sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Membuat Tulisan Kita Terlihat Bagus dan Mudah Dibaca

Pendahuluan (Introduction)

Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat menjadi ajang asah otak bagi sebagian kalangan. Menulis pun menjadi hobi yang disukai banyak orang dan, apabila kita bercita-cita menjadi seorang penulis, kita bisa menghasilkan uang dari tulisan yang kita buat.

Namun, apakah definisi dari menulis itu sendiri?

Menulis adalah suatu akivitas atau kegiatan di mana kita menuangkan gagasan, pemikiran, ide, pengetahuan, dan pengalaman melalui bentuk tulisan (dapat berupa simbol atau aksara) secara runut dan sistematis agar dapat dipahami oleh orang lain yang membaca tulisan kita. Pengertian lain dari menulis adalah suatu aktivitas yang terbilang kompleks karena ketika kita menulis, kita juga membuat mata, tangan, serta jari kita bergerak secara harmonis dan sistematis.

Menulis merupakan keterampilan motorik, yang berarti bahwa kita dapat terus melatih kemampuan kita menulis apapun yang menjadi buah pemikiran kita. Semakin kita melatih kemampuan ini, semakin besar pula kesempatan tulisan kita akan menjadi lebih baik.

Mengapa seseorang menulis? Adakah alasan yang melatarbelakangi mengapa ada orang-orang yang suka menulis? Tentu saja ada! Berikut adalah alasan-alasan yang membuat orang-orang menulis:

  • Agar ide dan pemikirannya dapat tersampaikan kepada orang lain, terutama orang-orang yang menjadi sasaran utama.
  • Memberikan informasi atau pengetahuan kepada orang banyak yang masih awam atau belum mengerti tentang suatu hal.
  • Terkadang ada orang-orang yang merasa lidahnya kelu dan juga gugup saat ingin menyampaikan idenya secara lisan. Menulis dapat menjadi media untuk menolong orang-orang seperti ini menumpahkan ide dan pemikiran mereka.
  • Menulis dapat menjadi salah satu sumber yang bagus untuk menghibur orang banyak.

Menulis pun memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kita. Apa sajakah manfaat dari menulis?

  • Kita dapat memperluas dan memperbanyak kosa kata.
  • Ide yang kita tuangkan melalui tulisan dapat tersampaikan dan dipahami oleh orang lain.
  • Apabila terus dilatih, kemampuan menulis kita akan semakin lancar.
  • Kemampuan kita merangkai kata dan kalimat dapat lebih terasah.
  • Dapat menjadi pendorong bagi para penulis atau yang bercita-cita menjadi penulis untuk menemukan gaya tulisan mereka sendiri.
  • Menulis bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kita mengorganisasi dan mengatur berbagai macam hal.
  • Dapat mendorong kita untuk mengembangkan diri menulis dalam bahasa lain yang sekiranya sedang kita pelajari.

Di masa sekarang ini, dengan teknologi yang terus berkembang untuk memudahkan hidup umat manusia, media untuk menulis tidak lagi terbatas menggunakan pena, gerakan tangan kita, dan selembar kertas. Hadirnya mesin tik, yang lalu disusul dengan munculnya komputer yang disertai dengan papan ketik membuat kegiatan menulis menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Namun, apa yang menjadikan tulisan kita bagus dan dapat menarik orang agar dapat mengerti apa yang kita coba sampaikan?

Yang Harus Diperhatikan Agar Tulisan Kita Menjadi Bagus dan Mudah Dimengerti (Things We Need to Pay Attention to Make our Writings Good and Easy to Understand)

Dalam artikel kali ini, akan kita bahas hal-hal apa saja yang dapat membuat tulisan kita menjadi terlihat bagus dan mudah dibaca, serta dapat dipahami apapun bahasa yang kita pergunakan.

Artikel ini akan merangkum beberapa hal yang dapat membantu kita melatih tulisan kita menjadi tulisan yang bagus dan mudah dipahami.

  1. Temukan apa yang ingin ditulis (find out what you want to write)

Pertama-tama, kita harus terlebih dahulu menemukan apa yang ingin kita tulis. Menemukan topik dalam menulis menjadi hal yang krusial karena topik inilah yang akan membantu kita menyelesaikan tulisan yang bagus. Menemukan topik atau genre yang ingin kita jadikan bahan tulisan membantu tulisan kita tidak keluar dari jalurnya.

Jika kau tidak punya waktu untuk membaca, kau tidak akan punya waktu, atau alat, untuk menulis. Semudah itu – Stephen King

Banyak membaca dapat menolong kita dalam menentukan topik dari tulisan kita. Semakin banyak buku yang kita baca, akan semakin banyak yang bisa kita temukan dan salah satunya dapat kita jadikan sebagai inspirasi bagi tulisan kita. Apabila ingin menulis dalam Bahasa Inggris, bacalah buku-buku berbahasa Inggris yang kita sukai.

Selain banyak membaca, membawa buku catatan kecil bersama kita dapat menjadi solusi yang bagus. Ketika kita menemukan ide yang dapat dijadikan topik atau tema tulisan kita, kita dapat mencatat ide-ide tersebut ke dalam buku catatan kita. Mencatat ide ke dalam buku catatan juga membantu mencegah kita melupakan ide yang sudah kita miliki.

  1. Gunakanlah kalimat yang jelas untuk tulisan yang lebih baik lagi (use clear sentences to make a more proper writing)

Setelah kita menentukan topik, kita dapat mulai menulis. Langkah kedua untuk membuat tulisan yang baik dan dapat dipahami adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas agar pembaca kita tidak bertanya-tanya atau menemukan hal yang aneh dalam tulisan kita.

Contoh:

Kalimat awal: aku menanam banyak sekali benih bunga di halaman. Semoga tumbuh dengan baik (I planted so many flower seeds in my yard. I wish they will grow well.)

Mari kita lihat kalimat di atas. Pada contoh kalimat di atas, tidaklah jelas benih bunga seperti apa yang dimaksud penulis. Untuk itu, sedikit penyuntingan dengan membuat deskripsi harus dilakukan.

Kalimat akhir: aku menanam 5 jenis benih bunga di halamanku. Kelima jenis benih bunga tersebut adalah: benih bunga mawar, benih bunga seruni, benih bunga anggrek, benih bunga kembang sepatu, dan benih bunga melati. Aku akan menunggu dan berharap mereka tumbuh menjadi bunga-bunga yang cantik (I planted 5 types of flower seeds. All of them are: roses, chrysanthemums, orchids, hibiscuses, and jasmines. I will wait and wish they will be growing into beautiful flowers.)

Hasil dari kalimat akhir di atas sudah menunjukkan bahwa gagasan yang ingin disampaikan penulis sudah cukup jelas dan diharapkan akan menarik pemahaman dari para pembacanya.

  1. Memilih paragraf yang baik (choosing a good paragraph)

Topik telah ditentukan dan kalimat yang akan menjadi buah pemikiran kita telah cukup jelas. Apa yang berikutnya harus kita lakukan? Memilih paragraf. Mengapa kita harus memilih dan menentukan paragraf untuk tulisan kita.

Mari coba kita pikirkan.

Ketika kita ingin meraih atensi pembaca terhadap apa yang kita tulis, dan ide-ide tersebut tertuang dalam satu paragraf panjang. Apakah menurut teman-teman pembaca akan mampu menyerap semua ide kita itu? Mungkin sebagian bisa. Tapi, bagaimana dengan yang tidak bisa menyerap ide-ide dalam paragraf panjang.

Sebagai seorang penulis, kita harus memikirkan kemungkinan ini, terutama sekali apabila kita ingin ide kita yang tertuang dalam tulisan bisa menjangkau semua orang. Daripada menulis satu paragraf panjang, kita bisa membagi tulisan kita ke dalam beberapa paragraf pendek yang terdiri dari beberapa kalimat.

Membagi tulisan menjadi beberapa paragraf yang lebih pendek akan memudahkan para pembaca menyerap tulisan kita dan mereka akan menjadi lebih mengerti akan apa yang ingin kita sampaikan.

  1. Bangun hubungan yang baik dengan para pembaca kita (build a good relationship with our readers)

Tulisan yang baik adalah sebuah tulisan yang dapat menyentuh pembacanya. Karena itu, membangun hubungan dengan pembaca adalah hal krusial yang harus diketahui para penulis untuk meningkatkan kualitas tulisannya.

Bagaimana membangun hubungan dengan pembaca melalui apa yang kita tulis?

Buat mereka penasaran dengan apa yang kita tulis dengan menggunakan cara-cara seperti secara langsung membandingkan dua hal atau menggunakan berbagai macam metafora. Dengan begitu, pembaca akan lebih memahami dan lebih tertarik membaca tulisan kita. Memperkaya pembaca dengan gagasan dalam tulisan kita adalah suatu hal berharga bagi seorang penulis.

  1. Hindari pengulangan dalam tulisan (avoid redundant in our writing)

Tulisan yang mudah dipahami dan baik adalah tulisan yang mengalir dan membuat pembaca terhanyut dalam apa yang kita tulis. Namun, ada satu hal yang perlu kita hindari ketika menulis.

Pengulangan.

Pengulangan ketika menulis akan membuat pembaca bosan. Cobalah untuk mengganti kalimat yang sudah diulangi dengan kalimat yang lain dengan cara meminta editor kita untuk memeriksa ada atau tidaknya pengulangan.

Yang paling berharga dari semua bakat adalah tidak pernah menggunakan dua kata yang sama ketika orang lain melakukannya – Thomas Jefferson

Cara lain yang dapat membantu kita menghindari pengulangan adalah dengan memanfaatkan situs atau aplikasi parafrase. Situs atau aplikasi ini akan sangat membantu kita menemukan kalimat lain yang lebih baik untuk tulisan kita. Dan, yang pasti, pengulangan di dalam tulisan kita akan terminimalisir.

  1. Tulisan yang baik menyajikan data akurat (a good writing serves an accurate data)

Tulisan yang baik tidak hanya sebatas pada novel atau cerita pendek. Menulis artikel dengan topik-topik yang berat juga termasuk tulisan, yang, akan lebih baik apabila didukung oleh data yang akurat.

Misalkan kita akan menulis artikel tentang makanan dan minuman yang layak dinikmati di kota kita tinggal. Untuk menyajikan data yang akurat dan terpercaya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengobservasi sendiri rumah makan dan restoran yang menyediakan makanan dan minuman khas kota kita.

Data yang akurat dan terpercaya akan membuat tulisan menjadi layak dinikmati, baik hasilnya, dan akan membuat para pembaca senang.

  1. Tulisan bisa saja ringan namun memiliki makna yang dalam (a writing can be light, but has a deep meaning)

Tulisan yang mudah dipahami dan baik adanya bisa jadi adalah tulisan yang ringan, namun mempunyai makna yang lebih dalam.

Padukan gaya bahasa yang harmonis dan bersahaja dengan gaya tulisan yang ringan namun sarat akan makna. Maka, kita akan menemukan bahwa tulisan kita akan sangat dianggap indah dan dipahami oleh mereka yang membaca.

  1. Menulislah dengan jujur (write honestly)

Tidak ada salahnya apabila kita ingin menulis dengan jujur. Tulisan yang baik juga merupakan tulisan yang jujur dan apa adanya.

Jika sebuah buku itu jujur, ia akan menemukan pembaca yang telah ditakdirkan untuk membacanya – Wally Lamb

Tulisan yang apa adanya dan jujur dari hati akan menarik para pembaca untuk merasa terkoneksi dengan apa yang kita tulis dalam tulisan kita. Akan ada pembaca yang merasa bahwa apa yang kita tulis adalah apa yang sedang mereka alami atau rasakan, dalam berbagai situasi dan kondisi.

Itulah 8 hal yang dapat membuat tulisan kita menjadi tulisan yang layak, baik, serta mudah dimengerti oleh orang-orang yang membacanya. Ingatlah untuk jangan pernah menyerah dan terus latihlah kemampuan menulis kita. Dengan terus berlatih, kita telah mengasah bakat dan kemampuan kita. Nantinya, akan ada pembaca yang membaca tulisan kita dan terhibur serta teredukasi karenanya.

Tetap semangat dan jangan menyerah di awal atau tengah jalan, ya!

 

Contoh Surat Balasan Penawaran Barang dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Balasan Bahasa Inggris dari Ibu ke Anak di Luar Negeri
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Cara Menunjukkan Harapan dan Penyesalan
Menerima dan Menolak Undangan (How to Accept and Decline Invitations in English)
Cara Menyampaikan Permohonan Maaf dan Tanggapannya
Contoh Surat Sakit Dalam Bahasa Inggris
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris
Cara Baca Angka dalam Bahasa Inggris
Cara Membalas Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris