sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Menyatakan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris

Meski kematian adalah hal yang pasti dan selalu terjadi, tentu tak ada yang bisa menahan kesedihan anggota keluarga dan teman dekat yang ditinggalkan. Selalu ada duka dalam diri orang-orang yang ditinggal mati; dan reaksi yang tepat untuk merespon mereka yang sedang bersedih setelah kematian seseorang yang berharga adalah dengan menyatakan belasungkawa.

Belasungkawa, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan condolence, merupakan ekspresi simpati dan turut berduka cita atas kejadian yang menimpa orang lain; khususnya berupa kematian orang yang penting dalam hidupnya. Contohnya, kematian dari salah satu anggota keluarga.

Lalu, bagaimana cara menyatakan belasungkawa dalam bahasa Inggris? Untuk mempelajarinya, simak uraian beserta contoh dialog berikut.

1. “I am sorry for your loss”

Pertama, hal yang dapat dikatakan menyatakan belasungkawa adalah “I am sorry for your loss” yang kurang lebih berarti “Aku turut berduka atas kehilangan yang menimpamu”. Ini adalah ungkapan paling umum yang diucapkan orang-orang untuk mengekspresikan condolence, baik secara langsung maupun tertulis.

A: I haven’t seen you in a while (Lama tidak ketemu, ya)

B: Yeah, I had to go to my hometown. My grandpa left. (Ya, aku harus pulang ke kampung halamanku. Kakekku meninggal)

A: Oh, I’m sorry for your loss. Do you feel better now? (Oh, aku turut berduka atas kehilanganmu. Apa kamu merasa lebih baik seakrang?)

B: Not really, but I have to move on with my life. (Tidak terlalu, tapi aku harus melanjutkan hidupku)

2. “Words can’t express my sorrow for your loss”

Selanjutnya, kita juga bisa mengungkapkan belasungkawa dengan menyatakan “Words can’t express my sorrow for your loss” yang bermakna “Aku tidak bisa berkata-kata  untuk mengungkapkan kesedihanku atas kehilanganmu”. Ungkapan ini menunjukkan bahwa kita merasa amat berduka dengan kehilangan yang menimpa seseorang.

A: Hi, how’s everything now? (Hai, apa kabar?)

B: It’s been 3 days, but I still can’t believe that Mom already left. (Sudah tiga hari, tapi aku masih belum percaya Ibu sudah tiada)

A: Words can’t express my sorrow for your loss… I hope you can be strong. (Aku tidak bisa berkata-kata  untuk mengungkapkan kesedihanku atas kehilanganmu. Aku harap kamu bisa kuat)

3. “She/He will be sadly missed”

Kemudian, kita pun dapat mengucapkan “She/He will be sadly missed” (Ia akan sangat dirindukan) sebagai bentuk perasaan kehilangan atas kepergian seseorang yang kita juga kenal. Kita bisa pula menyertakan kenangan atau deskripsi positif tentang mendiang setelah mengatakan ungkapan ini.

A: I wanted to call you since last week but I decided to just send a text. I know it must be too hard for you to lose Jimmy. He’s such a great friend. (Aku ingin meneleponmu sejak minggu lalu tapi aku putuskan untuk SMS saja. Aku tahu pasti begitu berat bagimu kehilangan Jimmy. Dia adalah teman yang sangat baik)

B: He was (Memang)

A: He will be sadly missed. He was a strong and positive guy. (Dia akan sangat dirindukan. Dia adalah orang yang kuat dan positif)

4. “I am here for you if you need anything”

Sebab orang yang ditinggalkan pasti merasa sulit, kita bisa mengatakan “I am here for you if you need anything” (Aku ada jika kamu butuh sesuatu) untuk menunjukkan kita siap membantu bila ia membutuhkan bantuan. Bantuan ini bisa berupa tempat untuk bercerita atau bantuan lain seperti makanan atau menjaga anak-anaknya.

A: I have to go home now. My mother just called and said that my father had just gone. (Aku harus pulang sekarang. Ibuku baru saja menelpon dan mengatakan bahwa ayahku baru saja wafat)

B: I’m sorry. Let me take you home. (Aku turut berduka. Biar kuantar pulang)

A: No, thanks. I’m taking the taxi. I’ll be fine. (Tidak, terimakasih. Aku naik taksi saja. Aku akan baik-baik saja)

B: I’m here for you if you need anything. Please let me know. (Aku sedia jika kamu butuh sesuatu. Beritahu saja)

5. “Please accept our sincere condolences”

Selain itu, terkadang kita tidak bisa berbincang secara langsung dengan orang yang ditinggal mati. Maka, kita bisa berkirim surat atau pesan singkat dengan mereka. Untuk ungkapan dukacita yang disampaikan secara tertulis, kita bisa katakan “Please accept our sincere condolences” (Terimalah belasungkawa kami). Ini termasuk bentuk ungkapan formal.

6. “I would like to express my sincere condolences”

Ungkapan lain yang dituangkan untuk mengekspresikan dukacita atas kepergian seseorang secara tertulis yaitu “I would like to express my sincere condolences” yang berarti “Aku amat berbelasungkawa”. Kita melengkapi kalimat ini dengan sedikit kesan tentang mendiang atau pesan-pesan suportif kepada pihak yang ditinggalkan.

7. “Your family will be in my thoughts and prayers”

Untuk menyatakan belasungkawa secara tertulis, kita juga bisa mengucapkan “Your family will be in my thoughts and prayers” yang berarti “Aku memikirkan dan mendoakan keluargamu”. Ini memiliki maksud yang setara dengan “Turut berdukacita”, hanya dengan ekspresi yang berbeda dan kesan yang religius.

8. “Wishing you peace as you grieve this loss”

Yang terakhir, untuk mengekspresikan belasungkawa, kita juga dapat mengatakan “Wishing you peace as you grieve this loss” (Aku berdoa untuk kedamaianmu atas duka kehilangan ini). Ungkapan ini menyiratkan bahwa kita berharap orang yang ditinggalkan akan kuat atau tabah melalui kesulitan yang dialami.

 

Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Frasa/Ungkapan untuk Lupa, Ingat dan Mengingatkan (Forgetting, Remembering, Reminding)
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
Kalimat Untuk Menunjukkan Preferensi (Phrases for Expressing Preferences)
Apa itu Expressing Obligation?
Frasa untuk Mengungkapkan Rasa Syukur (Phrases for Expressing Gratitude)
Cara untuk Membalas Ungkapan Ekspektasi
Kata-kata yang Digunakan untuk Mengungkapkan Kekecewaan
Expressing Concern dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)