sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menjelaskan Bisnis kepada Pelanggan dalam Bahasa Inggris

Writing Business Information Letter

Semakin hari dunia bisnis semakin berkembang di kalangan masyarakat. Setiap orang dari berbagai kalangan, dari anak sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga mulai menjamah dunia bisnis yang semakin mudah dijalankan dengan adanya kemajuan teknologi berupa smartphone dan dukungan internet.

Tentu saja, kita tidak bisa menuntut bisnis yang baru dirintis agar berkembang pesat dalam waktu singkat. Ada proses panjang yang perlu dijalanii sebelum membuat bisnis yang dimiliki tumbuh besar; salah satunya adalah dengan promosi atau pengenalan.

Jika bisnis yang kita jalankan tidak dikenali oleh pelanggan, maka kecil kemungkinan mereka akan tertarik. Sekarang ini, proses promosi dapat dilakukan dengan amat mudah; yakni menggunakan media sosial atau website.

Pertama-tama, kita bisa memberikan deskripsi singkat tentang usaha yang kita miliki. Adapun rincian yang perlu dicantumkan antara lain:

1. Company name, atau nama perusahaan. Dalam konteks ini, kita juga bisa menyebutkan nama merk yang dipakai untuk usaha-usaha kecil.

2. Type of business structure, atau jenis bisnis yang dimiliki; apakah kemitraan, kepemilikan pribadi, dan yang lainnya.

3. Ownership/management team, atau nama-nama penting di balik bisnis yang sedang dijalnkan.

4. Location, atau lokasi markas atau kantor bisnisnya.

5. Company history, atau sejarah singkat tentang perusahaan, seperti kapan awal berdirinya, apa tujuan yang ingin dicapai, dan sebagainya.

6. Vision and Mission statement, atau visi-misi yang jelas dari perusahaan.

7. Products/services and target market, atau penjelasan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta pada siapa produk atau jasa tersebut ditujukan.

8. Objectives, atau garis besar tentang pencapaian yang akan segera diwujudkan mengacu pada data perencanaan bisnis serta tujuan-tujuan jangka panjang.

Dengan mencantumkan rincian tersebut, pelanggan akan semakin memahami bisnis yang sedang kita jalankan. Setelah itu, ketertarikan pada bisnis kita akan mulai tumbuh, jika memang produk dan jasa yang kita tawarkan mencocoki kebutuhan mereka.

Untuk itu, sebelum mengenalkan bisnis kita pada pelanggan, ada baiknya kita mendata terlebih dahulu pasar yang ditargetkan berikut siapa saja yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan tetap agar proses promosi tidak berlalu dengan sia-sia.

Cara melakukan pengenalan bisnis terhadap pelanggan bisa dilakukan secara lisan maupun tertulis. Untuk pengenalan secara lisan bisa dilakukan lewat telepon maupun dengan pertemuan secara langsung dengan pelanggan. Kita bisa melakukannya dengan bantuan brosur atau company profile sebagai pendukung proses promosi yang dilakukan.

Untuk promosi atau pengenalan bisnis secara lisan, hal yang amat penting untuk diperhatikan adalah sikap kita. Usahakan untuk menampilkan kesan profesional, ramah, menyenangkan, dan tetap persuasif untuk menarik minat pelanggan. Dalam promosi secara langsung, tak ada salahnya kita menunjukkan keramahan dengan menampakkan senyum tulus.

Pengenalan Tertulis

Adapun untuk pengenalan bisnis secara tertulis, maka fokus yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahasa dan cara penulisan yang baik dan benar. Sebab, semua itu akan mewakilkan sikap kita dalam menyampaikan pesan kepada pelanggan. Di bawah ini merupakan contoh format pengenalan bisnis yang bisa digunakan.

Dear … (nama pelanggan)

Our exceptional service is the reason our clients stay!

____ (Nama perusahaan) has been offering ____ (jenis pelayanan) services for over ____ (bilangan) years to small firms and companies alike. Clients such as ____ (daftar nama perusahaan atau tokoh terkenal yang sudah pernah diajak bekerjasama) are a great testimony to our services.

With our state-of-the-art ____ (jenis sistem/program) and our innovative ____(jenis program, contohnya training) programs, no ___ _(firm/company/practice/organization) is too big or too small to take advantage of our ____(jenis pelayanan).

Please allow me introduce myself. My name is, ____ (nama), the ____(jabatan) of ____ (nama perusahaan). As mentioned, our company has been providing ____(jenis jasa atau produk) for ____ years. Our area of expertise lies specifically in the ____(jenis area), which gives our clients ____ (deskripsi keuntungan yang diperoleh klien).

Building long term relationships with our clients is something ____ (nama perusahaan) bly believes in and we go to great lengths to ensure our valuable clients receive first rate service. For your convenience, I have enclosed a brochure outlining the services that we offer. .. or….Some of the most popular services we offer include:

  1. List service #1 – (i.e. Customer Service) (berikan contoh penjelasan tentang manfaat pelayanan yang akan didapatkan oleh klien;
    contoh:All our staff members go through an extensive training program to ensure that the ____(jenis ketrampilan) skills they offer are professional and courteous. You can rest assured that your company will be professionally presented with each and every customer service call we receive on your behalf).
  2. List service #2 – (i.e. Order Intake) – (berikan penjelasan tentang pelayanan penjelasan tentang manfaat pelayanan yang akan didapatkan oleh klien)
  3. List service #3 (penjelasan tentang manfaat pelayanan yang akan didapatkan oleh klien).
  4. List service #4 ( penjelasan tentang manfaat pelayanan yang akan didapatkan oleh klien).

We invite you to take advantage of this exceptional service by contacting us at ____ (sebutkan nomor telepon atau alamat email yang bisa dihubungi). We would welcome the opportunity to discuss your ______ (jenis kebutuhan) needs.

Sincerely,

(Tanda tangan)

Untuk mendukung proses promosi bisnis, ikutilah tips berikut:

  1. Berikan penawaran khusus, seperti diskon atau bonus untuk pembelian atau penggunaan jasa pertama dari pelanggan.
  2. Lampirkan surat singkat berisikan ucapan terimakasih yang ditulis dengan tangan, untuk menunjukkan betapa kita menghargai para pelanggan tersebut.
  3. Cantumkan testimoni pelanggan sebelumnya dalam website atau laman yang bisa diakses oleh umum.
  4. Tawarkan percobaan gratis, seperti tester produk atau pemakaian jasa gratis pada calon pelanggan.
  5. Jangan ragu untuk menggaet partner bisnis, seperti melakukan endorse dan sebagainya.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
25 Kata-kata Motivasi Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Ucapan Selamat Kelahiran Bayi dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja
Idiom atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Hari dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Cara Menulis E-Mail Bisnis Formal dalam Bahasa Inggris
Percakapan Kasir: Cara Kasir Melayani Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Contoh Pengumuman di Koran dalam Bahasa Inggris


 
Contoh Cerita Bahasa Inggris: Liburan ke Yogyakarta
Contoh Dailiy Activity: Liburan Sekolah ke Edinburgh Skotlandia
10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
Menjelaskan Bisnis kepada Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Membaca Kartu Nama dan Memahami Informasi Pekerjaan atau Perusahaan
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Writing Rule: Tanda Titik, Koma, Titik Koma (Punctuation)
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)