sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Surat Balasan Bahasa Inggris dari Ibu ke Anak di Luar Negeri

Membalas surat dalam bahasa Inggris dapat menjadi soal tersendiri jika Anda tidak mengetahui bagaimana caranya. Salah satu contohnya adalah jika anak Anda sedang berada di luar negeri dan Anda harus membalas suratnya dalam bahasa Inggris.

Pada dasarnya bentuk surat dalam bahasa Inggris kurang lebih sama dengan bentuk surat dalam bahasa Indonesia. Meskipun begitu, terdapat beberapa frasa tertentu yang tepat untuk digunakan dalam membalas surat kepada anggota keluarga dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh surat balasan dalam bahasa Inggris berikut ini.

Contoh I

To my dearest son, (Putraku tersayang,)

I am so happy to learn that you are in good health. I hope that you are also happy living in England now, son. From the letter you sent me, you seem to have a lot of friends now. I am so happy for you. (Aku sangat senang mendengar bahwa kau dalam keadaan sehat. Aku harap kau juga senang tinggal di Inggris sekarang, nak. Dari surat yang kau kirimkan kepadaku, sepertinya kau memiliki banyak kawan sekarang. Aku sangat berbahagia untukmu.)

However, I would like to ask how is your study? Are you doing okay with all of your classes? I hope that you’re still working and studying hard while having fun. (Akan tetapi, aku juga ingin menanyakan bagaimana kabar pendidikanmu? Apakah kau baik-baik saja dengan semua kelas-kelas yang ada? Kuharap kau masih bekerja dan belajar dengan giat sambil bersenang-senang.)

We miss you so much here. (Kami sangat merindukanmu di sini.)

Love, (Sayang,)

Mom. (Ibu.)

Contoh II

Dear Jason, (Jason sayang,)

It was so good to finally hear from you. We have been waiting to get your letter ever since you went abroad. We’re very happy to see all the photos that you sent us with your letter. You seem to be having so much fun there. (Senang sekali akhirnya mendengar kabar darimu. Kami telah menunggu mendapatkan surat darimu sejak kau pergi ke luar negeri. Kami sangat senang melihat semua foto yang kau kirimkan dengan suratmu. Kau sepertinya sangat bersenang-senang di sana.)

Will you be home for Christmas? I will be making a whole feast as usual. Our big family will also spend Christmas Eve at our place. I heard that Aunt Jackie will bring your favorite, roasted chicken! It would be really great if you could make your way home for Christmas this year. (Apakah kau akan pulang untuk Natal? Aku akan membuat banyak hidangan seperti biasa. Keluarga besar kita juga akan menghabiskan malam Natal di rumah kita. Kudengar bahwa Bibi Jackie akan membawa masakan kesukaanmu, ayam panggang! Akan sangat baik jika kau bisa pulang untuk Natal tahun ini.)

However, please don’t let this burden you. If you aren’t able to come home for Christmas, that’s also fine. I just hope that you would also have a great Christmas there with your friends. And maybe once you came home again, you will bring one of your “friend”. (Akan tetapi, tolong jangan biarkan hal ini membebanimu. Jika kau tidak bisa pulang untuk Natal, itu juga tidak apa-apa. Aku hanya berharap bahwa kau akan memiliki Natal yang hebat di sana bersama kawan-kawanmu. Lalu mungkin ketika kau pulang kembali, kau akan membawa salah satu “kawan”mu.)

Miss you always. (Selalu merindukanmu.)

Love, (Sayang,)

Mom. (Ibu.)

Contoh III

Dear Ratih, (Ratih sayang,)

I am saddened to learn that you cannot come home for Eid Al-Fitr this year. But it’s nice to know that the Indonesian muslims there celebrates it together. I hope that you can find your second family there. (Aku merasa sedih ketika mengetahui bahwa kau tidak bisa pulang untuk Idul Fitri tahun ini. Namun senang mengetahui bahwa orang muslim Indonesia di sana merayakannya bersama. Kuharap kau bisa menemukan keluarga keduamu di sana.)

Would you like us to send you anything from Indonesia? Eid is still a few months away and we can send you some ingredients to cook if you want. Or if you would like me to pick a new Eid clothing for you? Just let me know what you need. (Apakah kau ingin kami mengirimkanmu sesuatu dari Indonesia? Idul Fitri masih beberapa bulan lagi dan kami bisa mengirimkanmu beberapa bahan untuk dimasak jika kau ingin. Atau jika kau ingin aku membelikan baju lebaran baru untukmu? Beritahu saja apa yang kau butuhkan.)

We hope you can come home soon. (Kami harap kau bisa cepat pulang)

Love, (Sayang,)

Mom. (Ibu.)

Itulah dia tiga contoh surat balasan dalam bahasa Inggris dari seorang Ibu ke anaknya yang tinggal di luar negeri. Tentu saja situasi semacam ini sudah tidak asing karena banyak anak muda Indonesia yang mulai tinggal di luar negeri baik untuk bekerja ataupun bersekolah. Oleh karena itu, topik satu ini akan sangat berguna bagi Anda untuk melihat contoh-contoh surat yang ada.

Semoga contoh-contoh surat tersebut dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut serta menggunakannya secara langsung.

 

Apakah dimaksud dengan Analogi (Analogy)?
Contoh Percakapan Sederhana untuk Anak-Anak
Menulis Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Contoh Menulis Surat Cinta Kepada Pacar Lewat Surat Pos
Contoh Menulis Surat Cinta kepada Pacar Lewat Surat Pos
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Surat Balasan Bahasa Inggris dari Ibu ke Anak di Luar Negeri
Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris
20 Nursery Rhymes, Lagu Anak Bahasa Inggris
Apakah Pertanyaan Retorik itu (Rhetoric)?


 
Contoh Daily Activity dengan Simple Present Tense
Puisi Karya Victor Hugo (Poem by Victor Hugo)
Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat Saran (Advice) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat Kemungkinan (Posibility) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat tentang Keharusan (Necessity) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat Meminta Izin (Permission) dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Cinta Pendek dari Laki-Laki Ke Perempuan
Contoh Email untuk Teman yang Sudah Pindah
Recount Text: A Trip To The Zoo