sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Interview Kerja di Hotel Dalam Bahasa Inggris

Apakah Anda berniat untuk bekerja di bidang perhotelan? Jika iya, Anda sudah pasti harus bisa menguasai setidaknya satu bahasa asing. Dari segala macam bahasa asing yang digunakan di dunia, bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang paling sering dan paling umum digunakan. Oleh karena itu, akan sangat berguna jika Anda bisa menguasai bahasa Inggris mengingat bidang perhotelan termasuk dalam industri pariwisata yang akan menggaet begitu banyak orang asing.

Jika Anda ingin bekerja di hotel, maka jelas Anda juga harus melaksanakan wawancara terlebih dahulu. Pada umumnya, untuk menguji kemampuan berbahasa asing yang Anda miliki, wawancara kerja hotel akan menggunakan bahasa Inggris. Selain menampilkan diri Anda dengan menggunakan pakaian yang sopan dan rapih, Anda juga harus berlatih wawancara kerja di hotel dalam bahasa Inggris.

Untuk melatih wawancara kerja di hotel dalam bahasa Inggris, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu apa saja pertanyaan yang biasanya diajukan untuk pekerjaan di hotel. Untungnya, Anda telah datang ke tempat yang tepat karena kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai wawancara kerja di bidang perhotelan yang menggunakan bahasa Inggris terutama pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya.

Alasan Memilih Posisi Kerja di Hotel

Salah satu pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam wawancara kerja di hotel adalah mengenai alasan mengapa Anda tertarik pada posisi yang Anda lamar. Pertanyaan ini adalah pertanyaan umum dalam wawancara kerja di hotel karena pewawancara akan ingin mengetahui alasan Anda melamar. Terlebih lagi, orang perhotelan akan mencari calon karyawan yang ingin bekerja di sana untuk waktu yang lama. Sebagian besar manajer menginginkan staff hotel yang ingin berkembang bersama dengan perusahaan.

Ada baiknya Anda sudah menyiapkan jawaban atas pertanyaan ini karena ini merupakan pertanyaan yang sangat sering muncul. Jika Anda terlihat sudah siap dan yakin dengan jawaban Anda, pewawancara juga akan melihat bahwa Anda serius dalam mendapatkan posisi kerja ini. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat antara pewawancara dan pelamar mengenai alasan memilih posisi kerja di hotel.

A: Why are you interested in this job role? (Mengapa Anda tertarik bekerja di posisi ini?)

B: I graduated from college with a tourism degree and, even since I was still in high school, I have been really interested in working in a hotel. That is why I immediately applied for this job when I saw this vacancy. As you could see from my CV, I have an experience in other customer-oriented jobs and I believe that I have the skills and passion to grow in this job. (Saya telah lulus dari pendidikan tinggi dengan gelar pariwisata dan, bahkan sejak saya masih di SMA, saya telah sangat tertarik untuk bekerja di hotel. Itulah mengapa saya langsung melamar pekerjaan ini ketika saya melihat lowongan kerjanya. Seperti yang bisa Anda lihat dari CV saya, saya memiliki pengalaman bekerja di pekerjaan yang berfokus pada pelanggan lainnya. Saya yakin bahwa saya memiliki kemampuan dan gairah untuk berkembang di pekerjaan ini)

Peran dan Tanggung Jawab Posisi Pekerjaan

Pewawancara kerja pasti ingin mengetahui apakah Anda sudah membaca keterangan lowongan kerja secara seksama atau tidak. Karena seringkali pelamar hanya tertarik oleh gaji karyawan hotel tanpa melihat keterangan peran dan tanggung jawab yang akan dipegang dalam posisi yang dilamar. Sebelum wawancara, ada baiknya Anda membaca ulang terlebih dahulu laman lowongan kerjanya dan mencoba untuk mengingat apa yang diminta oleh perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan jawaban yang memuaskan dan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan dalam wawancara kerja di hotel mengenai peran dan tanggung jawab posisi yang dilamar dalam bahasa Inggris.

A: Could you tell me about the roles and responsibilities of this job? (Bisakah Anda memberitahu saya mengenai peran dan tanggung jawab pekerjaan ini?)

B: Since I am applying to be the hotel receptionist, I would say that the job responsibilities includes helping guests check in and out of their rooms. I would also have to answer the phone and help guests as well as potential guests regarding any queries or problem that they might have. Since it is a front-of-house position, this role would have the first contact with the clients, that is why the hotel receptionist would also have to be at their best at all times. (Karena saya melamar untuk menjadi resepsionis hotel, saya rasa tanggung jawab pekerjaannya termasuk membantu tamu check in dan check out dari kamar mereka. Saya juga harus menjawab telepon dan membantu tamu serta calon tamu mengenai pertanyaan atau masalah yang mungkin mereka miliki. Karena ini adalah posisi paling depan, peran ini akan memiliki kontak pertama dengan para klien, itulah mengapa resepsionis hotel harus berada di kondisi prima setiap saat)

Pengalaman Kerja di Hotel

Bekerja di hotel adalah pekerjaan yang berat dan Anda juga harus berinteraksi hampir setiap saat dengan tamu. Manajer hotel menginginkan karyawan yang memiliki kemampuan dan pengalaman bekerja di hotel sehingga ketangguhan mereka sudah terjamin. Jika Anda memiliki pengalaman bekerja di hotel sebelumnya, bicarakan hal tersebut dalam wawancara Anda. Beritahu mereka peran apa yang telah Anda isi dan berapa lama Anda bekerja di industri hotel sebelumnya.

Jika Anda belum pernah bekerja di hotel sebelumnya, berikan contoh ketika Anda bekerja berhadapan langsung dengan pelanggan sebelumnya. Contohnya jika Anda pernah bekerja sebagai pelayan di restoran atau kasir di swalayan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan antara pewawancara dengan pelamar mengenai pengalaman kerja di hotel.

A: Do you have any experience in working in hotels before? (Apakah Anda memiliki pengalaman bekerja di hotel sebelumnya?)

B: I actually never worked in a hotel before in my life. However, I worked as a waitress at a restaurant in Jakarta for three years. It was a high-end restaurant that would almost always be packed and the customers would be required to reserve a table at least a week before first. That is why during that job, I was demanded to give quality service at all times and it made me grew accustomed to working front-of-house and dealing with customers first hand. Of course there were a lot of unhappy customers that I had to deal with too, but that is why I am experienced in staying professional and be as patient as possible. (Saya sebenarnya belum pernah bekerja di hotel sebelumnya seumur hidup saya. Akan tetapi, saya pernah bekerja sebagai pelayan di restoran di Jakarta selama tiga tahun. Restoran tersebut termasuk kelas atas yang hampir selalu penuh dan para pelanggan harus memesan meja terlebih dahulu setidaknya seminggu sebelumnya. Itulah mengapa di pekerjaan tersebut saya diminta untuk memberikan layanan berkualitas setiap saat dan itu membuat saya terbiasa bekerja di posisi terdepan dan menghadapi pelanggan secara langsung. Tentu saja terdapat banyak pelanggan yang tidak puas yang harus saya hadapi juga, namun itulah mengapa saya berpengalaman dalam menjaga agar tetap profesional dan menjaga kesabaran sebisa mungkin)

Peran-Peran di Hotel

Terdapat banyak posisi pekerjaan di hotel yang sangat spesifik dan hanya bisa ditemui di industri tersebut. Oleh karena itu, beberapa pewawancara biasanya ingin mengetahui seberapa banyak pengetahuan Anda mengenai hotel dan cara kerja di hotel. Cari tahu beberapa posisi yang ada di hotel, nama peran mereka, dan tanggung jawab apa yang mereka pegang dalam hotel untuk mempersiapkan diri Anda jika ditanya mengenai peran lain di hotel. Sebagai contohnya, berikut ini adalah contoh percakapan ketika pewawancara menanyakan peran lain di hotel.

A: Do you happen to know what is a concierge and could you explain to me about their responsibilities? (Apakah Anda kebetulan mengetahui apa itu pramutamu dan bisakah Anda jelaskan kepada saya mengenai tanggung jawab mereka?)

B: Of course. A concierge is someone who is responsible for helping guests book trips and tours around the hotel. They should also be able to give recommendation on the best places to visit (Tentu saja. Pramutamu adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membantu tamu merencanakan perjalanan dan tur ke sekeliling hotel. Mereka juga harus bisa memberikan rekomendasi ke tempat terbaik untuk didatangi oleh para tamu)

Alasan Memilih Hotel Tersebut

Pihak hotel tentu ingin mengetahui mengapa Anda begitu tertarik untuk bekerja dengan mereka. Apakah karena hotel yang Anda lamar merupakan cabang hotel yang sudah berkembang besar? Atau Anda justru menyukai hotel independen yang memiliki daya tariknya sendiri? Pertanyaan mengenai alasan ini sering muncul dalam wawancara kerja di hotel, oleh karena itu akan lebih baik jika Anda sudah menyiapkan jawabannya terlebih dahulu.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan antara pewawancara dan pelamar mengenai alasan melamar ke suatu hotel dalam bahasa Inggris.

A: Is there any reason as to why you chose our hotel to work at? (Apakah ada alasan mengenai mengapa Anda memilih hotel kami untuk bekerja?)

B: I have a special interest towards independent hotels, especially a hotel like yours. I really like how you have built your own charms in attracting guests and also maintaining the high quality service. Even if this hotel is not a five star hotel, I am impressed with how the system works so efficiently here and that is why I would like to be a part of this hotel (Saya memiliki ketertarikan spesial kepada hotel independen, terutama hotel seperti milik Anda. Saya sangat suka dengan bagaimana Anda telah membangun pesona sendiri untuk menarik para tamu dan juga menjaga layanan berkualitas tinggi. Bahkan walaupun hotel ini bukan hotel bintang lima, saya kagum dengan bagaimana sistemnya bekerja begitu efisien di sini dan itulah mengapa saya ingin menjadi bagian dari hotel ini)

Pengalaman Menghadapi Pelanggan Tak Puas

Sama seperti pekerjaan di restoran, dunia perhotelan juga sering mendapatkan pelanggan yang tidak puas, bahkan biasanya lebih parah daripada pelanggan di restoran. Di hotel, staf memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki masalah yang dimiliki oleh tamu, namun sangat penting juga untuk melakukannya secara profesional dan tidak termakan amarah. Jika Anda belum pernah bekerja di hotel sebelumnya, Anda bisa menjelaskan pengalaman lain ketika klien atau pelanggan yang Anda hadapi merasa tidak puas. Karena pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan wawancara hotel yang paling umum, usahakan untuk menyiapkan jawabannya terlebih dahulu.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan antara pewawancara dan pelamar mengenai pengalaman menghadapi pelanggan yang tidak puas.

A: Have you ever had to deal with an unhappy customer and could you describe that experience to me? (Apakah Anda pernah harus berhadapan dengan pelanggan yang tidak puas dan bisakah Anda menjelaskan pengalaman tersebut kepada saya?)

B: When I used to work in a hotel as the receptionist, there was a time where a guest was unhappy because the AC in his room is broken. He called me right away and screamed at me through the telephone, asking to be moved to a better room. It was late when he checked in, so I empathize with how tired he must have feel so I tried my best to keep my calm. After that, I immediately went to talk with my manager and we moved him to a better room with no additional charge. In the end, he was pleased with our quick actions. (Ketika saya masih bekerja di hotel sebelumnya sebagai resepsionis, ada saat ketika seorang tamu tidak senang karena AC di kamarnya rusak. Dia langsung menelpon saya dan berteriak ke saya melalui telepon, ia meminta untuk dipindahkan ke kamar yang lebih bagus. Waktu itu sudah larut malam ketika dia check in, maka saya berempati dengan bagaimana dia pasti sudah kelelahan jadi saya berusaha sebisa mungkin untuk tetap tenang. Setelah itu, saya langsung pergi berbicara ke manajer saya dan kami memindahkannya ke ruangan yang lebih baik tanpa biaya tambahan. Pada akhirnya, dia puas dengan tindakan kami yang cepat)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai wawancara kerja di hotel dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda!

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Cara Membuat Lowongan Kerja dalam Bahasa Inggris
Contoh Wawancara Kerja (Finance atau Keuangan) dalam Bahasa Inggris
Contoh-contoh Conditonal Sentences
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai HRD dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja (Engineer) dalam Bahasa Inggris
Contoh Keluhan Pelanggan Hotel dan Responnya
Contoh Kalimat Memberi Saran / Nasehat (Advice)
Contoh Pertanyaan Umum Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan Resepsionis Hotel