sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Meningkatkan Reading Fluency (Kelancaran Membaca) dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa aspek dalam mempelajari Bahasa Inggris, salah satunya adalah aspek membaca yang dikenal dengan istilah Reading. Seperti aspek lainnya dalam belajar Bahasa Inggris, aspek reading juga perlu dipelajari dan diasah agar kemampuan kita meningkat. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai kemampuan membaca teks Bahasa Inggris dengan lancar, yang dikenal juga dengan istilah reading fluency.

Komponen Penting dalam Reading Fluency Bahasa Inggris

Banyak orang yang mengira bahwa kelancaran dalam membaca Bahasa Inggris atau reading fluency hanya berkutat seputar kecepatan membaca saja. Padahal pada prakteknya, reading fluency mencakup hal-hal yang lebih luas dari sekadar membaca dengan cepat. Berikut adalah beberapa komponen penting yang perlu diketahui dan diterapkan dalam reading fluency:

  • Accuracy (ketepatan)

Komponen pertama yang penting dalam reading fluency adalah accuracy atau ketepatan dalam membaca teks. Komponen accuracy ini berarti kita diharuskan untuk dapat mengenali dan mengidentifikasi sebagian besar kata di dalam teks dengan tepat. Sebagian besar, bukan berarti harus semua kata, karena dalam sebuah teks bisa saja kita mendapati kata yang baru atau istilah yang tidak diketahui sebelumnya.

Selain mengenali dan mengidentifikasi kata-kata, accuracy juga berarti memahami makna dari kata tersebut pada kalimat atau teks yang dibaca. Dalam tata Bahasa Inggris terkadang ditemui kata yang sama dengan makna berbeda, tergantung dengan penempatannya pada kalimat dan konteks teks itu sendiri. Misalnya seperti kata left yang terdapat pada contoh teks berikut ini:

    1. If you want to go to the bank, you just need to keep walking straight for 100 meters then turn left (Kalau kamu mau pergi ke bank, kamu hanya perlu berjalan lurus 100 meter kemudian belok kiri)
    2. Sisca said that she want to go home together with me, but she left first without waiting for me (Sisca bilang kalau dia mau pulang bersamaku, tapi dia pergi duluan tanpa menungguku)

Pada contoh diatas, kedua kalimat tersebut sama-sama menggunakan kata left namun memiliki arti yang berbeda. Di kalimat pertama, kata left merupakan adjective (kata sifat) yang berarti kiri atau sebelah kiri. Sedangkan di kalimat kedua, kata left berperan sebagai verb (kata kerja) bentuk kedua dari kata leave yang artinya pergi.

  • Rate (laju)

Pada komponen rate (laju) dalam reading fluency terdapat dua faktor yang mempengaruhi, yaitu otomatisitas dan kecepatan. Otomatisitas disini berarti kita dapat melakukan identifikasi terhadap kata-kata dalam teks secara otomatis dan cepat. Dengan mengidentifikasi dan memahami kata-kata secara otomatis, maka akan semakin melancarkan kemampuan membaca Bahasa Inggris kita.

Sedangkan kecepatan berarti seberapa cepat kita membaca keseluruhan isi teks dengan kecepatan yang sesuai, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Jika terlalu cepat kemungkinan kita tidak dapat memahami isi teks secara menyeluruh, sedangkan terlalu lambat juga akan membuat kita tidak mengerti teks sampai akhir. Ingat juga bahwa kedua faktor ini, otomatisitas dan kecepatan, harus berimbang dan disesuaikan satu sama lain agar dapat memiliki rate yang tepat.

  • Prosody (prosodi)

Komponen prosody dikenal juga dengan istilah ekspresi, yang mencakup ritme dan nada dalam membaca sebuah teks berbahasa Inggris. Komponen prosody ini juga mengarahkan pada kemampuan kita untuk dapat membaca teks dengan ekspresi dan ungkapan yang sesuai dengan bentuk kata. Seperti misalnya bagaimana intonasi yang tepat saat membaca suatu kalimat, bagian-bagian yang perlu diberikan penekanan, hingga seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks tersebut.

Untuk dapat memenuhi komponen prosody ini erat kaitannya dengan komponen-komponen sebelumnya, yaitu bagaimana mengidentifikasi dan memahami kata secara tepat. Kita perlu untuk benar-benar memahami kata dan makna dari kalimat yang dibaca untuk dapat membaca dengan prosody yang tepat. Latihan secara berkala dan konsisten akan sangat membantu untuk mengasah kita dalam menggunakan prosody dalam meningkatkan reading fluency.

