sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Menyatakan Kewajiban dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa hal yang menjadi keharusan untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, entah untuk kualitas kehidupan yang lebih baik hingga untuk keberlangsungan hidup dan berdasarkan aturan yang berlaku. Kewajiban atau obligation merupakan sesuatu yang harus kita laksanakan. Dalam bahasa Inggris, tingkat urgensi dari suatu keharusan atau kewajiban dapat dibedakan bergantung pada kata apa yang kita gunakan.

Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa ungkapan bahasa Inggris untuk menyatakan suatu kewajiban disertai keterangan yang menjelaskan kedudukannya. Selamat belajar!

1. Have to

Yang pertama, kita bisa menyatakan suatu kewajiban dengan kata “have/has to” diikuti dengan infinitive atau kata kerja bentuk dasar/pertama. Kata ini memiliki makna “harus” dan menunjukkan suatu kewajiban atau keharusan yang berhubungan dengan tugas sebagai bentuk tanggungjawab atau komitmen yang telah dibuat oleh subjek. Kata “have to” menunjukkan keharusan yang turut dibuat dan disepakati oleh diri sendiri.

Contoh:

  • If I want to have a child, I have to educate myself on being a good parent. (Jika aku ingin mempunyai anak, aku harus mendidik diriku untuk menjadi orangtua yang baik)
  • I have to stop eating junk food. I don’t want to get fat. (Aku harus berhenti makan makanan cepat saji. Aku tidak mau jadi gendut)
  • The class is about to start. We have to pay attention. (Kelas akan segera dimulai. Kita harus memperhatikan)

2. Have got to

Selanjutnya, untuk menyatakan kewajiban yang berasal dari kesadaran diri sendiri; kita bisa menggunakan “have/has got to” atau “got to” saja. Biasanya, dalam penulisan informal frasa ini disingkat menjadi “gotta”. Penggunaan kata ini diikuti dengan infinitive.

Contoh:

  • I’ve got to go. My mother must be waiting for me. (Aku harus pergi. Ibuku pasti sudah menungguku)
  • The finals start next week. I’ve got to study hard now. (Ujian akhir dimulai minggu depan. Aku harus belajar giat sekarang)
  • He’s got to learn German. He’s moving to Berlin in December. (Dia harus belajar bahasa Jerman. Dia akan pindah ke Berlin di bulan Desember)

3. Must

Untuk menjelaskan kewajiban yang dibebankan dari luar diri atau dari pihak lain, juga untuk menyatakan keharusan yang tidak bisa tidak untuk dilakukan, Kita menggunakan kata “must” diikuti infinitive. Kata “must” merupakan modal dan digunakan dalam bentuk present/sekarang.

Contoh:

  • You must listen to what your parents say. (Kamu harus mendengarkan apa yang orangtuamu katakan)
  • She must talk to Mr. Keith at six or she will get fired. (Dia harus berbicara dengan Mr. Keith jam enam atau dia akan dipecat)
  • His condition is getting worse. He must quit smoking. (Kondisinya semakin memburuk. Dia harus berhenti merokok)

4. Had to

Had to” adalah bentuk lampau dari “must”. Maka, untuk menjelaskan kewajiban dengan kedudukan setara “must” dalam past tense, kita menggunakan “had to” diikuti dengan infinitive.

Contoh:

  • During my stay in Madiun, I had to speak Javanese to my grandmother. (Selama tinggal di Madiun, aku harus berbahasa Jawa ke nenekku)
  • I had to clean the classroom yesterday, therefore I came home late. (Aku harus membersihkan ruang kelas kemarin, maka dari itu aku pulang terlambat)
  • When she was little, she had to stop drinking milk because of an allergy. (Ketika dia masih kecil, dia harus berhenti minum susu karena alergi)

5. Will have to

Untuk menggunakan “must” dalam bentuk future atau kurun waktu di masa mendatang, kita memakai “will have to” diikuti infinitive.

Contoh:

  • You’ll have to take off your glasses for the picture. (Kamu harus melepas kacamatamu untuk fotonya)
  • He’ll have to pay the bill next time. (Dia harus membayar tagihannya lain kali)
  • I will have to move out next year. (Aku harus pindah tahun depan)

6. It is obligatory

Kemudian, untuk menyatakan kewajiban yang berhubungan dengan adat atau norma yang berlaku di masyarakat digunakan “it is obligatory” diikuti dengan to–infinitive atau that + subject + verb.

Contoh:

  • It is obligatory to use our right hand to pass things to people (Kita harus menggunakan tangan kanan untuk memberikan barang kepada orang lain)
  • It is obligatory that you keep your eyes off your phone when somebody is talking (Kamu harus berhenti melihat ponselmu ketika seseorang sedang mengajak bicara)
  • It is obligatory to dress politely to a funeral (Kita harus memakai pakaian yang sopan saat mendatangi pemakaman)

7. It is necessary

Selanjutnya, untuk menjelaskan suatu keharusan yang berhubungan dengan kebutuhan, kita bisa menyatakan dengan “it is necessary”. Kebutuhan ini bukan merupakan suatu keharusan yang mutlak, namun bisa menjadi pilihan atau solusi terbaik. Kita bisa mengikutkan to –infinitive atau that + subject + verb setelahnya.

Contoh:

  • It is necessary that you take the bus in order to get to school on time (Kamu perlu naik bus agar tiba di sekolah tepat waktu)
  • It is necessary that I send an email to my boss (Aku perlu mengirim email kepada bosku)
  • It is necessary to brush our teeth before going to bed (Kita perlu menggosok gigi sebelum tidur)

8. It is mandatory

Yang terakhir, kita bisa menggunakan “it is mandatory” untuk menjelaskan suatu keharusan yang berasal dari peraturan atau hukum yang berlaku. Ini merupakan bentuk kewajiban yang tidak boleh tidak harus ditaati.

Contoh:

  • It is mandatory to stop when the traffic light turns red (Kita wajib berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah)
  • It is mandatory to show your ID card to buy the drinks (Kamu wajib menunjukkan kartu identitas untuk membeli minuman keras)
  • It is mandatory that we pay the taxes (Kita wajib membayar pajak)

 

Cara Menyatakan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris tentang Kehidupan
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
English Idiom: Ungkapan Lucu dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara Mengekspresikan Perasaan dalam Bahasa Inggris?
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
15 Cara Mengutarakan Maksud / Keinginan / Harapan (Expressing Intention) dalam Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran
Cara Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Inggris (Expressing Feeling)
Cara Mengutarakan Pikiran dalam Bahasa Inggris


 
Cara Menyatakan Kewajiban dalam Bahasa Inggris
Cara Mengutarakan Penyesalan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Rasa Sakit dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Harapan dalam Bahasa Inggris
Cara Menyatakan Setuju dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris
Kalimat Tidak Sopan Bahasa Inggris yang Tidak Sengaja Diucapkan Non-Native
Cara Agar Tidak Malu Berbahasa Inggris
Apakah yang Dimaksud dengan Antonim dan Sinonim (Antonym and Synonim)
Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris