sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Biodata Diri Dalam Bahasa Inggris

Sebagai seorang individu, Anda pasti akan harus membuat biodata baik untuk keperluan profesional maupun keperluan pendidikan. Dalam sejumlah pendaftaran, Anda kemungkinan harus mengisi biodata yang diminta. Penting untuk Anda mengerti seperti apa biasanya biodata dalam bahasa Inggris juga mengingat banyak institusi yang menggunakan bahasa Inggris saat ini. Penting juga untuk mengetahui informasi apa saja yang biasanya diminta dan mengapa informasi tersebut penting untuk diketahui.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai biodata diri dalam bahasa Inggris beserta contoh-contohnya.

Apa Itu Biodata?

Biodata biasanya mencakup berbagai macam informasi faktual mengenai seorang individu. Beberapa data penting mengenai seseorang biasanya melingkupi nama, umur, warna kulit, tinggi, keahlian, hobi, serta alamat. Seringkali, aspek-aspek tersebut berperan untuk mengevaluasi atau menilai seorang individu. Namun pada umumnya, biodata digunakan untuk membuat profil-profil dari tiap individu yang serupa.

Contoh Umum Biodata

Contoh biodata biasanya termasuk nama, umur, informasi kontak, tanggal lahir, alamat rumah, ras, keahlian, hobi, golongan darah, dan kontak darurat. Akan tetapi, contoh biodata biasanya memiliki kategori masing-masing dan tidak selalu sama. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing kategori yang biasanya muncul dalam biodata pada umumnya.

  1. Name (Nama)

Nama biasanya menjadi hal yang paling pertama muncul dan paling penting dalam sebuah biodata. Karena biodata biasanya merupakan profil seorang individu, maka penting agar data yang di dalamnya terlihat jelas milik individu yang mana. Inilah mengapa Anda harus memberikan nama ketika mengisi biodata.

  1. Date of Birth (Tanggal Lahir)

Karena biodata biasanya merupakan profil seseorang, maka penting untuk memberikan tanggal lahir Anda juga. Dalam beberapa jenis biodata lainnya, biasanya yang digunakan juga merupakan umur Anda. Lalu dalam beberapa jenis lainnya, tempat lahir Anda juga akan diperlukan.

  1. Contact Number / Email (Nomor Kontak / Surat Elektronik)

Memberikan nomor kontak atau email Anda penting untuk dilakukan agar pihak yang meminta biodata dapat menghubungi Anda lagi selanjutnya. Ada kemungkinan mereka akan perlu menghubungi Anda terutama jika biodata yang diberikan bersangkutan dengan pelamaran suatu pekerjaan.

  1. State of Residence (Provinsi tempat tinggal)

Provinsi yang sedang Anda tempati saat ini juga penting agar profil Anda bisa dengan jelas menunjukkan keberadaan Anda saat ini. Terutama ketika informasi lokasi sang individu menjadi hal yang penting dalam proses evaluasinya.

  1. Address (Alamat)

Beberapa organisasi atau perusahaan mungkin mengharuskan Anda untuk memberikan alamat lengkap tempat tinggal Anda saat ini juga untuk mengisi biodata. Akan tetapi, tidak terlalu sering ada biodata yang meminta informasi serinci ini.

  1. Next of Kin / Emergency Contact (Saudara terdekat / Kontak darurat)

Informasi ini juga sangat penting agar pihak yang memerlukan data Anda bisa menghubungi orang lain yang mengenal Anda jika sedang dalam keadaan darurat.

  1. Skills (Keahlian)

Informasi ini seringnya diminta ketika Anda mengisi biodata untuk pekerjaan. Perusahaan biasanya ingin mengetahui keahlian apa yang Anda miliki yang bisa digunakan dalam pekerjaan Anda.

  1. Interest & Hobbies (Ketertarikan & Hobi)

Bagian ini cukup sering muncul dalam berbagai macam biodata. Informasi ini akan membantu pembuatan profil sang individu yang diminta. Informasi ini juga bisa menjadi penilaian yang baik mengenai pengalaman dan sifat orang tersebut jika kedua hal tersebut perlu dinilai.

  1. Disability (Disabilitas)

Jika Anda mengisi biodata untuk kepentingan pendidikan atau pekerjaan, Anda mungkin harus memberikan informasi mengenai masalah fisik yang Anda miliki. Hal ini dapat membantu institusi pendidikan atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang Anda miliki.

  1. Marital Status (Status Perkawinan)

Anda mungkin juga harus memberikan informasi mengenai status perkawinan. Sama seperti aspek lainnya, aspek ini berguna untuk membuat profil Anda lebih akurat.

  1. Religion (Agama)

Dalam biodata, Anda mungkin akan diminta untuk memberikan informasi mengenai agama atau kepercayaan yang Anda pegang. Pastikan bahwa jawaban yang Anda berikan sesuai dengan yang tertera di kartu identitas yang Anda miliki.

  1. Height (Tinggi)

Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan Anda untuk memiliki spesifikasi tertentu dalam hal tinggi badan. Oleh karena itu, ada kemungkinan Anda perlu menyediakan informasi ini.

  1. Race (Ras)

Dalam masyarakat multirasial, Anda mungkin akan harus mengindikasikan latar belakang ras Anda sebagai bagian dari informasi pribadi dalam biodata.

  1. Blood Group (Golongan darah)

Bagian satu ini sangat umum untuk diminta, terutama dalam biodata pribadi. Baik untuk keperluan kesehatan ataupun keperluan perusahaan, golongan darah sangat penting untuk dimasukkan ke dalam profil Anda.

Setelah mengetahui aspek-aspek yang umumnya muncul dalam biodata, mari kita lihat contoh biodata umum dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Name: John Kowalski (Nama: John Kowalski)

Date of Birth: 8th June 1990 (Tanggal lahir: 8 Juni 1990)

Contact Number / Email : +62 812 556 7715 / john.kowalski@mail.com (Nomor Kontak / Email: +62 812 556 7715 / john.kowalski@mail.com)

State of Residence: West Java (Provinsi tempat tinggal: Jawa Barat)

Address: Kukusan Street Number 10, Depok City (Alamat: Jalan Kukusan Nomor 10, Kota Depok)

Next of Kin / Emergency Contact: Tamara Kowalski +62 882 171 7128 (Sister) (Saudara terdekat / Kontak darurat: Tamara Kowalski +62 882 171 7128 (Kakak perempuan)

Skills: Photography (Keahlian: Fotografi)

Interest & Hobbies: Painting and watching movies (Ketertarikan & Hobi: Melukis dan menonton film)

Disability: None (Disabilitas: Tidak ada)

Marital Status: Single (Status Perkawinan: Lajang)

Religion: Christian (Agama: Kristen)

Height: 178 cm (Tinggi: 178 cm)

Race: Asian (Ras: Asia)

Blood Group: O+ (Golongan Darah: O+)

Apa yang Tidak Termasuk Biodata?

Biodata memang dibuat untuk menggambarkan profil individu serinci mungkin dan sejelas mungkin. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang tidak termasuk ke dalam biodata yang harus Anda perhatikan baik-baik karena rawan terkena kasus penipuan.

Informasi akun pribadi seperti bank account (akun bank) atau social media accounts (akun media sosial) tidak perlu ada di dalam biodata. Kemudian, password (kata sandi) juga tidak perlu ada di dalam biodata. Kata sandi justru hanya boleh diketahui oleh Anda sendiri agar tidak terkena penipuan.

Jenis-Jenis Biodata

Secara garis luas, terdapat 4 jenis biodata yang sering digunakan sesuai dengan konteksnya masing-masing. Keempat jenis biodata tersebut termasuk biodata pribadi, biodata pendidikan, biodata pekerjaan, dan biodata medis. Masing-masing jenis biodata memiliki kegunaannya masing-masing seperti yang bisa Anda pelajari dalam penjelasan mendalam berikut ini.

  1. Biodata Pribadi

Biodata pribadi biasanya memiliki berbagai macam rincian pribadi dan informasi mengenai seorang individu. Informasi-informasi ini menjadi kunci untuk membuat profil seseorang tersebut. Biasanya Anda akan dimintai biodata pribadi setelah mendaftar sesuatu.

Beberapa organisasi mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi mengenai kesehatan Anda sebagai bagian dari biodata pribadi. Biasanya aspek yang ditanyakan termasuk golongan darah dan status disabilitas.

Biodata pribadi juga biasanya berisikan informasi mengenai keluarga Anda seperti nama orang tua, pekerjaan orang tua, dan alamat mereka. Setiap informasi yang diminta dalam biodata pribadi biasanya berbeda-beda tergantung dengan organisasi atau institusi yang memintanya. Akan tetapi, secara umum biodata pribadi meminta data-data seperti contoh di bawah ini.

Name: Felicity Jones (Nama: Felicity Jones)

Age: 20 years (Umur: 20 tahun)

Date of birth: 25th July 2000 (Tanggal lahir: 25 Juli 2000)

Gender: Female (Jenis kelamin: Perempuan)

Contact Information: +4 662 1514 (Informasi Kontak: +4 662 1514)

Height: 170 cm (Tinggi: 170 cm)

Occupation: Student (Pekerjaan: Pelajar)

Weight: 50 kg (Berat: 50 kg)

Marital Status: Single (Status Perkawinan: Lajang)

Religion: Hindu (Agama: Hindu)

State of Residence: Melbourne (Provinsi tempat tinggal: Melbourne)

  1. Biodata Kerja

Biodata yang digunakan untuk urusan pekerjaan biasanya berisikan dengan informasi yang berhubungan dengan kompetensi profesional serta keahlian seseorang. Biasanya biodata kerja menyorot pengalaman profesional seseorang yang berhubungan dengan peran pekerjaan tertentu.

Beberapa organisasi atau perusahaan mengharuskan kandidat yang melamar pekerjaan untuk memberikan biodata kerja yang menyorot keahlian mereka. Terkadang, biodata kerja dapat menggantikan CV atau resume dalam melamar kerja. Biodata kerja biasanya memiliki aspek pribadi ditambah informasi lainnya. Ketika Anda membuat biodata kerja, Anda mungkin harus memulai dengan rangkuman profesional. Sebagai contohnya, berikut ini adalah sebuah biodata kerja dalam bahasa Inggris.

I am a passionate professional with four years experience in the writing industry who is trying to further develop myself in many areas. (Saya adalah seorang profesional yang bergairah dengan empat tahun pengalaman di industri penulisan yang sedang berusaha untuk mengembangkan diri saya di banyak area)

Name: Jonathan Groff (Nama: Jonathan Groff)

Contact Information: jon.groff@mail.comĀ  (Informasi kontak: jon.groff@mail.com)

Educational background: University of Indonesia, Communication Undergraduate (Latar belakang pendidikan: Universitas Indonesia, Sarjana Komunikasi)

Work history: Content Writer for KitaDapat (2016-2018) and SEO Writer for 987co (2018-2020) (Riwayat Bekerja: Penulis Konten untuk KitaDapat (2016 – 2018) dan Penulis SEO untuk 987co (2018 – 2020))

Skills: Microsoft Word, Google Analytics (Keahlian: Microsoft Word, Google Analytics)

Interests: Lifestyle content, movie industry, and cultural studies (Ketertarikan: Konten gaya hidup, industri perfilman, dan kajian budaya)

Certifications: TOEFL, IELTS, and SEO Course from Google (Sertifikat: TOEFL, IELTS, dan Kursus SEO dari Google)

  1. Biodata Medis

Biodata medis merujuk pada informasi medis mengenai seseorang. Biodata medis biasanya diperlukan sebagai bagian dari kriteria pendaftaran pendidikan atau pelamaran kerja. Banyak institusi pendidikan yang memerlukan kandidatnya untuk memberikan biodata medis sebelum dapat diterima.

Biodata medis juga terkadang diminta di tempat kerja. Perusahaan harus mengetahui kesehatan pegawainya agar dapat menyediakan lingkungan kerja yang tepat untuk mereka. Sangat penting untuk Anda memberikan informasi yang akurat dalam biodata medis agar tidak terjadi kesalahan fatal di kedepannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh biodata medis dalam bahasa Inggris.

Name: Jane Doe (Nama: Jane Doe)

Blood Group: AB+ (Golongan Darah: AB+)

Disability: Autism (Disabilitas: Autisme)

Allergies: None (Alergi: Tidak ada)

Other Health Conditions: Asthma (Kondisi kesehatan lainnya: Asma)

  1. Biodata Pendidikan

Biodata pendidikan merujuk pada informasi mengenai pendidikan seseorang. Biodata ini membuat profil kualifikasi seorang individu berdasarkan latar belakang pendidikannya. Terdapat dua jenis biodata pendidikan yaitu biodata murid dan biodata guru.

Biodata murid merujuk pada informasi mengenai murid. Biodata ini memperlihatkan tingkat pendidikan sang murid yang biasanya harus disediakan sebelum mendaftarkan diri ke institusi pendidikan di jenjang selanjutnya. Sekolah juga mungkin akan meminta murid untuk memberikan biodata mereka untuk dokumentasi. Sebagai contohnya, berikut ini adalah biodata pendidikan murid dalam bahasa Inggris.

Name: Angel Jolie (Nama: Angel Jolie)

Age: 22 years old (Umur: 22 tahun)

Highest level of education: Undergraduate (Tingkat pendidikan terakhir: Sarjana)

Grades: 3.5 out of 4.0 GPA (Nilai: IPK 3.5 dari 4.0)

Department: Philosophy (Jurusan: Filsafat)

Faculty: Humanities (Fakultas: Ilmu Budaya)

Biodata pendidikan guru biasanya berisikan informasi mengenai kualifikasi pendidikan dan pengalaman seseorang. Biodata ini biasanya diminta pada proses lamaran kerja. Sebagai contohnya, jika Anda melamar untuk menjadi guru SMA, Anda akan diminta untuk membuat biodata berisikan pengalaman pendidikan Anda. Sebagai contohnya, berikut ini adalah biodata pendidikan guru dalam bahasa Inggris.

Name: Josh Horowitz (Nama: Josh Horowitz)

Educational qualification: Master degree in History Education (Kualifikasi pendidikan: Gelar Master untuk Pendidikan Sejarah)

Awards: Best History Teacher in Provincial Level (Penghargaan: Guru Sejarah Terbaik dalam Tingkat Provinsi)

Work experience: History teacher in International Jaya High School (Pengalaman kerja: Guru sejarah di Sekolah Menengah Ke Atas Internasional Jaya)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai biodata diri dalam bahasa Inggris. Ternyata terdapat banyak sekali jenis biodata yang sering digunakan dan diminta baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan. Biodata sangat sering ditemukan di kegiatan sehari-hari sehingga penting untuk Anda ketahui apa saja yang harus Anda masukkan ke dalamnya.

Jangan sampai Anda salah mengisi informasi biodata karena salah mengerti data apa yang diminta. Cara terbaik untuk menguasai bahasa Inggris dalam hal ini adalah dengan berlatih membuat biodata diri sendiri secara giat. Semoga dapat berguna dalam memperbaiki keahlian bahasa Inggris Anda ke depannya.

 

Contoh Dialog tentang Menawarkan Jasa (Offering Service) dalam Bahasa Inggris
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Time Expression / Ekspresi Waktu Beserta Contohnya
Contoh Menulis Surat Cinta Kepada Pacar Lewat Surat Pos
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Contoh Diary dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Apologizing
Contoh-contoh Antonim dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Thanking