  • Comprehension (pemahaman)

Komponen terakhir yang tak kalah pentingnya dengan tiga komponen sebelumnya adalah comprehension, yaitu pemahaman secara menyeluruh terhadap apa yang dibaca. Komponen yang satu ini bisa dibilang sebagai komponen terbaru dalam pembelajaran mengenai reading fluency, dimana sebelumnya lebih ditekankan pada aspek accuracy dan rate saja.

Komponen comprehension ini mengharapkan kita bukan sekadar membaca dengan cepat dan tepat, namun juga memahami dengan baik isi teks yang dibaca. Hampir percuma saja jika kita hanya membaca dengan cepat dan bisa dengan tepat mengenali kata serta kalimat di dalam teks, tapi tidak memahami isi teks tersebut secara keseluruhan.

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Reading Fluency Bahasa Inggris

Setelah membahas mengenai komponen-komponen penting dalam reading fluency, mungkin banyak orang yang merasa bahwa keempat komponen itu sulit dikuasai. Namun tidak ada hal yang tidak bisa dipelajari di dunia ini, apalagi jika disertai dengan kerja keras dan kegigihan. Begitu juga dalam menguasai dan meningkatkan kemampuan reading fluency kamu dalam membaca teks Bahasa Inggris.

Berikut adalah beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kemampuan reading fluency:

1. Memilih buku dan teks yang tepat

Hal pertama yang penting untuk dilakukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan lancar adalah memilih buku dan teks yang tepat. Istilah yang tepat disini berarti kamu harus menyesuaikan bacaan yang akan kamu baca dengan selera dan kemampuan. Buatlah diri kamu senyaman dan secocok mungkin dengan bacaan tersebut agar proses belajar lebih terasa menyenangkan.

Misalnya kamu menyukai bacaan yang bergenre fiksi seperti novel atau cerita-cerita pendek, maka kamu bisa memulainya dari novel atau kumpulan cerita Bahasa Inggris. Kalau kamu masih terbilang pemula dalam belajar reading, pilihlah bacaan yang tergolong ringan agar lebih mudah dipahami. Jangan memilih bacaan yang berat dan tidak sesuai dengan diri kamu, karena nantinya kamu akan cepat bosan dan malah akan menghambat proses belajar itu sendiri.

2. Meluangkan waktu secara khusus

Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang membutuhkan perhatian khusus dan fokus, sehingga sebaiknya kamu tidak menyambi dengan kegiatan lainnya. Karena itu kamu perlu meluangkan waktu khusus dan berfokus untuk membaca bacaan Bahasa Inggris serta melatihnya agar dapat menjadi lancar. Untuk permulaan, kamu bisa meluangkan waktu sekitar setengah jam hingga satu jam dalam sehari khusus untuk meningkatkan reading fluency kamu.

Yang perlu diingat juga dalam meluangkan waktu khusus ini adalah konsisten dan keteguhan kamu untuk terus melakukan kegiatan ini. Jika memang kegiatan kamu cukup padat dan agak sulit meluangkan banyak waktu, kamu bisa menyisihkan sedikit saja waktu sesuai dengan kemampuan. Tetapi kamu perlu melakukannya setiap hari secara konsisten agar menjadi kebiasaan baik dan tentunya memberikan kemajuan yang berarti untuk proses meningkatkan reading fluency tersebut.

3. Membaca dengan keras dan berulang-ulang

Tidak ada tips paling jitu untuk dapat melancarkan membaca Bahasa Inggris selain dengan membaca dan terus membaca. Bacalah teks Bahasa Inggris yang kamu pilih dengan suara yang keras agar kamu dapat mendengar sendiri bagaimana kamu melafalkan isi bacaan tersebut. Untuk melancarkan dan menjadi terbiasa, kamu dapat membacanya secara berulang-ulang sampai benar-benar menguasai bacaan tersebut.

Membaca dengan keras ini juga sangat berperan dalam meningkatkan komponen reading fluency terutama komponen prosody. Kamu akan dapat memahami bagaimana ekspresi dan pengungkapan yang tepat dalam membaca teks Bahasa Inggris tersebut. Sedangkan membaca berulang-ulang akan meningkatkan komponen reading fluency lainnya, dimana kamu akan dapat melatih ketepatan, laju, hingga pemahaman mengenai teks yang dibaca.

4. Membuat pertanyaan dan ringkasan

Sebelum membaca sebuah teks dengan seksama, sebaiknya kamu membaca sekilas tanpa benar-benar untuk kemudian membuat beberapa pertanyaan. Seperti teks ini bercerita tentang apa, apakah ada nama orang disana, apa yang terjadi, dimana kejadiannya, dan lain sebagainya. Memiliki pertanyaan sebelum benar-benar mulai membaca akan membantu kamu mengenali poin-poin penting yang disampaikan dalam teks tersebut.

Setelah selesai membaca dengan benar dan seksama, kamu dapat membuat ringkasan mengenai isi teks tersebut. Kamu dapat menuliskannya atau mengucapkannya, sesuai dengan keinginan kamu, dan menjelaskan apa inti dari teks tersebut. Hal ini dapat melatih kamu untuk memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai isi teks tersebut, yang merupakan salah satu komponen penting dalam reading fluency.

5. Mendengarkan audio book

Sekarang ini sudah banyak buku yang disertai dengan bentuk audio atau suara, dan hal ini dapat kamu manfaatkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan reading fluency. Caranya adalah kamu membaca buku tersebut sambil mendengarkan audio book-nya, sehingga kamu dapat mengetahui bagaimana cara membaca yang tepat. Hal ini dapat menjadi panduan untuk kamu agar dapat membaca teks Bahasa Inggris tersebut dengan baik dan tentunya melancarkan proses membaca kamu.

Jika buku atau teks tersebut tidak memiliki versi audio-nya, kamu dapat membuat rekaman sendiri dari buku yang kamu baca. Cara ini dapat membantu kamu untuk melatih kemampuan membaca dengan lancar pada teks-teks Bahasa Inggris. Dan juga, cara ini sekaligus dapat menjadi sarana untuk kamu mengevaluasi kemampuan diri dalam membaca teks Bahasa Inggris. Kamu dapat menandai bagian-bagian yang dirasa perlu diperbaiki, dan melatih diri untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan kamu.

6. Mengekspresikan bacaan dalam bentuk teater mini

Cara yang satu ini bukan saja dapat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan reading fluency, namun juga menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan. Kamu dapat mengajak teman-temanmu untuk membuat semacam teater mini berdasarkan bacaan Bahasa Inggris, dan menjadikannya sebagai skrip. Lalu kamu dan teman-temanmu dapat berbagi peran dalam teater mini tersebut sesuai dengan skrip yang sudah ditentukan.

Dengan menggunakan cara ini, kamu dapat melatih bagaimana memahami teks dengan lebih baik karena dipraktekan secara langsung. Kamu juga dapat melatih kemampuan membaca dengan melafalkan bacaan seperti berbicara sehari-hari, yang akan meningkatkan komponen rate dalam reading fluency kamu. Selain itu, mempraktekkan dalam bentuk teater mini akan membantu kamu memahami bagaimana cara mengekspresikan dan mengungkapkan teks dengan tepat.

Kegiatan ini juga memiliki nilai tambah tersendiri karena kamu melibatkan orang lain yang sama-sama bisa diajak belajar dan memberikan evaluasi satu sama lain. Dengan memperdengarkan bagaimana cara kamu membaca teks, dalam bentuk skrip tersebut, orang lain akan dapat membantu jika ada yang perlu diperbaiki. Begitu juga sebaliknya, kamu dapat membantu temanmu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggrisnya agar menjadi lebih lancar.

7. Memperkaya kosakata dan istilah Bahasa Inggris

Tips terakhir yang tak kalah pentingnya untuk meningkatkan kemampuan reading fluency kamu adalah terus memperkaya kosakata dan istilah-istilah dalam Bahasa Inggris. Hal ini sangat penting karena bagaimanapun juga kosakata adalah dasar dari bacaan, jadi kamu perlu untuk mempelajarinya lebih lanjut. Dengan semakin banyak memiliki kosakata, kamu akan lebih mudah dalam mengenali kata dalam teks dan memahami isi teks secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara meningkatkan kemampuan reading fluency atau membaca dalam Bahasa Inggris dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation
Cara Mengungkapkan Larangan (Expressing Prohibition)
Cara Menceritakan Hobi Kita
Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris
Cara Menunjukkan Harapan dan Penyesalan
Cara Membuat Application Letter
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris
Membaca Kartu Nama dan Memahami Informasi Pekerjaan atau Perusahaan
Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan