sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Percakapan Meminjam Barang

Pembicaraan ada yang bersifat formal dan informal. Situasi tertentu membutuhkan pendekatan yang sopan dan juga jelas. Seperti saat meminjam barang. Selain membutuhkan ijin orang yang memilikinya, pertanyaan sebaiknya dilontarkan dengan sopan.

Perhatikan kalau meminjam dengan orang terdekat dan masih terhitung sebagai keluarga bisa lebih to the point tanpa basa-basi. Sedangkan meminjam pada orang lain yang terhitung sebagai kenalan, atasan atau orang di luar lingkaran keluarga akan lebih hati-hati dan santun saat mengutarakan keinginan untuk meminjam.

Ekspresi Untuk Meminjam Barang, Menolak dan Menerima

Ada dua hasil dari sebuah permintaan, dikabulkan atau tidak dikabulkan. Hal ini juga berlaku untuk meminjam barang dalam Bahasa Inggris. Terdapat beberapa ekspresi meminjam barang secara santun dengan pemilihan kata tertentu. Selain itu ada juga ekspresi untuk menolak atau setuju untuk meminjamkannya. Berikut adalah beberapa contohnya.

Pertanyaan Untuk Bertanya

Perhatikan perbedaan pemilihan kata-kata. Ada kata yang lebih santun dari pada pilihan kata lainnya.

  • Can I ? (Bisakah saya?)

Pertanyaaan untuk meminjam sesuatu untuk teman sebaya atau keluarga. Biasanya digunakan untuk hal kecil seperti alat tulis, baju dan peralatan yang ada dirumah. Menambahkan kata please akan menjadikan kalimatnya lebih santun.

Contoh kalimat

    • Can I borrow your eraser/phone/pencil sharpener/crayon/laptop, please? (Bisakah saya meminjam penghapus/ponsel/rautan pensil/krayon/laptop?)
    • Can I use your glass/bed/desk/pen if you are not using it? (bisakah saya meminjam gelas.tempat tidur/meja belajar/pulpenmu kalau kamu tidak menggunakannya?)
    • Can I have a look at your dictionary/science book/homework, for one second? (Bisakah saya meminjam dan melihat kamus/buku sains/pekerjaan rumahmu, sebentar saja?)
  • May I (Bolehkah saya?)

Ekspresi yang lebih sopan dan sesuai untuk meminjam barang dari orang yang lebih tua atau Anda hormati, seperti guru, orang tua, kakak, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa contohnya.

Contoh Kalimat

    • May I borrow your dress/shoes/bag? I have an event which will be suitable wearing it. (bisakah saya meminjam baju/sepatu/tasmu?. Saya ada acara yang akan sangat cocok dengan memakainya)
    • May I use your car/motorcycle/laptop for tomorrow? I need it for something. (Bolehkan saya menggunakan mobil/motor/laptopmu untuk besok? Saya membutuhkannya untuk sesuatu)
  • Could I (Bolehkah saya?)

Ekspresi yang paling sopan dan sangat formil. Penggunaannya lebih resmi dibandingkan ekspresi “May I”.

Contoh Kalimat.

    • Could I borrow your house/villa/apartment for a party? (bisakah saya meminjam rumah/vila/apartment untuk mengadakan pesta?)
    • Could I borrow your antique plates/beutiful lamp/pots and pan for a day? (bisakah saya meminjam piring-piring antik/lampu cantik/wajan dan pancimu untuk sehari?)
  • Could you (Bersediakah/Dapatkah kamu ?)

Variasi dari ekspresi “Could I” ini itu sendiri memiliki makna yang sama. Namun bedanya adalah menekankan kesediaan dari orang yang ditanya. Could I berarti bisakah saya meminjam, sedangkan Could you berarti bisakah kamu meminjamkan. Penggunaan ekspresi ini harus menggunakan kata “lend” dan bukan “borrow”.

Contoh kalimat:

    • Could you please lend me some money/some books/clothes? (Bersediakah kamu meminjamkan saya uang/buku/baju?)
    • Could you lend me your black jacket/ pearl necklace/baseball cap? (bisakah kamu meminjamkan saya jaket hitam/ kalung mutiara/topi baseballmu?)

Demikianlah beberapa ekspresi untuk bertanya untuk meminjam barang. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan barang yang ingin dipinjam dan orangnya.

Respon Menolak atau Menyetujui untuk Meminjamkan Barang

Saat ada yang ingin meminjam sesuatu dari kita. Jawabannya bisa menolak atau mengetujuinya. Berikut adalah beberapa contohnya.

  • Menolak Meminjamkan Sesuatu

 

    • I am sorry but I am using it (maaf tapi saya akan memakainya)
    • I dont think that would be possible (saya rasa saya tidak bisa meminjamkannya)
    • So sorry, but someone else already borrow it (Maaf, tapi orang lain sudah meminjamnya)
    • I want to. But I often lost it, so I cant lend it to anyone.(saya sebenarnya ingin tapi saya sering menghilangkannya. Jadi saya tidak bisa meminjamkannya pada orang lain)
  • Menyetujui Meminjamkan Sesuatu
    • No problem (tentu tidak masalah)
    • Yes, you can use it but please dont forget to return it. (Ya, kamu dapat memakainya tapi tolong jangan lupa mengembalikannya)
    • I guess you can borrow it for a minute (saya rasa, kamu bisa meminjamnya sebentar)
    • You can borrow it, please be careful using it (kamu dapat meminjamnya, tolong hati-hati memakainya.

Percakapan Meminjam Barang

Ada ekspresi yang bisa Anda gunakan untuk meminjam sesuatu dan respondnya. Untuk lebih jelas, lihat beberapa contoh percakapan berikut mengenai pinjam-meminjam dalam Bahasa Inggris.

Dialogue 1

A: Mark, do you bring extra pencil? (Mark, apakah kamu bawa pensil ekstra?)

B: What? No. Tobby. I only have one. (Apa? Tidak Toby. Saya hanya punya satu)

A: What about eraser? Can I borrow your eraser?. (Bagaimana dengan penghapus? Bisakah saya pinjam penghapusmu?)

B: I’m sorry. I am using it. Why do you ask these things? Did you forget to bring your own? (Aku sangat menyesal. Saya sedang memakainya. Kenapa kamu bertanya tentang hal-hal ini? Apakah kamu lupa?)

A: I forget because I waws busy helping my mom last night (Saya lupa karena saya sibuk membantu ibu tadi malam)

B: Do you have pen? May I borrow it for a moment? (Apakah kamu punya pulpen? Apakah saya bisa meminjamnya sebentar?)

A: Fine. Here you go. Dont forget to return it when you are done. (Baiklah. Ini pakailah. Jangan lupa untuk mengembalikannya setelah kamu selesai)

B: Thanks. You are the best (Terima Kasih. Kamu adalah yang terbaik)

A: One more thing. Do you have correction pen?. (Satu hal lagi. Apakah kamu punya tip-Ex?)

B: Seriously? No, I dont have it. Go buy it yourself (Benarkah? Tidak. Saya tidak punya. Pergi dan beli sendiri untuk dirimu)

A: I think I will do that. You can borrow it from me, if you want to. (Saya fikir saya akan melakukannya. Kamu bisa pinjam dari saya, kalau kamu mau)

Meminjam barang yang paling sering dilakukan adalah hal kecil seperti penghapus dan pensil. Percakapan meminjam barang dikelas ini adalah situasi yang sangat familiar oleh kebanyakan orang.

Dialogue 2

A: Excuse me. Mr Martin. Are you busy? (Permisi Pak Martin. Apakah Anda sibuk?)

B: Come in Amanda. What can I do for you? (Masuk Amanda. Apa yang bisa saya lakukan untukmu?)

A: Actually, there is something I wanted to ask from you Mr. Martin (Sebenarnya agak sesuatu yang saya ingin katakan pada Anda Pak Martin)

B: Umm, what is it? Now I am curious (Hmm, apakah itu? Sekarang saya jadi penasaran?)

A: Well, you know that we have a presentation, two days from now. I dont have a laptop, because it was broken. Do you think I can borrow yours?. (Seperti yang kamu ketahui, kita ada presentasi dua hari lagi. Saya tidak memiliki laptop, karena sedang rusak. Apakah saya dapat meminjam laptop Anda?)

B: Sure. You can lend my laptop. I will make sure it is ready when you are going to do your presentation. (Tentu saja. Kamu bisa meminjam laptop saya. Saya akan memastikan laptopnya siap untuk dipakai saat kamu akan melakukan presentasi)

A: Thank you so much Mr Martin. (Terima kasih banyak Pak Martin)

B: Do you need anything else?. (Apakah kamu membutuhkan hal yang lain?)

A: No, thank you. That is all I needed. (Tidak terima kasih. Itu saja yang saya perlukan)

B: Okay. Then, excuse me. I have another class. (Oke. Kalau begitu saya permisi. Saya ada kelas yang lain)

Pinjamlah barang pada orang yang lebih tua dengan hormat dan santun. Hindari memaksa atau berbicara dengan nada tinggi dengan mereka.

Dialogue 3

A: Good morning Mr. Jenkins. How are you today?. (Selamat Pagi Pak Jenkins. Apa kabarmu hari ini?)

B: I am fine thanks. How are you Timmy? Do you need something? (Saya baik-baik saja terima kasih. Bagaimana denganmu Timmy? Apakah kamu butuh sesuatu?)

A: My mom was wondering if we can borrow your ladder? ( Ibu saya bertanya apakah kami bisa meminjam tangga Anda?)

B: Well. Of course, take it. It is in the back (Well. Tentu saja, ambilah. Bendanya ada di belakang)

A: Thank you so much Mr. Jenkins. Our cat is on the tree and cant get down. (Terima kasih banyak Pak Jenkins. Kucing kami ada di atas pohon dan tidak bisa turun)

B: That is terrible. Let me come with you then. Maybe I can help. (Itu sangat buruk. Kalau begitu saya akan ikut kamu. Mungkin ada yang bisa saya bantu)

Dialogue 4

A: Are you ready for the test?. (Apakah kamu siap mengikuti tes?)

B: Test? What test? I didnt know we are having a test. (Tes? Tes apa? Saya tidak tahu kalau kita akan ada tes)

A: Mr. Pine told us yesterday. We are going to have an English testm today. (Pak Pine mengatakannya pada kita kemarin. Kita akan mengerjakan tes Bahasa Inggris hari ini)

A: I am so not ready. May I borrow your pencil? I forgot to bring mine? (Saya sangat tidak siap. Bisakah saya pinjam pensilmu? Saya lupa bawa punya saya?)

B: Sure. Dont worry I have plenty of pencils (Tentu saja. Jangan khawatir, saya punya banyak pensil)

Dialogue 5

A: Hey, sis. Could I borroy your white sneakers?. (Hai kak, bisakah saya pinjam sneaker putihmu?)

B: Nope. I am using it.  (Tidak. Saya akan memakainya)

A: What about your black sneaker? I love it. (Bagaimana dengan sneakermu yang hitam? Saya sangat menyukainya)

B: Sure. You can borrow the black ones. Dont forget to clean it, after you wear them. (Tentu saja. Kamu bisa meminjam yang warna hitam. Jangan lupa membersihkannya, setelah kamu memakainya)

A: It’s okay. I can do that. Where is your white sweater?(Tentu saja. Saya bisa melakukan itu. Dimana sweater putihmu)

B: It is at the laundry. Why do you like my things so much?. (Ada di laundry. Mengapa kamu sangat suka benda-benda ku?)

A: That’s because you have great fashion taste. (Itu karena kamu punya gaya busana yang bagus)

B: Then maybe we should go shopping together. I can show you what to buy. (Kalau begitu kita harus pergi berbelanja bersama. Saya bisa menunjukkan apa saja yang bisa kamu beli)

A : That will be great (itu akan sangat bagus)

Demikianlah beberapa contoh percakapan untuk meminjam barang dalam bahasa inggris. Kamu bisa membuat percakapan sendiri sesuai dengan benda yang diinginkan serta orangnya yang diajak bicara. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Conversation: Percakapan Dokter & Pasien tentang Diagnosa dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Toko Baju dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Adjective Clause
Meminjam Uang Dengan Sopan
Dialog tentang Kehilangan dalam Bahasa Inggris
Dialog di Barbershop / Tukang Cukur
Contoh Perkenalan Diri dalam Wawancara Bahasa Inggris
Contoh Pengumuman di Bandara (Airport Announcement)
Percakapan Negosiasi Jual Beli (Bargaining Conversation)
Dialog Bahasa Inggris tentang Fashion