sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Idiom: Memaki Bodoh dalam Bahasa Inggris

Ketika bergaul dengan teman-teman sebaya, bukan suatu hal aneh apabila kita saling mencibir atau saling memaki, baik untuk bercanda atau kondisi serius. Hal ini juga dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia, dengan bahasa atau istilah yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Contohnya, warga Indonesia banyak yang mengumpat atau memaki menggunakan nama-nama hewan.

Jika kita berkomunikasi dengan penduduk luar negeri yang berbahasa Inggris, kita tak bisa mentah-mentah menerjemahkan secara literal makian kita menjadi “You’re a dog!” untuk menggantikan “Dasar anjing!” atau “Anjing lu!”.

Pernahkah anda mendengar tentang idiom? Idiom adalah sebuah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan arti unsurnya. Atau, bisa dibilang idiom merupakan bahasa khas dari suatu bangsa atau suku yang berupa kata atau kalimat. Nah, sebagian dari ungkapan untuk memaki juga termasuk dalam idiom ini. Seperti contoh di atas; yakni ‘anjing’.

Di Indonesia, sudah umum sekali nama binatang tersebut digunakan sebagai simbol sosok yang menjengkelkan, tidak sopan, tidak tahu diri, keparat, dan sejenisnya. Padahal, sejatinya banyak sekali anjing-anjing yang imut, lucu, menggemaskan yang kita temui di dunia nyata. Bahkan, anjing dikenal sebagai binatang peliharaan yang penurut dan amat setia kepada pemiliknya. Sangat berlawanan, kan?

Dalam bahasa Inggris, banyak sekali macam idiom alias bahasa khas yang sering digunakan oleh native speaker, baik untuk ungkapan umum atau yang berupa makian. Kali ini, kita akan membahas bentuk ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris untuk mengumpat atau memaki hal-hal bodoh yang dijumpai.

Seperti yang kita ketahui, kata ‘bodoh’ dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘stupid’. Cara standar untuk memaki bodoh dalam bahasa Inggris adalah dengan mengatakan “How stupid!” yang memiliki arti setara dengan “Betapa bodoh!” atau “Bodoh banget, sih?”

Kita bisa mengungkapkan makian dengan pola yang serupa dengan memadukan sinonim dari ‘stupid’ atau kata sifat (adjective) lain yang bermakna mirip. Contohnya:

  • How dumb!
  • How foolish!
  • How silly!
  • How mindless!
  • How brainless!

Untuk menunjukkan makian, akhiri ungkapan dengan exclamation mark atau tanda seru “!”. Jika kita salah menggunakan tanda baca berupa tanda tanya “?”, maka arti ungkapan tersebut akan berubah. Contohnya, “How dumb?” berubah menjadi sebuah kalimat tanya yang bermakna “Seberapa bodoh?”.

Kita juga bisa mengungkapkan makian serupa dengan pola kalimat yang memiliki unsur kata benda atau noun di dalamnya, contohnya “What a stupid person!” yang mempunyai makan serupa dengan “Dasar orang bodoh!”.  Kata ‘person’ bisa diganti dengan yang lain seperti ‘boy’ (cowok), ‘girl’ (cewek), atau sejenisnya. Seperti contoh berikut:

  • What a stupid girl!
  • What a foolish boy!
  • What a silly question!
  • What a mindless person!
  • What a brainless person!
  • What an idiot!
  • What a moron!

Kata ‘idiot’ dan ‘moron’ tidak memerlukan komplemen ‘person’ atau sejenisnya sebab keduanya sudah merupakan kata benda yang memiliki makna ‘orang bodoh’. Jika makian dilontarkan pada dua orang atau lebih, maka artikel ‘a/an’ yang menunjukkan jumlah tunggal dihilangkan, dan kata bendanya dirubah menjadi bentuk plural. Contoh:

  • What stupid girls!
  • What mindless people!
  • What idiots!

Tanda baca yang digunakan adalah exclamation mark atau tanda seru “!”. Jika kita menggunakan tanda tanya “?”, maka ungkapan akan mengalami pergeseran makna menjadi sebuah pertanyaan. Contohnya, “What idiot?” berubah arti menjadi “Idiot apa?” atau “Idiot yang mana?”

Selain dua cara tersebut, kita juga bisa menggunakan beberapa macam idiom yang menunjukkan makian yang bisa ditujukan pada hal atau perilaku bodoh yang dilakukan orang lain. Menggunakan idiom dalam sebuah makian bisa memperhalus kalimat yang diucapkan, atau malah sebaliknya. Menggunakan idiom adalah alternatif untuk memaki orang yang bertindak bodoh secara implisit. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. She/he has the IQ of a jellyfish!

Secara literal, ungkapan tersebut memiliki makna “Dia memiliki IQ seperti ubur-ubur!”. Seperti yang kita ketahui, hampir seluruh bagian dari ubur-ubur adalah air, dan ubur-ubur tak diketahui memiliki otak. Kita bisa juga menggantikan ‘jellyfish’ dengan berbagai kata lain yang menunjukkan hal-hal tidak berguna maupun konyol. Contohnya ‘wet teabag’, ‘cola can’, ‘stained pan’ dan sebagainya.

2. She/he is no Einstein

Seperti yang kita ketahui, Albert Einstein merupakan salah satu ilmuwan yang dikenal akan kecerdasannya. Mengatakan bahwa seseorang ‘no Einstein’ menunjukkan bahwa dia tidak seperti Einstein yang cerdas alias bodoh.

3. She/he doesn’t have much between the ears

Di antara kedua telinga manusia, di dalam kepala, terdapat organ internal yang amat vital yakni otak. Idiom ini diutarakan untuk mengatakan bahwa seseorang tidak sebegitu ‘memiliki otak’ alias bodoh.

4. The elevator doesn’t go to the top floor

5. The light’s on but nobody’s home

6. He isn’t the sharpest tool in the shed

7. He is one French fry short of a happy meal

8. He is one card short of a full deck

9. All foam, no beer

10. An intellect rivaled only by garden tools

11. Forgot to pay his brain bill

12. Her sewing machine’s out of thread

13. His antenna doesn’t pick up all the channels

14. If he had another brain, it would be lonely

15. Proof that evolution can go in reverse

16. Learning disabled

17. (He) needs educational support

18. In need of remediation/remedial support

19. If his brains were dynamite, there wouldn’t be enough to blow his nose

20. Somewhere there’s a village missing its idiot

Dan masih ada banyak idiom lain yang bisa kita gunakan sebagai variasi untuk memaki orang bodoh. Mayoritas native speaker dipastikan bisa memahami idiom tersebut. Namun bagi orang-orang dengan bahasa ibu selain bahasa Inggris, sebagian ungkapan tersebut akan sulit dipahami. Selamat mencoba!

Angry Idioms

 

21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Text Genre Classification: Apa itu Descriptive Text?
Cara Membaca Waktu (Jam) dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Daftar Ucapan Selamat Pernikahan dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Writing Tip: Cara Menulis E-Mail Bisnis Formal dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Memuji dalam Bahasa Inggris
Idioms about Numbers (Idiom dengan Angka)
Perbedaan This, These, That, dan Those dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris


 
Frase untuk Menyatakan Agreement & Disagreement
Frase untuk Mengakui & Menyangkal Fakta (Admitting & Denying a Fact)
Cara Lain Menyebut Stupid, Smart dan Crazy dalam Bahasa Inggris
Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Juara dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Kelulusan dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Ayah dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya