sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Membatalkan Janji dalam Bahasa Inggris

Terkadang ada hal yang urgent dan membuat kita harus menunda atau bahkan membatalkan janji dengan orang lain. Meskipun tidak diinginkan, tapi kita harus dapat menyampaikan pembatalan janji tersebut dengan jelas. Dengan begitu, orang akan mengerti dan kita dapat membuat janji bertemu selanjutnya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai cara membatalkan janji dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Ungkapan Untuk Membatalkan Janji

Untuk membatalkan janji yang sudah dibuat, pastikan bahwa kita menyampaikan maaf terlebih dahulu. Kita juga perlu memberi tahu apa alasan kita harus membatalkan janji tersebut. Membatalkan janji tanpa alasan akan membuat kita dicap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, kita juga bisa mengajukan saran untuk menunda pertemuan tersebut jika memungkinkan. Tapi jika tidak memungkinkan, kita dapat menyarankan untuk bertemu di lain waktu. Sebaiknya kita juga mengajukan hari dan waktunya dengan jelas, sekaligus meminta konfirmasi apakah lawan bicara bisa bertemu pada waktu tersebut.

Ada kalanya juga kita tidak bisa memberikan kepastian kapan waktu yang tepat untuk mengganti pertemuan yang dibatalkan tersebut. Bisa jadi karena kondisi yang tidak memungkinkan, atau memang waktunya yang tidak ada.

Berikut beberapa ungkapan yang dapat digunakan saat hendak membatalkan janji:

  • Sorry, I don’t think I can make it today. My mom didn’t let me. (Maaf, kayaknya aku nggak bisa datang hari ini. Ibuku nggak membolehkan)
  • Something has just cropped up and I won’t be able to meet you today. (Sesuatu mendadak muncul dan aku nggak bisa ketemu kamu hari ini)
  • I’m very sorry but I have to stay at home. I got really sick last night. (Maaf banget tapi aku harus tetap di rumah. Aku sakit semalam)
  • It’ll not be possible to meet today. Would it be possible to meet another day? (Sepertinya tidak memungkinkan untuk bertemu hari ini. Apa bisa diganti ke hari lain?)
  • I’m so sorry I can’t make it. Can we reschedule it for some other day? (Maaf sekali saya nggak bisa datang. Apa kita bisa ubah pertemuannya ke hari lain?)
  • Something urgent has come up, can we fix it for some other time? (Ada hal penting yang terjadi, bisa kita ganti ke waktu lain ketemunya?)
  • Can we postpone the meeting by an hour? My flight got delayed. (Bisa tunda pertemuannya selama satu jam? Pesawatku terlambat)
  • My apologies, but I will not be able to meet you today. (Mohon maaf, tapi saya tidak bisa bertemu Anda hari ini)
  • Due to the recent incident that has happened, I will have to cancel tomorrow’s meeting. (Dikarenakan insiden yang baru terjadi, saya harus membatalkan pertemuan besok)
  • Some urgent work has come up, so I’m thinking of postponing today’s meeting. Will it be possible? (Ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, jadi saya berpikir untuk menunda pertemuan hari ini. Apa itu mungkin?)
  • I apologize for the inconvenience, I will not be able to come for the meeting tomorrow. (Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saya tidak bisa datang rapat besok)
  • I will have to reschedule tomorrow’s meeting for the next week because I’m going out of the town. (Saya perlu menjadwalkan ulang rapat besok ke pekan depan karena saya sedang keluar kota)

Contoh Percakapan Membatalkan Janji

Untuk dapat memahami cara membatalkan janji, kita akan membahas penggunaannya dalam percakapan. Berikut contoh percakapan membatalkan janji dalam Bahasa Inggris:

  • A: Sorry buddy, I don’t think I can meet you today. My father didn’t give his permission. (Maaf teman, kayaknya aku nggak bisa ketemu kamu hari ini. Ayahku nggak kasih izin)

B: Oh, really? Why? (Beneran? Kenapa?)

A: Who knows? My father is always strict like that. I wish I can go out and have fun with you, though. (Mana aku tahu? Ayahku kan selalu keras begitu. Aku harap aku bisa keluar dan main sama kamu padahal)

B: It’s okay. We’ll try it another time. (Nggak apa-apa. Kita akan coba lain kali)

A: Okay. Let’s hope that my father will soften up. (Oke. Mari berharap ayahku akan melunak)

  • A: My apologies, but I will not be able to meet you tomorrow. There’s a sudden problem in my work and I need to go out of town tonight. (Mohon maaf, tapi saya tidak bisa bertemu besok. Ada masalah mendadak di pekerjaan dan saya harus keluar kota malam ini)

B: No worries. We can reschedule the meeting for next time. (Tidak masalah. Kita bisa jadwalkan ulang pertemuannya untuk lain kali)

A: When will you be available? I’ll try to adjust with your schedule. (Anda bisanya kapan? Saya akan sesuaikan dengan jadwal Anda)

B: I’m fine whenever. Just let me know when your work finish and we can arrange the next meeting. (Saya bisa kapan saja. Kabari saja kapan pekerjaan Anda selesai dan kita bisa atur pertemuan selanjutnya.

A: Alright, thank you for your understanding. (Baik, terima kasih atas pengertiannya)

B: You’re welcome. (Sama-sama)

  • A: I’m sorry, I need to cancel our plan for today. I got really sick last night. (Maaf, aku harus membatalkan rencana kita hari ini. Aku sakit semalam)

B: Oh no. Are you okay? Don’t you need to see the doctor? (Oh, tidak. Kamu nggak apa-apa? Nggak periksa ke dokter?)

A: Yeah, I’ll see the doctor later in the afternoon with my mom. (Yah, aku mau ke dokter nanti siang sama ibuku)

B: Get well soon, buddy. (Cepat sembuh, kawan)

A: Thank you. (Terima kasih)

Demikianlah pembahasan mengenai cara membatalkan janji dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Cara Mengapresiasi Seseorang
Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris
Cara Mengatakan Kamu Jelek (How to Say Ugly Politely)
Cara Menenangkan Orang (Calm Down)
Cara Mengatakan Barangnya Kemahalan.. (How to Politely Say Something Is Too Expensive)
Cara Mengatakan Tidak Melayani Sumbangan (How to Politely Say No to Donations)
Cara Membaca Waktu (Telling Time)
Komunikasi: Cara Mengubah Subyek Pembicaraan
Cara Mengakhiri Percakapan (How to Finish Conversation)
Cara Memperkenalkan Teman Kepada Orang Lain Dalam Bahasa Inggris