sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mengatakan Kentut, Mau Muntah atau Keadaan Buruk Lainnya

Pernahkah Anda secara tidak sengaja buang angin saat berada di sekitar orang? Atau terpaksa muntah karena mencium aroma yang tidak mengenakkan saat tengah berada di tengah-tengah kerumunan orang ?

Dua peristiwa di atas mungkin akan Anda masukkan dalam memori memalukan dan berusaha tidak mengingatnya lagi dan mencegah jangan sampai terulang. Hal-hal seperti ini memang terkadang tidak dapat dicegah terjadi. Ada saat dimana kita merasa tidak mampu menahan dan terlambat mengatasinya.

Terkadang mengucapkan kata-kata seperti “fart” yang artinya buang angin atau kentut dan “vomit” yang berarti muntah dan beberapa kata-kata tidak enak lainnya juga biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Tidak hanya pada kita yang mengucapkannya tapi juga pada yang mendengarnya. Apalagi jika yang mendengarkannya sedang makan misalnya. Tentu tidak menutup kemungkinan akan timbul rasa jijik jika harus mendengar kata-kata tersebut.

Lalu bagaimana jika Anda terpaksa mengucapkan kata-kata tersebut namun tidak ingin membuat orang-orang di sekitar Anda tidak nyaman ? Ada baiknya Anda simak artikel ini. Kali ini kami akan membahas kata-kata apa saja yang terdengar lebih sopan dan enak didengar untuk menggantikan kata-kata seperti “fart” dan “vomit”.

Menurut Powerthesaurus ada beberapa kata yang dapat digunakan sebagai sinonim “fart”, yakni:

  • Wind

Menurut kamus Cambridge, “wind” adalah “gas in the bowels or in a baby’s stomach, especially when this makes you feel uncomfortable or makes noises”, yang artinya berarti gas dalam perut atau dalam perut bayi khususnya yang membuatmu merasa tidak nyaman atau membuat suara-suara.

Contoh kalimat :

I love eating garlic but it always gives me terrible wind (Saya suka makan bawang putih tapi bawang putih selalu membuatku sering buang angin)

  • Gas

Menurut Merriam-Webster, salah satu arti “gas” secara medis adalah “a gaseous product of digestion” yakni produk gas dari pencernaan.

Contoh kalimat :

She doesn’t want to drink beer anymore since it gives her gas (Dia tidak mau minum bir lagi karena bir membuatnya buang angin)

  • Flatulence

Menurut kamus Cambridge, “flatulence” secara sederhana adalah “gas in the stomach and bowels” yang artinya  gas dalam perut dan saluran pencernaan (usus). Kata ini merupakan istilah yang umum di dunia medis dimana menurut Medical News Today merupakan kondisi berkumpulnya gas dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian perut.

Contoh kalimat :

He went to the doctor yesterday to cure his flatulence (Dia pergi ke dokter kemarin untuk menyembuhkan buang anginnya)

  • Flatus

Menurut Oxford Languages, “flatus” adalah “gas in or from the stomach or intentines produces by swallowing air or by bacterial fermentation” yang berarti gas dalam perut atau saluran pencernaan yang dihasilkan dari menelan udara atau dari fermentasi bakteri.

Contoh kalimat :

His children keep laughing at him when he passing flatus  (Anak-anaknya terus mentertawakannya saat Ia buang angin)

  • Break wind

Menurut kamus Cambridge, “break wind” berarti “to release gas from the bowels through the bottom” yang artinya melepaskan gas dari saluran usus ke bagian bawah.

Contoh kalimat :

He says that it’s so embarrassed that He often has indigestion and break wind (Dia mengatakan bahwa sangat memalukan karena pencernaannya sering bermasalah dan buang angin)

Jika Anda terpaksa mengatakan ingin buang angin dan tidak ingin merasa malu dengan menggunakan kata “fart” yang kedengarannya tidak sopan, Anda dapat memilih menggunakan kata-kata di atas yang maknanya sama dengan “fart” namun jauh lebih sopan.

Selain buang angin, perasaan ingin muntah juga biasanya serba salah. Tak masalah jika keinginan untuk muntah terjadi saat sedang sendiri namun akan menimbulkan perasaan tidak nyaman jika sedang bersama orang lain. Ada beberapa orang yang memang pada dasarnya rasa jijiknya terlalu kuat sehingga hanya dengan mendengar kata-katanya saja membuat mereka tidak nyaman.

