sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Surat Cuti Hamil atau Melahirkan dalam Bahasa Inggris

Bagi wanita karir yang sudah berumah tangga, mungkin akan ada waktu di mana kehamilan terjadi. Hal tersebut menyebabkan Anda harus berhenti bekerja dan berfokus pada kehamilan, terutama di saat-saat krusial yakni ketika melahirkan dan merawat bayi yang baru lahir. Di sisi lain, Anda mungkin tidak ingin sepenuhnya mundur dari pekerjaan tersebut dan berencana untuk kembali bekerja setelahnya. Pada saat seperti itu, kita dapat mengajukan cuti kehamilan atau melahirkan (maternity leave).

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat cuti kehamilan atau melahirkan, yakni:

  1. Komponen standar. Terdiri dari komponen-komponen umum surat seperti tanggal, nama pengirim, alamat pengirim, nama orang yang dituju/atasan, alamat orang yang dituju, dan kata sapaan.
  2. Paragraf pembuka. Paragraf ini berisi tujuan ditulisnya surat tersebut, yakni untuk meminta cuti atas alasan kehamilan atau melahirkan. Pada bagian ini, sertakan tanggal memulai cuti dan tanggal perkiraan kembali bekerja.
  3. Paragraf isi. Paragraf ini bertujuan untuk memberi keterangan mengenai persiapan yang telah dilakukan sebelum mengambil cuti. Biasanya bagian ini terkait dengan pelimpahan tugas seperti pengambil alih sementara atau orang pengganti dan status tugas yang tengah dikejakan dan kelanjutannya.
  4. Paragraf penutup. Diisi dengan ucapan terima kasih dan harapan. Jangan lupa tutup dengan nama dan tanda tangan.

Mari simak beberapa contoh di bawah ini:

Contoh 1 :

Natasha Romanoff
General Affair Staff
Avengers Company
New York

March 29, 2019

Chris Evans
General Affair Manager
Avengers Company
New York 

Dear Mr. Evans,

I am writing you to inform about my pregnancy with expected delivery date is around mid April. Therefore, I would like to ask for maternity leave starting from 2 weeks ahead, which will be April 1, 2019. I am planning to take 3 months of leave and be back to work on July 1, 2019. I’ve attached the doctor’s note along with this letter.

As for all the tasks I’ve been working on, they will be delegated to Mr. Bruce Banner. We’ve been coordinating for the past few weeks and Mr.Banner is more than ready to take on my responsibilities during my leave. I will also make sure to keep tabs on every projects that I have at least once a week. Therefore, I am sure that upon my return I can keep up with all the workloads.

Please contact me by email Romanoff.N@smail.com in case you need any information regarding my job so far. Thank you for giving me the chance to prepare and adapt myself for my new role as a mother. I can assure you that this will not stop me in pursuing the best of my career and contributing to the company in the future.

Best Regards

Natasha Romanoff

Terjemahan :

Natasha Romanoff
Staff Bagian Umum
Avengers Inc.
New York

29 Maret 2019

Chris Evans
Manajer bagian umum
Avengers Inc.
New York 

Yth. Pak Evans,

Surat ini ditulis untuk menginformasikan kepada anda sehubungan dengan kehamilan saya dan perkiraan tanggal melahirkan yang akan jatuh pada pertengahan bulan April. Sehubungan dengan itu, saya mengajukan permohonan cuti hamil terhitung sejak 2 minggu ke depan, yakni pada tanggal 1 April 2019. Surat keterangan dokter telah saya lampirkan bersamaan dengan surat ini.

Tugas yang saat ini tengah saya kerjakan akan didelegasikan kepada Pak Bruce Banner. Selama beberapa minggu belakangan, kami telah berkoordinasi dan Pak Banner telah siap untuk mengambil alih tugas-tugas tersebut. Saya juga akan terus memantau perkembangan proyek yang saya tengah berlangsung setidaknya seminggu sekali. Dengan demikian, saya yakin bisa meneruskan pekerjaan saya setelah kembali bekerja nanti.

Silakan hubungi saya melalui surel Romanoff.N@smail.com jika ada informasi yang dibutuhkan mengenai pekerjaan saya sejauh ini. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk bersiap dan beradaptasi dengan peran baru saya sebagai seorang ibu. Saya yakin bahwa hal ini tidak akan menghentikan saya dalam meraih karir terbaik dan berkontribusi kepada perusahaan di masa depan.

Dengan hormat,

Natasha Romanoff 

Contoh 2:

Hermione Granger
General Surgeon
Jeddah General Hospital
Jeddah 

March 14, 2019

Hannah Montana
Head of Human Resources
Jeddah General Hospital
Jeddah 

Dear Ms. Montana,

Due to the final month of my pregnancy and the due date coming closer, I would like to ask your permission for taking maternity leave. I am planning to take the maximum amount of leave permitted, which is 5 months. The leave will begin next month, from April 1, 2019, and if anything goes according to plan, I will return to work on August 5, 2019.

I have finished all of the surgery on my list up to mid March and have stopped taking any future surgeries since, until my return in August. Regarding the follow-up consultation of my recovering patients, I have suggested Dr. Loki Braveman to take over the duty. I have also spoken to him and we have agreed, but we understand that it will be Dr Shawn Mendes’s, the head of surgery, authority to make the decision.

I’d also like to let you know, that I’m planning to give birth in this hospital. Therefore I want to make sure that it is possible for the childbirth expenses to be covered as part of my employee’s benefits. Please inform me whether it is possible or not and all the documents required. I’ve also attached the doctor’s note along with this letter.

Thank you very much for considering my request of maternity leave. I am looking forward to your response. Please do not hesitate to contact me via 0890-0229-5734 or Her.Granger@Harpot.com in case you need anything regarding my request.

Respectfully yours,

Hermione Granger

Terjemahan:

Hermione Granger
Ahli bedah umum
Rumah Sakit Umum Jeddah
Jeddah

14 Maret 2019

Hannah Montana
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
Rumah Sakit Umum Jeddah
Jeddah

Yth. Ibu Montana,

Sehubungan dengan bulan akhir kehamilan dan tanggal melahirkan yang semakin dekat, saya bermaksud untuk mengajukan cuti melahirkan. Saya berencana untuk mengambil penuh cuti yang diijinkan, yakni 5 bulan. Cuti dimulai sejak bulan depan, yakni 1 April 2019, dan apabila semua berjalan sesuai rencana, saya akan kembali bekerja pada 5 Agustus 2019.

Saya sudah menyelesaikan semua jadwal operasi hingga pertengahan bulan Maret dan sejak saat itu sudah tidak menjadwalkan operasi, hingga saya kembali pada bulan Agustus. Terkait dengan konsultasi lanjutan pasien rawat jalan, saya sudah merekomendasikan Dr. Loki Braveman untuk mengambil alih tugas tersebut. Saya telah berbicara kepada beliau dan kami telah sepakat, namun kami paham bahwa keputusan akhir ada di tangan Dr. Shawn Mendes selaku Kepala Bedah.

Saya juga ingin menginformasikan, bahwa saya berencana untuk melahirkan di rumah sakit ini. Maka dari itu, saya ingin mengonfirmasi bahwa biaya persalinan dapat ditanggung oleh rumah sakit, sebagai bagian dari tunjangan karyawan. Mohon informasikan mungkin tidaknya hal tersebut dan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Surat keterangan dokter telah saya lampirkan bersama surat ini.

Terima kasih atas pertimbangan anda terhadap pengajuan cuti ini. Saya menantikan tanggapan dari anda. Silakan hubungi saya melalui  0890-0229-5734 atau Her.Granger@Harpot.com, jika ada hal lain yang diperlukan.

Dengan hormat,

Hermione Granger

 

Writing Tip: Contraction Word dalam Bahasa Inggris
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris
Quotes Bahasa Inggris untuk Pacar
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal & Informal
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Cara Membuat Kalimat Meminta Izin (Permission) dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Akuntansi dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat tentang Keharusan (Necessity) dalam Bahasa Inggris