sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris

Sudahkah kamu familiar dengan pertanyaan yang akan muncul dalam IELTS, terutama yang bersinggungan dengan hal-hal akademis? Satu hal yang biasanya cukup tricky adalah bagaimana mendeskripsikan bar chart ke dalam informasi yang mudah dipahami.

Belum lagi saat IELTS ada waktu yang diberikan dan kamu tidak bisa berlama-lama melihat diagram tersebut. Jadi, kuncinya adalah banyak berlatih agar semakin terbiasa untuk membacanya dengan cepat. Salah satunya dengan menyimak artikel yang satu ini.

Apa Itu Bar Charts?

Sebelum tahu cara mendeskripsikan bar charts, ketahui bahwa definisi dari diagram batang ini adalah sebuah diagram yang menunjukkan data spesifik dengan perbandingan jumlah, waktu, atau nama elemen yang dibandingkan. Tenang saja, soal dalam IELTS pasti memberikan informasi apa yang menjadi tema utama dari chart tersebut.

Setelah melihat definisi dari soal IELTS yang diberikan, perhatikan bagian yang ada di kiri dan bawah diagram. Dengan cara ini, kamu bisa membayangkan apa yang tengah dijelaskan oleh diagram tersebut. Biasanya, ada perbedaan warna yang membuat kamu bisa lebih mudah membedakan satu sama lain.

Definisikan Bar Chart

Untuk mendeskripsikan bar chart ada bagian-bagian yang perlu kamu ketahui. Dengan menyimak urutan berikut ini, maka informasi yang kamu sampaikan akan jauh lebih runtut dan mudah dipahami.

Berikut urutannya:

  • Introduction (latar belakang)

Di bagian ini, parafrase informasi kunci yang diberikan IELTS dalam soal tersebut. Pastikan kamu menjelaskan dalam bahasa kamu sendiri dengan jelas dan tidak berbelit-belit.

Contohnya ketika di soal tertulis: “The chart shows the expenditure of two countries on consumer goods in 2010” maka kamu bisa menjelaskan dengan kalimat:

“The chart illustrates the amount of money spent on 5 consumer goods (cars, computers, books, perfume, and cameras) in France and the UK in 2010. Units are measured in poundsterling.”

Pada bagian parafrase di atas, perlu diingat bahwa kata “chart” sebaiknya tidak diubah karena ada perbedaan antara chart, graphic, dan bentuk lainnya.

Kemudian, beri definisi ada berapa kategori yang tertulis dalam paragraf. Dalam hal ini, ada 5 jenis kategori yang diukur sehingga bisa memudahkan orang untuk memahami. Gunakan tanda kurung untuk mencantumkan data yang mudah dipahami orang lain.

Sementara UK dan France, adalah informasi kunci yang lebih detil. Bandingkan dengan bagian soal yang tertulis “two countries” dan kamu menjelaskannya dengan lebih spesifik.

Jika ada lebih banyak lagi penjelasan dari bar chart, tambahkan juga dalam bagian introduction ini, contohnya bagaimana kamu menambahkan kalimat terakhir tentang mata uang yang digunakan.

  • Overview (ulasan)

Masuk ke bagian kedua, overview atau ulasan adalah bagian yang menggarisbawahi fitur-fitur utama dari bar chart. Artinya, paragraf in adalah yang paling penting dari seluruh jawaban definisi bar chart IELTS.

Artinya, mereka akan menilai bagian ini sebagai indikator nilai. Bahkan ban score kamu bisa mencapai 6 hingga 7 bergantung pada bagaimana kamu menuliskan overview.

Lalu, bagaimana cara memetakan key features? Caranya adalah lihat elemen paling utama dari diagram batang yang ada. Contohnya adalah dua negara yang dibandingkan yaitu Inggris dan Perancis.

Kemudian, lihat bagian dengan data yang tertinggi dan lihat apa kategorinya. Misalnya, konsumsi mobil di Perancis dan Inggris adalah yang tertinggi dibandingkan dengan produk lainnya. Menarik tentu melihat bagaimana warga dari kedua negara menghabiskan banyak uang untuk mobil.

Di sisi lain, mereka tidak banyak menghabiskan dana untuk membeli parfum atau kamera. Tak kalah menarik, perhatikan apakah Inggris atau Perancis yang memiliki pengeluaran lebih tinggi dibandingkan satu sama lain.

Mari simak contoh overview berikut ini:

“Overall, the expenditure of the UK was higher than that of France. Both the French and the British spent the most money on cars, while in the UK, the least amount of money was spent on parfume compared to cameras in France.”

  • Body paragraph A

Bagian pertama dari tubuh paragraf memuat informasi yang lebih detil dari bar chart. Caranya mudah saja, bagi saja kedua paragraf ini dengan porsi yang sama banyaknya. Contohnya, dengan adanya 5 kategori yang dijelaskan dalam bar chart, maka bagi satu paragraf dengan 3 kategori, dan paragraf berikutnya dengan 2 kategori.

Dalam paragraf A, kita akan melihat cars, books, dan cameras. Benang merah dari ketiga kategori ini adalah sama-sama tinggi pengeluarannya bagi warga Inggris. Contoh kalimatnya:

“In terms of cars, the UK spent around £450,000 on this as opposed to exactly £400,000 in France. The expenditure on books in the UK was higher than in France (about £400,000 and £300,000 respectively).”

  • Body paragraph B

Sebaliknya, dalam paragraf B kamu bisa mencantumkan data yang kontras dengan paragraf sebelumnya. Semisal, komputer dan parfum yang lebih banyak dikonsumsi oleh warga Perancis dibandingkan dengan warga Inggris.

Bebas saja memilihnya, asalkan logis dan mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. Menuliskan paragraf dengan runtut akan membantu kamu mendapatkan ban score tinggi dalam tes IELTS.

Terus berlatih bisa membuat kamu terbiasa menulis tanpa kesalahan. Contohnya pada bagian introduction, jangan cantumkan lebih dari dua kalimat karena akan bertele-tele. Tugas kamu adalah merangkum informasi yang terpenting sehingga bisa dipahami oleh penilai. Jangan sampai ada kesalahan di bagian ini.

Selain itu, jangan lupa bahwa menuliskan overview dari definisi bar chart akan sangat berpengaruh terhadap skor IELTS kamu. Tuliskan fitur kunci yang utama dalam bagian tersebut untuk mendapatkan porsi terbesar dari keseluruhan IELTS yang kamu kerjakan.

Mudah bukan? Namun ingat, mudah belum tentu setiap orang bisa mengerjakannya dengan cepat. Tak ada gunanya memahami dan memaparkan informasi dengan akurat jika tidak memenuhi tenggat waktu.

Untuk itu, pastikan kamu terus menerus berlatih untuk membuat kamu kian piawai membaca diagram batang dan menuangkannya dalam bentuk kalimat-kalimat logis dan runtut. Jelaskan dengan padat, singkat, namun mencakup seluruh informasi yang disuguhkan dalam diagram. Good luck!

Artikel Lainnya

Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
Contoh Soal Listening TOEFL: Monolog Panjang
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 1)
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes (Imbuhan) OVER- dan BI-
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
Contoh Soal Listening TOEFL: Animals
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Cara Mendeskripsikan Foto dalam Bahasa Inggris
Contoh Soal Listening TOEFL: With The Professor


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)