Jangan khawatir ada beberapa kata-kata dalam bahasa Inggris yang maknanya sama dengan “vomit” atau “throw up” yang keduanya berarti muntah tapi ketika diucapkan jauh lebih enak didengar dan lebih sopan.

  • Airsick/carsick/seasick

Pernah naik kendaraan seperti kapal laut, pesawat terbang atau mobil dan merasakan mual dan ingin muntah ? Nah, perasaan ingin muntah itu dalam bahasa Inggris sebutannya yakni airsick, carsick, atau seasick. Tergantung Anda mual atau ingin muntah karena naik kendaraan apa.

Airsick adalah rasa ingin muntah pada saat menumpang pesawat terbang, sementara carsick saat berkendara dengan mobil dan seasick saat Anda berada di kapal laut.

Contoh kalimat :

    • He is feeling a terrible airsick, he needs some pills (Dia merasa mabuk udara, dia butuh obat)
    • I can’t sit in the back seat of the car because I can get carsick (Saya tidak bisa duduk di kursi belakang mobil karena saya mabuk kendaraan)
    • The captain asks some of the crews to take care of the passengers who get seasick (Kapten meminta beberapa awak kapal untuk merawat beberapa penumpang yang mabuk laut)
  • Motion sickness/travel sickness

Motion sickness umum digunakan di Amerika, sedangkan travel sickness sering diucapkan oleh orang-orang di Inggris. Keduanya memiliki arti yang sama yakni perasaan tidak nyaman di perut saat sedang berjalan-jalan.

Contoh kalimat :

He never wants to travel alone since he always gets travel sickness (Dia tidak pernah mau berjalan-jalan sendiri karena dia selalu mabuk saat perjalanan)

  • Cloy

Kata ini merupakan kata kerja yang berarti merasakan rasa tidak nyaman karena sesuatu yang terlalu manis atau terlalu enak. Mungkin dalam bahasa Indonesia sehari-hari maknanya hampir sama dengan kata “enek”.

Contoh kalimat :

I like chocolates but never want to eat it too much. It starts to cloy if I consume too much. (Saya menyukai coklat tapi tidak pernah memakannya terlalu banyak. Coklat akan membuatku merasa ingin muntah jika mengonsumsinya terlalu banyak)

  • Disgorge

Kata ini termasuk dalam bentuk kata kerja formal yang berarti memuntahkan makanan yang berada di perut melalui mulut.

Contoh kalimat :

He is trying so hard to disgorge a fish bone (Dia berusaha keras untuk memuntahkan tulang ikan)

  • Disgust

Disgust berarti perasaan seperti akan sakit ketika melihat, mencium, atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.

The smell of the food filled him with disgust (Aroma makanan tersebut membuatnya ingin muntah)

  • Feel sick

Feel sick artinya merasakan makanan yang telah dimakan seakan ingin dikeluarkan lagi melalui mulut.

He feel sick after eating that food (Dia merasa ingin muntah setelah memakan makanan itu)

  • Hurl

Kata ini artinya sama dengan vomit yakni muntah. Lebih umum diucapkan oleh orang-orang yang berbicara dalam bahasa Inggris – Amerika.

Contoh kalimat :

He asked me to pass him the bucket, he needed to hurl (Dia memintaku untuk memberinya ember karena dia ingin muntah)

  • Morning sickness

Merupakan kata benda yang berarti perasaan ingin muntah yang dialami oleh para perempuan yang sedang hamil.

Contoh kalimat :

Bella said that her sister suffered a lot from morning sickness during her pregnancy (Bella mengatakan bahwa saudara perempuannya sangat menderita akibat muntah di pagi hari selama kehamilannya)

  • Nausea

Merupakan kata benda yang artinya perasaan ingin muntah atau mual.

Contoh kalimat :

He had complained of headache and nausea after eating some bad food (Dia mengeluh pusing dan mual setelah memakan makanan basi)

  • Queasy

Merupakan kata sifat yang berarti perasaan ingin muntah atau mengeluarkan makanan yang berada di perut melalui mulut.

Contoh kalimat :

Travelling by car makes him queasy (Berjalan-jalan dengan naik mobil membuatnya ingin muntah)

  • Regurgitate

Kata ini biasanya umum digunakan dalam ilmu Biologi yang merupakan bagian dari kata kerja yang berarti membawa makanan naik keluar dari dalam perut kembali ke mulut.

Many birds regurgitate food in order to feed their young (Banyak burung yang memuntahkan makanannya untuk memberi makan anak mereka)

  • Sick/sickness/sick to your stomach

Kata-kata di atas maknanya sama yakni mengeluarkan makanan dari perut melalui mulut. Perbedaannya terletak hanya pada jenis katanya saja. Sick termasuk kata sifat, sickness adalah kata benda dan sick to your stomach adalah frasa.

Contoh kalimat :

    • She feels sick and dizzy in buses (Dia merasa ingin muntah dan pusing di dalam bus)
    • She always experiences sickness during her pregnancy (Dia selalu mengalami rasa mual dan ingin muntah selama kehamilannya)
    • The food is not good anymore. It will make you sick to your stomach (Makanan itu sudah basi. Itu akan membuatmu muntah)
  • Spit up

Merupakan frasa kata kerja yang berarti mengeluarkan makanan dalam jumlah yang sedikit dari dalam perut melalui mulut.

She said that her baby will always spit up when her baby is burped (Dia mengatakan bahwa anak bayinya akan selalu muntah saat bersendawa)

Untuk masalah buang angin memang cukup mengganggu karena hal ini dianggap sangat tidak sopan jika dilakukan dalam kondisi Anda sedang tidak sendiri. Ada beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda jika terpaksa harus buang angin di tempat yang tidak sesuai.

  1. Menjauhlah dari orang-orang saat Anda ingin buang angin. Sebisa mungkin tinggalkan ruangan atau pindah ke sudut ruangan terjauh.
  2. Jika terpaksa melakukannya di sekitar orang lain maka beritahu mereka sebelumnya dan minta maaflah untuk itu.
  3. Jika terpaksa melakukannya diam-diam dan Anda sedang berada di sekitar orang lain, jangan lempar batu sembunyi tangan. Jangan tunjuk orang lain. Diam atau berbesar hatilah untuk mengakuinya dan meminta maaf. Hal ini akan lebih baik dibandingkan menimpakan kesalahan ke orang lain yang tidak tahu apa-apa dan bahkan ikut merasakan perbuatan Anda.

Jika Anda bermaksud mengatakan Anda ingin buang air besar, dibanding menggunakan kata “poop”, akan terdengar lebih sopan jika menggunakan kata “defecate” yang maknanya sama. Sebaliknya jika ingin buang air kecil, lebih sopan jika menggunakan kata “urinate” dibanding kata “pee”.

Kedua kata “poop” dan “pee” sebenarnya tidak kasar hanya saja lebih umum digunakan dalam percakapan yang sifatnya informal seperti percakapan yang melibatkan Anda dan teman-teman.

Mungkin Anda tidak nyaman untuk memberitahukan orang lain apa yang ingin Anda lakukan di toilet, maka cukup dengan mengatakan “I am so sorry but I need to go to the bathroom” yang artinya “Saya mohon maaf tapi Saya harus ke kamar mandi”. Orang-orang akan mengerti hanya dengan Anda mengatakan ini.

Selain “fart” dan “vomit”, ada beberapa hal yang juga jika melakukannya di depan orang lain akan dianggap tidak sopan. Namun kadar ketidaksopanannya tidak separah buang angin dan muntah. Hal ini seperti bersin tanpa menutup mulut, cegukan, dan bersendawa.

Namun semuanya bergantung pada budaya dan kebiasaan di tiap negara. Seperti misalnya bersendawa setelah makan di beberapa negara seperti Indonesia dan Amerika Serikat dianggap tidak sopan. Hal sebaliknya di Cina dan Taiwan. Menurut situs rd.com, di Cina dan Taiwan bersendawa setelah makan adalah cara Anda memuji rasa enak makanan tersebut. Hal ini berarti Anda menyukai makanan tersebut.

 

Cara Mengatakan Saya Butuh Pertolongan (How to Say Politely I Need Your Help)
Cara Bercerita tentang Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Cara Memulai Meeting Bisnis Dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Tulisan Kita Terlihat Bagus dan Mudah Dibaca
Cara Mengungkapkan Kewajiban / Keharusan (Expressing Obligation)
Cara Mengungkapkan Larangan (Expressing Prohibition)
Cara Komplain Dengan Sopan (How Do You Complain in English Politely)
Cara Menolak Orang Yang Pinjam Uang
Cara Menyela / Menginterupsi Pembicaraan Seseorang
Cara Membuat Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris