sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Covid-19

Belajar Bahasa Inggris otodidak cukup ampuh untuk penguasaan sehari-hari. Ada banyak materi dari buku, majalah maupun online. Kamu bisa belajar Bahasa Inggris Online tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Mulai dari penguasaan percakapan sehari-hari sampai membuat pidato bisa kamu cari dengan browsing.

Bila kamu mencari materi untuk melakukan Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan, pekerjaan, politik bahkan kebijakan pemerintah, banyak materinya di internet. Bila kamu khusus sedang mengerjakan tugas membuat Pidato tentang Covid-19, coba lihat beberapa contohnya yang sudah kami susun sebagai berikut

Struktur Pidato Bahasa Inggris

Setiap pidato memiliki format yang kurang lebih sama. Isinya saja yang berbeda-beda. Namun sebagai pengetahuan tambahan, kami juga berikan susunan elemen apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah pidato.

  • Salam Pembuka

Sapa para peserta pidato baik yang berada dijajaran atas maupun keseluruhan. Sebutkan kegembiraan kamu dapat menyampaikan pidato dihadapan semua orang yang hadir.

  • Pendahuluan

Buka pidato dengan pembahasan ringan mengenai alasan kamu melakukan pidato. Berikan sekilas informasi mengenai isi pidatomu.

  • Isi atau Pesan

Sampai pesan yang kamu ingin sampaikan dengan singkat dan tepat. Hindari pembahasan bertele-tele yang dapat membuat orang bosan mendengarnya.

  • Kesimpulan

Pastikan pendengar memahami isi pidatomu dengan memberikan ringkasan pada akhir pidato. Cukup menyebutkan poin-poin pentingnya saja.

  • Penutup

Ucapkan terima kasih pada semua pada pendengar dan berikan salam untuk menutup pidatomu.

Demikianlah susunan elemen yang kamu perlukan dalam membuat pidato dalam Bahasa Inggris yang baik. Walau berencana membawakan pidato singkat, tetap memperhatikan point-point diatas agar tersampaikan dengan baik dan santun.

Contoh Pidato Bahasa Inggris tentang Covid

Ingin melihat contoh pidato membahas tentang Covid-19? Tema yang sedang populer tersebut menjadi perbincangan bukan hanya dalam percakapan namun juga dalam bentuk pidato. Baik pidato keperintahan, rukun warga atau jajaran keamaan masyarakat. Ada banyak profesi yang perlu membuat pidato mengenai Covid, bahkan dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa contohnya

  • Pidato Kepala Sekolah

Walau sekolah umumnya ditutup saat pandemi, namun Kepala Sekolah perlu memberikan Pidato mengenai kebijakan Sekolah mengenai bagaimana menghadapinya. Hal ini bisa dilakukan ssat sekolah masuk, ujian atau pembagian raport selama adanya Covid-19.

Good morning my dearest teachers, parents and all my lovely children (selamat pagi kepada rekan-rekan guru, orang tua dan anak-anakku sekalian)

Thank you for taking the time to come to school today. This is trully a challenging time to study. That is why I will keep this speech short and simple (terima kasih sudah meluangkan waktu untuk datang keselolah hari ini. Saat ini adalah waktu yang menantang untuk belajar. Oleh karena itu saya hanya akan bicara secara singkat dan padat)

We are following the national Education Department to close-down school during the Covid-19 case. Today you will to your class, get your books and schedules study by zoom and other means of communication (kami mengikuti panduan Departmen Pendidikan untuk menutup sekolah selama pandemii Covid-19. Hari ini kamu akan ke kelas, mengambil buku dan jadwal untuk belajar melalui zoom atau media sosial lainnya)

Please inform your class teacher your phone number. (tolong berikan nomor telpon kamu pada gurumu). Each teacher will talk with the parents in each class to discuss how studying during Pandemic with their kids. (tiap guru akan berbicara dengan orang tua tiap kelas untuk mendiskusikan bagaimana caranya belajar selama pandemik bersama dengan anak-anaknya)

Please be patient during this hard time. Everyone is restless and panic is not the answers (tolong bersabarlah selama masa-masa sulit ini. Semua orang sangat tidak nyaman dan panik. Dan hal tersebut bukan jawabannya)

Thank you for listering to my speech. I hope everyone stay healthy and the pandemic can end sooner. (terima kasih sudah mendengarkan pidato saya. Semoga setiap orang menjaga kesehatan dan masa pandemik ini dapat segera berakhir)

  • Pidato Bahasa Inggris Dalam Kelas

Berikut adalah pidato Bahasa Inggris Pendidikan tentang Covid. Bisa dipakai sebagai penyuluhan kesehatan bagi sesama siswa.

Good morning my teacher and friends of class 2C. It is an honour to talk in front of all of you today. We are here again in Ms Indri’c class learning about English. I will be doing a speech regarding about the hot topic of the year, The Covid-19 Pandemic. (selamat pagi guruku dan teman-teman sekalian di kelas 2C. Suatu kehormatan dapat berbicara dihadapan semuanya pada kesempatan hari ini. Kita bertemu lagi di kelas Bahasa Inggris Ibu Indri. Saya akan memberikan pidato mengenai topik hangat pada tahun ini, pandemi Covid-19)

As you all know, we begin doing conline class after the pandemic hit us all. I am not talking about just our city or Coutry. This happen all around the world. (seperti yang kalian ketahui semua, kita mulai melakukan kelas online setelah pandemi dimulai. Saya bukan hanya membahas tentang kota atau negara kita saja. Hal ini juga terjadi di negara-negara di belahan dunia lainnya)

The television, government and people surround us have spread about what we can do in this time to stay healthy and still perform our duties as a students. (televisi, pemerintah dan prang-orang disekitar kita telah menginformasikan apa yang perlu dilakukan pada saat seperti ini untuk tetap sehat dan melakukan tugas kita sebagai pelajar)

Let’s pay attention to social distance. I know everyone missed going out and meeting friends. However, by staying home, we minimize the chances of spreading the dangerous virus. (mari kita memberikan perhatian lebih untuk kebiasaan menjaga jarak. Saya tahu semua orang ingin bepergian dan bertemu dengan teman. Sayangnya dengan tinggal dirumah kita mengurangi kemungkinan menyebarkan virus berbahaya ini)

Make the most of social media, take a new skill or take online course. Use the moment to be better (manfaatkan sosial media, pelajari kemampuan baru atau ambil kelas online. Gunakan momen ini untuk menjadi diri yang lebih baik)

We can fight this virus by keeping ourselves health and other safe. Hope this pandemic can end soon. While waiting, lets not do anything that can make it worse. (Kita dapat melawan virus ini dengan menjaga kesehatan diri kita dan menjaga orang lain aman. Semoga pandemik ini segera berakhir. Sambil menunggu, mari kita hindari hal-hal yang dapat memperburuknya)

That is all I wanted to say. Remember everyone keeping your distance is more important these days. We dont want the virus keep spreading when we did so many thing to keep the number down. Lets start from ourselves and do various health awareness. (sekian pidato saya. Ingat ya teman-teman menjaga lebih penting dibandingkan hari-hari sebelumnya. Kita tentu tidak ingin virusnya menyebar setelah semua upaya kita untuk mencegah angka penderitanya semakin meningkat. Mari kita mulai dari  diri sendiri dan lakukan berbagai sosialisasi kesehatan)

Thank you so much for listening. You all have been great listener. Lets keep safe and never giving up or lost hope during this difficult time. (terima kasih semuanya yang telah mendengarkan pidato saya. Kali semua sudah menjadi pendengar yang baik. Mari kita sama-sama jaga keamanan dan jangan kehilangan harapan pada masa-masa sulit sekarang ini)

  • Pidato Bahasa Inggris Tentang Kebijakan Pemerintah Mengenai Covid-19

Dari mana kita mengharapkan ada informasi mengenai Covid-19/ Benar, dari pemerintah. Mengenai peraturan PSBB, blokiran jalan, larangan tempat makan atau tempat ramai seperti mall dan restoran untuk buka. Masih banyak hal yang dapat disampaikan melalui pidato Covid=19. Berikut adalah contoh dari aparat kesehatan masyarakat kepada pendengar disuatu lokasi.

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu,

The honourbly Mayor of Tangerang Selatan, the reporters from various media and the residency in Ciledug, Tangerang. I am the village leader here thank everyone for coming in this place regarding the isues of Pandemic Covid-19. (yang terhormat Walikota Tangerang Selatan, para wartawan dari berbagai media serta para penduduk yang tinggal di Ciledug, Tangerang. Saya sebagai kepala desa disini berterima kasih atas kehadirannya di tempat ini untuk membahas tentang Covid-29)

I have instructed no activities involving gathering in my areas. We realise that gathering is the fastest way for the Covid-29 virus to spread. (saya telah menginstruksikan segala macam kegiatan di daerah saya untuk ditiadakan. Kami memahami acara tersebut adalah cara tercepat untuk menyebarkan virus Covid-19.)

We consider lockdown is the best solution to make sure there are no spreading activities. Please do your shopping and other things that you need to do outside your home before 1 – 10 October 2020. (kami telah memutuskan lockdown sebagai solusi terbaik untuk memastikan tidak ada kegiatan yang dapat memperluas virus ini. Mohon Anda melakukan belanja dan kegiatan keluar rumah lainnya sebelum 1 sampai 10 Oktober 2020)

Indonesia government continues to monitor the spreading, death rate and number’s of Covid-29 patinent thightly. We will keep everything in order to make sure to conquere this virus (pemerintah Indonesia melakukan pemantauan penyebaran, jumlah kematian dan jumlah pasien Covid-19 dengan ketat. Kami akan melakukan tindakan penertiban yang sesuai untuk mengalahkan virus ini)

We need to do the health protocol. Stay in the sun in the morning, always wears mask and wash your hands more often when you have to go outside. (kami perlu melakukan protokol kesehatan. Berjemur di pagi hari, selalu pakai masker dan cuci tangan lebih sering saat kalian keluar)

I will end my speech by reminding everyone again that the govenment has done so many things during this difficult time. So please follow the rules and regulations that we made. (Saya akan mengakhiri pidato saya dengan mengingatkan semua orang sekali lagi kalau pemerintah telah melakukan semahal yang mereka bisa lakukan pada saat sulit ini. Oleh karena itu, tolong patuhi peraturan dan hukum yang sudah ditetapkan)

That’s all Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Thank you so much for everyone’s attention to this matter. Remember that everyone is important and each of you can make a difference (Sekian terima kasih Asslamualaikum Warahmatullah wabarokatu. Terima kasih atas perhatian semua orang mengenai masalah ini. Ingatlah kalau semua orang berharga dan setiap individu dapat membuat perbedaan)

Demikianlah beberapa contoh pidato Bahasa Inggris mengenai Covid-19. Kebanyakan adalah himbauan menjaga kesehatan dan bagaimana melakukan aktifitas selama pandemik ini. Berikan penekanan yang berbeda pada isi pidatomu. Dengan demikian orang akan mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikannya.

 

Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Tentang Teknologi & Gadget
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Inggris Singkat: Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Contoh Pidato Perayaan Imlek dalam Bahasa Inggris
Pidato Inggris Singkat: Meningkatkan Mutu Pendidikan
Pidato Hari Guru: Murid kepada Guru
Pidato Singkat Inggris: Mentaati Peraturan Sekolah
Pidato Bahasa Inggris: Jangan Buang Sampah Sembarangan