sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula 

Bahasa Inggris dipelajari hampir di semua negara di dunia. Bahasa Internasional ini menjadi keharusan untuk dikuasai karena dapat menjadi bekal untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang dan negara yang berbeda. Wajar saja banyak yang mempelajari Bahasa ini baik secara otodidak, mengikuti kursus atau mengambil guru pribadi.

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Bagaimana caranya pemula dapat menguasai Bahasa internasional ini? Ada kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengar.  Itu adalah kemampuan bahasa yang paling dasar. Kuasai keempat kemampuan tersebut dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Pelajari Kosa Kata

Perbanyak pembendaharaan kata-kata untuk dipakai dalam percakapan. Ini adalah hal utama yang perlu dilakukan bagi level Pemula. Bisa dengan membaca buku, menonton film atau mendengar radio. Bila menemukan kata baru, gunakan sehingga Anda jadi lebih mudah untuk mengingatnya.

Dengan memperkaya vocabularies maka Anda akan lebih mudah menguasai Bahasa Inggris. Bukan hanya mengetahuinya saja. Tiap kosa kata memiliki sinonim, antonim dan penggunaan yang berbeda-beda dalam kalimat. Gunakan berbagai cara agar membuat Anda tidak cepat bosan dan senang berlama-lama mendalaminya.

  • Mendengarkan Musik

Teknologi memungkinkan untuk mempelajari Bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan mengunduh lagu dan mendengarkannya. Bukan hanya mendengarkan musiknya namun juga mempelajari liriknya. Kini ada berbagai format lagu yang bisa jadi opsi dalam mendapatkan materi lagu.

Latihan yang bisa Anda lakukan dengan lagu adalah pengucapan, pendengaran dan kemampuan speaking. Dengarkan lagu dan ikuti irama lagu dan liriknya yang pas. Dengar baik-baik tiap pengucapannya dan bagaimana melafalkan tiap kata menjadi kalimat. Setelah itu coba untuk meniru cara pengucapannya dengan bernyanyi mengikuti lagu.

Selain belajar Bahasa Inggris, cara ini juga cukup menyenangkan sebagai hiburan. Belajar tidak harus selalu serius dan membosankan. Selingi dengan cara yang menyenangkan yang dapat mempermudah penguasaan.

  • Menonton Film Berbahasa Inggris

Ingin cara menyenangkan lainnya untuk belajar Bahasa Inggris? Coba menonton film. Melihat film dalam Bahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Indonesia atau tidak. keduanya memiliki efek latihan yang dibutuhkan untuk menguasai Bahasa ini. Ada beberapa hal yang akan Anda kuasai dalam menonton film atau drama TV.

  • Pengucapan

Film akan menyadarkan Anda bahwa ada banyak dialek dalam Bahasa Inggris. Inggris Amerika, Australia, British bahkan Asia memiliki pengucapan yang sedikit berbeda, tergantung dari dialek asalnya. Walau demikian pengucapan Bahasa Inggris Amerika dan Inggris menjadi acuan yang paling dasar dalam belajar.

Tapi kenyataan bahwa Bahasa Inggris dapat diucapkan oleh semua orang dengan aksen tertentu seharusnya dapat membuat Anda percaya diri untuk bisa fasih walau memiliki aksen kental.

  • Ekspresi

Anda bukan hanya belajar speaking dan listening dengan film. Ada ekspresi yang dapat membantu untuk mengetahui maksud dan makna dari perkataan dalam Bahasa Inggris. Ada ekspresi untuk menyatakan perasaan senang, sedih, marah dan masih banyak lagi.

Lihat film dan perhatikan perkataan dan situasinya. Semakin kita mempelajari suatu Bahasa kita juga akan melihat bagaimana cara berbicara secara formal, informal, serius bahkan candaan. Melihat berbagai jenis film, dokumentari, comedy, aksi, thrilled dan berbagai jenis film lainnya untuk membiasakan ekspresi yang berbeda-beda.

  • Pendengaran

Listening adalah hal utama yang dapat dilatih dengan menonton film dengan Bahasa Inggris. Anda bisa mulai dengan menonton film dengan tambahan subtitle Bahasa Indonesia. Bila ingin benar-benar menguasai Bahasa Inggris, coba menghilangkan subtitlenya dan mencoba apakah dapat memahami film tanpa memakainya.

Menonton berbagai jenis film dan juga berbagai jenis aksen dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan membiasakan Anda untuk belajar Bahasa Inggris dengan pengucapan yang berbeda-beda.

  • Arti

Film memiliki banyak media untuk belajar Bahasa Inggris. Khususnya adalah kata, kalimat, frase dan bahkan idiom. Ada ungkapan-ungkapan yang memiliki arti tertentu. Semakin sering menonton maka Anda akan semakin mudah mengenali idiom dan artinya tanpa harus melihat kamus atau mencari makna melalui bantuan Google translate.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk memahami percakapan dengan memperhatikan hal-hal yang sudah diketahuinya. Menebak alur jalan cerita dalam percakapan adalah hal lain yang bisa Anda pelajari dengan sering menonton film atau TV Drama.

  • Budaya

Bahasa adalah bagian dari budaya. Bukan hanya kebiasaan tapi juga cara berfikir dan mengungkapkan sesuatu. Hal itulah yang bisa Anda pelajari dengan menonton film berbahasa Inggris. Anda menyerap bukan hanya bahasa namun juga budaya dan cara mengekspresikan diri melalui bahasa.

  • Literatur berbahasa Inggris

Membaca sebenarnya adalah cara paling ampuh untuk menguasai kosa kata. Baik kata yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari sampai kata sulit yang hanya sesekali kita jumpai dalam bacaan maupun percakapan.

Pembaca level pemula mungkin menemukan kesulitan bila langsung membaca literature yang berat dengan tulisan yang banyak. Cari literatur yang bisa dinikmati dan dipahami bagaikan Anda belajar sebagai anak TK. Sehingga bahkan pemula sekalipun bisa mengerti karena penyajian dan pilihan katanya yang ringan.

Literatur berbahasa Inggris bisa menantang untuk dibaca. Jadi cari tema yang yang Anda sukai. Misalkan Anda pecinta musik maka cari literatur yang berkaitan dengan tema tersebut. Anda penggemar fashion atau animasi maka buku berbahasa Inggris dengan tema tersebut bisa jadi bacaan yang menarik walau dibuat dalam Bahasa Inggris. Jadikan kebiasaan membaca sebagai latihan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris.

Anda bisa memperkaya kosa kata baru, membaca dengan intonasi dan pengucapan yang benar dengan membaca nyaring. Selain itu Anda dapat mencoba untuk melakukan retelling atau menceritakan kembali. Pilih satu buku dan ceritakan kembali memakai kata-kata Anda sendiri. Hal ini akan melatih untuk mengingat kata, menggunakannya kembali atau mencari sinonim. Saat bercerita ulang, Anda memakai kosa kata baru yang dipelajari serta kosa kata yang lama. Jadi saat bercerita Anda melatih berbagai keahlian dalam waktu bersamaan.

  • Kamus Bahasa Inggris

Kamus adalah teman baik Anda saat ingin menguasai suatu Bahasa. Bukan hanya mempelajari namun benar-benar memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Karena berbeda dengan pelajaran seperti matematika atau sains. Bahasa bukan sesuatu yang bisa dipakai setelah dipelajari. Bahasa harus dipakai terlepas sering salah atau tidak.

Gunakan kamus sebagai panduan dalam belajar kata baru. Anda membaca kata baru yang Anda tidak tahu artinya, segera lihat kamus. Anda bisa melihat arti, contoh penggunaan dalam kalimat bahkan juga pengucapan. Kini ada berbagai jenis kamus elektronik yang bisa jadi pilihan untuk dibawa-bawa.

Ada kamus elektronik yang juga berfungsi seperti kalkulator. Anda cukup ketik suatu kata dan berbagai informasi mengenai kata tersebut akan muncul. Google Translate adalah pilihan lain yang bisa Anda gunakan bila memiliki koneksi internet yang stabil.

  • Menulis

Berbicara dan menulis adalah kemampuan aktif yang lebih sulit dilakukan dibandingkan membaca atau mendengarkan. Anda harus menghasilkan sesuatu yang merupakan paduan dari hasil memikiran, tata bahasa dan juga kosa kata. Kalau berbicara memerlukan lawan kata, menulis bisa jadi sesuatu yang Anda lakukan sendiri. Semakin sering maka akan semakin terasah.

Anda bisa menulis diary, jurnal bahkan blog. Setelah menulis Anda bisa membaca kembali dan mendeteksi apa saja yang salah. Bisa jadi penulisan memiliki banyak typo atau tata bahasa yang kurang tepat.

Intinya kebiasaan menulis dapat jadi latihan yang bisa dilakukan tanpa perlu bantuan orang lain. Kesulitan penguasaan Bahasa Inggris bukan terletak dari ketidak sempurnaan dalam memakainya namun lebih pada ketakutan untuk membuat kesalahan. Menulis bisa jadi cara paling ampuh untuk mengatasinya.

