sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Lain Mengatakan Sibuk Dengan Sopan (How To Say Busy Politely In English)

Pasti ada saat dimana kita harus menyelesaikan atau melakukan banyak hal dalam waktu yang terbatas sehingga membuat kita sendiri bingung harus mulai menyelesaikannya dari mana. Kesibukan yang berlebihan tentu membuat kita kelimpungan bahkan stres.

Belum lagi jika ada teman, kolega atau klien yang tiba-tiba meminta bantuan atau meminta kita untuk melakukan sesuatu untuknya. Jika kita hanya menggunakan kata sibuk sebagai jawaban, tentu akan membuat kita terlihat tidak profesional dan bisa menyinggung bahkan merusak hubungan dengan orang tersebut. Hal tersebut juga berlaku dalam penggunaan bahasa Inggris.

Penggunaan kalimat “saya sibuk” atau “I’m busy” sebagai jawaban dianggap tidak sopan dan kasar. Oleh karena itu penggunaan kata sibuk perlu untuk dihindari. Berikut beberapa alternatif untuk menyampaikan bahwa anda sibuk dengan sopan dalam bahasa Inggris.

  1. I’ve got a lot to do (Ada banyak hal yang harus saya kerjakan)

Kalimat ini merupakan kalimat yang paling sering digunakan untuk menunjukkan bahwa saya sibuk. Kalimat ini bisa digunakan dalam situasi formal dan non-formal. Berikut contoh kalimatnya.

    • I’m sorry. I can’t help you now. I’ve got a lot to do. (Saya minta maaf. Saya tidak bisa membantu anda sekarang. Ada banyak hal yang harus saya kerjakan.)
    • I’m sorry but I can’t accept your offer because I’ve got a lot of things that I need to do this week. (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa menerima tawaran anda karena ada banyak hal yang harus saya kerjakan minggu ini.)
  1. There is a lot going on (Ada banyak hal yang terjadi.)

Ini adalah cara tersirat untuk menyampaikan bahwa anda sedang sibuk dan keadaan anda sedang tidak memungkinkan untuk menerima atau melakukan hal lain. Jika ada orang yang mengatakan kalimat ini kepada anda, jangan menanyakan kembali apakah orang itu bersedia memenuhi permintaan anda atau tidak. Berikut contoh kalimatnya.

I can’t commit to anything right now, there is a lot going on in my office now. (Saya tidak bisa berkomitmen dengan apa pun saat ini, ada banyak hal yang terjadi di kantor saya sekarang.)

  1. My agenda is full (Agenda saya penuh)

Maksud dari kalimat ini adalah anda sudah tidak memiliki waktu luang lagi di jadwal anda. Dengan menggunakan kata tersebut anda menyampaikan bahwa anda tidak bisa menerima tawaran yang diberikan sekaligus memberitahukan alasannya. Berikut contoh kalimatnya.

I’m sorry but my agenda is full this week. (Saya minta maaf tetapi agenda saya penuh minggu ini.)

  1. My schedule is completely booked (Jadwal saya sudah penuh)

Maksud dari kalimat ini sama seperti kalimat pada poin ke 3 tetapi kalimat ini memberikan kesan yang sedikit lebih formal. Berikut contoh kalimatnya.

I’m sorry. I can’t accept your request now. My schedule is completely booked. (Saya minta maaf. Saya tidak bisa menerima permintaan anda sekarang. Jadwal saya sudah penuh.)

  1. Buried with work (Terkubur dalam pekerjaan)

Kalimat ini lebih sesuai digunakan saat anda sedang sangat sibuk. Maksud dari kalimat ini bukan berarti anda terkubur secara harfiah tetapi maksud dari kalimat ini adalah anda tidak bisa bergerak bebas karena terlalu banyak pekerjaan. Penggunaan kalimat ini lebih sesuai untuk hubungan non-semi formal, seperti kepada keluarga, teman atau kolega. Berikut contoh kalimatnya.

Sorry, I can’t go. Maybe I’ll go with you next time. I’m buried with work now. (Maaf, saya tidak bisa pergi. Mungkin saya akan pergi denganmu lain kali. Saya terkubur dalam pekerjaan sekarang.)

  1. I’m swamped (Saya dibanjiri; Saya sangat sibuk)

Sama seperti kalimat pada poin ke 5, jangan mengambil makna kalimat ini secara harfiah. Penggunaan kalimat ini menandakan bahwa anda sangat sibuk. Penggunaan kalimat ini lebih sesuai untuk hubungan non-semi formal tergantung dari susunan kalimatnya. Berikut contoh kalimatnya.

I’m sorry but I can’t help you now. I’m swamped now. (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa membantu anda sekarang. Saya sangat sibuk sekarang.) — Informal.

I’m sorry but I can’t accept your request now. We have been swamped since we opened our new store. (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa menerima permintaan anda. Kami sangat sibuk sejak kami membuka toko baru kami.) — semi-formal

  1. Tied up (Saya tertambat/tertahan/”sibuk”)

Kata ini merupakan salah satu kata yang umum digunakan. Maksud dari kata tersebut bukan berarti bahwa anda benar-benar terikat tetapi anda tidak bisa meninggalkan suatu hal atau hal tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama daripada yang anda bayangkan.

    • I was tied up in meetings all day. (Saya tertambat dalam rapat sepanjang hari.)
    • I’m sorry but I am really tied up on 10-15 July. (Saya minta maaf tetapi saya benar-benar “sibuk” pada tanggal 10-15 Juli.)
  1. Occupied (Sibuk)

Kata ini merupakan salah satu alternatif dari kata sibuk yang juga umum digunakan . Kata ini bisa digunakan baik pada situasi formal maupun non-formal. Berikut contoh kalimatnya.

