sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mempelajari Bahasa Inggris Sehari-Hari (Ways to Learn Daily English)

Bahasa Inggris..ya semua orang dari berbagai kalangan dan dari berbagai rentang usia sudah akrab sekali mendengar bahasa yang satu ini. Bahasa yang dipergunakan secara internasional. Bahasa dunia. Bahasa yang dipergunakan apabila ingin berbincang dengan orang asing atau istilah gaulnya yaitu bule. Bahasa pemersatu bangsa-bangsa di dunia. Bahasa yang dipergunakan dalam segala bidang dan harus dikuasai di era sekarang ini.

Begitu banyak sebutan yang disematkan kepada Bahasa Inggris.

Di zaman sekarang ini, di mana hubungan antarnegara dan antarbangsa menjadi semakin terjangkau dan luas, kebutuhan akan Bahasa Inggris menjadi semakin krusial atau penting. Hampir tidak ada satu bidang pun yang tidak melibatkan Bahasa Inggris di dalamnya. Bahasa Inggris ada dalam setiap bidang: pendidikan, kebudayaan, ekonomi, sosial dan politik, hubungan luar negeri, kesehatan, pertanian, dan bidang-bidang lainnya dalam kehidupan kita.

Maka dari itu, sejak duduk di bangku sekolah, para siswa dipersiapkan untuk menghadapi tantangan global dengan diperkenalkannya Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Bahasa Inggris bahkan mendapat tempat sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang masuk dalam Ujian Nasional (UN) untuk menentukan kelulusan siswa.

Tidak hanya siswa, mahasiswa dan kalangan publik pun juga dipersiapkan untuk menguasai Bahasa Inggris dengan dibukanya tempat-tempat kursus Bahasa Inggris yang semakin menjamur di manapun di tempat kita tinggal. Ujian TOEFL dan IELTS yang menjadi salah satu persyaratan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke universitas-universitas luar negeri.

Dan untuk kalangan publik sendiri, terutama para pekerja atau karyawan, Bahasa Inggis dibutuhkan sebagai salah satu syarat dalam melamar pekerjaan. Menguasai Bahasa Inggris akan menjadi salah satu nilai tambah pada diri kita, karena kantor atau perusahaan, terutama yang sudah masuk ke skala internasional, akan merasa bangga mempekerjakan kita. Menguasai Bahasa Inggris bagi kalangan publik juga akan membuat kita lebih mudah diterima orang-orang dari berbagai negara.

Lalu, bagaimana jika kita baru ingin memulai belajar Bahasa Inggris karena satu dan lain hal? Tidak apa-apa. Tidak ada yang namanya kata terlambat untuk memulai sesuatu, termasuk belajar Bahasa Inggris. Tetapi bagaimana jika kita tidak punya waktu untuk belajar di tempat kusus dikarenakan pekerjaan atau hal-hal yang menghambat lainnya?

Tidak perlu takut dan cemas!

Artikel kali ini akan membahas cara-cara yang bisa digunakan bagi yang baru ingin mulai belajar Bahasa Inggris namun tidak memiliki waktu untuk belajar di tempat kursus. Namun, sebelum mulai belajar Bahasa Inggris, tanamkan beberapa hal berikut ini dalam benak kita:

  • Niatkan bahwa kita ingin belajar Bahasa Inggris sebagai bentuk keinginan diri kita untuk berkembang.
  • Niatkan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat dibutuhkan dan tidak ada salahnya bagi kita menguasainya.
  • Niatkan bahwa kesulitan dalam belajar pasti ada, namun kita pasti bisa mengatasinya.
  • Niatkan bahwa dengan menguasai Bahasa Inggris, diri kita akan semakin tahu perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia.

Sekarang, kita akan membahas cara-cara apa saja yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak di rumah atau di mana saja ketika kita tidak punya waktu untuk belajar di tempat kursus.

  • Melalui buku-buku cara belajar Bahasa Inggris

Cara pertama untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah melalui buku-buku cara belajar Bahasa Inggris. Buku-buku cara belajar Bahasa Inggris ini dapat dengan mudah kita dapatkan karena dijual di banyak toko buku di sekitar tempat tinggal kita.

Dalam buku-buku seperti ini, banyak dibahas tentang beragam topik misalnya: English grammar (tata bahasa dalam Bahasa Inggris; bagaimana menyusun kalimat yang baik dan benar dalam Bahasa Inggris), English vocabulary (kosa kata dalam Bahasa Inggris), English pronunciation (pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris), dan sederet topik lainnya.

  • Membiasakan diri dengan tulisan berbahasa Inggris

Cara kedua untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan membiasakan diri kita dengan tulisan berbahasa Inggris. Kita bisa mulai dengan mengganti bahasa smartphone (telepon selular pintar) kita ke Bahasa Inggris. Selain itu, bacalah artikel dalam koran, artikel, majalah, atau bahkan novel berbahasa Inggris. Jika kita menemukan kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris yang dirasa baru, kita dapat menggarisbawahi kata atau kalimat tersebut dengan bolpen atau alat tulis lainnya.

Dengan membiasakan diri membaca tulisan berbahasa Inggris, kemampuan menguasai Bahasa Inggris akan berangsur-angsur meningkat.

  • Mencatat kosa kata baru dalam Bahasa Inggris yang ditemui

Cara ketiga belajar Bahasa Inggis secara otodidak adalah mencatat kosa kata dalam Bahasa Inggris yang baru pertama kali kita temui atau dengar. Ambil alat tulis kita atau telepon genggam. Apabila menjumpai kata yang masih terasa baru, kita bisa mencatatnya dalam buku catatan kita atau dalam aplikasi catatan yang disediakan oleh ponsel kita. Bikinlah daftar berapa banyak kosa kata baru dalam Bahasa Inggris yang kita jumpai dalam satu hari.

Bagaimana apabila kita tidak yakin tulisan kosa kata yang kita catat sudah benar? Jangan khawatir! Kita bisa membuka kamus untuk mengecek apakah kosa kata yang kita tulis ke dalam catatan kita sudah benar atau tidak. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah mengingat kosa kata yang sudah kita catat.

  • Berlatih mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris

Masih menyambung cara belajar Bahasa Inggris nomor 3, cara keempat mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan berlatih mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris.

Ambillah catatan kosa kata Bahasa Inggris yang sudah kita miliki. Kemudian, cobalah ucapkan kosa kata yang ada dalam daftar catatan kita tersebut. Apabila terdapat kesalahan pengucapan, kita bisa memperbaikinya dengan cara mendengarkan pengucapan yang benar melalui aplikasi seperti Google untuk terjemahan atau aplikasi kamus daring lainnya, dan lalu kita ulangi mengucapkan kata tersebut dengan benar sesuai yang kita dengar dari aplikasi.

Terus ulangi dan ulangi. Membiasakan diri berlatih mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris akan membuat pengucapan kita semakin lancar dan dengan sendirinya, kosa kata tersebut akan diserap oleh otak kita.

  • Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris

Cara kelima mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan mendengarkan dan mengakrabkan telinga kita dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. Kita dapat memulai dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang memiliki irama dan tempo lamban, seperti lagu pop. Dengarkan setiap kata dan cobalah untuk mengucapkan kata tersebut tanpa harus melihat teks dari lirik lagu tersebut.

Apabila ada kesalahan, baik ketika kita mendengarkan dan mengucapkan kata-kata dalam lagu tersebut, tidak mengapa bila kita ingin mengecek teks dari lirik lagu tersebut. Setelah itu, latih lagi diri kita mendengarkan dan mengucapkan kata-kata tersebut tanpa melihat teks lirik.

  • Menonton film-film berbahasa Inggris

Cara keenam yang dapat dilakukan untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan menonton film-film berbahasa Inggris. Pilihlah genre film apapun yang disukai, lalu tontonlah sambil mendengarkan kata-kata berbahasa Inggris yang diucapkan oleh para aktor dan aktris dalam film tersebut.

Cobalah untuk tidak menyalakan teks terjemahan yang biasanya muncul bersama film yang kita tonton. Atau, kalau memang kita tetap ingin ada teks terjemahan yang menyertai, kita dapat mengunduh teks terjemahan namun tetap berbahasa Inggris. Selain membantu mengetahui apa yang diucapkan para pemeran dalam film, teks terjemahan namun tetap memakai Bahasa Inggris bertujuan untuk membantu kita mengecek apakah kata atau kalimat Bahasa Inggris yang kita dengar benar atau tidak.

  • Bergabung dalam forum-forum berbahasa Inggris

Cara ketujuh yang dapat kita lakukan dalam mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan bergabung ke dalam forum-forum berbahasa Inggris. Forum-forum berbahasa Inggris, pada umumnya, dapat kita jumpai secara daring, karena orang-orang yang bergabung biasanya datang dari berbagai negara. Forum-forum seperti ini juga terbentuk karena kegemaran yang serupa. Buatlah akun untuk forum tersebut dan mulailah berinteraksi dengan orang-orang dalam forum dengan hobi yang sama seperti kita.

Kunci dari bergabung dalam forum seperti ini adalah tetap percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggris yang kita miliki. Orang-orang dalam forum-forum berbahasa Inggris juga akan dengan senang hati membantu kita berlatih agar kemampuan berbahasa Inggris kita semakin baik.

  • Menonton video-video berbahasa Inggris dari kanal YouTube

Cara kedelapan yang kita tempuh dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan menonton video-video berbahasa Inggris dari kanal-kanal yang ada di YouTube. Sebagai salah satu situs penyedia video terbesar di dunia, ada banyak kanal-kanal YouTube yang mengunggah video-video berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran.

Kita dapat menonton kanal-kanal seperti ini dan coba berlatih ketika pemilik video memberikan soal atau tantangan, seperti membuat kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris atau membacakan sebuah teks dalam Bahasa Inggris. Kita juga dapat menonton video-video seperti ini berulang kali agar kemampuan berbahasa Inggris kita semakin terasah dan meningkat.

  • Berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris melalui jejaring sosial

Teknologi semakin berkembang pesat. Jejaring sosial sudah beragam jenis dan bentuknya, yang membuat komunikasi menjadi semakin lebih mudah diakses. Cara kesembilan yang dapat kita tempuh dalam belajar Bahasa Inggris secara otodidak, tentu saja, adalah memperbanyak interaksi melalui jejaring sosial dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Ketika ada seseorang yang juga menggunakan Bahasa Inggris di jejaring sosial miliknya, cobalah ikut berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris, terutama kita orang tersebut memiliki kemiripan hobi dan lain sebagainya. Semakin sering kita berinteraksi dengan orang-orang di jejaring sosial menggunakan Bahasa Inggris, maka semakin pesat dan baik kemampuan berbahasa Inggris kita.

  • Bicara menggunakan Bahasa Inggris dengan orang-orang di kehidupan kita

Cara kesepuluh yang dapat kita tempuh untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan berlatih berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan orang-orang yang kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa memulainya dari menyapa orang-orang yang ada di dalam rumah dengan mengucapkan sapaan-sapaan sederhana dalam Bahasa Inggris. Kita juga bisa melakukannya dengan cara mengundang orang-orang dalam rumah untuk saling menyapa dalam Bahasa Inggris.

Kunci utama dalam menerapkan cara kesepuluh ini adalah mengesampingkan rasa malu. Ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris di hadapan orang-orang, ada satu atau dua orang yang pasti akan menggoda kita. Kesampingkan rasa malu yang muncul karena efek digodai oleh orang-orang terdekat kita dan tetap sapa dan ajak mereka berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Selain meningkatkan kemampuan kita, bisa saja orang-orang yang kita ajak bicara menggunakan Bahasa Inggris akan menjadi tertarik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris bersama kita.

Itulah 10 cara yang dapat kita tempuh apabila kita ingin memulai belajar Bahasa Inggris sendiri atau secara otodidak. Kerja keras, pantang menyerah, dan tidak malu-malu adalah poin penting untuk belajar Bahasa Inggris. Jangan lekas puas dan tetap tingkatkan dan asah kemampuan kita.

Selamat belajar dan semoga sukses!

 

Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
15 Cara Mengutarakan Maksud / Keinginan / Harapan (Expressing Intention) dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom yang Mengandung Warna
Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Preposisi Waktu dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Kalimat Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Cara Mengatakan Orang Lain Cerdas / Bodoh
Bagaimana Memesan Kopi Seperti Orang Lokal