  • Latihan Dengan Cermin

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan sendiri dan evaluasi sendiri. Ingat bahwa Anda tidak perlu guru atau pengucapan atau penulisan yang sempurna untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Sering memakainya dalam kehidupan sehari-hari sudah cukup untuk mengembangkan rasa percaya diri dalam memakai Bahasa ini.

Anda juga bisa mengoreksi diri sendiri dari tiap kesalahan yang pernah Anda buat. Mungkin tidak semua kesalahan dapat terdeteksi dan diperbaiki. Namun latihan sendiri terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus kemampuan bahasanya.

Coba berbicara di depan cermin dan lihatlah ekspresi, pengucapan dan bagamaina cara Anda menyampaikan sesuatu. Bila ingin berbicara lebih leluasa coba merekam diri berbicara di depan cermin lalu baru melihat videonya dan koreksi diri sendiri.

  • Games

Anda pasti tahu kalau banyak sekali permainan yang memakai Bahasa Inggris. Anda bisa memilih beberapa permainan untuk dimainkan dan memperkaya kosa kata, mengenal berbagai ekspresi bahkan berinteraksi dengan pemain dari negara lain memakai Bahasa Inggris.

Kini games bukan hanya sebagai media pasif hanya untuk mendengar dan membaca saja. Ada games online yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar untuk berkomunikasi.

Hal ini tentu lebih mudah dilakukan terutama bila Anda adalah pemain gamer. Ada banyak jenis games yang tersedia, cukup sesuaikan dengan minat dan selera. Yang terpenting adalah memakainya sebagai media belajar dan memaksimalkan semua potensinya. Cara ini tentu sangat menarik untuk dilakukan karena Anda hampir tidak belajar namun lebih ke bersenang-senang.

  • Internet Sumber Gratis

Kini ada internet yang bisa jadi sumber informasi bagi Anda yang ingin belajar Bahasa Inggris. Keberadaannya dapat mempermudah melakukan latihan lainnya yang sudah dibahas di atas. Terutama bila Anda adalah seorang pemula yang ingin Belajar Bahasa Inggris, internet adalah tempat yang cocok untuk mulai belajar.

Ingin unduh lagu atau film? Internet bisa melakukannya. Sulit mencari perpustakaan atau toko buku? Banyak buku berbentuk digital yang dapat dibaca secara online atau diunduh. Terdapat beragam fungsi internet yang dapat membantu Anda menguasai Bahasa Inggris bila ingin melakukannya.

Lakukan latihan dengan media yang berbeda-beda. Anda bisa nonton youtube hari ini, membaca buku atau majalah dihari lain atau menulis blog di hari-hari berikutnya. Gunakan internet secara bijak dan jadikan sebagai media untuk jadi fasih dalam Bahasa Inggris.

  • Sosial Media

Orang tetap jadi lawan bicara yang efektif saat ingin belajar Bahasa Inggris. Walau sebagai pemula Anda dapat berkenalan dengan orang dari negara lain melalui sosial media. Pilih kelompok yang menarik perhatian Anda seperti memasak, pendidikan, musik atau pekerjaan. Kini ada Facebook Group, dan platform sosial media lainnya yang menjadi wadah untuk orang-orang dengan minat yang sama dapat berinteraksi. Bersosialisasilah selayaknya Anda berbicara dengan teman, hanya bedanya Anda kali ini memakai Bahasa Inggris.

Tidak perlu khawatir salah, ditertawakan atau hal negatif lainnya. Mereka adalah orang lain yang tidak Anda temui dalam kehidupan sehari-hari jadi kesalahan Anda bukanlah suatu hal yang memalukan bila Bahasa Inggris Anda tidak lancar atau masih level pemula. Bahkan bisa jadi pemicu untuk sama-sama mempelajari bahasa dan budaya yang berbeda.

Itulah beberapa cara mudah belajar Bahasa Inggris bagi pemula yang bisa dilakukan secara otodidak. Karena semakin kita sering menggunakannya maka Bahasa Inggris akan lebih mudah dikuasai. Jadikan Bahasa Inggris  bagian dalam kehidupan sehari-hari. Kalau diberlakukan layaknya Anda memakai Bahasa ibu seperti Bahasa Indonesia yang dipakai sehari-hari. Maka tidak butuh waktu lama untuk dapat menguasainya.

 

Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula 
Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri
Bagaimana Cara Mengekspresikan Perasaan dalam Bahasa Inggris?
10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
Memesan Makanan di Hotel via Telepon dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Marah dalam Bahasa Inggris
Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris (Thank You)
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris