sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris

Pekerjaan adalah hal yang sangat penting setelah kita menyelesaikan study atau sekolah. Tak jarang beberapa orang bahkan mulai bekerja sebelum sekolah mereka selesai. Beberapa mahasiswa biasanya mengambil pekerjaan freelance atau part time untuk mengisi waktu luang. Hitung-hitung untuk menambah penghasilan, pekerjaan part time maupun freelance relatif fleksibel dari segi waktu.

Setiap orang khususnya yang sudah memasuki masa kerja pasti sangat menghindari menjadi pengangguran. Mendapatkan penghasilan dan mampu berdiri sendiri dengan keuangan sendiri adalah idaman setiap orang. Saat ini mencari pekerjaan adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Apalagi bagi anda yang saat ini bercita-cita untuk bekerja di perusahaan asing, atau bekerja di negara lain.

Apa sih sebenarnya yang membuat orang tertarik dengan perusahaan asing? Atau mencari pekerjaan hingga ke negara lain? Yuk kita lihat manfaat apa sebenarnya yang didapat dengan bekerja di perusahaan asing atau bekerja di negara lain:

  • Gaji yang mayoritas lebih tinggi dibandingkan perusahaan local
  • Manfaat kesehatan dan manfaat tambahan lain yang lebih kompleks dan beragam
  • Adanya kesempatan untuk berinteraksi dengan orang asing dan budaya mereka yang tentu sangat menyenangkan
  • Salah satu cara untuk mengembangkan personality dan karakter
  • Networking yang luas
  • Kesempatan dipindah tugaskan atau magang di negara lain dimana perusahaan tersebut memiliki cabang
  • Visi dan misi perusahaan yang pasti lebih global

Kali ini kami akan coba untuk membantu anda dengan memberikan gambaran, wawancara kerja dalam Bahasa Inggris. Kali ini profesi yang akan kami jadikan contoh adalah Sekretaris. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak manfaat bekerja di perusahaan asing, namun anda perlu juga memperhatikan bahwa dengan tingginya benefit tentu kualifikasi yang dibutuhkan juga semakin ketat. Sebelum masuk ke contoh wawancara, hal berikut juga harus menjadi perhatian kita sebelum mengikuti wawancara :

  • Jenis pekerjaan yang anda lamar
  • Pelajari company profile atau industri dari perusahaan yang anda lamar
  • Persiapkan diri anda dengan matang
  • Selalu percaya diri dan kuasai pekerjaan yang akan anda lamar
  • Memahami jobdesk pekerjaan walaupun secara garis besar merupakan nilai tambah
  • Untuk perusahaan asing jadilah diri anda sendiri, open minded, berwawasan luas, dan kemampuan dalam menguasai teknologi akan menjadi nilai tambah.
  • Kuasai Bahasa Inggris formal karena itu akan sangat bermanfaat bagi resume dan portfolio anda
  • Kenali visi dan misi perusahaan secara garis besar.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas mari kita masuk ke dalam fase selanjutnya, yakni tahapan wawancara kerja.

Berikut akan kami sajikan contoh wawancara kerja untuk posisi sekretaris dengan menggunakan Bahasa Inggris :

Ana: Good morning, Mam. (Selamat Pagi, Bu)

Marie: Good morning, please do have a seat first. So your name is Ana Rialine is that right? (Selamat pagi, silahkan duduk dulu. Jadi nama anda Ana Rialine benar?)

Ana: Yes, I am. (Iya benar Bu.)

Marie: Okay, my name is Marie and I will be your interviewer today. So do you apply in the position of Secretary in our company? (Oke, nama saya Marie dan saya akan jadi pewawancara anda hari ini. Jadi apakah kau melamar untuk posisi Sekretaris di perusahaan kami?)

Ana: Yes Mrs Marie. (Betul Bu Marie.)

Marie: Okay, please introduce yourself Ana. (Oke, silahkan perkenalkan dirimu Ana.)

Ana: My name is Ana Rialine. I am graduated from University of Sebelas Maret. I have an experience before as a secretary at manufacturing company. I work there for almost 3 years and now I’m ready to looking forward for new opportunity. (Nama saya adalah Ana Realine. Saya lulusan dari Universitas Sebelas Maret. Saya punya pengalaman bekerja sebelumnya sebagai sekretaris di perusahaan manufaktur. Saya bekerja disana selama hampir 3 tahun dan sekarang saya siap untuk mencari kesempatan baru.)

Marie: What is your motivation applying to this company? (Apa motivasi anda melamar pekerjaan di perusahaan ini?)

Ana: Well, your company is one of my top choice, and I’m seeking for new opportunity here with all my experience. I’m interesting to use it and develop my career here. While I also look forward for having new networking here. (Jadi, perusahaan anda merupakan salah satu pilihan utama saya, dan saya sendang mencari kesempatan baru disini dengan semua pengalaman saya. Saya tertarik untuk menggunakannya dan mengembangkan karir saya disini. Sementara saya juga berharap dapat mengembangkan jaringan baru disini.)

Marie: Well, our company have various employee from any background. And if you want to join our company as secretary at least you must be able to speak and writing in English. Since our client mostly came from a foreign country. And you need also to schedule meeting with them and do some other administration stuff. (Baik, perusahaan kami memiliki bermacam karyawan dari berbagai latar belakang. Dan jika anda ingin bergabung untuk menjadi sekretaris anda setidaknya harus bisa berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Karena klien kami kebanyakan dari luar negeri. Dan kamu juga harus bisa menjadwalkan rapat dengan mereka atau melakukan pekerjaan administrasi lainnya.)

Ana: Actually I am able to speak and write both in English and Mandarin. And in my previous company, my job desk is similar with you’ve mentioned before. (Sebenarnya saya bisa berbicara dan menulis baik dengan Bahasa Inggris maupun Mandarin. Dan di perusahaan sebelumnya pekerjaan saya mirip dengan yang anda jelaskan.)

Marie: That will be a great advantage. Well you are suitable overall for this position. We will give you any information if you are accepted or not in this company in this week. (Itu merupakan suatu keuntungan besar. Kamu secara keseluruhan cocok untuk posisi ini. Kami akan memberikan informasi apakah kamu akan diterima atau tidak di perusahaan dalam minggu ini.)

Ana: Thanks a lot Mrs. Marie, i’ll be waiting for the good news. (Terima kasih Bu Marie, aku menunggu kabar baik dari anda.)

Marie: You are welcome. See you. (Terima kasih kembali. Sampai bertemu lagi.)

 

Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Cara Menyampaikan Pendapat dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara Menyudahi Percakapan?
Tak Perlu Malu, Ini Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris
Percakapan Memesan Taksi Lewat Telepon dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan saat Ngobrol dengan Gebetan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Booking Hotel Lewat Telepon dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Beberapa Percakapan tentang Keselamatan