sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Ngomong Inggris Layaknya Native (How to Speak English Like Native)

Siapa sih yang tidak ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan fasih dan lancar seperti native speakers (penutur asli)? Bahasa Inggris adalah bahasa internasional sehingga banyak orang yang ingin menguasainya. Sangat mungkin bagi kita untuk pandai berbicara dalam bahasa Inggris jika kita berlatih secara giat. Tidak hanya berlatih saja, kita juga bisa mencoba beberapa cara dan tip di bawah ini untuk bisa berbicara bahasa Inggris seperti native:

  • Tentukan aksen

Bahasa Inggris adalah bahasa yang dituturkan oleh lebih dari satu miliar orang di dunia ini. Orang-orang tersebut berasal dari negara dan budaya yang berbeda sehingga tidak heran jika bahasa Inggris memiliki banyak aksen. Dari banyaknya aksen ini, tiga aksen bahasa Inggris yang paling populer, yakni American English (Bahasa Inggris Amerika), British English (Bahasa Inggris Britania), dan Australian English (Bahasa Inggris Australia).

Sebelum kita belajar berbicara bahasa Inggris seperti native, kita harus menentukan aksen bahasa Inggris apa yang akan kita pelajari. Itu karena setiap aksen memiliki cara pelafalan dan kosakatanya masing-masing. Usahakan jangan mempelajari lebih dari satu aksen sekaligus karena hanya akan membingungkan. Jika kita ingin mempelajari lebih dari satu aksen, pelajarilah aksen lainnya setelah kita sudah menguasai aksen pertama yang kita pilih.

  • Dengarkan native berbicara

Apapun itu aksen bahasa Inggris yang kita pilih, kita harus mendengarkan native speaker berbicara untuk membiasakan diri kita dengan bahasa, aksen, intonasi, dan ritmenya. Ada berbagai cara untuk mendengarkan native speaker berbicara. Misalnya saja lewat radio atau TV. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan platform-platform internet gratis seperti Youtube, online podcast, audio book, dan sebagainya. Setelah mendengarkan, cobalah meniru cara para native berbicara.

  • Pelajari simbol fonetik bahasa Inggris

Bisa membaca simbol fonetik adalah keahlian yang sebaiknya kita miliki ketika kita sedang belajar berbicara seperti native. Itu karena simbol fonetik menunjukkan bagaimana cara melafalkan suatu kata tanpa harus mendengarkan native speaker mengucapkannya. Tidak hanya memberi tahu pelafalan saja, simbol fonetik juga memberi tahu letak penekanan (stress) pada suatu suku kata. Mengetahui letak penekanan ini sangat bisa membantu kita ketika melatih ritme.

  • Latihlah pelafalan dan ritme

Pelafalan adalah hal yang penting ketika kita belajar berbicara seperti native. Itu karena kesalahan pelafalan bisa menimbulkan miskomunikasi. Contohnya saja pelafalan kata “hit” dan “heat”. Sekilas kedua kata ini seperti diucapkan sama tetapi sebenarnya berbeda. Jika kita mengabaikan perbedaan ini, lawan bicara kita akan menangkap pesan berbeda dari yang kita maksud. Salah satu cara untuk melatih pelafalan adalah dengan mendengarkan kemudian meniru native speaker berbicara. Simbol fonetik juga bisa membantu untuk melatih pelafalan kita.

Ritme juga aspek yang tak kalah penting dari pelafalan. Jika pelafalan kita sudah sempurna tetapi ritme kita berantakan, kita akan terdengar canggung. Ritme sendiri adalah kapan kita harus menekankan kata dalam kalimat. Dengan kata lain, ritme berkaitan dengan kata apa yang harus ditekankan ketika kita berbicara. Ritme berhubungan dengan intonasi. Setiap aksen bahasa Inggris memiliki ritme dan intonasinya tersendiri. Itulah mengapa kita harus belajar satu aksen saja dalam sekali waktu agar tidak membingungkan. Untuk mempelajari ritme, kita bisa mendengarkan dan meniru native speaker berbicara.

  • Membaca nyaring dan merekam suara

Cara selanjutnya untuk membantu kita supaya bisa berbicara bahasa Inggris seperti native adalah dengan membaca teks secara nyaring. Kita boleh memilih teks apapun, baik itu novel, artikel, komik, dan sebagainya. Dengan membaca nyaring, kita melatih pelafalan, ritme, dan intonasi kita. Selagi membaca nyaring atau meniru cara native berbicara, cobalah untuk merekam suara kita. Hasil rekamannya bisa kita putar kembali untuk mencari tahu hal-hal apa yang harus kita perbaiki dan tingkatkan.

  • Berbicara pelan

Tentunya kita ingin bisa berbicara secepat native. Namun, karena kita masih belajar, cobalah untuk berbicara pelan terlebih dahulu. Sebaiknya kita jangan mengkhawatirkan kecepatan berbicara kita. Fokuslah dahulu pada pelafalan, ritme, dan intonasi. Faktanya, para public speakers (pembicara di depan umum) yang handal berbicara pelan. Karena dengan berbicara pelan, pesan yang ingin disampaikan lebih mudah diterima oleh lawan bicara. Jika kita tetap ingin berbicara cepat, kita bisa melakukannya setelah pelafalan, ritme, dan intonasi bahasa Inggris kita dirasa sudah baik.

  • Gunakan idiom dan slang

Native speakers sering menggunakan idiom dan slang (bahasa gaul) dalam kehidupan sehari-hari mereka. Untuk itu, dengan mempelajari dan menggunakan idiom dan slang, bahasa Inggris kita akan terdengar lebih alami dan seperti native.

Beberapa contoh idiom, yakni “piece of cake” (sangat mudah), “hang in there” (jangan menyerah), “hit the sack” (pergi tidur), “under the weather” (sakit), “once in a blue moon” (sangat jarang), dan sebagainya.

Beberapa contoh slang, yakni “no biggie” (tidak masalah), “shady” (mencurigakan), “sick” (keren), “I’m beat” (aku sangat lelah), “chill out” (rileks), dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua idiom bisa digunakan dalam semua situasi. Ada beberapa yang hanya bisa digunakan dalam situasi formal atau informal saja. Sedangkan untuk slang, semua slang bersifat tidak formal sehingga sebaiknya kita tidak menggunakannya dalam situasi formal.

  • Berlatihlah

Untuk bisa berbicara seperti native tidak bisa diwujudkan dalam sekejap. Dibutuhkan komitmen dan ketekunan untuk mewujudkannya. Berlatihlah dengan giat agar impian kita cepat diraih. Kita tidak perlu berlatih cera intens. Cukup latihan 10 sampai 30 menit perhari asalkan dilakukan secara teratur akan memberikan hasil yang berarti. Selamat berlatih!

 

Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Cara Terbaik Mempersiapkan IELTS
Cara Membuat Application Letter
Cara Memperkenalkan Teman Kepada Orang Lain Dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Mengatakan Hal Buruk dengan Cara yang Baik?
Cara Meminta Maaf (How to Apologize)
Cara Menunda Pertemuan (How to Ask Politely to Postpone a Meeting)
Bagaimana Cara Mengemukakan Pendapat / Expressing Opinion?
Cara Merespon Pujian Teman Kerja
Cara Ngomong Inggris Layaknya Native (How to Speak English Like Native)