sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Dialog Bahasa Inggris di Bengkel Mobil

Bagi Anda yang memiliki kendaraan, datang ke bengkel dan berinteraksi dengan montir tentu bukan menjadi hal yang baru lagi. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai dialog-dialog yang terjadi di bengkel, terutama bengkel mobil. Supaya bisa menggunakan dialog di bengkel mobil ini dengan tepat, simak baik-baik pembahasan ini, ya!

Melakukan Service Mobil Rutin

Pada situasi ini, seorang pelanggan datang ke bengkel untuk melakukan service rutin untuk mobilnya. Sang pelanggan ini pun berinteraksi dengan montir bengkel untuk membahas mengenai service rutin tersebut.

Mechanic: What can I help you, Ma’am? (Ada yang bisa dibantu, Bu?)

Customer: I want to do the routine service for my car. I came here three months ago to service my car, so I think it’s the time to do it again. (Saya mau service rutin untuk mobil saya. Saya datang kesini tiga bulan yang lalu untuk service mobil, jadi saya rasa ini waktunya untuk service lagi.)

Mechanic: I see. What part of the car that need the service, Ma’am? (Begitu rupanya. Bagian mana yang butuh di-service, Bu?)

Customer: Well, I’m not really understand about car. Please just check it and do some repairs if needed. I just want to make sure that my car is properly working and there won’t be any problem when I ride it. (Yah, saya nggak begitu paham soal mobil. Tolong dicek saja dan diperbaiki kalau memang dibutuhkan. Saya cuma mau memastikan kalau mobil saya baik-baik saja dan nggak akan ada masalah saat saya mengendarainya.)

Mechanic: Okay, I’ll check it and let you know if there are some parts need to change or other things needed. (Oke, saya akan mengeceknya dan memberitahu Ibu kalau ada bagian yagn harus diganti atau hal-hal lain yang dibutuhkan.)

Customer: All right, I leave my car under your care. (Baik, saya percayakan mobil saya pada Anda.)

Membawa Mobil Mogok

Pada situasi ini, terdapat sebuah mobil yang mogok dibawa dengan mobil derek ke dalam bengkel. Sang montir pun melakukan interaksi dengan pemilik mobil mengenai mobil yang mogok tersebut.

Mechanic: What happen with your car, Sir? (Apa yang terjadi dengan mobil Anda, Pak?)

Car Owner: Yeah, I’m not really sure. I was driving on highway and my car suddenly broke down. I also panicked at that time, but thanfully there was a tow truck passed by. Maybe there is something wrong with the machine? (Yeah, saya juga nggak tahu. Saya lagi menyetir di tol dan mobil saya tiba-tiba mogok. Saya juga panik saat itu, tapi untung saja ada mobil derek yang lewat. Mungkin ada masalah dengan mesinnya?)

Mechanic: I must check it to know the cause for sure. When was the last time you bring your car to the repair shop? Like, for the routine service. (Saya harus mengeceknya untuk tahu penyebab pastinya. Kapan terakhir kali Anda bawa mobil ini ke bengkel? Seperti untuk service rutin.)

Car owner: Well, it’s been a long time since I bring my car to the repair shop. I think as long as the car still work, I don’t need to do the routine service. (Yaa, sudah lama saya nggak bawa mobil ini ke bengkel. Saya pikir selama mobil ini masih berjalan, saya nggak butuh melakukan service rutin.)

Mechanic: But the routine service is important for your car’s condition, Sir. It’s like the maintanance to make sure that your car will work properly. (Tapi service rutin penting untuk keadaan mobil Anda, Pak. Itu seperti pemeliharaan untuk memastikan mobil Anda tetap berkerja dengan baik.)

Car Owner: Yeah, you’re right about it. I regret it now, and I think I can’t be in the same situation as before again. I mean, the broke down part.  (Yeah, Anda benar. Saya menyesal sekarang, dan saya rasa saya nggak akan bisa berada dalam situasi yang sama lagi. Maksud saya, keadaan mogok itu.)

Perbaikan Mobil Rusak

Pada situasi ini, pemilik mobil datang untuk mengecek keadaan mobilnya yang rusak dan sedang diperbaiki oleh montir. Mobilnya rusak karena kecelakaan dan kerusakannya cukup parah sehingga membutuhkan beberapa waktu untuk memperbaikinya.

Car Owner: So, how is my car repairing going? It’s been two days, is there any progress? (Jadi, bagaimana perbaikan mobil saya? Ini sudah dua hari, ada proses?)

Mechanic: We’re trying to repair it as well as possible, but it still need more time. Your car’s condition was really severe to begin with. (Kami sedang mencoba memperbaiknya sebaik mungkin, tapi masih butuh waktu lebih. Kondisi mobil Anda sangat parah.)

Car Owner: Yeah, that’s right. The car’s condition was severe because the accident at that time was pretty big too. I heard the other cars involved in that accident was badly damaged. (Yeah, benar. Kondisi mobil ini parah karena kecelakaan waktu itu memang cukup besar juga. Saya dengar mobil lain yang terkena kecelakaan itu juga rusak parah.)

Mechanic: I see. Your car also need many repairs, including the spareparts. Is it okay? Do you have any insurance? It will be easier for you if your insurance cover for it. (Begitu rupanya. Mobil Anda juga membutuhkan banyak perbaikan, termasuk onderdilnya. Tidak apa-apa kah? Anda punya asuransi? Akan lebih mudah untuk Anda kalau asuransi menanggung biayanya.)

Car owner: Really? I have an insurance for my car. I will contact my insurance agent and come back here. (Benarkah? Saya punya asuransi untuk mobil saya. Saya akan menghubungi agen asuransi saya dan datang lagi kesini.)

Demikianlah beberapa contoh dialog mengenai interaksi dalam bengkel mobil dalam Bahasa Inggris yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Percakapan antara Pasien dan Dokter Gigi (Dentist & Patient Conversation)
Percakapan Bahasa Inggris di Pasar
Contoh Pertanyaan & Jawaban dari Pertanyaan What Are You Good At?
Percakapan Bahasa Inggris di Pesawat dengan Pramugari
Percakapan di Bengkel Motor dalam Bahasa Inggris
Percakapan Mengajak, Menerima Ajakan, Menolak Ajakan dalam Bahasa Inggris
Dialog tentang Kesehatan
Contoh Percakapan Wawancara Kerja sebagai Akuntan dalam Bahasa Inggris
Percakapan “Girl Crush” di Kampus (Membicarakan Teman yang Ditaksir)
Contoh Percakapan Singkat Mengenai Motivasi


 
Dialog Bahasa Inggris di Bengkel Mobil
Listening: Quotes about Money & Wealth
Narrative Text Fable: Serigala & 3 Babi Kecil
Naskah Drama Inggris: Daud & Goliath (Drama Kristen)