sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan

Sebencinya kita kepada pekerjaan, atasan, dan perusahaan kita, kita semua pasti ingin keluar dari pekerjaan kita secara baik-baik. Apa saja yang harus dilakukan untuk mengundurkan diri (resign) dengan baik dan sopan? Mari kita lihat pembahasannya di bawah ini:

Ada beberapa langkah untuk mengundurkan diri dari pekerjaansecara baik-baik. Langkah-langkah tersebut adalah:

  • Memastikan keputusan dengan matang
  • Berbicara dengan atasan secara langsung
  • Menyerahkan surat pengunduran diri
  • Mengembalikan barang-barang kantor
  • Berpamitan
  • Menjaga hubungan dengan atasan dan rekan kerja

Mari kita lihat penjelasan masing-masing poin melalui tulisan berikut ini:

  • Memastikan Keputusan dengan Matang

Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum keluar dari pekerjaan kita adalah pastikan bahwa keputusan untuk mengundurkan diri tersebut sudah diputuskan dengan matang. Pikirkanlah situasi finansial kita dan apa yang akan kita lakukan selanjutnya setelah mengundurkan diri. Jangan sampai keputusan pengunduran diri ini mendatangkan penyesalan karena kita tidak memikirkannya dengan hati-hati.

  • Berbicara dengan Atasan Secara Langsung

Alangkah baiknya atasan kita adalah orang pertama yang mengetahui rencana resign kita. Memberi tahu atasan kita perihal rencana resign kita bisa memberikan waktu baginya untuk mencari karyawan baru pengganti kita. Selain itu, atasan kita juga bisa mempunyai waktu yang cukup untuk menyesuaikan pekerjaan atau projeknya ketika kita pergi. Jangan sampai atasan mendengar keinginan resign kita dari orang lain karena itu bisa membuatnya merasa tidak dihargai secara profesional.

Usahakan jangan memberi tahu rencana ini kepada atasan kita setelah rapat atau dalam percakapan profesional lainnya. Jadwalkanlah pertemuan khusus dengan atasan kita untuk membicarakan rencana resign kita.

Untuk menyampaikan rencana pengunduran diri, kita bisa meminta atasan kita untuk bertemu dengan kita langsung melalui surel (email) atau chat. Berikut adalah contohnya:

    • “Good morning, sir/ madam/ your boss’ name. Could we talk for 15 minutes this afternoon? I would like to speak with you in private.” (Selamat pagi, Pak/ Bu/ nama atasan kita. Bisakah kita berbicara selama 15 menit siang ini? Saya ingin berbicara dengan Anda secara privat)
    • “Sorry to bother you. However, I would very much appreciate it if you give me some of your time this afternoon. I need to speak with you in private.” (Maaf telah menggangu Anda. Akan tetapi, saya akan menghargai sekali apabila Anda meluangkan waktu Anda siang ini untuk saya. Saya ingin berbicara dengan Anda secara privat)
    • “Hi, (your boss’ name). I know that you are super busy right now. However, I need to speak with you in private. I promise I will not take more than 15 minutes.” (Hai, [nama atasan kita]. Saya tahu Anda sangat sibuk saat ini. Namun, saya ingin berbicara secara privat dengan Anda. Saya janji tidak akan lebih dari 15 menit)
  • Menyerahkan Surat Pengunduran Diri

Siapkanlah surat pengunduran diri (resignation letter) ketika kita ingin keluar dari pekerjaan kita. Kita bisa menyerahkan surat ini saat atau setelah kita membicarakan tentang rencana pengunduran diri kita dengan atasan kita.

Buatlah surat pengunduran diri sesederhana mungkin. Meskipun demikian, tetaplah menjaga sikap profesionalitas di dalam suratnya. Walaupun kita tahu bahwa kita tidak akan bekerja di perusahaan itu lagi, jangan biarkan suratnya menjadi wadah kita untuk mengeluarkan amarah atau rasa frustasi kita. Bahasa yang digunakan harus tetap sopan dan profesional.

Di dalam surat pengunduran diri, kita disarankan untuk menuliskan notice. Notice adalah tenggat waktu seorang karyawan akan bekerja seperti biasa sebelum dia benar-benar keluar. Notice berfungsi untuk memberikan waktu kepada karyawan untuk membereskan urusannya yang tersisa di kantor (misal: membereskan meja kantor, mentrasfer file, dll) dan untuk memberikan waktu kepada atasan untuk mencari pengganti karyawan tersebut.

Wajarnya waktu notice adalah 2 minggu setelah penyerahan surat pengunduran sendiri. Walaupun demikian, setiap perusahaan mempunyai kebijakan notice-nya masing-masing.

Di bawah ini adalah beberapa contoh surat resign dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya:

Contoh 1

Dear Mr. Parker,

Please accept this letter as a formal notice that I am resigning from my job here as Data Analyst two weeks from today’s date.

Thank you so much for the opportunity and the support you have provided me for the past four years. I have greatly enjoyed and appreciated the experience I have had while working with you and the team.

Please let me know if I can help you during this transition. I wish you all the best and look forward to staying in touch.

Sincerely,

Andy

Terjemahan:

Yth Pak Parker,

Surat ini adalah pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari pekerjaan saya di sini sebagai Analis Data dua minggu dari sekarang.

Terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah Anda berikan kepada saya selama empat tahun terakhir ini. Saya benar-benar menikmati dan menghargai pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja dengan Anda dan tim.

Tolong beri tahu saya jika saya bisa membantu Anda dalam masa transisi ini. Saya doakan yang terbaik untuk Anda dan saya tidak sabar untuk tetap berhubungan dengan Anda.

Salam hormat,

Andy

Contoh 2

Dear Mr. Parker,

I am writing to give my formal notification that I will be resigning from my position as Data Analyst at ABC Company. My last day of employment will be Thursday, May 28th 2020.

I appreciate the opportunities to work in this position. It has been a pleasure to work with you and the team over the last four years. I am so lucky to have started my career with such a dedicated team, and I will miss you all.

If I can do anything to help you during this transition, please let me know. I am willing to help out in finding and training my replacement. I wish you and your staffs all the best. I hope that we can stay in touch in the future.

Sincerely,

Andy

Terjemahan:

Yth. Pak Parker,

Saya menulis surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya akan mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Analis Data di Perusahaan ABC. Hari terakhir kerja saya adalah Kamis, 28 Mei 2020.

Saya menghargai kesempatan untuk bekerja di posisi ini. Sungguh menyenangkan bekerja dengan Anda dan tim dalam empat tahun terakhir ini. Saya sangat beruntung memulai karir saya dengan tim yang berdedikasi tinggi, dan saya akan merindukan kalian semua.

Apabila saya bisa membantu Anda dalam masa transisi ini, tolong beri tahu saya. Saya bersedia membantu untuk mencari dan melatih pengganti saya. Saya doakan yang terbaik untuk Anda dan karyawan Anda. Semoga kita bisa tetap berhubungan di masa depan.

Salam hormat,

Andy

Contoh 3

Dear Mr. Parker,

Please accept this letter as my formal resignation from my position as Data Analyst. My last day with ACB Company will be May 28th 2020, two weeks from today.

Thank you for all your support, guidance, and insight during my time here. I deeply appreciate the opportunities for professional development that you have given me over the course of the last four years. It has been a sincere pleasure working with you and the team, and I hope our paths will cross again in the future.

If you need help during this transition, I am happy to be of any assistance so that the project can continue to run smoothly after my departure. You can call me anytime at andy@email.com or at 0987654321.

Sincerely,

Andy

Terjemahan:

Yth Pak Parker,

Surat ini adalah pengunduran resmi saya dari posisi saya sebagai Analis Data. Hari terakhir saya bersama Perusahaan ABC adalah 28 Mei 2020, dua minggu dari hari ini.

Terima kasih atas dukungan, bimbingan, dan masukan Anda selama saya di sini. Saya sangat menghargai kesempatan pengembangan profesional yang Anda berikan kepada saya selama empat tahun terakhir ini. Sungguh menyenangkan bekerja bersama Anda dan tim, dan saya harap jalan kita akan bersinggungan lagi di masa depan.

Apabila Anda butuh bantuan dalam masa transisi ini, saya akan senang membantu Anda sehingga proyeknya dapat terus berlangsung dengan lancar setelah kepergian saya. Anda dapat menghubungi saya kapan saja di andy@email.com atau 0987654321.

Salam hormat,

Andy

  • Mengembalikan Barang-Barang Kantor

Sebelum kita benar-benar meninggalkan tempat kerja kita, kita harus mengembalikan barang-barang atau properti kantor yang kita gunakan selama kita menjadi karyawan di sana. Ini memang terdengar hal yang sepele, namun bisa menimbulkan masalah di kemudian hari apabila kita lupa untuk mengembalikan satu barang pun. Untuk itu, pastikanlah kita sudah mengembalikan semua barang kantor sebelum pergi.

  • Berpamitan

Jangan lupa untuk berpamitan kepada rekan kerja kita sebelum kita pergi agar menimbulkan kesan positif. Kita juga bisa mengirimkan mereka ucapan terima kasih (thank you note). Ucapan terima kasih ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk bisa tetap berhubungan dengan mereka setelah kita bukan lagi menjadi rekan kerja mereka.

Berikut adalah contoh thank you note:

Dear Colleagues,

As you may know, today is my last day at ABC Company. I just wanted to let you know how much I have enjoyed my time here and what a pleasure it was working with you all. Thank you for your support, guidance, patience, and friendship you have given me over the past four years. I am so lucky to have met amazing people like all of you, and I will definitely miss you.

Again, thanks for everything.  I wish you all the best. Please keep in touch!

Sincerely,

Andy

Terjemahan:

Kepada Rekan-Rekan,

Seperti yang mungkin kalian tahu, hari ini adalah hari terakhir saya di Perusahaan ABC. Saya hanya ingin kalian tahu betapa saya menikmati waktu saya di sini dan betapa menyenangkannya bekerja bersama kalian semua. Terima kasih atas dukungan, bimbingan, kesabaran, dan persahabatan yang telah kalian berikan kepada saya selama empat tahun terkahir ini. Saya sangat beruntung telah bertemu dengan orang-orang luar biasa seperti kalian semua, dan saya benar-benar akan merindukan kalian.

Sekali lagi, terima kasih atas segalanya. Saya doakan yang terbaik untuk kalian. Tolong tetap saling mengabari!

Salam hormat,

Andy

  • Menjaga Hubungan dengan Atasan dan Rekan Kerja

Hal terakhir namun tidak kalah penting ketika kita mengundurkan diri dari pekerjaan kita adalah tetap menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja kita. Walaupun sudah tidak bekerja dalam satu perusahaan lagi, hubungan kita dengan mereka harus tetap jalan. Hubungan ini nantinya akan bermanfaat dikemudian hari.

Demikianlah cara resign dari pekerjaan dengan baik dan sopan. Semoga artikel ini bisa membantu kita semua dalam mempersiapkan resign kita.

 

Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Contoh Surat Bahasa Inggris untuk Teman di Luar Kota
Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Menanyakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Mengatakan Hal Buruk dengan Cara yang Baik?
Contoh Surat Sakit Dalam Bahasa Inggris
Kalimat / Frasa dalam Tulisan Akademik Dalam Bahasa Inggris
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan di Academic Writing
Kumpulan Quotes Bahasa Inggris Bertema Alam (Nature)