sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Kalimat Advice & Suggestion

Advice dan suggestion adalah dua kata dalam Bahasa Inggris yang terlihat sama namun berbeda. Tidak salah jika kita mengira keduanya adalah sama, sebab pembentukan kalimat advice dan kalimat suggestion dalam Bahasa Inggris memiliki cara yang tidak jauh berbeda dangan satu sama lainnya.

Karena kemiripan inilah, banyak di antara kita yang masih keliru dalam menggunakannya. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas secara detail perbedaan di antara advice dan suggestion.

Diharapkan setelah selesai membaca pembahasannya, kita semua bisa membedakan keduanya dan tidak akan keliru lagi dalam menggunakannya. Yuk, langsung saja kita langsung masuk ke dalam pembahasannya.

Advice

Menurut Oxford Dictionary of English, advice adalah “guidance or recommendations offered with regard prudent future action” (petunjuk atau rekomendasi yang ditawarkan terkait dengan tindakan bijaksana masa depan). Menurut definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa advice adalah anjuran yang baik dan bijaksana terkait masa depan. Dalam Bahasa Indonesia, advice adalah nasihat.

Advice biasanya digunakan dalam situasi formal yang mana subjek yang biasa memberikan advice adalah orang yang berpengalaman pada bidangnya. Misalnya saja doctor (dokter), teacher (guru), counselor (konselor), attorney (pengacara), dll.

Advice pada umumnya diberikan setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang, dengan mempertimbangkan fakta-fakta yang ada. Sehingga dapat dikatakan bahwa subjek yang memberi advice adalah orang yang cukup mengenali objek yang ia berikan advice. Contohnya saja nasihat dari seorang ibu kepada anaknya. Ibu pasti memberikan nasihat kepada anaknya karena ia mengenal baik anaknya dan telah memeriksa fakta-fakta yang ada. Itulah sebabnya advice biasanya harus dilaksanakan. Dampak negatif besar kemungkinan akan terjadi jika kita mengabaikan sebuah advice.

Masih banyak di antara kita yang mengira bahwa advice dan advise hanyalah ejaan nasihat yang berbeda di antara Bahasa Inggris Amerika (American English) dan Bahasa Inggris Britis (British English), sehingga keduanya dapat digunakan untuk menggantikan satu sama lainnya. Faktanya, keduanya datang dari part of speech (kelas kata) yang berbeda. Advice adalah kata benda (noun) dan advise adalah kata kerja (verb). Karena perbedaan part of speech ini, tentu saja keduanya tidak dapat menggantikan satu sama lainnya. Contoh:

  • The doctor advised me to exercise more often. (Dokter menyarankan saya untuk lebih sering berolahraga) –> Advised di sini tidak bisa diganti dengan adviced, karena advice adalah kata benda.
  • The doctor gave me some advice about exercising. (Dokter memberikan saya nasihat tentang berolahraga) –> Advice di sini tidak bisa diganti dengan advise, karena advise adalah kata kerja.

Bagaimana cara membentuk kalimat nasihat? Di bawah ini adalah beberapa caranya:

1. Advise + pronoun

Kita bisa membentuk kalimat nasihat dengan menggunakan pola advise + pronoun (kata ganti). Contoh:

    • My counselor advised me to apply to Yale. (Konselor saya menyarankan saya untuk daftar ke Yale)
    • The attorney advises them not to talk with the media. (Pengacara menyarankan mereka untuk tidak berbicara dengan media)
    • The doctor will advise you to stop eating sweet food. (Dokter akan menyarankan Anda untuk berhenti mengonsumsi makanan manis)

2. Advise + a noun object

Cara selanjutnya untuk membentuk kalimat advice adalah dengan menggunakan pola advise + object. Contoh:

    • The obstetrician advises pregnancy exercise. (Dokter kandungan menyarankan senam hamil)
    • The manager advised new project. (Manajer menyarankan proyek baru)
    • My supervisor advised another topic for my research. (Pembimbing saya menyarankan topik lain untuk penelitian saya)

Kita bisa menambahkan to + person di akhir kalimat dalam pola ini. Penggunaan to + person dalam kalimat nasihat memang bisa namun tidak umum. Lebih baik kita menggunakan pola advise + pronoun daripada pola to + person. Contoh:

    • The obstetrician advises me on pregnancy exercise. (Dokter kandungan menyarankan saya senam hamil ). –> advise + pronoun
    • The obstetrician advises pregnancy exercise to me. (Dokter kandungan menyarankan senam hamil kepada saya). –> to + person, lebih tidak umum digunakan

3. Advise + gerund

Gerund adalah kata kerja+ing (misal: swimming, sleeping, reading, dll). Kita bisa memakai gerund yang diletakkan setelah advise untuk membentuk kalimat nasihat. Contoh:

    • Health experts advise drinking 8 glasses of water per day. (Pakar kesehatan menyarankan meminum 8 gelas air per hari)
    • The teacher advised not doing homework a day before deadline. (Guru menyarankan untuk tidak mengerjakan PR sehari sebelum batas pengumpulan)
    • The doctor advises taking the medicine before eating. (Dokter menyarankan meminum obat sebelum makan)

4. Advise + a noun clause

Cara lainnya untuk menyusun kalimat nasihat adalah dengan menggunakan pola advise + that + subject + verb. Contoh:

    • The accountant advised that we cut the miscellaneous budget. (Akuntan menyarankan bahwa kita memotong biaya lain-lain)
    • Chef Margie advises that we put only two eggs into the dough. (Koki Margie menyarankan bahwa kita hanya memasukkan dua butir telur ke dalam adonannya)
    • My mother advises that I treat my dog as my own family. (Ibu saya menyarankan bahwa saya memperlakukan anjing saya sebagai keluarga saya sendiri)

Keterangan: Harus diingat bahwa kata kerja setelah that harus berbentuk kata kerja dasar bukan kata kerja yang telah diubah berdasarkan tense atau pronoun. Contoh:

    • My dentist advised that we brush our teeth at least 30 minutes after eating. (Dokter gigi saya menyerankan bahwa kita menyikat gigi setidaknya 30 menit setelah makan) –> benar
    • My dentist advised that we brushed our teeth at least 30 minutes after eating. –> salah karena brushed bukanlah kata kerja dasar melainkan kata kerja yang sudah dimodifikasi ke dalam bentuk past tense.

5. Modals

Kita juga bisa menggunakan modals untuk membentuk kalimat advice. Adapun modals untuk kalimat advice adalah should dan ought to. Contoh:

    • You should eat more vegetables and fruits. (Anda harus lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan)
    • We should come with new strategy. (Kita harus mencari strategi baru)
    • You ought to stop touching your face skin. (Anda harus berhenti menyentuh kulit wajah Anda)

Keterangan: Ought to lebih formal dari should. Penggunaan ought to sudah jarang dalam American English.

Suggestion

Di dalam Oxford English Dictionary disebutkan bahwa definisi suggestion adalah “an idea or plan put forward for consideration” (sebuah ide atau rencana yang dikemukakan untuk dipertimbangkan). Berdasarkan definisi ini, suggestion adalah sebuah pendapat yang diungkapkan untuk diputuskan apakah akan dilaksanakan atau tidak. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, suggestion berarti saran.

Berbeda dengan advice yang berasal dari orang berpengalaman, suggestion bisa datang dari siapa saja. Untuk memberikan suggestion pun tidak perlu pertimbangan yang panjang dan pemeriksaan fakta-fakta yang ada. Kita bisa langsung mengungkapkan pendapat atau ide yang ada di kepala pada saat itu juga. Itulah sebabnya suggestion tidak selamanya baik atau benar. Suggestion juga bisa buruk atau salah. Kita bisa mengikuti sebuah suggestion atau mengabaikannya tanpa harus takut akan ada dampak negatif yang akan terjadi.

Suggestion termasuk ke dalam kata benda (noun), sedangkan bentuk kata kerja (verb) dari suggestion adalah suggest. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • She suggested that I wear this dress for the prom. (Dia menyarankan bahwa saya mengenakan gaun ini untuk pesta prom)
  • She gave me a suggestion to wear this dress for the prom. (Dia memberikan saya saran untuk mengenakan gaun ini untuk pesta prom)

Mari kita lihat cara-cara di bawah ini untuk membentuk kalimat saran:

1. Suggest + a noun object

Cara pertama untuk membentuk kalimat saran adalah dengan menggunakan pola suggest + noun. Contoh:

    • Barbara suggested the red scarf to complement our looks. (Barbara menyarankan syal berwarna merah untuk melengkapi penampilan kita)
    • I suggest pizza for lunch. (Saya menyarankan pizza untuk makan siang)
    • We suggest white paint for this room. (Kami menyarankan cat putih untuk ruangan ini)

Kita juga bisa menambahkan to + person di akhir kalimat untuk menambahkan keterangan kepada siapa saran ini ditujukan. Namun, to + person hanya diletakkan di akhir kalimat saja, tidak boleh setelah suggest. Misal:

    • I suggest pizza for lunch to Bobby. (Saya menyarankan pizza untuk makan siang kepada Bobby)–> benar karena to + person (to Bobby) diletakkan di akhir kalimat.
    • I suggest to Bobby pizza for lunch. (Saya menyarankan kepada Bobby pizza untuk makan siang) –> salah karena to Bobby diletakkan setelah

2. Suggest + gerund

Cara kedua untuk membentuk kalimat saran adalah dengan menggunakan suggest + gerund. Gerund adalah kata kerja+ing. Contoh:

    • Jack suggests taking a train instead of a bus. (Jack menyarankan untuk naik kereta daripada naik bis)
    • They suggested eating (Mereka menyarankan untuk makan makanan laut)
    • I suggest swimming in the beach. (Saya menyarankan untuk berenang di pantai)

3. Suggest + a noun clause

Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan pola suggest + a noun clause untuk membentuk kalimat saran. A noun clause adalah that + subject + verb. Sama seperti dalam pembentukan kalimat nasihat, kata kerja atau verb setelah that adalah kata kerja dasar. Contoh:

    • She suggested that we buy the groceries in the Green Store. (Dia menyarankan bahwa kita membeli belanjaan di Toko Hijau)
    • Jane suggested that we do our group homework at her house. (Jane menyarankan bahwa kita mengerjakan PR kelompok kita di rumahnya)
    • They suggest that he bring the cat to the vet. (Mereka menyarankan bahwa dia membawa kucingnya ke dokter hewan) –> bring tidak berubah menjadi brings walaupun subjeknya adalah he, karena kata kerja dasarlah yang harus digunakan.

4. Modals

Cara lainnya untuk membuat kalimat saran adalah dengan menggunakan modals. Beberapa modals yang bisa dipakai untuk kalimat saran adalah could, might want/ like, should, dan shall. Contoh:

    • We should talk to him. (Kita harus berbicara dengannya)
    • You could ask her to the ball. (Anda harus mengajaknya ke pesta dansa)
    • You might like to see a doctor. (Anda harus menemui dokter)
    • Shall we go now? (Haruskah kita pergi sekarang?)

Keterangan: Shall hanya bisa digunakan untuk subjek orang pertama (I dan we) saja.

5. Other ways

Kita juga bisa membuat kalimat saran dalam bentuk kalimat tanya. Kalimat tanya bisa diawali dengan “how about…?” atau “why don’t/doesn’t…?”. Misal:

    • How about watching a movie? (Bagaimana kalau menonton film?)
    • Why don’t you just ask her directly? (Mengapa Anda tidak bertanya padanya saja langsung?)

Cara lainnya adalah dengan memosisikan diri kita sebagai orang yang akan kita berikan saran. Untuk menyampaikannya, gunakanlah kalimat if conditional. Contoh:

    • If I were you, I would sell that painting. (Jika saya adalah Anda, saya akan menjual lukisan itu)
    • I would go to the concert if I were you. (Saya akan pergi ke konsernya jika saya adalah Anda)

Demikianlah penjelasan tentang advice dan suggestion dalam Bahasa Inggris beserta contoh dan cara membentuknya. Bagaimana? Apakah sekarang sudah bisa membedakan di antara keduanya? Jika belum, baca dan pahami kembali pembahasan di atas, kemudian cobalah membuat contoh kalimat advice dan suggestion dengan menggunakan Bahasa Inggris.

 

Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Frase/Kalimat Bahasa Inggris yang Biasa Digunakan di Kelas/Sekolah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Seputar Angkutan Umum Bus Kota
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Bahasa Inggris: Dinner Invitation
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan oleh Resepsionis di Hotel
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Memberikan Usul
Frasa/Kalimat untuk Orang Sales