tiga cara mudah untuk mengingat kosakata baru. Pertama, ingat konteks penggunaan kosakata tersebut dalam sebuah kalimat. Kedua, ingat bentuk kalimatnya. Ketiga, gunakan kembali kosakata atau kalimat tersebut dalam konteks yang baru.

Anda dapat mengingat kosakata, frasa, dan kalimat jauh lebih mudah dengan mengingat konteksnya. Otak manusia memiliki dua jenis memori pengingat, memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Ingat idiom dan bahasa kekinian yang digunakan oleh orang Inggris asli dalam memori jangka panjang dengan melatihnya secara konsisten. Anda bisa berbicara seperti orang asing ketika aksen mereka bisa Anda imitasi melalui observasi. Mempelajari bahasa melalui konteks adalah salah satu cara yang terbaik dan termudah.

  • Pergunakan Teknologi Sebaik Mungkin

Manfaatkan teknologi yang ada di dalam ponsel pintar Anda untuk merekam aksen, kalimat, dan perkataan yang Anda ucapkan dalam bahasa Inggris. Putar terus rekaman tersebut dan perbaiki dengan membandingkannya dengan rekaman orang Inggris asli yang berbicara. Anda juga bisa menonton video yang dibuat oleh pengajar bahasa Inggris asli. Selain itu, Anda juga bisa menonton film-film Inggris serta mendengarkan lagu-lagu Inggris. Ritme, musik, lirik, kalimat, dan nada yang ada di dalam lagi dapat sangat menolong Anda dalam mendapatkan aksen serta gaya interaksi orang Inggris asli.

  • Latihan Ben Franklin

Salah satu hal yang paling penting untuk terdengar seperti orang Inggris asli adalah dengan lebih banyak mendengar mereka berbicara dan menangkap perbedaan aksen dan pelafalannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba menggunakan latihan Ben Franklin. Caranya mudah, latihan ini hanya memerlukan Anda untuk menuliskan semua yang bisa Anda tulis mengenai apa yang Anda dengar: entah Anda mendengar kata-kata yang disambung atau mungkin jika Anda mendengar suatu kata yang disingkat.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah suatu kalimat yang bisa Anda gunakan untuk berlatih:

A lot of people ask me if it’s possible to sound like a native speaker (Banyak orang yang bertanya kepada saya apakah mungkin untuk terdengar seperti orang Inggris asli)

Dari satu kalimat di atas, jika Anda mendengar orang Inggris asli yang mengucapkannya, maka Anda akan menyadari terdapat beberapa bagian yang pelafalannya difokuskan atau bahkan dihilangkan ketika diucapkan. Pada bagian “A lot of people ask me”, Anda mungkin akan mendengar bahwa yang paling terdengar pelafalannya hanya pada bagian “lot” dan “people ask me”. Kemudian pada bagian “If it’s possible to sound” yang paling terdengar hanya bagian “If”, “possible” dan “sound”, sedangkan bagian lainnya terdengar hanya terucapkan sepintas dan tidak terlalu terdengar jelas atas mungkin terdengar disingkat.  Lalu pada bagian terakhir, “like a native speaker”, pada umumnya akan terdengar bahwa “like a” dilafalkan secara tersambung.

Seperti itulah kira-kira catatan yang akan Anda buat ketika menggunakan latihan Ben Franklin ini. Jangan lupa bahwa Anda harus menggunakan rekaman atau suara orang Inggris asli untuk berlatih karena Anda harus menangkap bagaimana cara mereka berbicara dan menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Setelah Anda telah membuat catatan hal-hal yang diucapkan oleh orang Inggris asli secara berbeda dibanding orang yang masih mempalajari bahasa Inggris, Anda selanjutnya dapat melihat catatan tersebut untuk mengikuti intonasi, aksen, dan pacuan untuk berbicara bahasa Inggris.

  • Latihan Imitasi

Selain menggunakan latihan Ben Franklin, terdapat satu lagi latihan yang dapat membantu Anda dalam berbicara bahasa Inggris seperti orang Inggris asli, yaitu dengan melakukan latihan imitasi. Latihan yang satu ini lebih sederhana dibandingkan dengan latihan yang sebelumnya karena Anda tidak perlu berfokus pada kalimatnya, tidak perlu mencatat, dan tidak perlu menganalisis terlalu dalam dalam pelafalan kalimat oleh orang Inggris asli.

Dalam latihan imitasi, Anda hanya perlu mendengarkan dengan seksama. Untuk melakukan latihan ini, Anda hanya perlu terus mengulang mendengarkan suatu kalimat sebanyak tiga kali sehingga Anda mulai berpikir dan menangkap perbedaan intonasi dan nada dalam pelafalan kalimatnya, bukan dilihat secara satu per satu kosakata yang ada. Ulang terus kalimat yang Anda dengar hingga pada akhirnya Anda sudah bisa menangkap bagian-bagian yang terdengar berbeda dan harus diperhatikan.

Setelah Anda sudah mengulang rekaman atau suaranya berulang kali, Anda bisa mulai mencoba untuk melafalkannya sendiri. Tanpa Anda sadari, cara Anda mengucapkan kalimat tersebut pasti akan terdengar sama seperti cara orang Inggris asli yang ada di rekaman sebelumnya mengucapkannya. Hal ini dikarenakan otak Anda sudah terbiasa dengan cara pelafalan yang sama seperti di rekaman karena diulang terus menerus. Tidak jauh berbeda dengan ketika Anda mendengarkan suatu lagu terus menerus tanpa henti sehingga Anda bisa mengetahui perubahan intonasi, nada, dan lirik yang ada di dalam lagu itu lambat laun.

Itulah dia sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar terdengar seperti orang Inggris asli ketika menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan apapun. Tentu saja, Anda tidak ingin terdengar seperti robot atau bahkan salah melafalkan kata yang seharusnya diucapkan dalam cara tertentu. Namun semua ini hanya bisa dicapai jika Anda terus berlatih, baik dengan berbicara sendiri maupun bercakap dengan orang Inggris asli. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris.

 

Cara Berbicara kepada Dokter dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris
Komunikasi: Cara Meminta Seseorang Untuk Mengulangi Omongannya
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Berbagai Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Cara Menghafal Vocabulary (Kosakata) Bahasa Inggris
Cara Bercerita tentang Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Cara-cara Mengatakan “Saya Mau Tidur”
Cara Meminta Kejelasan Suatu Peristiwa / Memberikan Klarifikasi dalam Bahasa Inggris
Cara Menunjukkan Harapan dan Penyesalan