    • I will be occupied this week. (Saya akan sibuk minggu ini.)
    • I’m sorry. I can’t accept your offer now. I’ve been occupied with another      project now. (Saya minta maaf. Saya tidak bisa menerima tawaran anda       sekarang. Saya sedang sibuk dengan proyek lain saat ini.)
  1. I’ve got a lot on the go (Saya punya banyak hal yang sedang berjalan)

Maksud dari kalimat ini adalah anda memiliki banyak hal yang masih dalam proses pengerjaan sehingga anda masih harus menyelesaikannya. Kalimat ini bersifat lebih non-formal sehingga lebih sesuai untuk disampaikan kepada saudara, teman atau kolega yang dekat dengan anda. Berikut contoh kalimatnya.

I would like to help you but I still got a lot on the go right now. (Saya ingin membantu anda tetapi saya masih punya banyak hal yang sedang berjalan sekarang.)

  1. I have e prior commitment (Saya punya komitmen/janji sebelumnya)

Kalimat ini bisa anda gunakan saat anda sudah memiliki komitmen/janji sebelumnya sehingga tidak memungkinkan bagi anda untuk menerima hal lain. Berikut contoh kalimatnya.

I’m sorry but I have a prior commitment on 4-6 April. (Saya minta maaf tetapi saya sudah ada janji sebelumnya pada tanggal 4-6   April.)

  1. My plate is full / I’ve got a lot on my plate

Maksud dari kalimat ini bukan tentang makan tetapi kalimat ini merupakan kalimat yang menandakan bahwa terlalu banyak hal yang harus anda lakukan sehingga anda tidak bisa menambah atau menerima hal lain lagi. Kalimat ini bisa digunakan dalam berbagai situasi, baik formal maupun non-formal. Berikut contoh kalimatnya.

    • I’m sorry but I won’t be able to accept this project because my plate is full. (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa menerima proyek ini karena sudah   terlalu banyak hal yang harus saya lakukan.)
    • I feel bad about this but I won’t be able to accept this project. I have got a lot on my plate right now and I can’t make it happen. (Saya merasa tidak enak tentang ini tetapi saya tidak bisa menerima proyek ini. Terlalu banyak hal yang harus saya lakukan saat ini dan saya tidak dapat      mewujudkannya.)
  1. I’m up on my ear

Sama seperti kalimat “my plate is full”, kalimat ini merupakan kalimat deskriptif yang menandakan bahwa anda sangat sibuk sampai anda hampir tidak bisa menyelesaikan pekerjaan anda tersebut. Berikut contoh kalimatnya.

This month has been hectic at my office, we’re up to our ears in some projects. (Bulan ini sangat sibuk di kantor saya, kami sampai hampir tidak bisa menyelesaikan beberapa proyek.)

Anda bisa menambahkan kalimat-kalimat berikut pada akhir kalimat anda  untuk memberikan kesan bahwa anda sopan, peduli dan profesional. Penambahan kalimat ini bersifat opsional tergantung dengan kebutuhan dan situasi anda.

  • I have some time next week/month, maybe we could do it then? (Saya ada waktu luang minggu depan/bulan depan, mungkin kita bisa melakukannya saat itu?)

I’m sorry. I can’t help you now. I’ve got a lot to do. I have some time next week, maybe we could do it then? (Saya minta maaf. Saya tidak bisa membantu anda sekarang. Ada banyak hal yang harus saya kerjakan. Saya ada waktu luang minggu depan, mungkin kita bisa melakukannya saat itu?)

  • Maybe (name) could help you? (Mungkin (nama) bisa membantu anda?)

I’m sorry but I can’t help you now. I’m swamped now. Maybe Tom could help you? (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa membantu anda sekarang. Saya sangat sibuk sekarang. Mungkin Tom bisa membantu anda?)

  • Perhaps I could ask if (name) could help/come/take it on? (Mungkin bisa saya tanyakan apakah (nama) bisa membantu/datang/mengambil alih?)

I’m sorry. I can’t accept your offer now. I’ve been occupied with another project now. Perhaps I could ask if my friend, Tom, could take it on? (Saya minta maaf. Saya tidak bisa menerima tawaran anda sekarang. Saya sedang sibuk dengan proyek lain saat ini. Mungkin saya bisa tanyakan apakah teman saya, Tom, bisa mengambil alih?)

Anda juga bisa menyisipkan kata “sorry” (maaf) dan “thank you” (terima kasih) dalam percakapan anda untuk menambah kesan sopan. Kalimat di atas bisa di modifikasi sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah intonasi, ekspresi dan sikap saat menyampaikan bahwa anda sedang “sibuk”. Usahakan anda tetap bersikap tenang dengan intonasi dan ekspresi yang netral atau bersahabat. Sekian pembelajaran hari ini. Selamat belajar dan mencoba.

 

Cara Meminta Tolong dengan Sopan dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan “Yes”
Cara Komplain Dengan Sopan (How Do You Complain in English Politely)
Cara Lain Mengatakan Sibuk Dengan Sopan (How To Say Busy Politely In English)
Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (Politely Decline an Invitation)
Cara Menulis Email yang Sopan (How to Write a Polite Email)
Cara Lain Mengatakan “Nice To Meet You”
Menolak Undangan Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menawarkan Bantuan dengan Sopan (Polite Way to Say How Can I Help You)