sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Cause Effect & Penjelasannya – Part 2

Ada banyak sekali struktur penulisan dalam kaidah berbahasa. Mengenali struktur dalam suatu bacaan, atau bahkan kalimat, merupakan hal yang penting baik bagi pembaca maupun penulis karena struktur tersebut dapat membantu mereka untuk mengenali genre tulisan yang digunakan.

Alasan lain mengapa mengenali struktur dalam bacaan merupakan hal yang penting adalah karena hal tersebut juga dapat membantu pembaca mengenali letak informasi dalam bacaan, sehingga mereka akan lebih mudah untuk memprediksi inti bacaan dan memahami apa yang penulis coba paparkan melalui tulisan tersebut.

Struktur penulisan yang lazim kita kenal antara lain adalah compare and contrast (perbandingan dan perbedaan), description and classification (deskripsi dan klasifikasi), serta yang sering kita temui adalah cause effect (sebab akibat).

Dalam kesempatan kali ini, kami akan memaparkan tentang struktur cause effect atau sebab akibat, bagaimana cara mengenalinya dalam suatu tulisan, beserta contohnya.

CAUSE adalah penyebab, atau kejadian yang memuncul hal lain. Untuk mengenali cause dalam suatu bacaan, Anda bisa bertanya pada diri sendiri saat membacanya, “Why did this happen?” (Mengapa hal ini terjadi?”) Jawaban dari hal tersebut adalah penyebab kejadian atau cause.

EFFECT adalah akibat, atau hasil yang diperoleh dari suatu kejadian. Untuk mengenali effect dalam suatu bacaan, Anda bisa menanyakan, “What happened?” (Apa yang terjadi?)

Untuk mengenali cause dengan mudah dalam suatu bacaan, Anda dapat mencari fitur yang ada dalam teks yang berupa kata sinyal, umumnya berupa: because, since, as a result of, unless, dan for this reason. Sedangkan untuk mengenali effect, Anda dapat mencari kata-kata sinyal berupa: so, therefore, in order to, thus, consequently, so that, this led to, dll.

Single Event

Perhatikan contoh berikut ini:

1. Her skin got tanned and burned because she was sunbathing.

  • Saat Anda bertanya apa yang terjadi, maka jawabannya adalah, “Her skin got tanned and burned.” (Kulitnya menggelap dan terbakar). Inilah yang disebut dengan effect atau akibat.
  • Saat Anda bertanya mengapa hal itu bisa terjadi, maka jawabannya adalah, “She was sunbathing.” (Dia sedang berjemur). Inilah yang merupakan cause atau penyebab kulitnya menggelap dan terbakar.

2. Since I skipped breakfast this morning, I felt lightheaded the whole day in the class.

  • Saat Anda bertanya apa yang terjadi, maka jawabannya adalah, “I feel lightheaded the whole day in the class.” (Aku merasa pusing sepanjang hari di sekolah). Inilah yang disebut dengan effect atau akibat.
  • Saat Anda bertanya mengapa hal itu bisa terjadi, maka jawabannya adalah, “Because I skipped breakfast this morning.” (Karena aku tidak sarapan pagi ini). Inilah yang merupakan cause atau penyebab pusing kepalanya.

Saat hanya ada satu cause dan effect dalam bacaan, seperti beberapa contoh di atas, maka hal ini disebut dengan single event.

Chain Reaction

Sedangkan bentuk cause effect lainnya adalah chain reaction atau reaksi berantai. Hal ini terjadi saat suatu cause menyebabkan suatu efek dan efek tersebut berubah menjadi cause dan menyebabkan effect lain, atau singkatnya satu hal berimbas pada hal lainnya. Perhatikan contoh berikut ini:

1. Sarah forgot to fill up her gas tank. When she drove home from work, she ran out of gas. So Sarah had to push her car until she found the nearest gas station.

  • Penyebab atau cause utama dalam bacaan ini adalah, “Sarah forgot to fill up her gas tank.” (Sarah lupa mengisi tangki bensinnya).
  • Cause tersebut menyebabkan effect berupa, “She ran out of gas when she drove home from work.” (Dia kehabisan bensin saat menyetir sepulang kerja).
  • Effect tersebut berubah menjadi cause baru dan menyebabkan effect baru, yakni, “Sarah had to push her car until she found the nearest gas station.” (Sarah harus mendorong mobilnya hingga menemukan pombensin terdekat).

2. Jessica has been studying really hard since the beginning of her college years, she got mostly A on her report card, and graduated with honor. It makes her parents so proud, they gift her a three-day trip to Bali after the graduation ceremony.

  • Penyebab atau cause utama dalam bacaan ini adalah, “Jessica has been studying really hard since the beginning of her college years.” (Jessica sudah belajar amat keras sejak awal dia masuk kuliah).
  • Cause tersebut menyebabkan effect berupa, “She got mostly A on her report card and graduated with honor.” (Dia mendapat mayoritas nilai A di transkripnya dan lulus dengan pujian).
  • Effect tersebut berubah menjadi cause dan menyebabkan effect baru, yakni, “Her parents are so proud, they gift her a three-day trip to Bali after the graduation ceremony.” (Orangtuanya amat bangga, mereka menghadiahi Sarah liburan tiga hari ke Bali setelah upacara wisuda).

Bentuk cause effect yang terakhir adalah branching tree, yakni saat beberapa causes yang terjadi pada waktu bersamaan atau di lain waktu menyebabkan atau berkontribusi pada satu effect. Perhatikan contoh di bawah ini:

Sandra went home very late last night after taking her father to the emergency room for diarhea. She woke up late this morning but decided to attend the class anyway. Not far from her house, her tyre got flat, so she had to patch it. When she’s back on the road, the traffic was surprisingly jammed unlike the usual and she’s trapped. That’s why she was 50 minutes late to the class this morning.

Dari bacaan di atas, kesimpulannya ada pada akhir paragraf, yakni, “Sandra was 50 minutes late to the class this morning.” (Sarah terlambat 50 menit ke kelas pagi ini.)

Hal tersebut merupakan efek dari beberapa hal yang telah dipaparkan di sepanjang paragraf, antara lain:

  • Sandra went home very late, therefore she went to bed very late, and woke up very late the next morning (Sandra pulang amat larut, sehingga ia terlambat tidur, dan terlambat bangun keesokan paginya).
  • Her tyre got flat and needed to be patched (Bannya kempes sehingga harus ditambal).
  • The traffic was surprisingly jammed (Jalanan macet, tidak seperti biasanya).

Ketiga poin di atas merupakan cause yang terjadi secara berkelanjutan, tetapi tidak menyebabkan efek satu sama lain (berbeda dengan chain reaction). Ketiganya merupakan hal-hal yang menyebabkan atau berkontribusi terhadap keterlambatan Sandra masuk kelas.

Demikianlah perihal mengenai cause effect dalam struktur bacaan bahasa Inggris yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

–> penjelasan lain cause effect

 

Apa itu Cause Effect?
Generic Structure & Contoh Narrative Text
Generic Structure & Contoh Recount Text
Generic Structure dan Contoh Descriptive Text
Perbedaan: Affect vs Effect
Contoh Cause Effect & Penjelasannya – Part 2


 
Contoh Penggunaan Excuse Me, Pardon, & Please
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Arti dan Contoh Ironi (Irony) dalam Bahasa Inggris
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)
Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)
Apa itu Memo? Berikut Contoh Memo Bahasa Inggris
Contoh “Reference Letter” MENCARI KERJA
Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris